ukuran gilingan kopi untuk Vietnam Drip

Ternyata Ini Ukuran Gilingan Kopi untuk Vietnam Drip yang Tepat!

Ukuran gilingan kopi untuk Vietnam Drip berbeda dengan jenis minuman kopi yang lain. Seduhan kopi yang menggunakan susu kental manis sebagai pelengkap ini ternyata menggunakan gilingan kopi khusus, yang membuat rasanya lebih unik.

Ukuran gilingan kopi bagi barista ataupun home brewer sangat penting, sebab bisa mempengaruhi rasa dan karakteristik seduhan kopi yang dibuat. Jika Anda menyukai Vietnam Drip namun rasanya tidak kunjung pas, bisa jadi ukuran gilingan kopi yang Anda gunakan salah.

Ukuran Gilingan Kopi Vietnam Drip yang Tepat



ukuran gilingan kopi untuk Vietnam Drip

  1. Coarse

Ukuran bubuk kopi coarse cenderung kasar, serupa dengan garam dapur. Untuk Anda yang menyukai rasa yang tidak terlaku pekat, coarse bisa menjadi pilihan. Selain bisa Anda gunakan untuk membuat Vietnam Drip, bubuk kopi coarse juga bisa digunakan untuk membuat French Press.

  1. Medium Coarse

Untuk ukuran medium coarse, ukurannya jauh lebih halus dibandingkan dengan course. Butiran kopinya tidak terlalu terlihat, sekilas lebih mirip dengan pasir yang kasar. Medium coarse lebih sering digunakan untuk Vietnam Drip karena rasa yang diberikan lebih kuat.

  1. Medium Grind

Jika ingin mendapatkan rasa kopi yang kuat, medium grind bisa menjadi pilihan ukuran gilingan kopi Vietnam Drip Anda. Meski tidak direkomendasikan, namun ada beberapa home brewer yang lebih memilih menggunakan ukuran ini.

Sebenarnya ukuran gilingan kopi untuk Vietnam Drip berada di ukuran coarse, namun selera seseorang bisa mempengaruhi ukuran gilingan kopi yang digunakan. Jika Anda menyukai rasa pahit yang dominan dalam Vietnam Drip, Anda bisa menggunakan tingkat gilingan fine.

Berbeda jika Anda lebih suka rasa manis susu yang mendominasi, gilingan medium atau coarse bisa Anda pilih. Dengan menggunakan ukuran gilingan kopi yang tepat, Anda bisa mendapatkan Vietnam Drip yang sesuai dengan selera.

Sejarah Kopi Vietnam Drip

Sebagaimana namanya, kopi Vietnam Drip berasal dari Vietnam, nama lokalnya adalah cap he sua nong, yang berarti kopi cokelat dengan susu. Vietnam bukan negara yang menghasilkan kopi, tanaman ini dibawa oleh orang Perancis, berikut dengan Vietnamese Dripper yang digunakan untuk membuat kopi Vietnam Drip.

Susu kental manis yang digunakan untuk Vietnam Drip ternyata juga memiliki sejarah. Dulunya masyarakat Vietnam kesulitan mendapatkan susu segar untuk membuat kopi ini, sehingga menggantinya dengan krim atau susu kental sebagai campuran.

Coarse grind coffee adalah ukuran gilingan yang cocok digunakan Vietnam Drip dan ini digunakan sebagai ukuran standar pembuatan kopi Vietnam Drip di Vietnam. Sekarang campuran susu kental manis dan jenis gilingan kopi yang digunakan untuk membuat Vietnam Drip semakin beragam, ini terjadi sebagai bentuk penyesuaian selera dan preferensi masyarakat non Vietnam.

Minum kopi semakin enak adalah dengan rutin melakukan kalibrasi gilingan grinder-nya, baca tulisan kami tentang trik dan cara kalibrasi grinder kopi, disitu diungkap jelas, agak ngopi kita semakin mantap.

Cara Membuat Vietnam Drip dengan Mudah

  • Siapkan kopi yang sudah digiling serta susu kental manis.
  • Masukkan susu kental manis ke cangkir berwarna transparan.
  • Letakkan metal cup ke bagian atas cangkir, kemudian masukkan kopi ke Vietnamese Dripper.
  • Kunci dan rekatkan alat pres, tuangkan air panas sampai batas cangkir.
  • Tunggu sampai seluruh kopi menetes, tambahkan lagi air panas sampai cangkir penuh.
  • Jika sudah selesai, aduk kopi dan susu yang ada di cangkir transparan.

Itulah ukuran gilingan kopi untuk Vietnam Drip yang benar, meski demikian Anda tetap bisa berkreasi menggunakan jenis ukuran gilingan kopi yang lain. Dengan informasi tersebut, kini Anda bisa membuat sendiri kopi Vietnam Drip di rumah dengan lebih mudah.

Leave a Reply