wok frying pan

Wok Frying Pan, Memasak Mudah Tanpa Takut Tumpah

Posted on

Wok Frying Pan atau wok frying menjadi solusi untuk Anda yang ingin memasak dengan jumlah yang banyak. 

Karena ukuran wok yang besar, lebih sering digunakan untuk menggoreng berbagai jenis makanan dengan porsi yang besar.

Wok frying ini bukanlah wok atau wajan pada umumnya. Bukan pula frying pan seperti yang Anda tau, wok frying pan berbeda dengan keduanya.

Lalu sebenarnya apa sih wok frying? Apa perbedaannya dengan frying pan dan juga wok pan?  

Perbedaan Wok dan Frying Pan 

Wok dan frying pan adalah peralatan masak yang berbeda. Wok pan memiliki bentuk yang cekung ke dalam dan bagian dasar yang tidak datar, maka dari itu wok pan hanya bisa digunakan di kompor gas saja. 

Wok pan atau biasa disebut wajan, sering digunakan untuk menggoreng dan menumis berbagai macam masakan yang berkuah maupun tidak.

Bentuk wajan yang cekung ke dalam memudahkan saat membolak balikan masakan tanpa harus takut tumpah. 

Wok pan biasanya terbuat dari aluminium maupun stainless steel. Tapi kini juga hadir wajan dengan lapisan anti lengket. 

Sedangkan Frying Pan adalah peralatan masak yang tergolong baru, bentuk dari frying pan lebih kecil dibanding wok pan.

Frying pan memiliki permukaan datar dengan pinggiran yang lebih pendek, hal ini membuat frying pan agak sulit untuk memasak dalam jumlah yang banyak. 

Karena akan sulit saat membalikan masakan, seperti membuat nasi goreng, mi goreng, sayuran dll. Sisi pinggiran yang lebih pendek itu rentan tumpah saat membolak-balik makanan 

Frying pan lebih dikhususkan untuk membuat masakan yang simpel, seperti menumis, membuat pancake, mendadar telur, menggoreng tahu, tempe dll. 

Dengan permukaan yang datar tersebut juga membuat frying pan bisa digunakan di berbagai jenis kompor, seperti gas, listrik, induksi dan lainnya.

Frying pan lebih praktis daripada wok pan, karena ukurannya sangat bervariasi dan juga lebih mudah digunakan. 

Namun wok pan walaupun berukuran besar, tapi sangat dibutuhkan dalam memasak sehari-hari. 

Apa itu Wok Frying Pan 

Wok frying pan adalah gabungan dari wok dan juga frying pan. Memiliki cekungan ke dalam dengan tinggi yang pas, namun wajan ini memiliki dasar yang datar. 

Karenanya wok frying bisa digunakan pada semua jenis kompor. Dan inovasi ini membuat setiap orang bisa memasak lebih mudah. 

Dengan hadirnya wok frying, Anda bisa membuat masakan dengan porsi besar namun dengan tampilan wajan yang lebih kekinian. 

Hal lain yang membedakan wok biasa dengan wok frying adalah handle. Pada wajan biasa, pegangannya terdapat di kiri dan kanan dengan ukuran yang pendek. 

Sedangkan pada wok frying memiliki satu handle panjang, dan juga handle pendek. Di sisi kanan dan kirinya. 

Wok frying memiliki banyak sekali jenis dan berbagai macam merek, ada yang terbuat dari stainless steel, namun lebih banyak yang sudah menggunakan teknologi coating

Wok Frying Pan Coating Marble 

Salah satu coating untuk wok frying adalah coating marble. Lapisan wajan ini sangat populer karena hadir dengan lebih inovatif. 

Diklaim lebih aman dari teflon dan juga lebih tahan terhadap goresan. Panci dari coating marble memiliki banyak sekali variasi bentuk dan juga merek.

Karena lapisan ini memiliki harga yang terjangkau namun kualitas yang sangat baik. Lapisan anti lengketnya awet dan sangat mudah dibersihkan. 

Dengan menggunakan wok frying coating marble, aktivitas memasak akan semakin mudah dan praktis!

BACA JUGA Marble Coating Pan, Inovasi Terbaru Panci Anti Lengket. Sudah Punya?

Wok Frying Pan Coating Granite 

Granite menjadi salah satu coating yang juga populer. Namun harganya lebih mahal daripada coating marble karena memiliki kualitas yang lebih tinggi. 

