review rice cooker philips

Makin Memudahkan, Ini Review Rice Cooker Digital Philips HD 4515

Posted on

Rice cooker menjadi salah satu peralatan penting, yang wajib dimiliki hampir semua orang. Mau tinggal bersama keluarga, ataupun sendiri, seperti di kosan misalkan. Tapi memilih rice cooker, ternyata tidak mudah, ya! Begitu banyak tipe, jenis, dan berbagai merk yang mempunyai keunggulan dan kekurangan. Salah-salah memilih, Anda bisa menyesal di kemudian hari.

Mencari rice cooker terbaik, memang menjadi tantangan tersendiri. Tapi pastinya lebih mudah, daripada seperti artikel kami sebelumnya tentang bagaimana cara memasak nasi pakai dandang seperti zaman dulu, kan!

Sejarah penanak nasi 

Penanak nasi listrik di kembangakan di Jepang, dulu dikenal dengan sebutan ‘Suihanki’. Penemunya bernama, Yoshitada Minami.

Dahulu, sebelum ditemukannya penanak nasi elektrik, orang jepang memasak dengan panci yang berisi air dan beras, menggunakan kamado.

Kamado, adalah kompor besar dan terdapat perapian di bawahnya. Begitu pula di Indonesia, menanak nasi zaman dulu menggunakan panci dandang. Namun sebelumnya, beras direbus terlebih dahulu, hingga setengah matang, sebelum di kukus di dalam dandang. 

Penemuan rice cooker pun memiliki sejarah panjang, perusahaan-perusahaan ternama di Jepang, membutuhkan puluhan tahun loh, untuk bisa merancang dan menyempurnakan rice cooker, yang ada pada saat ini.

Dan akhirnya banyak sekali produsen barang elektronik, yang mengeluarkan produk rice cooker mereka sendiri. Philips salah satunya.

Fuzzy Logic, Rice Cooker Philips HD 4515 

review philips digital rice cooker

 

Saat ini, rice cooker Fuzzy Logic sedang banyak diminati, banyak brand elektronik yang membuat dengan berbagai macam keunggulan. Tapi, Fuzzy Logic, itu apa sih? Fuzzy Logic adalah sistem yang cukup panjang dan rumit untuk dijelaskan. 

Simpelnya, Fuzzy Logic adalah metode logika fuzzy, yang menggunakan sistem komputer yang dapat mengendalikan suatu alat, agar bisa lebih “fleksibel”, seperti manusia.

Logika Fuzzy memiliki  penyesuaian terhadap suhu dan waktu memasak. Menurut Home.howstuffworks.com, Fuzzy Logic tidak hanya digunakan pada rice cooker, tapi juga di mesin cuci, kulkas bahkan di kereta bawah tanah, loh.

Nah, Philips HD 4515 adalah rice cooker digital yang memiliki sistem Fuzzy Logic. Tipe ini memiliki inner pot berukuran 1,8 L, dengan lapisan bakuhanseki.

Bakuhanseki adalah batu alam yang mengandung mineral dan unsur mikronutrien. Yang diklaim 6 kali lebih tahan lama, jika dibandingkan dengan inner pot biasa.

Tipe ini juga memiliki teknologi SMART 3D, yang membuat nasi matang merata, juga mampu menghangatkan nasi hingga 48 jam. Memiliki daya yang cukup rendah 400 watt, saja. 

Desain dari rice cooker ini, sangat elegan, dengan 3 pilihan warna putih, pink dan hijau, terdapat tombol fitur di atasnya.

Selain rice cooker dan inner pot, terdapat juga gelas takar, sendok nasi, alat pengukus, kabel lepas pasang sepanjang 1 meter, dan kartu garansi juga buku petunjuk.

Rice cooker ini dibandrol dengan harga 650.000-850.000 berbeda ya setiap toko, ya. Link beli bisa di Shopee disini.

Berikut review Rice Cooker Philips HD 4515 dan cara penggunaanya : 

  • Memasak Nasi 

Seperti memasak nasi pada umumnya, cara memasak nasi di rice cooker philips pertama adalah Anda harus mencuci beras terlebih dahulu. Gunakan wadah terpisah, jangan menggunakan inner pot, ya! 

Jika Anda memasak beras 4 cup, air pun disarankan untuk menggunakan 4 cup. Tapi jika air terlalu sedikit atau banyak, Anda bisa menambahkan atau menguranginya. Gunakanlah beras premium agar kualitas nasi pun tetap terjaga. 

Masukan inner pot berisi beras, ke rice cooker. Tutup, lalu pilih mode ‘Nasi Putih’, dan tekan tombol ‘Masak Cepat’ atau Anda bisa memilih ‘Slow Cook’.

Setelah 25 menit dan terdengar bunyi, pertanda nasi sudah matang. Setelah ada di mode menghangatkan, timer akan menunjukkan berapa lama nasi dihangatkan.

  • Membuat kue 

review philips rice cooker

Siapa sih yang tidak menyukai kue? Di makan hangat dengan kopi atau teh panas, bisa menjadi teman kumpul keluarga. Dengan Fuzzy Logic Philips HD4515 ini, Anda bisa membuat kue dengan mudah. 

Masukan adonan kue ke dalam inner pot, yang sudah dilapisi mentega, tidak pun tidak masalah, ya. Klik menu, sampai ke menu ‘Kue’. Lalu klik tombol ‘Start’, waktu memasak akan terlihat di timer hitung mundur selama 45 menit.

Akan terdengar bunyi, pertanda kue sudah matang, baca juga Tutorial Cara Menggunakan Baking Pan untuk Membuat Aneka Kue. Angkat inner pot dinginkan sebentar, lalu letakkan kue diatas piring dengan cara dibalik. Kue pun, matang sempurna. Tidak menempel sedikitpun di inner pot.

  • Mengukus

Mengukus makanan juga menjadi salah satu fitur yang sering digunakan. Anda bisa menggunakan Philips HD 4515 untuk mengukus apapun nih.

Roti, telur, dimsum, merebus kacang seperti edamame dan lainnya. Fitur mengukus juga bisa kamu gunakan untuk memanaskan makanan.

Masukan air tidak lebih dari keranjang uap, letakkan dimsum, telur, atau makanan apapun diatasnya. Pilih mode ‘Kukus’, lalu tekan ‘Start’, proses mengukus selama 25 menit.

  • Membuat Sup

Fitur ini sebenarnya tidak hanya digunakan untuk membuat sup, tapi bisa juga untuk merebus mie, spageti, dan lainnya.

Jika untuk membuat sup ayam, masukan wortel, kentang, kol, ayam, air, bumbu dan lainnya ke dalam inner pot. Lalu klik ‘Home’ untuk memilih fitur ‘Sup’, lalu Pilih ‘Start’.

Tunggu hingga matang. Hasilnya, ayam matang merata, begitu juga dengan sayuran seperti wortel dan kentang. Rasanya pun hampir sama dengan menggunakan kompor. 

  • Memasak Bubur 

Menggunakan kompor untuk memasak bubur, rasanya cukup menghabiskan waktu dan tenaga, ya. Apalagi harus mengaduk-aduknya.

Dengan menggunakan Philips Hd 4515 Anda bisa menggunakan fitur memasak bubur dengan mudah. Caranya: Masukan beras 2 cup atau sesuai kebutuhan.

Dan takaran air yang ada pada takaran untuk bubur, ya. Masukan kaldu ayam, garam secukupnya dan 1 ikat sereh. Tekan tombol ‘Home’ dan klik fitur masak ‘Bubur’. Tunggu hingga berbunyi. Tidak hanya bubur nasi, Anda bisa membuat, bubur kacang hijau dan lainnya. 

Kesimpulan dari Review Rice cooker Philips HD 4515 

Menggunakan Rice Cooker Philips HD 4515, dengan teknologi Fuzzy Logic memang sangat memudahkan. Banyak sekali menu yang bisa di masak menggunakan rice cooker ini , hasil yang juga memuaskan.

Tampilan yang elegan, dan juga fitur-fitur yang canggih dan kekinian. Tapi terdapat juga beberapa catatan, apakah rice cooker ini bisa awet selama bertahun-tahun.

Belum ada jawaban pasti untuk hal ini. Yang pasti tentunya, secanggih apapun fitur sebuah produk. Cara kita merawatnya termasuk bagian terpenting. Melakukan perawatan atau pembersihan secara berkala, bisa menentukan keawetan suatu produk.

Kelebihan : 

  • Praktis 
  • Harga terjangkau 
  • Watt kecil
  • Tampilan elegan
  • Fitur canggih
  • Serbaguna

Kekurangan : 

  • Waktu memasak cukup lama (Selain memasak nasi) 
  • Perawatan dan penggunaan yang harus benar 

Berikut review rice cooker philips dalam merawatnya:

review philips digital rice cooker hd4515

  • Buka terlebih dahulu tutup rice cooker dan keluarkan inner pot.
  • Kemudian, buka penutup uap. Dengan cara menarik pegangan kecil, sisi kanan dan kiri bawah, tarik ke atas secara perlahan
  • Lepaskan juga tempat uap yang lebih kecil, beserta karetnya
  • Cuci bersih semua menggunakan sabun dan lap hingga kering
  • Lap bagian body luar, menggunakan lap bersih.
  • Pasang kembali penutup uap
  • Lakukan secara berkala 

Demikian, review Philips Rice cooker HD4515, semoga bisa membantu Anda dalam memutuskan untuk pemakaian dirumah, ya!