review air fryer pro

Review Air Fryer, Cara Baru Memasak! Cek Kelebihan & Kekurangannya

Posted on

Kegiatan memasak merupakan aktifitas menyenangkan bagi sebagian besar wanita. Meskipun tak dapat dipungkiri jika memasak terkadang menjadi merepotkan. Tak perlu khawatir lagi semenjak ada air fryer memasak di dapur semakin mudah. Supaya tidak penasaran ada baiknya melihat review air fryer dalam ulasan berikut.

Umumnya memasak dimulai dari menyusun menu makanan, memilih  bahan, dan akhirnya eksekusi. Memasak memang menyenangkan namun mencuci piring setelah memasak yang membuatnya terkadang membosankan.

Terutama wajan atau kuali penggorengan yang sulit dibersikan karena permukaan berminyak.

Yakin Memasak Sangat Melelahkan

Apakah memasak Anda anggap sebagai kegiatan melelahkan?

Apabila Anda menjawab Ya, sudah pasti Anda terperangkap dengan pola memasak jadul. Ingin tahu bagaimana rahasia memasak yang praktis dan menyenangkan. Tentu saja dengan hasil hidangan sehat dan lezat.

Maka dari itu, solusi paling tepat dan praktis adalah menggunakan air fryer. Banyak review air fryer di Google menunjukkan betapa bermanfaat alat satu ini.

Selain itu, Anda pun bebas memilih air fryer dari brand ternama seperti Philips, LG, Mito, dan lainnya.

Menyoal bentuk air fryer sendiri terlihat cukup bervolume. Biasanya diletakkan pada salah satu sudut dapur dimana permukaannya kering.

Penggunaan air fryer sangat populer karena mudah dan hemat biaya. Bayangkan saja Anda dapat memasak gorengan tanpa menggunakan minyak.

Mengintip Cara Kerja Air Fryer

philips airfryer 2021

Dalam review air fryer kali ini mendeskripsikan secara singkat bagaimana cara kerjanya. Sesuai dengan namanya air artinya udara, sementara fryer berarti menggoreng.

Sehingga disimpulkan bahwa air fryer adalah alat penggoreng makanan menggunakan aliran udara yang panas.

Aliran udara tersebut mengelilingi makanan kemudian masuk ke dalam tekstur masakan. Saat menggunakan air fryer sangatlah aman, apalagi jika Anda sering membuka tutup air fryer untuk mengecek tingkat kematangan.

Hal ini tidak akan merusak fungsi air fryer. Aliran udara yang dihasilkan air fryer ini akan membuat tingkat kematangan masakan menjadi sempurna.

Kelebihan dan Kekurangan Microwave

Keistimewaan Air Fryer

Sudah menjadi rahasia umum bahwa menggunakan air fryer sangat praktis. Selain itu, alat masak satu ini memiliki beberapa keistimewaan sebagai berikut:

  1. Dijamin kegiatan memasak di dapur lebih praktis karena prinsip kerja alat yang easy to use.
  2. Dapat menghemat minyak dan gas. Pasalnya air fryer merupakan alat dapur yang mengusung kampanye makanan sehat tanpa minyak.
  3. Dapat menjaga kandungan alami makanan yang dimasak, sehingga citarasa khas dari makanan lebih terasa dan kelezatan terjamin.
  4. Warna makanan terlihat cantik dan tidak gosong. Namun, masakan matang merata serta tidak ada satu sisi pun yang kurang matang.
  5. Umumnya daya watt yang dibutuhkan untuk mengoperasikan air flyer relative kecil daripada microwave dan oven listrik.
  6. Dapat menggoreng sembari mengerjakan hal lain. Pasalnya penggunaan cukup dengan menyalakan air fryer kemudian memasukkan bahan makanan. Anda tidak perlu membolak balik makanan seperti ketika memasak dengan kuali atau wajan.
  7. Keamanan listrik dan percikan minyak terjamin.
  8. Sudah pasti saat memasak menjadi lebih bersih. Sementara itu, untuk mencucinya tidak akan kerepotan karena cukup menggunakan air dan di lap saja.

Seperti itulah segudang keistimewaan dari penggunaan air fryer. Alat satu ini sangat direkomendasikan bagi keluarga kecil. Simak juga ulasan kami tentang jenis-jenis microwave yang wajib Anda tahu.

Kekurangan Air Fryer

review air fryer midea

Sesempurna apapun alat masak tentu ada kekurangannya. Sama halnya dengan air fryer yang memiliki beberapa kekurangan berikut tetapi masih dapat teratasi.

