Cara Menggunakan Blender Miyako
Cara Menggunakan Blender Miyako

Ukuran Magic Com Miyako dari Kecil Hingga Besar, berapa yang paling pas?

Posted on

Ketika akan membeli sebuah rice cooker atau magic com, memilih ukuran yang tepat adalah hal yang penting! Karena jangan sampai magic com yang dibeli malah tidak sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Untuk itu ketahui merk tipe ukuran magic com yang cocok sesuai dengan keperluan Anda. Penting banget!

Jenis Ukuran Rice Cooker Miyako

Miyako adalah produsen alat dapur rumah tangga yang populer di pasaran Indonesia. Rice cooker atau magic com dari Miyako ini mempunyai variasi ukuran yang bermacam. Mulai dari ukuran mini hingga ukuran jumbo.

Anda bisa memilih mana yang pas dengan kebutuhan dan jumlah anggota keluarga di rumah!

Baca juga artikel kami tentang ciri thermostat magic com rusak, ini bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih ukuran magic com lo. Baca deh!

Ukuran Magic com Besar

Magic com ukuran besar selain cocok untuk keluarga besar, cocok juga untuk keperluan bisnis seperti usaha kuliner/ makanan. Jika kebutuhan Anda ini, magic com ukuran besar adalah jawabannya.

1. Miyako MCG-171

Magic com Miyako berukuran jumbo 6 liter ini sangat cocok bagi Anda yang mempunyai usaha restoran atau rumah makan. Selain untuk memasak, dapat dimanfaatkan pula untuk menghangatkan nasi.

Material dari magic com Miyako MCG-171 ini dari bahan stainless steel yang membuatnya anti karat.

Meskipun berukuran besar, namun magic com Miyako MCG-171 6 liter ini bisa dibilang mudah dibersihkan karena pancinya yang anti lengket dan  juga bisa tahan lama.

Untuk daya konsumsi pada Miyako MCG-171 adalah 1300 watt untuk memasak, dan 180 watt untuk menghangatkan. Cukup wajar karena sesuai dengan kapasitasnya juga.

Lihat juga artikel kami yang mengulas cara menghangatkan nasi di magic com yongma digital. Sebelum memilih tipe apa, artikel ini wajib diketahui. Ada tips memilihnya juga lo. (Klik deh!)

2. Miyako MCM-508

Kalau yang satu ini, Rice cooker Miyako MCM-508 dengankapasitas 1,8 liter lebih pas untuk kebutuhan keluarga dibanding untuk bisnis, namun kapasitasnya tetap lumayan besar. Sudah pas untuk keluarga dengan dua anak.

Tidak sekedar pada fungsi, untuk desain pada Miyako MCM-508 ini juga menarik , yaitu gradasi warna yang keren dengan beberapa varian warna seperti hijau dan hitam. Layak menjadi pilihan utama untuk magic com berukuran cukup besar.

Tabel Magic com Miyako ukuran besar

Tipe Kapasitas (liter) Diameter (panjang x lebar x tinggi) cm
Miyako MJ-709 7 L 32,5 x 32,5 x 34,5
Miyako MCG-171 6 L 63 x 63 x 63
Miyako MCM-508 1,8 L 29 x 29 x 31
Miyako MCM-706 1,8 L 32,5 x 32,5 x 34,5
Miyako MCM-509 1,8 L 29 x 29 x 31

Ukuran Magic com paling kecil

Meskipun ukurannya kecil bukan berarti minim fungsinya! Justru ukuran magic com ini pas untuk ukuran anak kost atau yang tinggal sendirian. Karena akan lebih hemat serta efisien tempat juga. Apalagi jika ada kegiatan ke luar, akan lebih mudah dibawa-bawa.

Untuk ukuran magic com yang terbilang mini, umumnya di bawah 1 liter. Memahami hal tersebut, Miyako mendesain beberapa tipe magic com berukuran kecil. Salah satunnya adalah magic com Miyako PSG-607 yang berukuran 0,6 liter saja.

1. Miyako PSG-607

Salah satu magic com ukuran kecil dari Miyako adalah tipe PSG-607 yang berukuran 0,6 liter saja. Dengan dimensi produk tinggi 23 cm, panjang dan lebar 22 x 21,5 cm yang membuatnya terlihat benar-benar mungil. Cocok bagi yang tinggal sendiri atau 2 orang (sepasang suami istri).

Tenang saja, meskipun ukurannya mini, namun Miyako PSG-607 dapat menjalankan fungsi selain menanank nasi yaitu memasak mie instant dengan baik.

Untuk bodynya terbuat dari body plastik dengan alumunium pan spray yang bermotif batik Truntum nan cantik. Elemen pemanasnya yang ada di bagian bawah, menghasilkan nasi dengan kematangan yang sempurna.

Jika Anda belum tahu, lama presto daging sapi berapa menit. Artikel ini wajib Anda ketahui.

