ukuran meja bar dapur

Inilah Ukuran Meja Bar Dapur yang Tepat, Baca Yuk!

Jika ingin tahu ukuran meja bar dapur yang pas, maka sepertinya Anda sudah membaca artikel yang tepat. Ukuran meja dapur tidak bisa dibentuk sembarangan, nantinya aktifitas memasak bisa saja tidak nyaman dilakukan. Perabotan dapur yang Anda miliki juga harus disesuaikan dengan besar ukuran meja dan rak dapur.

Ukuran meja bar untuk dapur tidak hanya membuat tampilan estetika ruangan tampak cantik.



Jika besar dan panjangnya sesuai, masalah seperti sakit punggung dan tangan keram bisa diminimalisir. Berikut ini merupakan rekomendasi ukuran meja untuk bar dapur yang tepat.

Meja Bar Dapur Basic

ukuran meja bar dapur

Ada tinggi meja bar dapur yang ideal di Indonesia, dengan ukuran tersebut, Anda dan penghuni rumah lain tidak akan merasa kesulitan ketika memasak.

Ukurannya bisa disesuaikan dengan tinggi penghuni rumah, contoh meja bar dapur  ukuran basic ini bisa Anda jadikan panduan.

Misalnya, jika penghuni rumah memiliki tinggi antara 160 cm – 170 cm, meja bar dapur sebaiknya berukruan panjang 90 cm, sedangkan lebarnya adalah 60 cm. Berbeda jika tinggi penghuni rumah lebih tinggi, maka panjang dan lebar meja bar dapur juga harus diperbesar.

Jika tidak disesuaikan dengan tinggi badan, maka penghuni rumah yang hendak memasak harus membungkuk. Apabila dilakukan dalam jangka waktu yang lama, resiko terkena nyeri punggung bisa terjadi.

Meja Dapur dengan Kompor

Ada pula yang ingin menggabungkan bar dapur dengan kompor, jika Anda salah satunya, maka Anda harus mengetahui ukurannya dengan tepat. Untuk meja bar dapur yang dibuat menyatu dengan kompor, ukurannya dianjurkan lebih rendah.

Ada jenis kompor yang biasa digunakan, yakni kompor biasa dan kompor tanam. Keduanya memiliki ukuran meja bar yang berbeda.

Untuk kompor biasa, buat meja dengan ketinggian 60 – 70 cm. Sedangkan untuk meja bar dengan kompor tanam, sebaiknya buat ketinggian di angka 80 cm.

Agar lebih nyaman ketika memasak, tinggi meja bar dapur bisa Anda tambahkan menggunakan keramik. Keramik yang digunakan untuk meja dapur baiknya berada di ketebalan 3 – 5 cm agar keramik pelapis meja tidak mudah pecah.

Ini penting banget terutama untuk jika kompornya dari listrik, tetapi Anda bisa membaca tipsnya di artikel kami tentang cara menyalakan kompor modena, disitu dibahas bagaimana meja dapur tetap stylish dengan peralatan modern dapur.

Meja Mini Bar Dapur dengan Kursi

Membuat area dapur sekaligus sebagai bar mini bisa membuat tampilan rumah kian estetik. Jika tertarik, Anda harus membuat ukuran meja yang pas agar nyaman untuk memasak sekaligus meja untuk tempat minum dan bersantai setelahnya.

Meja bar yang sekaligus digabungkan dengan kursi idealnya berukuran 90 cm – 120 cm.

Ada beberapa kursi khusus yang bisa Anda pasangkan dengan meja bar dapur yang dipakai. Jika lebar dan panjang meja bar di dapur dibuat pas, maka luas ruangan bisa terlihat ideal.

Lebar ukuran meja mini bar di dapur biasatnya tidak lebih dari 30 cm, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan aktifitas memasak yang biasa dilakukan. Ada banyak desain mini bar dapur yang bisa Anda gunakan, sesuaikan dengan konsep rumah dan budget yang dimiliki.

Meja bar di dapur memang menjadi salah satu pelengkap peralatan dapur yang penting. Memilih meja bar dapur yang tepat akan membuat penghuni rumah tidak segan untuk menghabiskan waktu bersama disana.

Anda yang tertarik untuk menggunakan meja bar di dapur sebaiknya sudah tahu ukuran meja bar dapur yang ideal. Ukur dapur sebelum membeli meja bar dan peralatan dapur yang lain, sehingga komposisi ruangan dan warna terlihat serasi antara satu dengan yang lain.

Leave a Reply