Food Processor

Hemat Waktu Masak, dengan Food Processor Philips HR7310. Ini Reviewnya



Memasak menjadi hal penting dalam keseharian. Tapi bagi sebagian orang, memasak bisa jadi sumber masalah, loh! Apalagi jika tinggal di kota besar. Biasanya, orang enggan memasak, karena waktu yang lama dan ke‘ribetan’ dalam melakukannya. Alhasil, banyak orang yang akhirnya malas, untuk memasak makanannya sendiri. Dan lebih mengutamakan kepraktisan, dengan memesan makanan melalui aplikasi online. 

Zaman yang sudah sangat modern saat ini, membuat banyak sekali perusahaan, yang akhirnya mengupgrade produk yang mereka miliki.

Agar memudahkan customernya dalam menghemat waktu saat memasak. Dari mulai blender, food chopper dan hingga saat ini, produk yang sedang booming, yaitu food processor.

Apa itu Food Processor?

Seperti namanya, food processor adalah alat untuk memproses bahan makanan. Fungsi food processor philips untuk memudahkan Anda saat melakukan food preparation atau persiapan dalam memasak.

Food processor, membantu dalam memotong, mengiris sayuran, buah, mencincang, menggiling, menghaluskan bumbu, daging sapi, ayam dan lainnya.

Juga dapat mengocok putih telur, krim, dan juga bisa mengolah atau menguleni adonan roti. Wow, cukup banyak juga, ya! Beda food processor dan blender akan kita bahas sebagai berikut:

Food processor, memiliki mata pisau yang beragam, dan memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Bodynya yang besar bisa menampung bahan makanan lebih banyak dan sangat membantu Anda, dalam menghemat waktu, karena pengolahannya yang relatif sangat cepat.

Banyak sekali brand yang membuat food processor, loh! Salah satunya adalah brand dari Philips, berikut philips food processor review : 

Food Processor Philips 7310

review food processor philips

Philips HR 7310 adalah salah satu food processor yang paling banyak dicari. Philips, perusahaan yang didirikan dari tahun 1891 ini, memang terbukti memiliki kualitas yang sangat baik, terutama untuk produk peralatan rumah tangga. 

Philips HR 7310, memiliki daya yang cukup tinggi, yaitu 700 watt. Namun, rasanya tidak jadi masalah, karena kemampuan mengolah bahan makanan, lebih cepat dan juga hasil yang baik.

Food processor ini, dibandrol dengan harga Rp. 869.000. Berbeda-beda pada setiap toko online maupun offline.

Spare part food processor philips Hr 7310, antara lain:

  • Unit motor/mesin 
  • Mangkuk jar 1,5 liter 
  • Gelas ukur/ pendorong bahan
  • Poros penggerak motor/mesin
  • Sblade/mata pisau plastik 
  • Sblade/mata pisau besi
  • Alat pengembang/Emulsifier 
  • Cakram dengan 2 fungsi art

Fungsi masing-masing spare part Food Processor

Berikut ini adalah cara menggunakan blender philips terbaru & fungsi philips food processor, sbb:

  • Unit motor atau mesin

review philips food processor

Philips.co.id

Food processor Philips HR 7310, menggantikan food processor Philips type HR 7627 yang sudah di discontinue. Keduanya memiliki desain yang cukup mirip.

Hanya saja, Philips HR 7310 memiliki  body yang lebih ramping, jadi akan lebih hemat tempat penyimpanan, ya. Philips HR 7310 juga memiliki dua pilihan warna. Hitam dan putih, Anda bisa memilih sesuai dengan selera. 

Tampak depan, terlihat tulisan daya 700 watt. Terdapat juga tulisan PHILIPS di bawahnya, dan di pinggirnya tertempel stiker, yang bisa dilepas.Terdapat juga 2 tombol pemutar kecepatan.

  • Kecepatan 1, yang artinya adalah kecepatan rendah. Ini bisa digunakan untuk mengocok krim, telur, membuat adonan kue dan lainnya. 
  • Kecepatan 2, yang artinya kecepatan tinggi. Anda bisa menggunakan ini untuk, mencacah, merajang atau menghaluskan, bawang-bawangan, daging, wortel, dan lainnya
  • Pulse, berguna untuk membuat hasil cacahan lebih sempurna, setelah dilakukan pencacahan sebelumnya. Atau bisa juga, digunakan untuk yang ringan, seperti memotong bawang bombay dan sebagainya.

Philips HR 7310, memiliki kabel dengan panjang kurang lebih 1 meter. Dan terdapat tempat, untuk menyimpan atau menggulung kabelnya dibagian bawah mesin.

Karet dibagian kaki pun sangat berfungsi untuk menahan getaran saat sedang melakukan pemrosesan bahan makanan. 

  • Mangkuk jar

kegunaan food processor philips

Philips.co.id

Mangkuk jar Philips HR 7310 ini memiliki kapasita 1,5 Liter. Penutup jar terdapat bentuk tabung di atasnya, untuk meletakan bahan makanan yang ingin diproses.

Tutup dan jar ini sudah dilengkapi dengan kunci ‘klik’ otomatis, yang jika tidak berbunyi saat Anda menutupnya, food processor pun tidak bisa berfungsi.

Fitur ini sangat baik tentunya, agar keamanan tetap terjaga saat proses mencacah. Terdapat juga pegangan yang cukup nyaman dan tidak licin. 

  • Gelas ukur atau pendorong bahan

cara penggunaan food processor philips

Terdapat gelas ukur, yang juga berfungsi sebagai pendorong bahan masakan. Hal ini penting agar memudahkan proses dalam mencacah bahan masakan tersebut.

