Keju Meg

MEG Cheddar dan MEG Keju Serbaguna. Apa sih Bedanya?



Keju, adalah salah satu makanan yang paling digemari. Mulai dari anak-anak maupun dewasa, pasti suka dengan makanan satu ini. Keju sering sekali kita jumpai di berbagai makanan, seperti, pizza, kue kering, macaroni schotel, cake, topping roti dan masih banyak lagi.

Keju yang paling dikenal itu adalah keju cheddar dan keju mozarella. Padahal, selain kedua keju itu, masih ada banyak macam jenis keju loh. Seperti, keju parmesan, keju edam, keju camembert dan lainnya, tapi kenapa hanya keju cheddar yang paling banyak dijual, ya? Yuk simak beda keju meg merah dan hijau sbb:

Beda Keju Meg Merah dan Hijau (Meg Cheddar dan Meg Keju Serbaguna)

Keju Cheddar berasal dari Inggris, dan lahir di sebuah desa di Somerset yang bernama Desa Cheddar, loh! Jadi, nama Cheddar sendiri, memang diambil dari desa tempat awal ditemukannya keju cheddar. Di inggris, cheddar adalah keju paling populer, selain Mozarella.

Keju cheddar terbuat dari susu alami, bertekstur agak keras, namun lembut, berwarna putih kekuningan. Dan juga nih, Menurut Peneliti Departemen Pertanian Amerika Serikat. Keju Cheddar adalah jenis keju yang paling banyak dipelajari dalam publikasikan ilmiah. Makanya, keju ini sangat populer di dunia. 

Keju cheddar

Beli keju cheddar Meg di Shopee di link ini, manfaat keju banyak loh antara lain untuk kesehatan gigi, menjaga kesehatan tulang, membantu kesehatan otak dan kardiovaskular & membentuk sel tubuh.

MEG Cheese

Meg cheese adalah salah satu brand keju yang baru dikenal di Indonesia. MEG adalah produk keju dari Jepang. Menurut megcheese. Produk mereka menjadi keju no 1 loh di Jepang.

Perusahaan MEGMILK SNOW BRAND, memiliki standar tinggi dalam produksi keju, dan sudah berpengalaman dari 90 tahun. Berikut perbedaan keju meg merah dan hijau sbb:

MEG Cheese

MEG jenis Cheese, terkenal dengan harga yang relatif lebih murah dan rasa yang enak. Dengan hadirnya keju ini, kita bisa mendapatkan alternatif pilihan keju, dengan harga terjangkau dan juga kualitas yang baik. Produk ini, banyak mengeluarkan varian keju, loh.

Diantaranya ada dua varian yang paling banyak orang pakai, nih. Yaitu, Cheese Keju Cheddar dan juga MEG keju serbaguna, banyak sekali orang yang bingung, diantara kedua varian tersebut. Bagaimana sih cara membedakan keduanya?

Meg Cheddar 

Keju Cheddar dari MEG ini memiliki kemasan kotak, yang berwarna merah. Cukup mencolok diantara kemasan keju yang lainnya. Keju di dalamnya dibungkus lagi dengan plastik, agar lebih higienis.

Dan di kemasan plastiknya juga, Keju Cheddar ini terdapat ukuran seperti penggaris, 30gr, memudahkan Anda jika ingin membuat kue dengan Cheese Cheddar tanpa harus menimbangnya. Hanya tinggal potong sesuai dengan garis. Harga untuk berat 170gr berkisar 25.000, saja.

Keju Cheddar ini memiliki kualitas keju yang premium, rasa dan aroma yang cheesy, teksturnya padat namun moist dan creamy. Keju Cheddar ini dipanggang akan menghasilkan warna menjadi golden brown. Dapat mempercantik tampilan kue, yang Anda buat.

Jika untuk campuran cake pun rasa Cheese terasa sekali di lidah. Walaupun moist , tapi tetap enak kok untuk diparut. Keju Cheddar ini, bisa Anda simpan di wadah tertutup di kulkas, setelah dibuka, ya! Berikut resep yang bisa kamu kreasikan dengan keju Cheese Cheddar, ya!

  • Japanese cake/ Cotton cake 

cotton cake
sceneeats.com

Bahan :

  • Terigu protein rendah  85gr
  • Keju cheddar 150 gr
  • Susu cair 50gr
  • Kuning telur 4 Butir 
  • Putih telur 4 Butir 
  • Telur utuh 1 Butir
  • Perasan lemon 4sdt
  • Minyak goreng 40 gr
  • Gula pasir 100gr

Cara membuat : 

  1. Lelehkan keju MEG Cheddar dengan susu cair. Lalu masukan minyak, aduk rata. Diamkan sebentar.
  2. Lalu, Campurkan terigu sambil diayak, dan aduk menggunakan whisk. Campur kuning telur. Dan terus aduk sampai tercampur rata.
  3. Siapkan wadah terpisah. Kocok putih telur dengan mixer atau Anda bisa menggunakan Food Processor. Gunakan kecepatan rendah.
  4. Jika sudah berbusa cukup banyak, campurkan air lemon dan gula pasir, sedikit demi sedikit. Lanjutkan terus mixer sampai adonan mengembang seperti cream. 
  5. Masukan adonan putih telur ke adonan kuning telur, hingga 3 tahap. Sedikit dulu, lalu aduk pelan-pelan dengan whisk. Masukan sisanya. Aduk, hingga terakhir.
  6. Tuang ke loyang yang sudah di alasi Baking Paper. Tepuk sedikit hingga udara keluar. 
  7. Panggang dengan teknik Au Bain Marie. Yaitu loyang kue dialasi loyang yang lebih besar dan isi dengan air. 
  8. Panggang sekitar 70-90 menit. Tergantung oven masing-masing. Dengan suhu 160℃.
  9. Dinginkan cake sebelum dikeluarkan. 
  10. Sajikan dengan parutan keju 

