Review Kulkas Aqua Japan, Side by Side Pilihan Terbaik!



Sebagai alat untuk menjaga kesegaran dan kualitas makanan, kulkas (refrigerator) menjadi alat elektronik yang wajib dimiliki setiap rumah. Salah satu merek besar dalam industri kulkas adalah Aqua Japan. Merek ini menyediakan berbagai jenis kulkas, mulai dari kulkas 1 pintu, 2 pintu, bottom freezer, side by side, dan yang lainnya.

Review Kulkas Aqua Japan 1 Pintu

Kulkas 1 pintu banyak diminati karena harganya yang murah. Selain itu, kulkas jenis ini juga hemat listrik dan biaya perbaikannya juga murah. Lalu, apa saja kulkas 1 pintu Aqua Japan? Berikut kami berikan informasinya.

AQR-D181

Hadir dengan Tempered Glass Tray, menjadikan kulkas ini tahan lama, kuat, dan mudah untuk dibersihkan. Selain itu, AQR-D181 juga mendukung fitur full insulation, yang membuatnya lebih hemat energi, dan bagian dalam kulkas bisa cepat dingin. Fitur lain yang dapat dipertimbangkan adalah Low Voltage, yang membuat kulkas ini dapat bekerja stabil meskipun dalam tegangan rendah sampai 160V.

Ukuran AQR-D181 yang tidak terlalu besar cocok digunakan untuk kos-kosan. Berdasarkan situs web official Aqua Japan Indonesia, kulkas ini dibanderol dengan harga Rp1.950.000.

AQR-D190

Sebagai kulkas 1 jutaan, AQR-D190 menawarkan spesifikasi yang cukup menarik. Contohnya seperti sistem direct cooling yang membuat makanan atau minuman yang disimpan pada kulkas bisa cepat dingin. Kelebihan lainnya ada konsumsi daya yang rendah, yaitu hanya 80 Watt saja. Selain itu, kinerja kulkas dari Aqua Sanyo juga bisa tetap stabil meskipun berada pada tegangan rendah hingga 160V. Sebagai fitur tambahan, Aqua membekali kulkas ini dengan convertible tray untuk mempermudah pengguna dalam menyimpan telur dan minuman. Selain itu, bagian chiller kulkas bisa digunakan untuk menyimpan buah, sayuran, maupun daging.

AQR-D191

Sama seperti yang sebelumnya, AQR-D191 juga dilengkapi dengan direct cooling. Hal itu menjadi keunggulan tersendiri sebagai pilihan terbaik. Dilengkapi dengan body kaca, kulkas ini menjadi kuat, tahan lama, dan juga mudah untuk dibersihkan. Terakhir, kapasitas kulkas ini bisa dibilang cukup besar, yaitu sampai 153 liter. Hal ini memungkinkan kamu untuk menyimpan lebih banyak makanan ke dalam kulkas.

Review Kulkas Merk Aqua 2 Pintu

Kulkas 2 pintu (double door) memiliki beberapa kelebihan dibanding kulkas 1 pintu. Diantaranya adalah kapasitas cooler yang lebih besar, yang membuatmu bisa menyimpan lebih banyak makanan. Selain itu, kulkas double door biasanya juga dilengkapi dengan fitur frost-free, dan memiliki kapasitas freezer yang lebih besar. Satu-satunya kekurangan yang cukup signifikan dari kulkas jenis ini adalah harganya yang cenderung lebih mahal daripada kulkas 1 pintu.

AQR-D270

Kulkas ini hadir dengan beragam fitur menarik dari Aqua. Contohnya seperti 360° Air Flow yang mengalirkan udara secara merata, dan cosmetic box untuk menyimpan alat kosmetik & obat-obatan. AQR-D270 juga menyediakan kotak sayuran dengan ukuran yang lebih besar untuk menyimpan lebih banyak stok sayur dan buah. Mengenai garansi, Aqua Japan menawarkan garansi kompresor sampai 7 tahun dan garansi sparepart & jasa sampai 12 bulan.

AQR-D275r

Selain hadir dengan tampilan yang elegan, AQR-D275r juga mendapatkan dukungan spesifikasi yang tak main-main. Beberapa fitur seperti Tempered Glass Tray, Cosmetic boks, dan Full Insulation tak perlu ditanyakan lagi. Uniknya, kulkas ini memiliki fitur Antibacteria + Nano Ferrite. Fungsi dari fitur ini adalah untuk mencegah bakteri dan bau, serta mempertahankan kesegaran makanan. Bicara mengenai garansi, Aqua Japan mendukung garansi kompresor sampai 10 tahun.

AQR-D240

Proses pendinginan pada kulkas ini lebih cepat dan lebih hemat energi. Alasannya karena AQR-D240 dilengkapi dengan fitur Multi Air Flow dan Full Insulation. Kamu juga tak perlu khawatir dengan adanya bakteri, karena dengan adanya sistem penyaringan Nano Ferit Ganda, bakteri dan bau bisa hilang dengan cepat. AQR-D240 juga menyediakan tempat penyimpanan sayur & buah yang lebih besar dan luas.

AQR-D251

Tak ada yang menarik dari kulkas ini, karena spesifikasinya tak jauh berbeda dengan yang lainnya. Diantaranya adalah Multi Air Flow yang meratakan pendinginan di setiap kompartemen, Full Insulation yang membuat proses pendinginan lebuh cepat & hemat energi, dan kapasitas vegetable box yang lebih besar. Kulkas ini dibanderol denhan harga lebih dari Rp3 juta dengan garansi kompresor sampai 7 tahun.

AQR-D261

Kulkas 2 pintu yang terakhir ini memiliki kapasitas yang terbilang besar, yaitu 203 liter. Namun, spesifikasinya tidak jauh berbeda dengan kulkas yang sebelumnya. Meskipun begitu, fitur-fitur yang penting seperti Multi Air Flow dan Full Insulation tetap tersedia. Dengan ukurannya yang besar, kami pikir menyimpannya di pojok adalah pilihan yang tepat. Selain itu, kami merekomendasikan kulkas ini untuk suami istri yang sering menyimpan stok makanan dalam jumlah besar.

Review Kulkas Side by Side

Kulkas side by side juga merupakan kulkas 2 pintu. Bedanya, kulkas jenis ini memisahkan antara fridge dan freezer secara vertikal. Jenis kulkas ini biasanya terlihat lebih mewah dan canggih. Teknologi-teknologi seperti dynamic inverter, twin inverter, AFS (Active Fresher Sensor), dan yang lainnya, mungkin saja dimiliki oleh beberapa kulkas jenis ini. Karena ukurannya yang besar, kapasitas kulkas side by side biasanya 2 sampai 3 kali lebih besar daripada yang biasa. Dengan spesifikasi yang mumpuni, harga belasan sampai puluhan juga merupakan worth it untuk kulkas side by side.

Sebelum membeli kulkas, cek dulu spesifikasi dan bandingkan harganya. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan layanan after sales yang disediakan. Agar lebih meyakinkan, bisa mencoba membaca ulasan konsumen di mediakonsumen.com. Caramesin.com bahkan menyebutkan bahwa layanan after sales Aqua Japan lumayan mengecewakan, salah satunya karena CS yang terkesan jutek. Jadi, silahkan pertimbangkan kembali sebelum membeli.

Jangan lupa untuk melakukan perawatan dan pembersihan, terutama dalam membersihkan dry ice yang ada di dalam kulkas. Pilih juga kulkas dengan keamanan bagus, seperti adanya grounding untuk mengamankan kebocoran listrik.