  • Poros atau penggerak mesin 

fungsi food processor philips

artaudioparts.eu

Alat kecil ini, berfungsi untuk menggerakan pisau dan lainnya. Di letakan di tengah mangkuk jar. Anda harus memperhatikan tombol kecepatan, dan juga bahan masakan yang Anda proses, jangan asal! Karena poros penggerak mesin ini akan patah, jika Anda tidak memakainya secara benar. Pakailah sesuai petunjuk, ya. 

  • Blade mata pisau plastik 

spare part food processor philips

Philips.co.id

Mata pisau plastik ini berfungsi untuk mengaduk adonan dengan cepat dan mudah. Ditandai dengan warna orange muda yang berarti harus dengan kecepatan rendah yaitu, kecepatan satu.

  • Sblade mata pisau besi 

Mata pisau tajam ini, digunakan untuk merajang bawang-bawangan, menghaluskan daging dan lainnya. Pisau tajam ini harus digunakan di level kecepatan nomer 2, yang ditandai oleh warna orange tua. 

  • Cakram dengan 2 fungsi 

philips food processor hr7627 review

Philips.co.id

Berbeda dengan seri sebelumnya, yang memiliki satu cakram dan 3 mata pisau. Seri terbaru hanya memiliki 2 sisi yang tidak lepas pasang. Tapi pemakaiannya lebih simple hanya dengan membalik. Sisi atas untuk memarut, seperti wortel dan lainnya. Sisi bawahnya untuk mengiris seperti kentang dll.

  • Alat pengembang/Emulsifier 

Alat dengan bahan plastik dan berbentuk gelombang ini, digunakan untuk mengocok putih telur hingga kental, dan juga bisa digunakan untuk membuat krim, mayonnaise, ice cream dan lainnya. 

Kegunaan food processor philips? 

Sebelumnya kami jelaskan tentang bagaiman cara menggunakan blender philips, kali ini kita akan bahas kegunaan food processor Philips HR 7310.

Philips HR 7310 memiliki performa yang sangat baik. Dalam mencincang daging, memotong bawang, kentang, wortel, keju, cokelat dan bahan masakan lainnya.

Tidak lupa, food processor ini juga bisa membantu, dalam pembuatan kue di rumah. Kecepatan yang hanya dalam hitungan detik atau menit saja, memberikan hasil yang baik. 

Kelebihan, review philips food processor: 

  • Praktis
  • Menghemat waktu 
  • Serbaguna

Kekurangan, food processor philips review: 

  • Body besar
  • Boros listrik
  • Harga yang mahal

Berikut makanan yang bisa kamu buat dari food processor 

  • Brownies coklat 

Bahan : 

  1. Tepung terigu            100gr 
  2. Minyak goreng           4sdm
  3. Gula pasir blender     140gr 
  4. Dark chocolate          150gr 
  5. Coklat bubuk              40gr
  6. Margarin                     65 gr 
  7. Telur                            2 butir 

Cara membuat :

  1. Lelehkan dark chocolate, margarin dan minyak. Aduk rata. Sisihkan
  2. Campurkan telur dan gula, masukan ke dalam food processor. Proses sampai larut. Masukan lelehan dark chocolate tadi. Lakukan pemerosesan lagi, hingga tercampur rata.
  3. Masukan terigu dan coklat bubuk sambil diayak. Proses lagi, hingga tercampur semua. Lalu aduk-aduk adonan dengan spatula.
  4. Siapkan loyang, yang sudah di alasi baking paper, baca juga (Sering tertukar, bedanya kertas roti dan baking paper)
  5. Beri topping sesuai selera. Seperti kismis, almond, mede, keju dan lainnya
  6. Panggang 180 derajat celcius. Atau kukus selama kurang lebih 30 – 35 menit. Cek secara berkala
  7. Brownies siap dinikmati
  • Pizza sausage teflon 

Bahan : 

  1. Tepung Terigu protein tinggi  25 sdm 
  2. Minyak goreng 1 Sdm 
  3. Gula pasir 1 sdt
  4. Garam 1 sdt 
  5. Air hangat 150 ml
  6. Ragi instan 1sdm 

 Topping :

  1. Beef sausage 
  2. Keju cheddar
  3. Saos tomato 
  4. Saos Sambal
  5. Saos Barbekyu 
  6. Mayonnaise 
  7. Margarin
  8. Bawang bombay 

Cara membuat :

  1. Campurkan semua bahan adonan ke food processor. Proses adonan, hingga kalis.
  2. Jika sudah kalis, proofing adonan dengan kain agak lembab sekitar 35 menit. Hingga adonan mengembang
  3. Panaskan margarin di atas teflon (Baca juga Telfon Bolde), tumis bawang bombay dan sosis. Sisihkan
  4. Selesai proofing, bentuk adonan bundar pipih, seperti pizza pada umumnya.
  5.  Beri semua saus dan topping sesuai selera. Masak di atas teflon. Pizza siap disajikan

Cukup mudahkan? Masih banyak sekali masakan, yang bisa kamu buat menggunakan food processor ini. Mulai dari bakso, siomay, ice cream, rujak, roti dan lainnya. 

philips food processor hr7310 review

Philips.co.id

Memang kini, food processor Philips HR 7310, menjadi peralatan dapur yang wajib Anda miliki. Bisa digunakan untuk usaha kuliner ataupun untuk masakan sehari-hari.

Harga yang mahal, sepertinya tidak menjadi penghalang orang untuk memilikinya, karena kepraktisannya dalam mengolah bahan masakan. 

Pemakaian dan perawatan dengan benar akan membuat food processor Anda, awet hingga lebih dari 10 tahun. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi, dalam memilih PHILIPS sebagai food processor, pilihan Anda.