MEG Keju Serbaguna 

MEG Keju

Produk Keju Serbaguna memiliki kemasan, berwarna hijau, keju ini memiliki harga yang sangat terjangkau, dengan ukuran 165gr, harganya berkisar Rp 14.500. Keju jenis ini memang tidak memiliki rasa keju yang dominan.

Tapi jika Anda membutuhkan hasil parutan yang bagus, Jenis Keju Serbaguna pilihannya, teksturnya yang lebih padat dari Cheddar, membuat tampilan hasil parutan menjadi bagus, beda dengan cheddar yang hasilnya lebih pendek dan crumbly. 

Dengan rasa mungkin akan berbeda pada setiap orang, ada yang suka dengan keju yang asin dan ada juga yang suka dengan rasa keju yang light. Tapi dengan harganya yang sangat terjangkau, keju MEG menjadi salah satu keju yang wajib ada di rumah.

Sebenarnya, kandungan Jenis Keju Serbaguna juga adalah keju cheddar. Hanya saja cheese ini lebih banyak memiliki komposisi air, yang membuat keju Serbaguna memiliki rasa yang tidak se’asin’ keju cheddar. Berikut resep yang bisa Anda buat, dengan memakai keju ini. 

Spaghetti Brulee

Spaghetti brulee
asianfoodnetwork.com

Bahan : 

  • MEG Keju Serbaguna 1 Kotak
  • Spaghetti 450 gr
  • Sauce Bolognaise 450gr
  • Fresh Milk 300 Ml
  • Kornet 350 gr
  • Bawang putih 5 siung 
  • Bawang bombay ½ siung 
  • Tepung Terigu 2sdm
  • Mentega 4sdm
  • Garam, air dan kaldu bubuk secukupnya
  • Merica ½ sendok teh 
  • Basil dan oregano topping 

Cara Membuat : 

  1. Rebus pasta setengah matang. Sisihkan
  2. Tumis bawang putih dan bombay hingga harum 
  3. Masukan kornet, lalu tumis 
  4. Masukan saus bolognaise, campurkan air sedikit. Aduh hingga mendidih, campurkan garam dan kaldu. Tes rasa. Sisihkan
  5. Buat saus keju/bechamel. Lelehkan mentega, masukan tepung terigu, keju dan susu. Aduk hingga tercampur. 
  6. Campurkan pasta ke dalam adonan saus bolognaise, aduk rata
  7. Masukan campuran past ke dalam wadah kaca atau lapisi alumunium foil. Ratakan
  8. Siram kuah keju di atas spaghetti dan topping dengan basil dan oregano.
  9. Panggang 180 – 200℃, waktu 10-20 menit. Hingga bagian atasnya kecoklatan
  10. Spaghetti Brulee siap disajikan

Perbedaan antara MEG Cheddar dan MEG Serbaguna (Perbedaan Keju Meg Merah dan Hijau)

Cheddar adalah nama desa di Somerset, Inggris yang dijadikan nama keju yang populer dengan warna putih gading serta tekstur agak lunak dan berbentuk persegi panjang. Keju ini sangat disukai anak-anak.

Keju Cheddar adalah nama keju awalnya berasal dari desa di Britania, nama ini diambil karena tidak dipatenkan sehingga bisa dipakai berbagai merk keju di pasaran. Warna keju cheddar putih pucat, tekstur lembut dan semakin tua semakin keras rasanya.

Perbedaan keju meg merah dan hijau yaitu kalau keju meg merah itu lebih banyak kadar kejunya. Rasanya ngeju banget, sedikit campurannya. Cocok banget buat kamu yang mau mengolah keju original. Sedangkan keju meg hijau itu lebih banyak kadar airnya, sehingga cocok digunakan untuk berbagai macam olahan, alias keju serbaguna.

Perbedaan keduanya adalah di tekstur dan rasa. Kegunaan tentunya bebas saja, ya! Mau dijadikan topping, campuran kue, apapun bisa. Tapi untuk membuat campuran kue, disarankan menggunakan cheddar saja, agar rasa kue lebih cheesy. Karena jenis keju ini lebih moist, creamy dan lebih ‘asin’.

Meg Keju Serbaguna lebih terasa padat dan kokoh, dan rasanya lebih light. Jika untuk sekedar topping roti bakar, spaghetti, pancake, dan lainnya, MEG Keju Serbaguna bisa menjadi pilihan. Itu dia kedua perbedaan antara MEG Cheddar dan yang Cheese Serbaguna,  agar tidak binggung lagi. Semoga bisa membantu dalam mengkreasikan masakan favorit.