skema pemantik elektrik kompor gas

Kenali Skema Pemantik Elektrik Kompor Gas Agar Mudah Merawatnya

Skema pemantik elektrik kompor gas mungkin sudah menjadi hal yang umum dikenal. Sebab, pemantik fungsinya hampir sama dengan korek. Siapa yang tak tahu benda yang satu ini? 

Anda tentu tahu apa itu korek. Korek adalah alat untuk memantik api.



Berbagai jenis pemantik yang umum digunakan antara lain, pemantik kayu atau korek api kayu, pemantik gas, pemantik elektrik atau plasma.

Masing-masing pemantik tersebut ada yang dimanfaatkan di industri kompor gas untuk menunjang teknologi pemantik kompor yang bekerja aman, cepat, dan hemat. 

Diantaranya ada yang memanfaatkan efek piezo-listrik,  jaringan listrik hingga daya dari baterai yang bekerja menghasilkan percikan api dari pemantik hingga menyalakan api di tungku kompor.

Mulai dari pemantik kompor gas dengan pengapian manual maupun yang otomatis, kira-kira Anda termasuk pengguna kompor gas dengan sistem pengapian mana nih?

Karena kompor dengan pengapian otomatis Anda tentu memiliki skema pemantik yang berbeda dengan skema pemantik kompor gas pengapian manual.

Nah, bagi Anda yang sudah biasa menggunakan kompor gas, sebaiknya Anda tahu cara kerja pemantik kompor gas.

Baik dengan sistem pengapian manual atau pun yang sudah menggunakan sistem pengapian berteknologi one hand ignition atau otomatis. Hal tersebut dapat memudahkan Anda, ketika pemantik kompor mendadak tidak berfungsi. 

Dengan mengetahui cara kerja pemantik kompornya, Anda tidak akan khawatir bila pemantik mati. Bahkan, menariknya lagi, Anda pun menjadi lebih paham bagaimana cara mengatasinya.

Baca juga efek samping kompor listrik, sebagai bahan pertimbangan Anda dalam memilih alat masak ini.

Mengenal skema pemantik kompor gas manual! 

skema diagram pemantik elektrik kompor gas

Mungkin tak banyak orang yang tahu termasuk Anda, jika pemantik kompor gas manual bekerja menggunakan berbagai komponen seperti, palu pelor pemantik kompor gas, kabel magnet pemantik, jarum pemantik, dan juga As pemantik. 

Berbagai komponen mesin pemantik tersebut kemudian bekerja dengan menggunakan efek piezo-listrik sebagai cara untuk menciptakan percikan listrik yang bisa menyalakan gas di lubang pemantik yang mudah terbakar.

Bayangkan, apa yang terjadi jika Anda punya korek api kayu. Gesekan antara kepala korek dengan lapisan bahan sulfur dan bubuk potasium yang mudah terbakar di kemasan korek api tentunya bisa menghasilkan percikan api. 

Sama halnya dengan cara kerja alat pemantik kompor gas manual. Yang menggunakan percikan listrik dari komponen seperti kabel, jarum, palu, dan as pemantik yang bisa menyulut aliran gas yang ada di ujung lubang pemantik hingga dapat menghasilkan api. 

Selanjutnya api yang sudah tersulut dari lubang pemantik akan menyembur ke luar ke arah di mana aliran gas berada. Yakni di bagian tungku kompor.

Faktanya, fenomena itu bisa terjadi karena efek piezo-listrik. Material ini biasa disebut dengan Kristal Piezo-listrik yang ada di palu pegas yang memiliki tombol. Bila tombol tersebut Anda tekan, maka akan menghasilkan tekanan bertegangan hingga 800 volt. 

Karena tegangan tinggi inilah udara terionisasi dan menjadi jalur Pelepasan listrik dalam bentuk percikan api. Percikan api kemudian menyulut gas yang mudah terbakar dari kompor sehingga menghasilkan nyala api. 

Pahami cara menyalakan kompor listrik sesuai prosedur di buku petunjuk. Menambah pengertian bagi yang belum tahu

Teknik Pancingan Memantik Gas

cara kerja pemantik elektrik kompor gas

Jika api tak menyala karena terjadi kerusakan pada  pemantik kompornya, maka untuk sementara Anda bisa menyalakan api di tungku kompor gas secara manual menggunakan pemantik yang tidak terpasang di kompor gas Anda. melainkan, menggunakan pemantik gas atau korek api kayu yang bisa Anda beli di berbagai marketplace ternama. 

Caranya, buka aliran gas ke tungku api dengan memutar panel kontrol atau kenop ke tanda api sedang, kemudian nyalakan korek gas atau korek api. 

Arahkan korek ke bagian tengah kompor, selanjutnya tunggu selama 3-5 detik sampai gas di kompor tersulut oleh api dari pemantik dan api di tungku kompor gas Anda akan menyala. 

Bila api di tungku kompor Anda sudah menyala, lakukan gerakan cepat untuk menjauhkan tangan Anda menghindari api kompor. 

Hal tersebut penting dilakukan guna mencegah resiko tangan Anda terbakar. Akan lebih aman jika korek gas yang Anda gunakan memiliki gagang yang panjang. 

