Waffle maker

Buat Cemilan Kekinian? Waffle Maker Terbaik Ini, bisa Jadi Referensi



Belakangan, waffle menjadi cemilan, yang makin banyak diminati. Bentuknya yang cukup estetik, begitu juga dengan rasa yang nikmat dan toping yang bisa dimodifikasi, sesuai dengan selera. Waffle sendiri, adalah makanan yang sangat cukup terkenal di Swedia, Belgia dan juga Amerika Serikat. Bahkan, di sana ada hari spesial peringatan untuk waffle, loh. Kita bahas juga tentang waffle maker terbaik, agar kita bisa 

Sejarah Singkat Waffle

Dilansir National Today, International Waffle Day, jatuh pada tanggal 25 maret di setiap tahunnya. Di hari itu juga, dirayakan sebagai hari libur nasional, loh.

Awalnya, hanya Swedia, yang merayakan hari besar tersebut, namun sekarang, ada beberapa negara, yang juga ikut merayakan International Waffle Day.

Waffle memiliki sejarah yang cukup panjang, dan sudah banyak berevolusi mulai dari nama, bentuk dan juga cita rasa. 

Di jaman yunani kuno, waffle dikenal dengan nama Obelios. Kue pipih yang dihimpit plat besi, dengan pegangan panjang.

Pada abad ke-16, lukisan karya Joachim de Beuckelaer, Pieter Aertsen dan Pieter Bruegel. Melukis dengan jelas, sebuah waffle yang dimasak, berbentuk kotak, dengan pinggiran yang cukup rapi, mirip sekali dengan Waffle Brussels, yang paling dikenal, oleh banyak orang saat ini. 

Waffle di jaman kini

Yup! Waffle sudah jauh berevolusi, di Indonesia sendiri, waffle terkenal dengan adonan yang cukup tebal, dengan ciri khas berlubang, yang dicetak dengan menggunakan alat khusus.

Waffle juga lebih banyak dijual di Mall besar, dengan harga yang cukup pricey. Tapi kini, waffle kembali populer, dan sering terlihat di berbagai media sosial.

Pagi, sore atau malam hari, waffle bisa menjadi teman ngopi, sambil istirahat bersama keluarga. Waffle juga terkenal sebagai dessert, ataupun juga, untuk sarapan simpel di pagi hari. 

Membuat waffle, menjadi kegiatan menyenangkan, Anda bisa mencoba toping-toping berbeda setiap harinya. 

Membuat sebuah waffle, tentunya juga butuh alat khusus, yang dinamakan Waffle Maker. Waffle maker dijual beragam, dari yang manual menggunakan kompor, sampai yang elektrik, menggunakan listrik.

Tergantung pilihan dengan kebutuhan masing-masing Anda. Begitu juga dengan harga, sangat bervariasi.

Waffle Maker Terbaik

1. IdeaLife 4 in 1

Wafel maker

Waffle maker 4 in 1 dari Idealife ini, memiliki 4 plat pemanas yang berbeda, untuk membuat waffle, roti sandwich, donat mini dan juga untuk menggrill daging ataupun ikan.

Bentuknya sangat compact dan tampilan yang elegan, dengan warna hitam dan kombinasi warna silver. Mudah digunakan untuk sehari-hari, dan sangat bisa dibawa berpergian.

Waffle Maker Idealife ini dilapisi, dengan lapisan anti lengket yang sangat baik. Pemakaian listrik 700 watt dan bergaransi satu tahun.

Plat yang dapat dicopot pasang,memudahkan Anda untuk membersihkannya. Terdapat juga indikator light, untuk mengetahui jika masakan sudah matang. Idealife 4 in 1 Waffle maker ini dibandrol dengan harga Rp 470.000

2. Sharp KZS-71-BK

Waffle maker

Waffle maker Sharp KZS-71-BK, ini kurang lebih sama dengan Idealife. Memiliki plat untuk sandwich dan lainnya. Memiliki tegangan 700 watt. B

entuk body sedikit lebih tebal,dengan warna hitam dan silver ditengah. Anda tidak perlu ragu dengan Brand satu ini, memang sudah terbukti untuk sebuah peralatan elektronik, ya!

Kumpul keluarga jadi tambah seru, dengan menyajikan waffle enak dengan mudah. Waffle maker terbaik KZS-71-BK ini, dibandrol dengan harga Rp 428.000

3. Oxone Ox-831 

Waffle Maker

Produk Oxone terkenal dengan teflon unggulannya, mereka pun tak lupa membuat juga waffle maker elektronik praktis ini.

Dengan harga Rp. 255.000, cukup murah untuk menjadi pilihan Anda, yang ingin mencoba membuat waffle dikala senggang. Safety first, yang diusung oleh oxone.

