tinggi wastafel

Salah Mengukur Tinggi Wastafel, Ini Akibatnya 

Posted on

Tinggi wastafel dapur atau kamar mandi mempunyai standar ukuran lho! Agar Anda bisa memaksimalkan fungsi wastafel tanpa gangguan, Anda harus mempertimbangkan hal-hal seperti ketinggian dan jangkauan keran. Sebaiknya Anda tidak mengabaikan standar ukuran ketinggian wastafel tersebut.

Umumnya ukuran tinggi wastafel dari lantai adalah 90 cm. Tetapi, Anda tentu bisa mengukur ketinggian wastafel sesuai kebutuhan. Apakah ingin wastafel lebih tinggi atau lebih rendah.

Standar ukuran tinggi wastafel biasanya mengikuti rata-rata tinggi dan pendeknya postur tubuh anggota keluarga. Khususnya jika terdapat anggota keluarga yang masih anak-anak atau anggota keluarga yang sudah memasuki usia senja dan hanya bisa mengakses wastafel dengan kursi roda!

Kedua anggota keluarga tersebut tentu membutuhkan perhatian khusus yang membuat Anda harus cermat mengukur ketinggian wastafel dan memilih jenis pemasangan wastafel yang tepat.

Cara Mengukur Tinggi Wastafel

Sebelum mengukur, pastikan Anda sudah baca cara pasang wastafel, karena dengan memahami pemasangan memudahkan teknik pengukurannya nanti.

Bila Anda ingin mengganti wastafel, maka Anda hanya perlu mengukur

panjang, lebar dan tinggi wastafel yang saat ini Anda gunakan. Kemudian, pilih satu wastafel dengan ukuran sama sebagai ganti wastafel yang lama.

Caranya, ukur lebar dari sisi satu ke sisi yang lainnya. Ukur panjang dari arah depan ke belakang. Ketentuan pengukuran ini bergantung pada bagaimana wastafel tersebut akan dipasang atau disesuaikan dengan jenis pemasangan.

Sebaiknya, Anda menggunakan lembar spesifikasi atau instruksi dari buku manual sebagai rujukan untuk mendapatkan dimensi yang akurat.

Harus diingat, bahwa yang namanya ketinggian dan kedalaman itu dua pengukuran yang berbeda.

Sebagaimana yang Anda tahu, tinggi merupakan standar ukuran penuh berdasarkan pada eksterior dari atas ke bawah.

Sedangkan kedalaman yakni standar ukuran interior yang didapat dari bak wastafel juga kedalaman air yang bisa ditampung.

Misalnya saja wastafel dengan overflow diukur berdasarkan titik terdalam hingga ke limpahan saja.

Cara mengukur tersebut bisa Anda gunakan saat ingin memilih bak wastafelnya. Lalu bagaimana mengukur jarak antara wastafel dengan lantai dasarnya?

Meskipun yang Anda pasang adalah wastafel dapur atau kamar mandi yang harganya tidak seberapa alias murah, Anda tidak boleh sembarangan mengabaikan standar ukuran ketinggian wastafel. Selain itu ukuran lebarnya pun juga harus pas.

Standar Tinggi Wastafel

Standar tinggi wastafel yang disarankan untuk orang Indonesia yakni 80 cm dari dasar lantai.

Meski begitu, bila Anda memasang wastafel pada saat meja dicor, maka lebih baik Anda kurangi 3 sampai 5 cm sebagai ruang atau space untuk keramiknya nanti.

Dengan demikian, kira-kira Anda bisa memasang wastafel dengan ketinggian 75 hingga 77 cm.

Selanjutnya, bila Anda ingin memasang wastafel dapur, gunakan wastafel yang memiliki ukuran lebar 60 cm dari dinding.

Usahakan ketebalannya tidak lebih dari 8 cm.

Simak juga artikel kami tentang macam-macam cetakan kue.

Manfaat Tinggi Wastafel yang Pas Tingginya

Tujuannya agar tidak melebihi ambang batas tingginya. Pada saat memasang wastafel dapur besar, sebaiknya Anda memakai besi berukuran 13 mm hanya untuk satu baris saja.

Supaya menghasilkan tampilan yang tidak berlebihan, pasang keramik berukuran 60×60 cm sebagai material finishing wastafel nya nanti.

Yang perlu Anda ketahui, ternyata selain masalah kenyamanan, tinggi wastafel juga dapat mempengaruhi buangan airnya. Jadi, Anda harus mengatur jarak antar wastafel dan pipa pembuangan agar pas dan tepat.

