Rice Cooker Philips HD 3132 dan HD 3138. Perbedaanya apa ya?  

trillos15x 0
Rice cooker philips

Kemudahan dalam memasak nasi menggunakan rice cooker, memang tidak dimungkiri. Namun, mencari rice cooker yang terbaik untuk kebutuhan rumah, rupanya agak sulit dilakukan.

Karena begitu banyak, tipe dan merk, serta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Setiap orang pasti menginginkan rice cooker yang baik dan awet, hingga bertahun-tahun. Tentu kita tidak mungkin, mencoba semua merk rice cooker, yang ada dipasaran.

Tapi dengan rajin membaca dan melihat review dari banyak orang, akan membuat Anda bisa menemukan rice cooker dengan kriteria yang Anda inginkan. 

Rice cooker yang baik adalah rice cooker yang memiliki kualitas material yang bagus, inner pot yang aman untuk kesehatan, menghasilkan nasi yang pulen, dan juga mesin yang bisa awet bertahan lama.

Kebutuhan adalah faktor penentu 

Kini banyak bermunculan, rice cooker dengan fungsi yang canggih seperti pada artikel sebelumnya rice cooker philips ini, silahkan dibaca untuk mengetahui kelebihannya.

Fungsi rice cooker ada yang memiliki fitur seperti mengukus, membuat kue dan lainnya. Atau produk seperti ini, yang bisa mengurangi kadar gula dalam nasi, loh!

Nah, tapi mencari kriteria rice cooker, faktor penentunya bukan hanya fitur-fitur yang canggih, tapi faktor yang paling penting adalah, Anda harus mengetahui kebutuhan. Rice cooker seperti apa sih, yang sehari-hari Anda butuhkan. 

Selain fitur, juga dari ukuran rice cooker. Berapa banyak anggota keluarga di rumah? Butuh berapa liter beras? Jika anak kost, misalnya, cukup menggunakan rice cooker 1 L saja, mengingat listrik yang digunakan juga pastinya lebih hemat. Atau anggota keluarga dirumah Anda, empat sampai enam orang, mungkin Anda membutuhkan kapasitas yang lebih besar. 

Rice Cooker Philips HD 3138 

philips rice cooker

Rice cooker philips memiliki banyak sekali tipe. Salah satunya tipe HD 3138. Rice cooker Philips HD 3138 ini memiliki 3 pilihan warna. Silver, gold, dan warna merah.

Ketiganya memiliki warna yang sangat cantik dan elegan. Body yang berbahan stainless, membuat warna yang dihasilkan pun terlihat mewah, namun simple.

Rice cooker HD 3138 ini, memiliki inner pot yang terbuat dari lapisan Bakuhanseki, bakuhanseki adalah batu alam yang mengandung mineral dan mikro nutrien. 

Rice cooker Philips HD 3138 ini, memiliki daya 400 w, dan inner pot yang memiliki handle anti panas. Rice cooker ini juga memiliki 5 layer dengan, pro ceramic. 

Di dalam kemasan, Anda juga mendapatkan manual book, buku garansi, cup, steamer pot , dan juga spatula nasi. Kapasitas rice cooker ini extra besar, 2 Liter.

Bisa cukup hingga 14 orang, loh! Harga rice cooker HD 3138, berkisar 629.000- 710.000

Bagaimana dengan kualitas nasi? 

nasi putih
unsplash.com/Pille R. Priske

Dengan pemanas 3D, nasi yang dihasilkan dengan Rice cooker HD 3138 ini, lembut dan juga matang merata. Nasi pun bisa bertahan hingga 48 jam.

Karakteristik dari Rice cooker HD 3138, ini adalah rice cooker dengan tampilan yang sederhana, dengan hanya memiliki fitur cook dan warm. Rice cooker ini cocok untuk Anda yang anti ribet, dan menginginkan kemudahan. 

Rice cooker Philips HD 3132

rice cooker

Rice cooker Philips HD 3132 memiliki tampilan body yang sangat mirip, dengan rice cooker HD 3138, memiliki body stainless steel dan memiliki pilihan warna yang juga sama yaitu, silver, merah dan gold. Jika dilihat sekilas, mungkin Anda mengira 2 produk ini sama saja. 

Rice cooker HD 3132, juga memiliki smart 3D dan terdapat 5 lapisan pro ceramic, pada inner pot yang membuatnya lebih tebal. Dalam kemasan rice cooker philips HD 3132 ini Anda akan mendapatkan inner pot, steamer, spatula, dan juga buku garansi dan manual book.

Tampilan body, juga hanya terdapat tombol cook dan warm. Sangat memudahkan Anda dalam memasak. Harga dibanderol 589.000- 648.000

Perbedaan Rice cooker Philips HD 3132 dan HD 3138

Rice cooker philips

Banyak kemiripan dari kedua rice cooker ini, yang membuat Anda bingung dalam memilihnya. Kesamaannya, tentu pada Body yang mirip, mengkilap dengan warna silver, merah dan gold.

Sama-sama hanya memiliki tombol warm dan cook dengan letak yang juga sama persis. Dan juga kelebihan seperti smart 3D, Pro ceramic dan lainnya.

Lalu dimana perbedaannya? Perbedaannya adalah pada HD 3138 terdapat lapisan bakuhanseki. Sedangkan rice cooker Philips HD 3132 tidak memiliki lapisan bakuhanseki.

Kelebihan dari lapisan batuhanseki adalah lapisan yang membuat inner pot 6x lebih kuat daripada yang tidak memakai lapisan bakuhanseki. Dan dengan lapisan ini pula nasi menjadi lebih lembut dan juga enak.

 Rice cooker HD 3138 adalah upgrade dari produk Rice cooker Philips HD 3132. 

Kemungkinan besar HD 3132, sudah discontinue, tapi jika produk ini masih dijual di pasaran, kemungkinan memang stock lama saja.

Sedangkan jika stok baru, Anda akan diberikan HD 3138 oleh seller. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi, memilih antara Rice cooker Philips HD 3132 dan juga Rice Cooker Philips HD 3138. 

Cara merawat Rice Cooker dengan Baik dan Benar

Tidak banyak orang yang merasa perlu merawat rice cooker yang mereka miliki. Saat sudah rusak baru mengeluhkan. Padahal jika kita benar-benar merawat rice cooker dengan baik, tentu alat masak akan awet dan tahan lama. 

Langkah perawatan rice cooker :

rice cooker philips

  1. Jangan gunakan inner pot untuk mencuci beras. Beras memiliki tekstur yang keras, saat dicuci otomatis akan mengikis permukaan lapisan dari inner pot. Gunakan selalu wadah terpisah untuk mencucinya. Tersedia kok di pasaran, baskom kecil khusus untuk mencuci beras dan terdapat celah untuk membuang air.
  2. Masak sesuai kapasitas. Masaklah sesuai kapasitas, jika terlalu banyak akan membuat kerja mesin menjadi berat. Dan akhirnya bisa rusak lebih cepat
  3. Lap kering selalu inner pot. Sering sekali saat memasak, inner pot basah dan kita langsung memasukan ke rice cooker. Ini bisa menyebabkan mesin bagian dalam dan bagian bawah inner pot jadi menghitam. 
  4. Gunakan spon yang halus. Sabut kawat adalah musuh bagi peralatan masak. Apalagi untuk bagian dalam, dan menyebabkan coating akan mudah tergores. 
  5. Rendam air hangat. Jika ada nasi kering atau menempel di inner pot. Rendam inner pot menggunakan air hangat, beri sabun Diamkan 10-20 menit. Dan lakukan pencucian seperti biasa.
  6. Lap berkala penutup bagian dalam dan juga penutup uap dari rice cooker, agar makanan tidak mudah basi dan menguning.
  7. Lap luar body rice cooker agar selalu bersih, terkadang terdapat nasi yang mengering di seputar gagang rice cooker. Ini akan membuat tampilan rice cooker kotor.
Baca juga   Makin Memudahkan, Ini Review Rice Cooker Digital Philips HD 4515

Itu dia perbedaan antara Rice Cooker Philips HD 3132, dengan Rice cooker Philips HD 3138. Seharusnya Anda sudah tidak binggung lagi ya,  dengan dua produk ini.

Memang, memilih rice cooker yang bagus memang perlu ketelitian,  karena kita ingin memiliki rice cooker yang awet, sehat dan bisa dipakai lama.

Tentunya selama Anda mengikuti perawatan rice cooker dengan baik dan benar, rice cooker Anda akan memiliki bisa bertahan lama. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih, rice cooker mana yang bisa cocok untuk Anda dan keluarga. 

Memasak nasi adalah salah satu kegiatan yang setiap hari dilakukan. Karena kebutuhan orang Indonesia dengan nasi memang cukup tinggi, maka dari itu rice cooker menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang harus dimiliki.

Tetapi memilih rice cooker tidak mudah, bermacam-macam merk dan tipe rice cooker membuat banyak orang bingung untuk memilihnya. Terkadang tipe satu dan lainnya memiliki tampilan yang mirip, dan juga spesifikasi yang tidak jauh berbeda. 

Sesuaikan juga dengan kebutuhan, apakah Anda  juga menginginkan fitur canggih seperti Rice Cooker Digital Philips atau hanya membutuhkan rice cooker dengan fitur yang lebih sedikit. 

Begitu juga dengan ukuran, berbeda-beda setiap kebutuhannya, untuk Anda yang tinggal lebih dari 4, 6, atau bahkan lebih, pastinya berbeda dengan Anda yang hanya tinggal sendiri. Begitu juga untuk Anda yang sedang berbisnis, juga pasti harus memiliki fitur dan kapasitas yang harus sesuai, dengan kebutuhan.

Cek Harga Rice Cooker Philips HD 3128 dan HD 3132 di marketplace:

Cek Harga di Lazada Cek Harga di Shopee

Rice cooker dengan kapasitas 2 Liter 

Rice cooker saat ini yang memiliki kapasitas 2 liter, paling banyak digunakan. Karena bisa untuk memasak nasi hingga 14 porsi sekaligus. Rice cooker ini cocok untuk Anda yang berbisnis rumah makan atau untuk Anda yang memiliki anggota keluarga lebih dari 3 orang di rumah. 

Dan sebenarnya, semua jenis rice cooker bisa kok, dibuat untuk memasak kue, atau merebus bahkan menumis, hanya saja membutuhkan waktu yang cukup lama, berbeda dengan rice cooker yang memang diperuntukan untuk hal tersebut.

Tapi masih sangat banyak orang yang menginginkan rice cooker dengan fitur simpel nan mudah dimengerti, apalagi untuk para ibu-ibu. Cukup memiliki 2 fitur cook dan warm saja. 

Rice Cooker Philips HD 3128 

rice cooker philips

 

Baca juga   Review Russell Hobbs Steamer, Steamer Susun yang Wajib Dicoba

Rice cooker HD 3128, hadir untuk anda yang menginginkan fitur standar seperti cook dan warm. Philips kini memiliki pilihan warna gold, merah dan silver. Inner pot dari Philips HD 3128 ini memiliki Pro-Ceramic 5 lapis yang canggih dan 3x lebih kuat dari pelapis biasa, sehingga inner pot, bisa awet dan tahan lama. Anti lengketnya membuat Anda mudah dalam mencucinya.

Poin plus lainnya, inner pot memiliki pegangan di kanan dan kiri, agar Anda bisa mengeluarkan dengan mudah. Juga memiliki tutup uap bagian dalam yang bisa dilepas, dan dicuci dengan mudah. Agar nasi tetap terjaga kehigienisannya 

Philips HD 3128 ini juga memiliki pemanas 3D, setiap butirnya akan dimasak sempurna dan merata . Dan tetap hangat selama 48 jam, rice cooker ini bisa menampung hingga 2 Liter, ukuran yang pas untuk Anda yang memiliki lebih dari 3 orang di rumah.  Lapisan luar terbuat dari stainless steel, tentunya aman, tahan lama serta membuat tampilan rice cooker ini terlihat lebih eksklusif. Harga rice cooker Philips HD 3128 berkisar Rp 589.000

Spesifikasi : 

  • Menghangatkan dan mengukus
  • Kapasitas 2 liter 
  • Daya 400 watt
  • Body Stainless steel 
  • Inner pot lapisan pro ceramic 
  • Tahan goresan 
  • Non-stick 
  • Pemanas 3D 
  • Hangat 48 jam 
  • 3 Pilihan warna ‘
  • Terdapat handle di sisi kiri dan kanan
  • Pot steaming
  • Spatula nasi
  • Buku panduan
  • Buku garansi 
  • Gelas ukur
  • Pot steaming

Rice Cooker Philips HD 3132 

RICE COOKER PHILIPS

Rice cooker Philips Hd 3132 memiliki spesifikasi dan karakter yang sama dengan Philips HD 3128, menggunakan 2 fitur cook dan warm, dan memiliki inner pot dengan 5 lapisan pro ceramic, yang tebal dan mampu menghantarkan panas secara merata. Membuat setiap butiran nasi menjadi lebih sempurna dan enak saat dimakan. 

Saat ini pun memiliki pilihan warna yang sama pula silver, gold dan merah. Warna dengan perpaduan stainless steel, membuatnya terlihat mewah. Body yang cukup besar dengan dimensi, 31 x 31 x 30 cm 

Dalam kemasan rice cooker Philips HD 3132, Anda bisa mendapatkan, inner pot dengan lapisan keramik, pot steamer, manual book dan juga buku garansi, sendok spatula, bagian dalam penutup uap yang bisa dilepas pasang memudahkan Anda dalam mencucinya. Harga Rice Cooker Philips HD 3132 ini berkisar Rp 589.000- 648.000

Spesifikasi : 

  • Menghangatkan dan mengukus
  • Kapasitas 2 liter 
  • Daya 400 watt
  • Body Stainless steel 
  • Inner pot lapisan pro ceramic 
  • Tahan goresan 
  • Non-stick 
  • Pemanas 3D 
  • Hangat 48 jam 
  • 3 Pilihan warna ‘
  • Terdapat handle di sisi kiri dan kanan
  • Pot steaming
  • Spatula nasi
  • Buku panduan
  • Buku garansi 
  • Gelas ukur
  • Pot steaming

Perbedaan Rice cooker Philips HD 3128 dan Rice Cooker Philips HD 3132 

Tidak ada perbedaan yang significant, atau malah kedua produk tersebut nyaris sama. Sama-sama memiliki pilihan warna yang serupa, gold, silver dan merah, dengan bahan stainless steel. Kedua inner pot memiliki 5 kali lapisan pro ceramic, dengan pemanas 3d, yang membuat keduanya bisa menghasilkan butiran nasi yang sempurna. 

Dan persamaan selanjutnya adalah, kedua produk ini sudah sama-sama di discontinue atau tidak di produksi lagi. Jika terdapat seller yang menjual, dipastikan stock lama atau juga bisa Anda akan dikirim dengan produk terbaru, dari Philips Rice cooker HD 3138, Tipe ini memiliki pilihan warna yang sama dan juga body yang terbuat dari stainless steel. 

Perbedaanya juga terletak di inner pot dari Rice cooker HD 3138, dengan kedua produk di atas, selain juga memiliki lapisan 5x Pro ceramic tapi HD 3138 juga memiliki lapisan bakuhanseki, lapisan ini diklaim  6x lebih kuat daripada inner pot biasa. Bakuhanseki adalah batu alam yang mengandung mineral dan mikronutrien. 

Bakuhanseki Coating inner pot 

rice cooker philips

Kabar gembiranya, bagi Anda yang sudah memiliki Philips rice cooker tipe HD 3132, HD 3128, HD 3131, HD 3129, HD 3127, HD 3119, HD 3118 dan terakhir HD 3053. Anda bisa membeli Bakuhanseki coating inner pot, dengan harga cukup terjangkau, berkisar Rp 225.000.

Anda tetap bisa memakai Rice cooker lama Anda dengan coating bakuhanseki terbaru dari philips, karena bisa kompatibel dengan beberapa tipe rice cooker philips yang lain. 

Hal ini pastinya akan membuat budget pengeluaran bisa ditekan, ya! Karena mesin philips sudah diakui menjadi brand elektronik yang cukup diakui ke awetannya. Sejalan dengan tagline Philips Innovation You, membuat phillips selalu memberikan inovasi terbaru, tanpa melupakan konsumen philips terdahulu. 

Perawatan rice cooker secara berkala

Perawatan juga menjadi salah satu bagian penting bagaimana suatu produk bisa awet bertahan lama. Caranya cukup mudah, buka penutup bagian dalam, serta karet uap dari rice cooker, dan cuci dengan sabun hingga bersih, pasang kembali setelah di lap kering. 

Tidak kalah penting selalu mencuci beras di tempat terpisah, bukan di inner pot, karena akan menggores lapisan. Lap bagian bawah, dan juga selalu lap bagian luar body dan dekat handle yang biasa terdapat sisa-sisa nasi diatasnya. 

Bagaimanapun merawat dengan baik, bisa menjadikan barang lebih tahan lama,  juga lebih terlihat bagus, tidak kotor. Jika tidak melakukan perawatan scara berkala, akan membuat rice cooker menjadi tidak awet dan juga cepat rusak. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mencari informasi tentang rice cooker dari  Philips.
Tags: