rebread bread maker
unsplash.com/Neetu Laddha

Rebread Bread Maker Review. Makin Mudah Membuat Roti Sendiri

Posted on

Tidak semua orang bisa membuat adonan roti sendiri, kadang berhasil dan sering pula gagal. Karena membuat roti, sebenarnya membutuhkan teknik-teknik khusus, yang harus dipelajari. Hal itu membuat orang enggan membuat roti dirumah, dan lebih memilih untuk membeli. Padahal, dalam membuat roti sendiri tentunya akan jauh lebih sehat, higienis dan juga hemat.

Roti adalah salah satu makanan favorit banyak orang, bahkan di berbagai negara. Tiap negara memiliki cerita roti yang berbeda, loh. Ada yang tentang filosofi atau juga kebiasaan turun temurun yang sudah menjadi budaya negara tersebut. Berikut beberapa negara dengan cerita tentang roti dan kebiasaannya. 

1. Roti buaya – Indonesia

roti buaya

Roti buaya menjadi salah satu makanan tradisional dari Indonesia. Khususnya budaya Betawi, roti ini bahkan menjadi simbol sebuah tradisi, seperti pernikahan. Dan sudah dilakukan secara turun temurun selama ratusan tahun. 

Dilansir Livescience.com, buaya memang hewan yang hanya memiliki satu pasangan saja hampir seumur hidupnya. Studi dilakukan 10 tahun oleh alligator Rockefeller Wildlife Refuge di Louisiana, mengungkapkan 70% buaya memilih untuk tetap bersama pasangannya selama bertahun-tahun. 

Tidak hanya itu, buaya juga menjadi simbol kehidupan, karena pada zaman dahulu, buaya selalu menjaga mata air dari orang-orang yang menganggu kebersihan sungai. Wah, pantas saja ya, buaya menjadi kebanggaan dan simbol bagi budaya betawi.

2. Rye bread – Finlandia

https://artofnaturalliving.com/give-homemade-bread-a-second-chance-easy-rustic-rye/

Dilansir Finland.fi, gandum hitam sudah ada lebih dari 2.000 tahun lalu. Rye bread sudah menjadi budaya bagi orang finlandia. Rye bread mengandung serat yang sangat tinggi, menurut Profesor Riset dari VTT Technical Research Center of Finland, ketika mengkonsumsi roti gandum, tubuh membutuhkan sedikit insulin, untuk mengontrol gula darah

Orang asli finlandia, harus membawa rye bread kemanapun mereka pergi. Bahkan bagi mereka Rye Bread merupakan identitas dan budaya finlandia. 

3. Roti Isy – Mesir

roti isy

Mesir menurut sejarah adalah tempat pertama kali lahirnya roti. Ekskavasi arkeologi menemukan bahwa, pekerja di Piramida Giza dibayar menggunakan roti pada zaman mesir kuno. Tapi kemudian Eropa mengadopsi makanan tersebut dan menjadikannya makanan sehari-hari. 

Roti isy adalah roti yang terbuat dari gandum dan air saja, lalu dicetak berbentuk bulat, roti ini termasuk menjadi makanan pokok orang mesir. Biasanya mereka menyajikannya dengan cocolan sambal kacang dan juga lauk seperti ayam, ikan bahkan daging.

4. Baguettes – Perancis 

baguette
melskitchencafe.com

Pasti sering, dong. Melihat roti ini di foto internet atau bahkan Anda pernah mencobanya? Penampilan dari roti ini memang sedikit berbeda dari roti kebanyakan. Bentuknya seperti roti keras, tapi sebenarnya dalam roti ini memiliki tekstur yang lembut, seperti roti tawar pada umumnya. 

Roti ini terdiri dari tepung, ragi, air dan garam saja. Roti ini adalah roti yang sangat sering disajikan orang perancis sebagai makanan pembuka, atau sebagai cemilan di kala senggang. Orang perancis sangat menyukai roti ini, roti baguettes sudah menjadi menu wajib untuk warga perancis. 

5. Garlic Bread – Korea

garlic bread

Hmm.. nampaknya roti ini menjadi salah satu roti terbaru yang membuat banyak sekali orang ingin membuatnya. Tampilannya yang menggugah selera menjadikan roti ini salah satu jajaran roti dari daerah korea yang terkenal. Selain Bungeo-ppang, roti yang sudah dikenal dari tahun 1930-an. Korea memang menjadi salah satu tempat yang selalu berinovasi dari makanan, ya. 

Bread maker, mesin pembuat roti

Dari ratusan tahun lalu, hingga saat ini, roti pun mengalami perkembangan. Apalagi di era kemajuan teknologi, ternyata juga membuat industri roti berkembang mengikutinya. Salah satunya adalah bread maker, bread maker adalah mesin pembuat roti, tidak hanya mengadoni, tapi juga proofing, hingga memanggang. Anda hanya tinggal mencampurkan semua bahan sesuai dengan buku resep, lalu memilih fitur tertentu, dan menunggu, dan roti pun selesai dibuat. 

Salah satu brand yang mengeluarkan produk bread maker adalah ReBread. ReBread adalah salah satu pelopor mesin pembuat roti pertama di Indonesia, loh. 

Review Rebread Bread Maker

Salah satu pelopor bread maker di Indonesia menjadikan Re-bread pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin memiliki bread maker berkualitas. Re bread memiliki 2  Tipe yang paling sering orang cari, berikut ulasannya.

1. Re Bread Gold RB250 Ceramic

re bread

Dengan menggunakan Re bread, membuat roti menjadi lebih mudah, hemat dan tentunya lebih praktis. Menggunakan 4 lapisan MultiLayer Anti Stick Ceramic Coating, bisa meningkatkan rasa dan menjaga nutrisi penting, enzim, dan vitamin. Dengan lapisan keramik juga hasil memanggang menjadi lebih sempurna, dan tentunya tidak boros listrik. 

Inner pot ini juga memiliki lapisan aluminium food grade. Bebas logam berat beracun dan bebas bahan Teflon kimia non-stick. Re-bread sangat mudah dimengerti dan dipahami, karena menggunakan bahasa indonesia pada program pada layarnya, re-bread pun sudah disesuaikan dengan jenis terigu di Indonesia. Buku resep dengan 39 jenis menu yang juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan

Seri RB250C ini memiliki 22 program dan memiliki 39 menu di dalam buku resep. Terdapat juga buku petunjuk penggunaan, kartu garansi, timbangan digital, sendok takar, pengait, pengaduk, gelas ukur, dan juga inner pot. Harga ReBread 250C ini berkisar Rp 1,8 – 1,9 juta

Spesifikasi ReBread Gold RB250 Ceramic : 

  • Multilayer Anti Stick Ceramic Coating
  • Thermal Lock Coating 
  • Primary adhesion Coating 
  • Non Toxic Food Grade Aluminium Alloy 
  • Tahan lama
  • Tahan panas
  • Panas merata
  • Mudah dibersihkan

2Re Bread RB 350/10 

re bread

Bread maker dari Re Bread seri RB 350 ini memperkenalkan, Technology Smart Cooking. Cukup dengan satu jari, Anda bisa membuat Roti favorit Anda sendiri. Disesuaikan dengan terigu indonesia, menu program berbahasa indonesia, begitu juga dengan buku resep yang sangat detail dan jelas. 

RB 350 memiliki body stainless steel. Dan memiliki tampilan yang elegan. Bread maker ini berkapasitas 500gr, 750 gr, dan juga 1000gr, dilengkapi bermacam-macam resep dengan banyak sekali menu yang bisa dibuat. 

Anda bisa loh, mengatur fitur set timer atau penunda waktu. Fitur ini berguna untuk Anda yang sibuk, membuat roti malam hari dan besok pagi roti hanya tinggal dinikmati. Dengan Eco bake, penggunaan listrik menjadi lebih hemat. 

Spesifikasi Re Bread RB 350 :

  • Praktis dengan 1 jari saja 
  • Kapasitas hingga 1000gr
  • 20 menu bahasa indonesia 
  • Mixing 
  • Menguleni 
  • Proofing/fermentasi
  • Bake 
  • Eco Bake (Listrik lebih hemat)

Membuat roti dengan Bread maker atau manual. Pilih mana?

Semua kembali kepada kebutuhan masing-masing, ya. Memilih membuat roti secara manual pun tentunyaa tetap bisa menjadi pilihan yang tepat, Anda bisa mengisi waktu luang dengan hal yang positif. Tapi jika Anda memiliki Bread maker pun, menjadi suatu opsi yang baik pula. Karena cocok untuk Anda yang tetap ingin membuat roti, makanan atau cemilan sehat untuk keluarga namun memiliki waktu yang sedikit. Semoga artikel ini bisa membantu memberi ulasan singkat tentang bread maker dari Rebread, memilih kedua seri tersebut tidaklah suli, tinggal cari yang sesuai dengan kebutuhan Anda.