perbedaan kompresor kulkas 1 pintu dan 2 pintu

Perbedaan Kompresor Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu Lengkap

Anda tentu ingin tahu perbedaan kompresor kulkas 1 pintu dan 2 pintu, apalagi jika memang berniat untuk membelinya dalam waktu dekat. Bagi yang masih awam, kompresor untuk kulkas dua pintu atau satu pintu dianggap sama saja, padahal keduanya memiliki perbedaan yang nyata.

Kompresor merupakan komponen utama pada kulkas, fungsinya sebagai sistem heat exchange. Cara kerjanya dengan mengambil udara panas yang ada di dalam kulkas, kemudian menstransfer cairan dan gas dingin melalui kumparan yang ada.



Di artikel lain kami ulas penyebab dari kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku, di tulisan tersebut kami juga bahas solusi agar cepat beku sesuai aturan pabrik. Klik aja, trik nya jarang orang tahu.

Perbedaan Kompresor pada Kulkas 1 dan 2 Pintu 

  • Jenis Kompresor

Umumnya untuk kulkas satu pintu, jenis kompresor yang digunakan adalah kompresor piston. Namun ada pula kulkas dua pintu yang masih menggunakan jenis kompresor tipe ini. Kompresor piston merupakan kompresor yang memiliki 3 sampai 5 buah pipa, masing masing memiliki fungsi yang berbeda.

Sedangkan untuk kompresor kulkas 2 pintu, jenis kompresor yang digunakan adalah jenis rotary. Bentuknya mirip tabung dengan ukuran yang minimalis. Kompresor jenis ini memiliki dudukan, yang membedakanya dengan kompresor piston.

  • Daya Listrik yang Dibutuhkan

Untuk daya dan ukuran kompresor kulkas 1 pintu, daya listrik yang digunakan lebih rendah. Sebab kompresor yang digunakan tidak terlalu besar. Pada kulkas satu pintu, umumnya daya yang dibutuhkan adalah 150 watt hingga 350 watt.

Ini tentu berbeda dengan kulkas dua pintu, kompresor yang digunakan membutuhkan daya yang lebih besar. Kapasitas kulkas 2 pintu cenderung lebih besar yang menyebabkan heater dan kompresornya membutuhkan daya yang lebih besar. Apalagi di kulkas 2 pintu terdapat fitur pencair bunga es yang tidak terdapat di kulkas satu pintu.

  • Harga Kompresor

Terkait dengan harga, kompresor kulkas dua pintu ataupun satu pintu memiliki harga yang cukup variatif. Aspek yang membuat membedakan harga kompresor adalah merek, tipe, serta ukuran kompresor.

Makin besar ukuran suatu kompresor, maka makin mahal pula harganya. Inilah yang membuat harga kompresor untuk kulkas dua pintu cenderung lebih mahal dibandingkan dengan kompresor kulkas satu pintu, sebab dimensi dan ukurannya lebih besar.

Mana yang Paling Baik?

perbedaan kompresor kulkas 1 pintu dan 2 pintu

Kompresor memang menjadi aspek yang penting dalam memilih kulkas, kompresor yang baik akan membuat kulkas lebih cepat dingin dan beku. Jika Anda masih ragu memilih mana jenis kompresor dan kulkas yang tepat, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini, diantaranya:

  1. Kulkas 2 Pintu

Ukuran kompresor kulkas 2 pintu lebih besar, sebab daya tampung yang dimiliki juga lebih luas dibandingkan dengan kulkas dua pintu. Untuk Anda yang suka menyimpan buah, sayuran, atau bahan makanan dalam jumlah besar, kulkas dua pintu adalah pilihan yang tepat.

Selain kapasitas yang lebih besar, kulkas dua pintu kebanyakan sudah memakai fitur pencair bunga es. Dengan fitur tersebut, Anda tidak perlu repot repot menurunkan thermostat untuk mencairkan bunga es yang ada di dalam freezer.

  1. Kulkas 1 Pintu

Kulkas dengan satu pintu menggunakan daya listrik yang lebih kecil, sekitar 40 persen lebih rendah dibandingkan kulkas dua pintu. Jika Anda ingin menghemat tegangan dan daya listrik, kulkas 1 pintu adalah pilihan terbaik.

Kulkas tipe ini juga cocok untuk dapur berukuran kecil, sebab tidak memakan banyak tempat. Komponen yang dipakai kulkas 1 pintu juga tidak banyak, sehingga perbaikan yang dilakukan bisa diminimalisir.

Itulah perbedaan kompresor kulkas 1 pintu dan 2 pintu, semoga informasi tersebut dapat membantu Anda memilih tipe dan jenis kulkas yang tepat.

Leave a Reply