Bila Anda  memanfaatkan pipa pembuangan asli, biasanya hanya mungkin memisahkannya sepanjang 20 cm dari bak wastafel saja.

Dengan demikian, Anda harus mengusahakan agar lubang pembuangan atau saluran airnya tidak melebihi dari ketentuan itu, kecuali bila ternyata Anda ingin menggantinya dengan pipa atau saluran pembuangan air lainnya.

Jika Anda membutuhkan cara bagaimana mengukur Ketinggian lubang saluran airnya, maka pertama-tama pastikan Anda menandai area di mana posisi wastafel akan diletakkan pada saat proses pemasangan.

Sebaiknya Anda tahu, jika lubang saluran air bersih harus berada di ketinggian 90 cm. Sedangkan untuk lubang saluran air limbah harus berada di titik ketinggian 70-75 cm dari permukaan lantai.

Ini dilakukan sebab, rata-rata wastafel yang akan diinstal di antara lubang saluran air bersih dan air limbah ini, kurang lebih memiliki ukuran 15-20 cm.

Begitulah ukuran tinggi wastafel yang harus Anda perhatikan. Sebab jika tidak, maka berbagai gangguan akan muncul dan menjadi masalah! Apa saja resiko yang bisa terjadi bila tinggi wastafel tidak sesuai? Berikut ini uraiannya untuk Anda!

Apa Saja Bahaya Ketinggian Wastafel yang Tidak Pas?

Selain masalah ketidak nyamanan, bila ukuran wastafel Anda terlalu tinggi atau terlalu rendah ternyata berbagai resiko lainnya siap mengintai Anda!

Bila Anda menggunakan wastafel yang kurang lebar, air akan menyebar dan membuat cipratan yang bisa menyebabkan meja, dinding dan lantai dapur atau kamar mandi jadi basah.

Hal ini bisa memicu tumbuhnya jamur dan resiko terjatuh karena tidak segera dilap. Bukan sekedar masalah kenyamanan juga kebersihan dapur dan kamar mandi saja.

Tapi ukuran lebar wastafel yang tidak sesuai ditambah ukuran ketinggian yang bermasalah ternyata pun bisa membawa resiko.

Permasalahan Jika Tinggi Wastafel Tidak Sesuai

  1. Sulit menjangkau keran
  2. Lutut menabrak pipa saluran air karena jarak wastafel dengan dasar lantai terlalu dekat
  3. Pegal-pegal karena harus berdiri di posisi yang tidak tepat saat menggunakan wastafel
  4. Kesulitan membersihkan area bawah wastafel
  5. Kesulitan saat ingin melakukan perbaikan pipa wastafel
  6. Tidak bisa memanfaatkan ruang di bawah wastafel yang terlalu rendah
  7. Resiko kebocoran pipa saluran air karena tidak di pasang dengan ukuran lubang sesuai ketentuan juga tidak ditanam ke dinding.

Dari berbagai resiko yang perlu anda hindari tersebut, maka sebaiknya Anda mulai memaksimalkan panduan memasang wastafel.

Anda harus meneliti, apakah Anda sudah memasang wastafel dengan langkah-langkah yang tepat?

Jika Anda kesulitan menentukan ketinggian  wastafel, manfaatkan varian ukuran yang sudah tersedia. Seperti wastafel dengan tipe pedestal ini yang sudah memiliki fitur ukuran ketinggian wastafel. Pilihan ketinggian yang tersedia antara lain 24 inci, 27 inci dan 30 inci.

Anda tak perlu khawatir, karena ukuran dek dan dan mangkuk yang luas pada wastafel pedestal ini juga memungkinkan Anda untuk meletakkan berbagai perlengkapan seperti sabun cuci tangan, sikat gigi, atau sabun wajah Anda.

Solusi lainnya, Anda bisa membeli kabinet dengan konter terbuka khusus untuk menempatkan wastafel. Dengan membeli kabinet khusus wastafel di pasaran, Anda tentu tak perlu repot menentukan ketinggian. Tinggal pilih saja varian ketinggian yang cocok saat Anda membeli di toko furniture.

Untuk model wastafel yang bisa Anda aplikasikan pada kabinet ini adalah tipe wastafel drop-in. Wastafel tipe ini sangat cocok bila Anda pasang di konter kabinet milik Anda. sebab, wastafel ini terbukti mudah di pasang langsung ke konter atau kabinet dengan ukuran yang sesuai.

Kesimpulan

Informasi tentang tinggi wastafel yang tepat di atas bisa Anda bagi dengan teman atau kerabat yang sedang membutuhkan saran untuk memasang atau mengganti wastafelnya di rumah.