Rice Cooker Wattage

Tips Memilih Rice Cooker dan Rekomendasi Rice Cooker Wattage Rendah Terbaik

Saat ini rice cooker menjadi peralatan elektronik yang wajib ada di rumah. Dengan rice cooker, pembaca bisa lebih menghemat waktu untuk memasak nasi. Bukan hanya itu, rice cooker bisa digunakan untuk memasak masakan lainnya. Hanya saja, pembaca perlu cermat dengan rice cooker wattage. Jika pembaca tidak memperhatikan ini bisa-bisa kantong jebol!

Rice cooker wattage yang tinggi hanya akan membuat tagihan listrik di rumah pembaca membengkak. Namun, ini bukan berarti pembaca hanya bisa menggunakan yang lebih rendah saja. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ulang sebelum membeli rice cooker. Pembaca bisa menyimak rekomendasi dan tips memilih rice cooker berikut ini.

Tips Memilih Rice Cooker



Di bawah ini akan diulas beberapa tips yang bisa pembaca pertimbangkan untuk memilih rice cooker yang tepat. Setiap rice cooker memiliki fitur dan kelebihannya masing-masing, pembaca perlu mempertimbangkan rice cooker pilihannya dengan cermat. Berikut ini ulasan dari beberapa tips memilih rice cooker:

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Tips pertama yang harus pembaca pertimbangkan saat akan membeli rice cooker adalah menyesuaikan dengan kebutuhan. Meskipun saat ini sudah banyak rice cooker dengan model yang beragam, pembaca sebaiknya tidak memprioritaskannya terlebih dahulu. Mulailah dengan mempertimbangkan kebutuhan rumah pembaca.

Jika jumlah orang yang tinggal dalam rumah banyak, jumlah kebutuhan nasi juga banyak. Sebagaimana nasi adalah makanan pokok, maka bagaimana caranya rice cooker yang dipilih bisa mencukupi kebutuhan nasi di rumah. Pembaca bisa memilih kapasitas rice cooker mulai dari 0,5 liter hingga kapasitas besar 5 liter.

2. Sesuaikan Rice Cooker dengan Daya Listrik di Rumah

low wattage rice cooker

Tips berikutnya mengharuskan pembaca untuk mengecek rice cooker wattage. Jika daya watt yang diperlukan rice cooker terlalu besar, tentu tagihan listrik rumah pembaca bisa membengkak. Pembaca tidak ingin bukan membayar tagihan listrik yang tinggi? Bukan hanya itu saja, kegiatan rumah pembaca yang memerlukan daya listrik lainnya juga berpotensi terganggu.

Ini dikarenakan energi listrik yang terlalu banyak terserap pada penggunaan rice cooker. Tidak jarang pengguna rice cooker tidak menyadari sebab aliran listriknya dikarenakan rice cooker wattage yang tinggi. Meskipun tampak sederhana, hal ini bisa berbahaya. Aliran listrik yang mati dan menyala secara terus menerus bisa menyebabkan konslet.

3. Lakukan Pembelian Rice Cooker dari Gerai Resmi

Usahakan untuk membeli rice cooker dari gerai resmi. Bukan berarti toko elektronik skala kecil tidak lebih baik, namun biasanya hanya gerai resmi saja yang memberikan garansi produk elektronik. Adanya garansi untuk rice cooker akan sangat membantu pembaca untuk menghemat biaya perbaikan yang mungkin disebabkan oleh rice cooker pembaca yang rusak.

Selain bisa mendapatkan rice cooker dengan kualitas terjamin, pembaca juga bisa lebih berhemat waktu dan anggaran perbaikan rice cooker. Bolak-balik ke servis rice cooker tentunya akan memakan biaya dan waktu. Untuk harga, pembaca tidak perlu khawatir. Banyak promo dan diskon yang bisa pembaca manfaatkan untuk membawa pulang rice cooker idaman.

Anda bisa pilih salah satu review kami, yaitu review rice cooker philips, dengan berbagai kelebihan dan tentunya watt rendah.

4. Pilih Rice Cooker yang Multifungsi

Tips terakhir memilih rice cooker adalah pilih rice cooker dengan multi fungsi. Akan lebih menyenangkan jika pembaca bisa mendapatkan rice cooker dengan kualitas baik ditambah dengan fungsinya yang beragam. Selain memudahkan pekerjaan, tentu rice cooker multifungsi bisa menghemat biaya membeli perkakas lain yang fungsinya bisa di cover oleh rice cooker.

Misalkan sambil menanak nasi bisa digunakan untuk mengukus makanan lain. Pembaca jadi tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membeli panci kukus. Makanan yang dingin juga bisa pembaca hangatkan kembali hanya dengan rice cooker saja tanpa tambahan alat elektronik lainnya. Pembaca bisa menyelesaikan 2 pekerjaan dalam 1 waktu sekaligus.

Rekomendasi Rice Cooker Wattage Rendah Terbaik

Rice Cooker Wattage

Beberapa tips di atas bisa langsung diterapkan untuk memilih rice cooker yang sesuai dengan kriteria pembaca. Sebelum beranjak ke toko elektronik, ada beberapa jenis dan merk rice cooker yang mungkin bisa menjadi pilihan pembaca. Tentunya pembaca perlu membaca daftar ini dengan seksama dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Berikut daftar rekomendasinya:

1. Maspion MRJ 10039

Rekomendasi rice cooker wattage rendah terbaik yang pertama adalah Maspion MRJ 10039. Rice cooker ini memiliki kapasitas hingga 1 liter beras. Untuk pembaca dengan kebutuhan nasi yang banyak, rice cooker ini bisa menjadi pilihan. Selain itu, meskipun kapasitasnya besar, daya listrik yang dibutuhkan hanya 350 watt.

2. Cosmos CRJ-3306

COSMOS CRJ-3306 memiliki kapasitas hingga 1.8 liter. Meskipun  kapasitasnya melebihi rice cooker Maspion di poin sebelumnya, daya listrik rice cooker ini tidak melebihi terlalu banyak. Cosmos CRJ-3306 hanya memerlukan daya 400 watt saja. Bahkan, daya listriknya ini bisa turun menjadi 45 watt jika dipakai untuk menghangatkan nasi saja.

3. Philips HD 3132

Philips HD 3132 direkomendasikan untuk pembaca yang mencari rice cooker dengan multi fungsi. Rice cooker ini mampu memasak, mengukus, dan menghangatkan sekaligus. Pembaca yang menyukai multitasking sangat cocok menggunakan rice cooker dari Philips ini. Kapasitasnya pun besar hingga 2 liter. Daya listrik yang Philips HD 3132 butuhkan 400 watt.

4. Kirin KRC-087

Rekomendasi rice cooker berikutnya ini tidak memiliki kapasitas sebesar rice cooker lain di atas. Rice cooker merk Kirin ini hanya memiliki kapasitas beras 1 liter saja dengan daya listrik 250 watt. Meskipun kapasitasnya kecil, Kirin KRC-087 memiliki kelebihan lain yaitu pancinya yang berbahan aluminium dengan tambahan lapisan anti lengket.

5. Sharp Apple Rice Cooker

Hampir sama seperti Kirin KRC-087, rice cooker merk Sharp ini juga tidak memiliki kapasitas yang besar. Kapasitasnya hanya 0,8 liter saja dengan daya listrik 380 watt. Meskipun demikian, panci penanak rice cooker ini cukup tebal, anti lengket, dan desainnya minimalis. Rice cooker ini cocok untuk kebutuhan nasi yang sedikit.

6. Miyako PSG-607

Melengkapi daftar rice cooker mungil berkapasitas kecil, Miyako PSG-607 juga bisa menjadi pilihan untuk pembaca. Total kapasitas maksimal rice cooker ini hanya 0,6 liter beras saja. Sementara itu, daya listrik yang diperlukan hanya 300 watt saja. Rice cooker ini sangat cocok untuk pembaca yang masih kos atau tinggal sendirian.

7. Maspion MRJ-052

Rice cooker wattage rendah yang satu ini bahkan memiliki kapasitas beras dan watt yang lebih kecil lagi dibandingkan dengan Miyako PSG-607. Maspion MRJ-052 hanya memiliki kapasitas beras hingga 0,5 liter saja. Sementara itu, daya listriknya 250 watt. Bentuk rice cooker ini pun cukup minimalis seperti termos. Meskipun serba kecil Maspion MRJ-052 ini memiliki fitur lain seperti mengukus dan menghangatkan makanan.

8. Klaz Rice Cooker Digital Mini

rice cooker watt rendah Cosmos CRJ-3306

Klaz Rice Cooker Digital Mini juga termasuk dalam daftar rice cooker yang direkomendasikan. Kapasitas Klaz rice cooker digital mini hanya  mencapai 0,3 liter beras saja dengan daya listrik yang dibutuhkan 250 watt. Meskipun sangat kecil, rice cooker ini memiliki desain portable sehingga mudah dibawa kemana-mana. Bahkan Klaz mengklaim bahwa rice cookernya mampu menghangatkan nasi hingga 12 jam.

Itulah tips untuk memilih rice cooker dan rekomendasi rice cooker wattage rendah terbaik. Tentukan pilihan rice cooker yang diinginkan dengan cermat dan sesuaikan dengan kebutuhan. Bukan berarti rice cooker dengan kapasitas tinggi tidak direkomendasikan. Jika memang kebutuhan nasi di rumah pembaca cukup dengan kapasitas yang kecil, maka pembaca bisa memilih rice cooker tersebut.

Leave a Reply