Wajan dengan granite coating lebih tebal dan kuat. Desain dan kualitasnya yang lebih premium, seperti pada handle yang sangat kokoh dan solid

Begitu pula dengan bottom yang lebih tahan terhadap gosong dan kerak. Kendati demikian wok frying dengan lapisan granite memiliki bobot yang cukup berat.

BACA JUGA Diamond Series Dan Granite Series, dari Stein Cookware. Pilih mana?

Wok Frying Pan Coating Stainless steel

Wok frying dari stainless steel saat ini juga banyak menjadi incaran. Selain alasan kesehatan, wajan tanpa lapisan ini bisa bertahan hingga puluhan tahun. 

Walau begitu, tidak semua orang mau menggunakannya, karena sebelum dipakai Anda harus  melakukan seasoning setiap kali ingin memasak. 

Bagi sebagian orang, hal ini tentunya tidak praktis maka dari itu wajan dengan coating banyak menjadi pilihan

Tapi bagi Anda yang tidak masalah dengan tahap yang harus dilakukan sebelum menggunakan wajan stainless steel, tentunya bukan menjadi kendala yang berarti. 

3 Rekomendasi Wok Frying

Dari ketiga jenis wok frying di atas, berikut ini rekomendasi wok frying yang bisa menjadi pilihan dan referensi sebelum membelinya. 

Karena memilih wajan bukanlah perkara mudah, lakukan dengan teliti dan sesuaikan dengan kebutuhan di rumah, ya! Dan berikut ini ketiga rekomendasinya!

  1. MOEGEN GERMANY WOK
wajan moegen

Moegen Germany wok pan adalah salah satu terobosan terbaru. Perpaduan dari wok dan juga frying pan. Dengan ukuran diameter 30 cm dan kedalaman mencapai 10 cm. 

Sangat cocok digunakan untuk memasak dengan jumlah porsi sedang maupun besar. Tanpa perlu khawatir tumpah, wokpan ini pun sudah dilengkapi dengan tutup kaca yang tebal dan transparan. 

Moegen Germany wok memiliki lapisan marble yang kuat dan tahan lama. Anti lengketnya yang bisa awet hingga bertahun-tahun.

Tidak hanya itu wok pan ini juga multifungsi, selain untuk menggoreng , menumis dan juga merebus. Moegen wok pan ini bisa digunakan untuk mengukus. 

Anda hanya cukup membeli steamer yang dijual terpisah, dan Anda sudah bisa mengukus masakan, maupun membuat kue dengan praktis. 

Harga yang dibanderol pun cukup terjangkau, yaitu berkisar Rp 200 ribu hingga 250 ribuan.

2. CAROTE WOK PAN WOODY SERIES 

wok carote

Di banderol dengan harga Rp 500 ribu hingga 600 ribuan, Carote wok pan woody series, bisa menjadi pilihan Anda.

Dengan coating granite, yang kuat dan sangat tebal membuat aktivitas memasak menjadi lebih mudah dan aman. 

Memiliki diameter 30 cm dan kedalaman berkisar 8-9 cm, pas untuk Anda yang ingin memasak dengan porsi yang banyak. 

Carote memiliki beberapa jenis wajan dan ukuran yang berbeda-beda, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Anda di rumah.

Hampir semua series Carote memiliki kualitas yang sangat baik, begitu pula dengan woody series ini. 

Dengan warna pan abu kebiruan ditambah motif dots, dan juga handle berwarna kayu coklat muda, tampilan yang elegan dan berkelas. 

Bagian bottom yang kuat, tidak mudah gosong apalagi berkerak. Pancinya tebal dan handle yang juga kokoh. 

3. BIMA WOK HERITANCE PRO-LITE WESTERN 

bima wok pan

Siapa yang tidak mengenal produk Bima. Bima memiliki banyak sekali koleksi wok frying pan, salah satunya series dari Heritance.

Bagi Anda yang menginginkan pemakaian jangka panjang mungkin bisa memilih Produk Bima. Karena merek ini memang sudah dipercaya selama puluhan.

Dengan harga yang cukup terjangkau berkisar Rp 450 ribuan, dengan diameter 28 cm. Sangat pas untuk Anda yang ingin memasak tanpa perlu takut tumpah atau berantakan.