suhu max dan min di kulkas

Settingan Suhu Max & Min di Kulkas, Makanan Awet & Hemat Energi 



Berapa suhu max dan min di kulkas yang paling baik? Berapa settingan suhu agar kulkas awet bertahun-tahun? Nah mungkin saat ini pertanyaan ini sedang berputar dalam kepala Anda. Normal memang. Mengingat keadaan yang sekarang ini mengharuskan kita untuk tetap berhemat.

Nah, berhemat ini bisa bermacam bentuknya. Salah satunya adalah berhemat bahan makanan dengan menggunakan lemari es.

Namun itu dengan syarat: suhunya harus pas agar makanan awet dan tagihan listrik tidak membengkak.

Untuk Anda yang ingin panduan singkat mengenai suhu yang pas di dalam kulkas agar makanan awet dan mesin lemari es tahan lama, silahkan membaca sampai akhir.

Bagaimana Cara Mengantur Suhu Max dan Min di Dalam kulkas Agar Makanan Awet?

Cara mengatur suhu kulkas min atau max adalah sebagai berikut:

  1. Nyalakan kulkas dengan mencolokkan kabel power ke listrik.

  2. Pencet tombol power jika kulkas Anda memiliki fitur ini

  3. Buka pintu kulkas sampai posisi terbuka lebar

  4. Geser gir kulkas yang terletak di dekat freezer ke arah kiri atau kanan

  5. Atus hingga suhu kulkas pas, standarnya temperatur lemari es adalah adalah 35°F (1.6°C). Sedangkan temperatur freezer Anda harus di bawah 32°F (0 °C)

  6. Selesai

Apakah makanan yang Anda simpan di dalam lemari es cepat busuk, menjamur, basi atau rusak? Dan apakah Es krim yang Anda ingin makan esok hari tiba-tiba mencair padahal sudah disimpan di dalam freezer? Apakah Anda mendapati buah-buahan begitu cepat busuk meski baru berada di dalam kulkas belum lama ini?

Jika jawaban dari semua pertanyaan tersebut (atau sebagian besar) adalah “iya”, itu berarti sedang ada yang salah dengan pengaturan suhu lemari pendingin yang Anda punyai sekarang ini.

Tahukah Anda, jika menurut petunjuk dari sebuah badan pengawas obat dan makanan di Amerika, suhu pada kulkas direkomendasikan berada atau di bawah 4 derajat Celcius. Sementara itu, untuk suhu freezer direkomendasikan berada di kisaran -18 derajat Celcius.

Kami paham bahwa tidak semua kulkas memiliki kelengkapan termometer. Hal ini cukup membuat pemilik kulkas pusing, karena menentukan suhu yang tepat untuk kulkas bisa jadi persoalan yang membingungkan.

Setelan Kulkas Freezer

Namun, kabar baiknya, harga termometer khusus untuk kulkas ini ternyata tidak mahal. Dan termometer untuk kulkas bisa Anda dapatkan di sebagian besar toko yang menjual peralatan dapur. Pengaturan suhu kulkas yang benar menjadi kunci tingkat dinginnya freezer.

Baik, sekarang kita kembali ke pokok pembahasan kita. Bahwasanya menjaga lemari es bekerja pada suhu optimal merupakan kunci utama untuk memastikan bahwa makanan yang kita simpan di dalamnya mampu bertahan atau awet selama mungkin.

Selain itu, dengan kita menyimpan bahan makanan di dalam suhu yang optimal, adalah salah satu cara paling mudah untuk mencegah tumbuhnya bakteri atau penyakit bawaan makanan.

Sebab, banyak bakteri bisa ‘lahir’ kemudian masuk ke dalam tubuh, ketika seseorang mengonsumsi susu, telur, dan susu yang sudah kadaluarsa atau rusak.

Itu untuk makanan segar. Sementara itu, menyimpan makanan di dalam freezer dengan cara yang pas, merupakan cara yang cocok buat menyimpan bahan makanan mentah seperti daging.

Cara Menjaga Makanan Agar Tetap Awet Di Dalam Kulkas

cara mengatur suhu kulkas

Sedikit melenceng dari topik, Badan pengawas obat dan makanan dari Amerika telah aktif mengamati pola pengawetan makanan di dalam kulkas.

Dari pengamatan ini didapat sebuah data, di mana semakin lama satu makanan dibekukan, maka hal itu akan berpengaruh kepada tekstur, rasa, aroma, tingkat kesegaran, dan bahkan sampai ke warna makanan.

Sehingga, jika Anda memiliki kekhawatiran akan sisa makanan bakalan menjadi rusak atau basi sebelum kalian memakannya, Peggy Woodward seorang editor di rubrik makanan pada laman Reader’s Digest, menjelaskan bahwa sebenarnya ada beberapa cara unik dan kreatif yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Peggy mengatakan bahwa sebenarnya daging sisa dapat ditambahkan ke dalam sup atau bisa juga dikombinasikan dengan telur.