2.Miyako MCM-600B

cara menggunakan dispenser miyako

Rekomendasi magic com kecil berikutnya adalah Miyako MCM-600B. Memiliki kemiripan dengan tipe PS-607 yakni mempunyai fungsi 3 in 1 dan kapasitas ukurannya juga 0,6 liter dan sudah dilengkapi LED indicator.

Hanya saja untuk dimensi produknya sedikit lebih besar yaitu panjang lebar ( 23 cm x 24 cm) sedangkan tingginya 27 cm.

3 fungsi utama dapat Anda rasakan antara lain : memasak, menghangatkan dan juga mengukus. Material non stick anti lengket pada pancinya membuatnya aman digunakan. Sekali lagi ukuran kecil ini cocok untuk perorangan sendiri, atau keluarga kecil yang belum mempunyai anak.

Tabel Magic com Miyako ukuran kecil

Tipe Kapasitas (liter) Diameter (panjang x lebar x tinggi) cm
Miyako PSG-607 0,63 L 22 x 21,5 x 23
Miyako MCM-600B 0,6 L 23 x 24 x 27
Miyako MCM-606A 0,63 L 27,5 x 25 x 23,5
Miyako MC-612 1,2 L 32 x 27,5 x 26,5
Miyako MCM-609 0,6 L 22 x 21,5 x 23

Daya listrik magic com Miyako

Untuk konsumsi listrik, Anda tidak perlu khawatir karena daya listrik magic com Miyako untuk ukuran 0,6 liter hingga 1,8 liter terbilang hemat energi listrik, yaitu di kisaran 300- 400 watt saja. Seperti pada seri Miyako PSG-607 yakni 300 watt dan pada Miyako MCM-508 1,8 liter yang hanya 395 watt.

Tipe Daya konsumsi (watt)
Miyako MCM -606A 350 w
Miyako MCM-528 1,8 L 395
Miyako MCM-606A 0,63 L 350 W
Miyako MC-612 1,2 L 365 W
Miyako MJ-709   72 w (untuk menghangatkan saja)

Tipe Magic com paling bagus

Miyako MCM-706 bisa dibilang tipe magic com paling bagus di kelasnya. Magic com ini tidak hanya 3, melainkan mempunyai fungsi 4 in 1. Anda bisa baca lebih lengkap di merk magic com terbaik dan hemat listrik, disini lebih lengkap juga. 

Selain menanak dan menghangakan nasi, juga dapat difungsikan untuk mengukus dan membuat sup, kue atau bubur. Bagaimana, multi fugsi bukan?

Soal kualitas, tipe ini sudah dibekali dengan panci inner pot yang anti gores, anti lengket serta tahan lama. Untuk body luarnya terbuat dari material tin plate yang cukup kuat. Label SNI dan food grade menjadikan Miyako tipe ini semakin aman digunakan.  

Miyako MCM-706 juga sudah dilengkapi dengan 3 elemen pemanas yang membuat tingkat kematangan dan kehangatan yang merata.

Kapasitas pada Miyako MCM-706 adalah 1,8 liter untuk memasak, sedangkan untuk menghangatkan sebesar 5 liter! Jadi untuk ukurannya terbilang besar, apalagi adannya wadah pembuangan uap air yang membuat nasi tidak mudah nasi. Untuk daya listriknya sebesar 395 watt.

Cara Menggunakan  Magic Com Miyako

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa magic com umumnya sudah menjalankan fungsi  3 in 1 termasuk pada merk Miyako ini, Anda dapat menggunakan magic com Miyako dengan mudah melalui cara penggunaan berikut!

Untuk fungsi Menanak nasi, pertama-tama sesuaikan dulu takaran nasi yang pas sesuai kebutuhan. Selanjutnya cuci beras hingga bersih. Namun jangan terlalu sering membilasnya agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

Setelah itu masukkan beras ke dalam panci magic com. Kemudian tuang air sesuai takaran.

Jika sudah, langkah selanjutnya tinggal colokkan kabel magic com ke stop kontak, lalu tekan tombol warm ke posisi cook. Maka tinggal tunggu saja kurang lebih 15 menit hingga menjadi matang.

Setelah matang, magic com akan secara otomatis berganti fungsi untuk menghangatkan (tombol warm).

Namun jangan tinggalkan spoon (sendok pengaduk nasi) di dalam panci magic com, karena bahan plastik berpotensi bisa leleh dan membuat nasi menjadi terkontaminasi.

Selain fungsi memasak dan menghangatkan nasi, magic com dapat digunakan untuk mengukus makanan. Carannya hampir sama dengan memasak nasi yaitu memindahkan tombol warm ke cook. Lebih jauh, fitur ini juga berguna untuk memasak mie instant dengan praktis.

Jadi, dari revew singkat di atas, magic com/rice cooker Miyako mempunyai banyak tipe dengan ukuran dominan 0,6 liter dan 1,8 liter ditambah daya konsumsinya yang tidak terlalu besar, sangat pas untuk kebutuhan ibu rumah tangga sehari-hari, atau juga ukuran jumbo di atas 5 liter untuk kebutuhan usaha kecil menengah. Komplit, sesuai kegunaan masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *