petunjuk penggunaan setrika

Petunjuk Penggunaan Setrika yang Benar, Hasil lebih rapi

Posted on

Setrika memiliki fungsi menghaluskan serta merapikan pakaian Anda yang kusut. Pakaian yang rapi dan harum akan membuat Anda nyaman percaya diri , serta orang lain akan memberikan kesan positif ke diri Anda. Itulah manfaat luar biasa dari setrika. Cara menyetrika itu mudah, tetapi di artikel ini kita akan menyajikan petunjuk penggunaan setrika yang baik dan benar, siapa tau ada bagian yang mungkin Anda lewatkan!

URUTAN PETUNJUK PENGGUNAAN SETRIKA

Ketika Anda membeli setrika baru, biasannya ada buku manual petunjuk penggunaannya, namun terkadang penjelasannya kurang dapat dimengerti karena terlalu singkat. Maka kita akan bahas secara lebih lengkap di sini!

Petunjuk penggunaan setrika sebagaimana berikut!

  1. Siapkan setrika serta pakaian yang hendak disetrika.

    Siapkan juga alas setrika. Bisa menggunakan alas busa yang dilapisi kain. Bisa juga memakai meja papan setrika khusus.

  2. Colokkan steker setrika ke dalam stop kontak.

  3. Atur temperatur suhu

    Cara mengaturnya dengan memutar putaran yang ada di tengah-tengah setrika.
    Atur suhu panas setrika sesuai dengan jenis bahan kainnya.
    Jika bahan kain tebal bisa memakai temperatur tinggi, sebaliknya jika bahan tipis bisa memakai temperatur lebih rendah.
    Pada setrika listrik akan muncul indikator lampu  berwarna merah yang berarti setrika sudah menyala dan siap digunakan.

  4. Mulailah menyetrika!

    Setelah menunggu temperatur setrika sampai panas, maka mulailah menyetrika! Disarankan menyetrika dengan posisi vertikal atas ke bawah supaya mendapatkan hasil setrikaan yang baik. Hindari gerakan menyamping.

  5. Atur Posisi Setrika

    Cara menyetrika yang benar, dibolak-balikkan sampai hasil setrikaan merata, hingga membentuk posisi melipat pakaian. Sehingga hasil setrikaan menjadi rapi serta halus. Kita juga harus paham posisi jeda pada setrika. Posisi jeda setrika biasanya pada saat kita sedang merapikan bagian pakaian, atau menyiapkan pakaian lain. Posisi setrika harus diangkat, karena jika terlalu lama dibiarkan di atas pakaian bisa menyebabkan pakaian tersebut hangus terbakar.

  6. Tahap Akhir Penggunaan setrika

    Seteah selesai menyetrika semua pakaian, turunkan temperatur panas setrika pada bagian putaran setrika tadi. Lalu jangan lupa cabut kabel steker dari stop kontak.
    Selesai! Bagaimana? Mudah bukan proses penggunaan setrika? Yang terpenting adalah berhati-hati dalam penggunaannya karena kita menggunakan alat listrik yang meningkatkan suhu panas. Bahkan di jenis setrika tertentu masih menggunakan bara api sebagai pemanasnya. Untuk itu harus lebih ekstra berhati-hati.

CARA SETRIKA CELANA PANJANG

petunjuk penggunaan setrika listrik

Contoh diatas merupakan petunjuk penggunaan setrika pada baju secara umum. Kemudian cara setrika untuk celana ada sedikit perlakuan khusus.

Apapun jenis celana panjangnya, posisikan pada arah horizontal pada papan setrika. Setrika satu arah secara merata agar tidak membuat garis lipatan baru.

Langkah selanjutnya adalah memastikan suhu panas yang sesuai pada setrika , karena pada umumnya jenis bahan celana lebih tebal daripada kain pada baju.

Mulailah menyetrika celana panjang dari bagian pinggang! Sehingga bagian yang lain akan lebih mudah dirapikan. Lipat celana panjang dengan rapi supaya tidak menimbulkan garis lipatan yang tidak diinginkan.

JENIS SETRIKA

Seperti pada penjelasan di atas, Ada jenis setrika selain setrika listrik. Untuk cara penggunaannya mungkin saja terdapat sedikit perbedaan.

