ukuran kompor listrik 2 tungku

Ukuran Kompor Listrik 1 Hingga 4 Tungku

Posted on

Memasak dengan menggunakan kompor listrik bisa menjadi gaya baru memasak yang modern. Namun sebelum membeli kompor listrik, pastikan mengetahui ukuran serta daya listrik yang dibutuhkan. Berikut ini informasi mengenai ukuran kompor listrik sekaligus beberapa pilihan merk terbaiknya .

Ukuran Kompor Listrik Berdasarkan Jumlah Tungku

Salah satu keunggulan dari kompor listrik adalah bentuknya yang  kecil,mini membuatnya praktis dan mudah dibawa-bawa. Meski begitu terdapat perbedaan ukuran pada kompor listrik. Salah satu pembedanya adalah dari jumlah tungku.  

Biasanya semakin banyak jumlah tungku pada sebuah kompor listrik, maka semakin besar pula ukurannya. Jika memilih membeli kompor listrik 4 tungku, maka pertimbangkan pula luas tempat, karena akan sedikit memakan ruangan.  

Ukuran kompor listrik berdasarkan jumlah tungku adalah sebagai berikut:

MerkJumlah
Tungku
Ukuran Kompor Listrik
Maspion s3001 Tungku30 x 25 cm (panjang x lebar)
Midea IC 16101 TungkuDimensi 33 x 22 cm (panjang x lebar)
Tori TIC 8181 TungkuDimensi 30 x 38 cm (panjang x lebar)
Oxone ox 655D2 TungkuDimensi 34 x 50 cm (panjang x lebar)
Ariston4 Tungku59 x 58 cm (panjang x lebar)

Dan masih banyak contoh model lainnya. Namun dari data ini dapat disimpulkan bahwa dimensi kompor listrik 1 dan 2 tungku memiliki ukuran yang relatif kecil dengan dimensi antara 25- 8 cm saja. Cocok hemat ruangan, namun untuk kompor 4 tungku, ukurannya bisa 2 x lipat lebih besar, begitu juga dengan pertambahan bobot beratnya, maka akan sedikit merepotkan jika terlalu sering dipindah-pindah.

ukuran kompor listrik

Maka jika ingin memanfaatkan manfaat kompor mini ringan bisa cukup memilih kompor listrik 1 tungku, namun jika ingin bisa memasak beberapa makanan dalam satu waktu dan satu tempat, maka dapat memilih kompor listrik 4 tungku. Sesuaikan juga daya listrik dan ruangnya.

Konsumsi Daya Listrik Kompor Listrik

Daya konsumsi dari kompor listrik yang berkualitas umumnya yaitu di atas 1200 watt, mengingat konsumsinya yang cukup besar, sesuaikan dengan kapasitas listrik yang di rumah atau tempat kerja Anda.

Meski begitu, saat ini sudah banyak merk kompor listrik yang menawarkan fitur hemat listrik dengan pilihan daya dari 200 watt, 300 watt sampai 500 watt. Meskipun itu akan membuat waktu memasak lebih lama tapi setidaknya bisa berhemat energi listrik. Karena sekali lagi, untuk menghasilkan panas yang berkualitas, penggunaan daya pada kompor listrik setidaknya di atas 600 watt, atau di atas 1200 watt lebih baik!

Cek jenis microwave yang ada di pasaran disini, simak perbedaan penggunaanya masing-masing.

Daftar Merk Kompor Listrik

1. Maspion S300

S300 adalah salah satu seri kompor listrik andalan Maspion. Kompor ini mengusung teknologi thermofuse dan thermostat untuk membantu meningkatkan kualitas memasak Anda! Kompor listrik Maspion S300 ini mempunyai ukuran panjang 30 cm dengan lebar 25 cm, Menjadikannya cukup minimalis dan elegan dengan ukuran tersebut!

Beberapa fitur unggulan kompor listrik Maspion S300 yaitu:

  • Adannya lampu indikator yang membantu mengetahui apakah kompor ini sudah cukup panas digunakan atau belum.
  • Anti lengket : Permukaan yang anti lengket membuat seri ini mudah dibersihkan setelah pegunaannya
  • Hemat daya : Maspion S300 menggunakan daya sebesar 600 watt yang membuatnya sudah termasuk kompor listrik dengan hermat daya.

2. Idealife IL201

Idealife termasuk merk populer kompor listrik pada segmen premium. Contohnya adalah seri Idealife IL201. Seri ini menawarkan beberapa fitur unggulan yang membuat pengalaman memasak Anda dengan kompor listrik lebih memuaskan!

Pertama, adannya fitur 8 mode memasak termasuk di antaranya mode merebus, menggoreng, membuat sup hingga membuat bubur. Kemudian adannya perlindungan overheating yang mencegah panas berlebihan pada kompor. Juga adanya fitur pengaturan waktu hingga 3 jam timer set!

