petunjuk cara menggunakan blender

Petunjuk Penggunaan Blender, Lebih Halus & Awet

Posted on

Blender merupakan salah satu alat rumah tangga yang paling umum digunakan. Blender berfungsi menghaluskan, menghancurkan , menggiling jenis makanan padat menjadi lebih cair dan halus. Cara menggunakannya pun terbilang mudah! Berikut ini petunjuk penggunaan blender yang benar agar hasil lebih halus memuaskan!

CARA MENGGUNAKAN BLENDER BESERTA GAMBARNYA

Blender memiliki kegunaan untuk mnenghaluskan paling banyak bahan makanan dari buah-buahan serta sayur-sayuran. Sehingga blender bisa menjadi teman terbaik mengolah makanan sehat buat Anda! Disamping manfaat lain yang di dapatkan!

Petunjuk cara penggunaan blender sebagai berikut:

  1. Siapkan Blendernya

    Pertama-tama siapkan blender yang hendak digunakan. Dalam satu set pembelian blender biasanya akan ada beberapa wadah /gelas sesuai dengan kegunaannya. Wadah yang kecil untuk memblender jenis bumbu-bumbuan. Sedangkan yang lebih besar untuk menghaluskan jenis makanan buah atau sayur.

  2. Pasang gelas blender di atas dudukan blendernya

    Sesuaikan gelas blender dengan jenis makanan seperti di atas. Pastikan semua sudah terpasang dengan baik dan benar

  3. Masukkan bahan-bahan yang hendak diblender

    petunjuk cara menggunakan blender

  4. Tutuplah gelas Blender

    Sangat disarankan untuk menutup wadah atau gelas blender saat sedang dioperasikan. Karena pada penutup blender dilengkapi dengan sendok pengaduk. Sendok ini berfungsi untuk mempermudah pencampuran bahan-bahan, apabila Anda menambahkan gula, susu, krimer atau garam ke dalam bahan yang akan diblender.
    Namun penggunaan sendok pengaduk blender hanya dikhusukan untuk jenis makanan lembut seperti buah atau sayur. Jangan digunakan untuk menghancurkan bahan yang bertekstur keras seperti es batu.

  5. Nyalakan Blendernya

    Setelah semua persiapan dan bahan dimasukkan, maka langkah selanjutnya tinggal nyalakan blendernya! Pastikan sudah tersambung dengan colokan listrik. Kemudian tekan tombol yang ada pada blender untuk menyalakannya!
    Untuk jenis-jenis tombol antar merk pasti ada perbedaan. Ada yang tombol simple on-off, tombol on untuk menyalakan dan off untuk mematikan. Ada yang menggunakan tombol start,  Ada juga tombol model gigi dari angka 1 sampai 4 yang semakin naik angkanya semakin cepat putarannya.

  6. Menuang isi Blender

    Setelah selesai proses memblender bahan makanan, maka tinggal matikan tombolnya lalu tuang isi blender, untuk selanjutnya siap disajikan. Lama proses menghaluskan bahan makanan dari blender ini tergantung dengan jenis tekstur makanannnya. Anda tinggal menyesuaikannya saja.

  7. Selesai

Demikian maka selesailah cara penggunaan blender! Sangat mudah bukan?

Dalam pengggunaan blender ini yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu mengisi blender sampai penuh. Juga jangan langsung memasukkan makanan yang terlalu panas karena dapat cepat merusak gelas blender.

CARA BLENDER DAGING

Selain kegunaan utama menghaluskan bahan makanan buah dan sayur, ternyata blender bisa Anda manfaatkan untuk menghaluskan daging! Biasanya dipakai untuk pembuatan makanan bakso. Daging yang biasa dipakai adalah daging ayam atau daging sapi.

Namun karena tekstur daging cenderung lebih keras atau alot maka kita harus berhati-hati dalam penggunaannya agar blender yang kita gunakan tetap awet tahan lama!

1. Masukkan daging yang akan digiling dengan blender!

Pertama-tama masukkan terlebih potongan-potongan es batu yang sudah dihancurkan kecil-kecil!

2. Tahan Blendernya

Karena tekstur daging yang cukup alot maka kita harus menahan blender kuat-kuat. Inilah perbedaannya dengan tekstur makanan yang halus, tekstur daging akan memberikan efek getaran yang kuat pada blender maka kita harus menekan blender kuat-kuat.

Jika dalam set pembelian blender Anda ada gelas blender kecil untuk menghaluskan bumbu, Anda juga bisa menggunakannya untuk menghaluskan daging. Karena pisau blender gelas ini lebih tajam dari biasannya.Sehingga hasilnya lebih efektif! Nah, demikianlah cara menggiling daging dengan mengunakan blender.

3. Beri Jeda pada Blender

Saat proses menggiling daging dengan menggunakan blender, sesekali beri jeda! Matikan blender setiap satu menit sekali! Dengan memberi jeda istirahat pada pemakaianya, maka itu akan membuat komponen blender tetap awet tahan lama.

Anda juga bisa memberi jeda pada penghalusan bahan lainnya, jangan digunakan terus menerus tanpa henti. Dengan begitu blender Anda akan aman tidak gampang rusak.

CARA MEMBERSIHKAN BLENDER

Setelah mengetahui cara penggunaan blender, maka penting bagi Anda untuk mengetahui juga cara membersihkan blender sesudah dipakai. Karena seringkali bekas ampas buah atau gumpalan cairan milkshake atau es jus masih menempel di blender. Sehingga harus sering-sering kita bersihkan!

1. Isi dengan sedikit air

Setelah menyiapkan blendernya, isi sedikit air pada wadah blender tersebut! Kemudian tambahkan sabun cuci piring biasa.

2. Gunakan spon untuk mencuci seluruh bagian wadah

Gosokkan spon hingga menjangkau ke bagian bawah. Gunakan sikat gigi bekas/masih bersih untuk membersihkan noda-noda yang menempel pada pisau blender.

3. Bilas wadah blender dengan air

Disarankan menggunakan air hangat agar pembersihan wadah blender tadi lebih steril hasilnya.

Ingat cukup gelas blendernya saja yang dicuci! Jangan mencuci mesin blendernya sekaligus karena bisa menyebabkan kerusakan pada motor listriknya.

Merk-merk Blender Paling Bagus

Saat membeli blender sebenarnya yang paling utama kita harus menyesuaikan desain atau material blender apakah cocok dengan yang kita butuhkan atau tidak, setelah itu merk blendernya bisa menyesuaikan.

Anda bisa mempertimbangkan membeli blender dari material mika plastik atau kaca. Material plastik nampak memberi kesan ringan tetapi gampang terlihat kusam. Sedangkan material kaca memberi kesan yang kokoh dan jernih walau sudah lama digunakan.

Ukuran serta desain gelas blender juga penting. Umumnya gelas blender berkapasitas 1,5 liter. Ukuran gelas blender yang lebih kecil akan memberi kesan minimalis serta hemat ruang penyimpanan. Akan tetapi ukuran yang lebih besar membuat blender tersebut lebih mudah dibersihkan, serta bisa menampung bahan lebih banyak.

Blender dengan multi speed akan memberikan kita banyak pilihan dalam menentukan kecepatan mana yang pas untuk bahan yang hendak dihaluskan oleh blender, namun tentu saja konsumsi daya listriknya lebih besar. Semua ada kelebihan kekurangan masing-masing, tinggal sesuaikan selera anda!

Berikut merk-merk blender terbaik:

  • Phillips
  • Panasonic
  • Sharp
  • Miyako
  • Maspion
  • Kirin
  • Electrolux
merk-merk blender

PERBEDAAN BLENDER DENGAN JUICER

Blender mempunyai fungsi utama menghaluskan bahan makanan sayur atau buah tanpa ada bagian yang terbuang. Sedangkan pada juicer, alat ini hanya mengambil kandungan air pada bahan makanan, serta membuang ampas yang dihasilkan. Keduanya secara umum merupakan alat penghalus makanan otomatis.

Jadi antara blender dan juicer ini memiliki fungsi berbeda sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa merk juicer terkenal:

  • Phillips
  • Miyako
  • Sharp
  • Cosmos
  • Electrolux

Blender dapat memberikan banyak manfaat bagi kebutuhan rumah tangga Anda! Mulai dari membuat jus, milkshake, menghaluskan bumbu, membuat sambal hingga mengggiling daging. Dengan mengetahui cara petunjuk blender yang tepat, tidak hanya membuat bahan yang diblender menjadi halus memuaskan, tetapi penggunaan yang tepat juga dapat memastikan blender yang Anda gunakan bisa awet tahan lama.