Jika menggunakan korek api kayu lebih baik tidak langsung mengarahkan korek api kayu yang sudah menyala ke tungku kompor gas. Itu sangat beresiko, Anda bisa terbakar. 

Lebih baik jika korek api kayu yang sudah nyala itu segera digunakan untuk membakar lidi yang sudah diberi cairan minyak. Jika api di lidi sudah nyala, silahkan Anda arahkan ke tungku kompor gas Anda.

Tak hanya mengenal skema pemantik kompor gas dengan sistem pengapian manual, Anda juga bisa mengenali skema pemantik kompor gas dengan sistem pengapian otomatis berikut ini.

Bisa jadi Anda perlu pahami cara memperbaiki kompor gas yang tidak menyala, siapa tahu artikel kami ini adalah solusi bagi Anda

Mengenal Skema Pemantik Kompor Gas Otomatis!

Kompor gas kini dikenal memiliki dua jenis varian. Varian kompor gas otomatis artinya kompor gas dengan pengapian otomatis.

Sedangkan kompor gas manual berarti menggunakan pengapian manual. Kini, lebih populer dengan istilah kompor gas manual dan kompor gas otomatis.

Penasaran kan, dengan cara kerja pemantiknya. Kompor gas dengan sistem pengapian otomatis yang hanya dapat berfungsi jika ada jaringan listrik yang tersambung ke kompor.

Jaringan listrik tersebut juga harus mempunyai  tegangan listrik yang sesuai dengan kebutuhan piranti kompor.

Baterai dalam Gas

Selain itu, kompor gas dengan sistem pengapian otomatis skema pemantiknya juga dapat bekerja menggunakan daya dari baterai lho. 

Baterai kini banyak ditemukan dalam kompor portable atau kompor tanam untuk menggantikan fungsi aliran listrik dari steker atau stop kontak. 

Sebab, baterai mempunyai aliran listrik. Apalagi,  baterai juga praktis. Karena, bisa diganti atau diisi ulang juga tanpa sambungan kabel listrik.

Teknologi kompor dengan pemantik yang bekerja menggunakan daya baterai tentu menjadi penawaran menarik bukan.

skema pemantik elektrik kompor gas

Dari uraian tersebut bisa Anda ketahui, jika ternyata skema Pemantik kompor gas model pengapian otomatis bekerja secara otomatis menggunakan listrik untuk memantik atau menyulut api agar kompor menyala.  

Teknik ini memanfaatkan pemantik elektronik yang menyatu dengan sistem pengapian. Bila Anda menekan knop kompor gas dan tombol pemantik api, maka itu bisa menimbulkan percikan listrik untuk menyalakan gas di kompor.  

Skema ini digunakan juga untuk menyalakan pemantik yang menggunakan one hand ignition seperti kompor gas modena.

Anda hanya perlu menekan tombol pemantik api menggunakan satu tangan  dengan tangan lainnya memutar knop kompor ke arah jarum jam yang berlawanan hingga ke posisi tanda pengaturan api besar.

Selanjutnya, yang harus Anda perhatikan ketika api di tungku kompor sudah nyala, jangan lepaskan tangan Anda yang masih berada di kenop atau panel kontrol. Pertahankan posisi tangan agar tetap menekan

Kenop selama rentang waktu kurang lebih 5 – 10 detik saja. Sebab, bBila Anda melepas tekanan pada Kenop sebelum waktu yang ditentukan tersebut, nyala api di tungku kompor akan padam secara tiba-tiba.

Kelebihan Menggunakan Skema Pemantik Kompor Gas Elektrik!

  1. Menyalakan kompor gas jadi lebih mudah, semudah menekan tombol on dan off.
  2. Tak perlu khawatir jika pemantik bermasalah Anda hanya perlu mengganti busi pemantik, kabel atau sirkuit listrik, baterai, hingga menyesuaikan tegangan listrik yang dibutuhkan oleh kompor gas otomatis dengan jaringan listrik supaya pemantik berfungsi kembali.
  3. Jauh lebih ekonomis karena tak perlu stok korek api hanya untuk menyulut api kompor.
  4. Lebih hemat gas karena api langsung menyala tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menyalakan api di tungku kompor.
  5. Lebih aman. Sebab, dilengkapi sistem pengaman untuk menghindari masalah kebocoran gas.

Memilih kompor dengan skema pemantik manual atau auto ignition tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kesimpulan 

Skema pemantik elektrik kompor gas ini bisa membantu Anda memilih antara kompor gas dengan pemantik yang bekerja manual atau yang otomatis.

Sebab sebelum Anda membeli kompor gas, ada baiknya Anda mencari tahu semua tentang berbagai komponen kompor gas, sistem pengapiannya, serta petunjuk cara merawat dan berbagai tindakan yang direkomendasikan bila terjadi masalah pada kompor. 

Hal tersebut sangat penting Anda lakukan supaya Anda tak salah pilih. Mengingat Anda juga butuh berhemat dan menjaga komponen kompor tetap awet meski digunakan setiap hari.