Memilki overheats safety protection. Mesin akan off secara otomatis jika dirasa sudah cukup panas. Anda bisa menggunakan ini, saat buru-buru ingin sarapan pagi.

Karena, waktu yang singkat untuk memasak waffle favorit. Sehingga kami merekomendasikan sebagai salah satu waffle maker terbaik.

4. Advance WF206

Wafle Maker

Waffle maker dari Advance Wf 206  ini memiliki body elegant. Seluruhnya berwarna hitam, dan lampu indikator yang terletak digaris tengah, membuat tampilannya eksklusif.

Advance Wf 206 ini juga memiliki lapisan anti lengket yang cukup bagus. Daya listrik 700 watt. Anda bisa menyimpannya dengan vertikal, tidak akan menghabiskan ruangan penyimpanan.

Anda bisa mendaptkan produk Advance ini, dengan harga 250.000. Cukup terjangkau bukan?

5. Kriss Waffle maker

Wafel Maker

Untuk Anda waffle, lovers! Kriss juga menjadi salah satu pilihan yang tepat. Desain waffle yang berbentuk bungga di dalamnya. Waffle maker Kriss, juga memiliki lapisan anti lengket yang baik.

Dengan watt 650 watt, body yang kecil dan memiliki kaki yang kokoh. Denga harga dibandrol sekitar 297.000, Anda sudah bisa membuat waffle di rumah!

Sedangkan, untuk waffle maker manual, yang menggunakan kompor Anda bisa memilih beragam pilihan, dimarketplace dengan harga berkisar 189.000 hingga 365.000.

Memilih waffle maker kompor, bisa juga menjadi pilihan Anda, yang baru ingin mencoba menggunakan wafel maker. Tapi, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kembali, ke kebutuhan masing-masing, ya!

Kelebihan dari waffle maker electric

  • Lebih praktis 
  • Panas stabil dan merata 
  • Tanpa bolak balik
  • Mudah dibawa kemana-mana

Kekurangan dari waffle maker electric 

  • Sulit dibersihkan
  • Perawatan yang harus lebih hati-hati
  • Boros listrik
  • Takaran menuang adonan harus pas

Kelebihan dari waffle kompor 

  • Hemat listrik
  • Bentuk lebih konsisten
  • Kapasitas lebih besar 
  • Perawatan yang lebih mudah 

Kekurangan dari waffle kompor 

  • Kurang praktis 
  • Harus dibolak-balik
  • Harus perhatikan besar kecil api
  • Ukuran yang lebih besar

Tips membuat Belgian Waffle 

Bahan  :

  1. Tepung terigu   250gr
  2. Baking powder 4sdt 
  3. Garam ½ sdt
  4. Susu Cair 500ml
  5. Minyak goreng 120ml 
  6. Kuning telur 2 butir
  7. Putih telur 2 butir 
  8. Perasa Vanila 1sdt
  9. Gula 50gr
  10. Toping sesuai selera

Cara membuat:

  1. Campurkan Tepung terigu, baking powder dan garam aduk rata. Sisihkan
  2. Susu cair, minyak goreng, kuning telur, perasa vanilla, kocok hingga merata. Sisihkan
  3. Putih telur dan gula, mixer hingga adonan putih, mengembang dan teskturnya kental. Jangan lupa baca, Tips Memilih Mixer Agar Tidak Salah Beli. Biar Anda bisa dapat mixer yang tepat.
  4. Lalu, campurkan semua aduk dengan menggunakan balloon whisk. Hingga tercampur dan merata.
  5. Oles cetakan waffle maker dengan margarin. Tuangkan adonan, sesuaikan dengan besar cetakan.
  6. Tunggu hingga matang, ciri waffle belgian teksturnya lebih crispy dan renyah. Gunakan toping sesuai selera. Bisa dengan selai cokelat, strawberry, madu,ice cream, taburan almond, buah bery dan lainnya
  7. Waffle belgian siap dinikmati
Kue Waffle

Unsplash.com/Joseph Gonzalez

Nah, di media sosial banyak sekali orang yang tidak hanya, menggunakan waffle maker untuk membuat waffle saja.

Tapi juga, memodifikasi untuk beragam jenis makanan, contohnya seperti Croffle, perpaduan waffle dan juga roti croissant. Kamu juga bisa bebas loh, mengkreasikannya.

Memilih waffle maker yang tepat, menjadi langkah penting. Apakah Anda membuatnya untuk sendiri, atau keluarga. Berbeda lagi jika anda ingin membuka bisnis waffle.

Dari harga, pemilihan bentuk, ukuran sampai penggunaan listrik. Dengan cara pemakaian yang baik dan perawatan yang berkala,.

Anda akan memiliki waffle maker yang awet, dan bisa dipakai hingga bertahun-tahun. Semoga artikel ini memberikan inspirasi Anda dalam memilih waffle maker terbaik.