1.Setrika Arang

Ini adalah jenis setrika tradisional, generasi awal sebelum tenaga listrik ditemukan. Arang yang dibakar menjadi arang panas adalah sumber energi panas dari model setrika ini.

2.Setrika Uap

Setrika uap atau steam bekerja dengan cara memanaskan air yang disimpan dalam setrika jenis ini. Uap akan menyemprot ke pakaian sehingga menjadikannya lebih mudah dihaluskan. Cara penggunaanya tidak jauh berbeda dengan jenis setrika listrik, jenis setrika ini bisa menjadi pilihan variasi. Dan pastinya mempunyai kelebihannya sendiri dibanding jenis setrika listrik.

3.Setrika Gas Boiler

Pada dasarnya jenis setrika gas boiler sama dengan setrika uap . Jenis setrika ini menggunakan uap dari air yang dipanaskan.Bedanya jenis setrika gas menggunakan tenaga dari  tabung setrika uap. Tabung ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan air. Air dipanaskan melaui kompor yang dihubungkan ke tabung setrika uap. Tenaga kompor  menggunakan gas dari tabung gas. Kemudian dari tabung setrika uap menyalurkan uap nya melalui selang yang sudah terhubung ke setrika.

Setrika gas akan mengeluarkan uap seperti penyemprot untuk menghaluskan kain. Jenis setrika gas ini paling cocok digunakan untuk usaha laundry. Alasannya karena sumber tenaganya dari kompor  tabung gas. Sehingga bisa menghemat tenaga listrik, pun demikian tidak akan khawatir jika sedang terjadi pemadaman listrik. Jenis setrika uap yang disemprotkan ini juga membuat sablon pada kaos menjadi lebih aman.

4.Setrika listrik

Jenis setrika ini adalah yang paling umum digunakan dalam rumah tangga. Selain setrika listrik biasa ada pula setrika listrik dengan pengatur suhu. Sesuai dengan namanya, setrika ini dilengkapi dengan pengatur suhu sebagai penguat fungsinya.

PERBEDAAN SETRIKA LISTRIK DAN SETRIKA UAP

Yang membedakan setrika listrik denga setrika uap adalah pada cara kerjanya seperti di atas. Untuk komponen setrika uap lebih kompleks karena ada tangki air yang berfungsi menyimpan air untuk diubah menjadi uap panas pelembut pakaian.

Sedangkan pada setrika listrik hanya menggunakan putaran temperatur untuk mengatur panas yang dihasilkan. Di antara pilihan ini sama bagusnya, karena keduanya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing.  

MERK SETRIKA

Bagi Anda yang berencana membeli setrika listrik ada beberapa rekomendasi merk yang bisa dipilih. Merk setrika Phillips adalah salah satu merk paling populer dan legedaris. Di samping itu juga ada beberapa merk lain:

  • Maspion
  • Panasonic
  • Cosmos
  • Sanken
  • Miyako

Itulah beberapa merk setrika listrik ternama. Bisa Anda pilih sesuai budget dan selera. Merk di atas memiliki kelebihan kekurangan serta fitur yang berbeda-beda. Namun pada intinnya sama berfungsi untuk membuat pakaian lebih rapi dan halus. Selain kualitas, cara pemakaian serta penyimpanan juga berperan menentukan setrika yang akan Anda beli itu awet tahan dari kerusakan atau tidak.

Philips adalah merk setrika yang desainnya legendaris. Merk ini juga membuat variasi untuk jenis setrika uap. Sehingga bisa menjadi salah satu pilihan terbaik Anda. Atau tidak masalah juga memilih merk setrika lainnya.

Setelah mengetahui jenis-jenis setrika, sesuai dengan fungsi kepraktisan, Anda bisa memilih jenis setrika listrik dan juga setrika uap. Mengingat setrika arang sudah ditinggalkan,dan repot cara pakainya. Karena Anda harus mencari arang dulu lalu membakarnya. Sedangkan setrika gas terlalu ribet digunakan jika hanya untuk keperluan menyetrika pakaian keluarga sendiri.

Setrika listrik atau setrika uap bisa jadi pilihan praktis Anda, lalu Anda tinggal memakainya dengan cara atau petunjuk seperti di atas. Kini tak perlu lagi bingung karena cara penggunaan setrika memang sangat mudah! Hanya butuh keuletan agar lipatan pakaian yang dihasilkan menjadi lebih rapi dan membuat semangat ketika akan dipakai.