Idealife IL201 dilapisi dengan bahan kaca premium. Untuk ukuran kompor listrik Idealife IL201 yaitu panjang x lebar 28 cm x 35 cm. Daya kompor listrik adalah 200 watt dengan maksimal sampai 1300 watt untuk mendapatkan panas yang berkualitas. 

3. Modena Kompor Listrik Tanam BE 1725

Selain model kompor listrik portable yang bisa dibawa dan dipasang di mana saja, ada juga jenis kompor listrik yang ditanamkan di meja dapur Anda, agar terasa lebih ringkas dan estetik. Salah satu pilihan merknya adalah Modena BE 1725.

Modena BE 1725 dilengkapi electric hob 2 tungku masak. Dengan hot plate 180 mm dan 140 mm. Modena BE 1725 didukung dengan 6 power level. Untuk ukuran kompor tanam listrik modena yaitu panjang 73 cm serta lebar 42 cm, cukup tangguh untuk ukuran kompor listrik 2 tungku

Cara Memilih Kompor Listrik

Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi pertimbangan Anda sebelum membeli kompor listrik agar pembelian tersebut memuaskan dan tidak mengecewakan!

Cara memilih kompor listrik adalah sebagai berikut:

  1. Sesuaikan Daya Listrik

    Karena sangat mengandalkan tenaga listrik, maka Anda harus menyesuikan kompor listrik dengan kapasitas daya di rumah Anda. Jika kapasitas daya listrik Anda itu besar, maka tidak masalah memilih kompor listrik dengan konsumsi watt yang tinggi, karena semakin tinggi wattnya maka semakin cepat pula waktu memasak Anda.
    Sebaliknya, bagi Anda yang ingin berhemat daya listrik, dapat memilih kompor listrik dengan daya berkisar 200 sampai 600 watt. Semua memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing, tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda!ukuran kompor listrik 1 tungku

  2. Pilih Model Pemanas

    Pada kompor listrik terdapat beberapa jenis model pemanas yang mempunyai keunggulannya masing-masing.
    Beberapa model pemanas kompor listrik yaitu model kawat spiral, model kawat terbuka serta mode plat.
    * Mode kawat spiral yaitu keunggulannya membuat kompor tangguh tahan lama, serta bagian pemanas ini mudah dibersihkan. Hanya saja jenis ini jarang, sehingga susah dicari.
    * Jenis awat terbuka adalah model pemanas dengan harga terjangkau, ringan serta mudah dicari
    * Model plat adalah termasuk model umum kompor listrik
    * Jenis model kawat nikelin

  3. Mengukur panjang kabel

    Panjang kabel ideal pada kompor listrik adalah antara 1 sampai 1,5 meter. Jadi pastikan memilih kabel yang cukup panjang agar penggunaannya lebih mudah. Namun apabila sumber listrik terlalu jauh dan tidak ideal jika kompor listrik dipasang disekitarnya, maka Anda bisa menggunakan roll kabel, walau mungkin akan terlihat kurang praktis dan kurang ringkas.

Keunggulan Kompor Listrik

Untuk lebih meyakinkan Anda, berikut ini beberapa kelebihan kompor listrik yaitu:

1. Waktu memasak lebih cepat

Karena menggunakan energi listrik maka penyerapan panasnya lebih maksimal dibandingkan kompor gas. Panasnya juga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, apalagi ada fitur pengatur waktu timer sehinggga Anda tidak perlu khawatir lupa mematikan kompor karena sudah ada pengaturan waktunya.

2. Lebih Aman

Kompor listrik ataupun kompor induksi menghadirkan manfaat tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan kompor gas. Karena sejumlah fitur pengunci, otomatis mati apabila panci diangkat.  Bandingkan dengan kompor gas yang masih berpotensi mengalami kebocoran gas baik dari selang  atau regulatornya.

3. Mudah dibawa

Seperti pembahasan di atas, bahwa ukuran kompor listrik itu mini sehingga praktis dibawa kemana saja atau diletakkan dimana saja, selama masih ada sumber listrik. Namun ini juga yan bisa jadi kelemahan , jika terjadi pemadaman listrik, kompor pun juga tidak akan bisa dinyalakan.

4. Harga

Dengan segala kecanggihan fitur yang dimiliki, tidak serta membuat harga kompor listrik menjadi mahal. Harganya masih relatif terjangkau, banyak tipe yang harganya di bawah 300 ribuan Rupiah. Tergantung dengan fitur serta jumlah tungkunya.

Baca juga SP adalah, definisi dan kegunaannya untuk kebutuhan baking di dapur.

Kehadiran kompor listrik bisa menjadi inovasi teknologi baru dalam memasak.Kini tinggal pilih berapa ukuran, daya listrik atau berapa jumlah tungku yang Anda inginkan.  Sehingga manfaat kompor listrik benar-benar bisa dapat Anda rasakan dengan maksimal.