  1. Air fryer memiliki ukuran lumayan besar, sehingga cukup memakan tempat bagi dapur berukuran minimalis.
  2. Makanan yang dihasilkan sangat sehat, sehingga jika pertama kali mencobanya beberapa orang merasakan makanan hambar.
  3. Makanan kurang terasa garing alias kriuk karena dimasak tanpa minyak.
  4. Memasak makanan dilakukan satu per satu sebab keranjang dalam air fryer berukuran cukup kecil.
  5. Apabila digunakan untuk memasak makanan berjumlah besar akan memakan waktu lama. Pasalnya, harus berkali-kali dimasak dan rentan waktu hingga masakan matang cukup lama.
  6. Kurang efisien apabila digunakan untuk memasak banyak makanan sehari-hari.

Meskipun review air fryer menunjukkan ada beberapa kekurangan. Tetapi alat ini cocok digunakan bagi wanita yang menjalankan program diet. Mengingat penggunaan alat ini tidak memerlukan minyak.

Kesalahan Umum Terjadi Ketika Menggunakan Air Fryer

review air fryer pro

Saat ini air fryer semakin populer dan banyak digunakan oleh ibu-ibu dari seluruh dunia. Sayangnya walaupun praktis digunakan masih sering terjadi kesalahan umum saat memasak menggunakan air fryer.

Berikut ini beberapa penjelasannya dilansir dari Business Insider.

1. Makanan Digoreng Terlalu Menumpuk

Byron Puck seorang Chef yang bekerja di Wolfgang Puck Fine Dining Group, menyarankan tidak perlu menempatkan seluruh bahan masakan dalam air fryer sekaligus.

Hal ini tidak baik untuk memasak atau memanaskan karena penggorengan tidak sempurna dan hasilnya kurang renyah.

2. Bahan Masakan Harus Kering

Seringkali terjadi, pengguna air fryer memasukkan makanan basah atau mengandung banyak air.  Menurut Dan Zuccarello yang merupakan editor eksekutif kiliner America’s Test Kitchen hal ini tidaklah baik. Lebih lanjut lagi bahwa sangat penting memasukkan makanan kering dalam air fryer.

Jika permukaan bahan makanan yang kering dapat mempercepat proses masak. Selain itu, masakan menjadi matang dengan sempurna. “Pastikan bahwa daging dan sayuran yang hendak dimasak dalam air fryer sudah kering,” ujar Zuccarello.

3. Jarang Membersihkan Air Fryer

Meskipun setelah digunakan air fryer tampak masih bersih. Namun, bukan berarti tidak perlu dibersihkan terlebih lagi jika digunakan setiap hari. Apabila air fryer jarang dibersihkan berpotensi mempengaruhi cita rasa masakan.

4. Tidak Memanaskan Air Fryer

Sangat penting untuk memanaskan air fryer terlebih dahulu sebelum digunakan. Apabila tidak memanaskannya maka makanan menjadi kurang matang.

Supaya memasak lebih optimal maka mengatur penggorengan udara berdasarkan suhu yang sesuai sebelum memasukkan makanan. Tujuannya agar tingkat kematangan masakan menyeluruh.

5. Hanya Menggunakan Untuk Menggoreng

Banyak orang hanya menggunakan air fryer untuk menggoreng semata. Padahal alat ini memiliki fungsi lain yakni sebagai oven.

Seorang blogger chef terkenal bernama Kenzie Swanhart menegaskan bahwa air fryer juga digunakan untuk memanaskan dan memanggang makanan.

6. Tidak Membalikkan Makanan Ketika Memasak

Salah satu kesalah ketika menggunakan air fryer saat memasak adalah tidak membalikkan masakan. Meskipun terbilang praktis dengan segudang keunggulan, tetap saja hasil makanan lebih sempurna jika dibolak balikkan.

7. Tidak Memanfaatkannya Untuk Membuat Kue

Banyak orang berasumsi bahwa air fryer hanya cocok digunakan untuk menggoreng saja. Sedangkan kenyataannya air fryer dapat digunakan untuk memasak hidangan penutup. Misalnya memasak casserole, donat, hingga kue.

Namun, sebelum digunakan untuk membuat kue pastikan dahulu bagian wadah air fryer bersih. Jika masih kotor maka besar kemungkinan mempengaruhi cita rasa dan tingkat kegurihan makanan.

Seperti itulah review air fryer yang sedang viral ditengah masyarakat. Setelah Anda menyimak ulasan diatas semoga memahami keunggulan dan kekurangan dari air fryer.

Selain itu, tentu saja untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat memasak menggunakan air fryer.