Sehingga, jika Anda punya sedikit sisa sayuran yang sudah dimasak, Anda bisa meletakkan telur di atasnya. Dan Anda pun bisa menikmati hidangan tersebut untuk makan esok hari.

Sedangkan sisa nasi bisa Anda masukkan ke dalam kulkas, yang nantinya bisa digunakan untuk membuat nasi goreng spesial yang lezat.

Bagaimana dengan Buah? Buah-buahan bisa Anda olah menjadi salad buah. Sedangkan sayuran bisa Anda olah menjadi tumis-tumisan yang menggugah selera.

Cara Menjaga Kulkas Agar Tetap Awet Bertahun-Tahun

mengatur suhu kulkas min atau max

Pastikan Anda sudah bisa membedakan perbedaan kompresor kulkas 1 pintu dan 2 pintu, agar mudah dalam menyeting suhunya masing-masing.

Di zaman ini, sulit rasanya membayangkan jika kita tidak memiliki tempat penyimpanan yang satu ini.

Fungsi utamanya yang sangat membantu kita untuk urusan perut, menjadikan kulkas perkakas yang wajib ada di setiap rumah.

Selain membantu mengawetkan makanan agar tidak cepat membusuk atau rusak, kulkas juga seringkali punya peran untuk menyegarkan. Menyegarkan apa? Tentunya menyegarkan bahan makanan!

Ya, Anda tidak salah baca. Lemari pendingin ini memang mampu menjaga bahan makanan untuk tetap segar untuk beberapa waktu.

Oleh karena banyaknya fungsinya, keberadaan kulkas memang sangat dibutuhkan oleh hampir semua kalangan.

Dan bukan hanya kalangan tingkat atas, namun kulkas juga sangat dibutuhkan oleh kalangan menengah ke bawah.

Tapi sayangnya, kita tidak banyak mengerti tentang bagaimana tetap menjaga kulkas agar awet. Akibatnya kita tidak bisa menjaga isi kulkas agar tetap awet pula.

Sehingga, banyak sekali kita temukan kulkas – kulkas yang hanya mampu bertahan ketika digunakan kurang lebih selama 1 hingga 3 tahun.

Ini sangat prematur sekali. Padahal, jika Anda mengerti bagaimana caranya merawatnya, bukan tidak mungkin lemari es Anda akan berumur panjang dan tetap prima ‘menjalankan tugasnya’ hingga bertahun-tahun lebih lama.

Pertanyaannya, bagaimana cara Anda bisa menjaga supaya kulkas tidak mudah rusak? Jawaban mudahnya adalah dengan rajin membersihkan.

Tiga Bagian Kulkas yang Perlu Dibersihkan Secara Berkala

suhu max dan min di kulkas

Ini adalah hal wajib bagi setiap pemilik kulkas. Agak berbeda dengan perkakas dapur kita yang lain, pada perkakas yang satu ini, Anda harus mengecek tiga bagian utama yang mesti dibersihkan.

Apa saja tiga bagian tersebut? Tiga bagian itu, yang pertama ialah bagian dinding dalam kulkas.

Sudah barang tentu Anda tak sudi jika kulkas Anda mempunyai bau tidak sedap, hanya sebab Anda malas bersihkan dinding di bagian dalamnya bukan?

Khusus untuk bagian interior ini, paling minimal Anda disarankan untuk membersihkannya sekali dalam sebulan.

Bagian penting selanjutnya yang harus Anda perhatikan juga yakni bagian belakang kulkas. Yang mana pada bagian ini terdapat alat bernama kompresor yang memiliki kipas.

Nah, putaran kipas di dalam kompresor ini biasanya sering mengundang sekumpulan debu untuk mendekat.

Sehingga, yang perlu Anda lakukan ialah untuk membersihkan debu dari bagian belakang. Ups, jangan lupa, sebelum membersihkan bagian ini, cabut terlebih dahulu saluran listrik nya ya.

Usahakan selalu berhati-hati bila Anda membersihkan kompresor atau bagian belakang ini dengan menggunakan air atau cairan pembersih. Alih-alih menggunakan air atau cairan pembersih, kami merekomendasikan untuk menggunakan kain basah. Ini dilakukan agar air atau cairan pembersih Anda tidak masuk ke dalam kompresor, yang mana bisa menyebabkan kerusakan.

Kemudian bagian terakhir yang mesti Anda bersihkan… dan ini tak kalah penting, adalah bagian luar atau eksterior. Silahkan gunakan spons atau sehelai kain halus guna membersihkannya. Mengapa kain halus? Ini karena bagian luar kulkas rata-rata sangat sensitif terhadap goresan.

Kesimpulan

Suhu max dan min di kulkas ikut berpengaruh kepada ketahanan bahan pangan kita di dalamnya.

Dengan menjaga suhu di lemari pendingin sekitar 4 derajat celcius dan -18 derajat celcius untuk freezer, maka bahan makanan kita akan baik-baik saja dalam jangka waktu yang lama.

Dan jangan lupa bersihkan kulkas secara berkala agar kulkas Anda mampu bertahan lama.

Terimakasih telah membaca dan pastikan Anda mengikuti konten kami di bawah ini.