perbedaan mixer oxone dan mito

6 Perbedaan Blender, Mixer, dan Oxone Jangan Sampai Tertukar



Kehadiran alat memasak seperti blender, mixer, dan oxone mempermudah manusia saat melakukan kegiatan memasak. Untuk bisa menggunakannya tentu pengguna harus terlebih dahulu mengetahui perbedaan blender, mixer, dan oxone.

Dengan begitu pengguna bisa lebih mengetahui bagaimana fungsinya, jadi penggunaanya juga lebih tepat sasaran. 2

Karena itu di sini akan dibahas apa perbedaan blender, dan mixer serta food processor lainnya yakni oxone.

Apa itu Blender

blender mixer juicer

Mungkin sudah banyak yang mengenal alat elektronik ini, namun masih banyak juga yang belum mengetahuinya atau mengenalnya dengan bahasa lain.

Jadi blender ini merupakan salah satu alat elektronik untuk menghaluskan dan mencampurkan makanan.

Bisa dibilang kalau blender ini merupakan alat yang multifungsi, karena selain bisa menghaluskan makanan alat ini juga bisa untuk mencampur makanan.

Bentuk dari blender ini juga khas dengan wadah tinggi dan terdapat pisau pemotong pada alat tersebut.

Mengenal Mixer sebagai Alat Memasak

Hampir sama seperti blender, alat ini juga berguna untuk mencampurkan bahan makanan namun tidak bisa memotongnya. Bentuk dari alat ini juga unik, dengan wadah bulat layaknya mangkok kemudian ada alat pengaduknya yang berbentuk lonjong dan berguna untuk mencampurnya.

Ini merupakan alat elektronik yang fungsinya untuk mengaduk, dan biasanya yang diaduk ini adalah bahan adonan. Biasanya yang diaduk seperti telur, tepung, atau gula serta bahan-bahan kue lainnya supaya bisa lebih merata.

Oxone sebagai Food Processor

perbedaan mixer oxone dan mito

Selanjutnya adalah oxone food processor yang merupakan alat multifungsi dari mulai memotong, mencampur, menghancurkan, dsb.

Oxone ini merupakan rekomendasi food processor yang paling banyak digunakan dan paling digemari. Dari sini Anda mestinya sudah faham perbedaan food processor dan blender.

Hal ini dikarenakan kekuatan yang dimiliki oleh produk ini tidak tertandingi, dan juga model yang dimiliki juga sangat bagus. Jadi tidak heran jika kemudian banyak yang memilih produk ini untuk membantu proses memasak.

Perbedaan Blender, Mixer, dan Oxone

perbedaan blender dan mixer

Tentunya setelah melihat pengertian dan juga penjelasan sederhananya, pengguna sudah bisa mengetahui perbedaan dari ketiga benda ini.

Namun di sini akan diberikan penjelasan lebih rinci supaya konsumen bisa lebih mengetahui lagi perbedaan blender, mixer, dan oxone ini.

1. Bentuk

Untuk blender sendiri memiliki bentuk layaknya cangkir besar, dan di dalamnya ada mata pisau, lalu mixer memiliki wadah bulat dengan pegangan yang diberi tatakan dan oxone dengan bentuk yang lebih tinggi dan wadah yang beragam bentuk.

2. Fungsi

Tidak hanya bentuknya saja yang berbeda, tapi fungsinya juga berbeda. Sesuai dengan pembahasan sebelumnya kalau fungsi blender untuk menghancurkan dan mencampur, kalau mixer untuk mencampur, dan oxone jauh lebih multifungsi karena bisa memotong, menghancurkan, mencampur, dsb.

3. Ukuran

Seperti yang dibahas sebelumnya kalau ukuran dari ketiga alat ini sangatlah berbeda. Hal ini dikarenakan setiap alat ini memiliki ragam ukurannya sendiri-sendiri, jadi tidak heran jika kemudian ukuran dari ketiga alat ini juga berbeda.

4. Harga

Selanjutnya adalah perbedaan dari segi harga, dan biasanya blender jauh lebih murah dibandingkan kedua alat ini. Lalu untuk harga tertinggi diantara ketiganya adalah oxone yang biasanya bisa mencapai jutaan rupiah untuk satu unitnya.

5. Wadah yang Digunakan

Kalau wadah sendiri, blender dan food processor tidak bisa diganti dengan wadah lain sementara mixer jauh lebih fleksibel. Hal ini dikarenakan mixer bisa menggunakan mangkok ataupun baskom yang kuat seperti plastik ataupun besi.

6. Hasil Makanan

Terakhir adalah hasil yang diberikan oleh ketiga alat ini, dan tentunya sangat berbeda. Kalau blender umumnya digunakan untuk membuat jus, sementara mixer digunakan untuk membuat bahan adonan kue, dan food processor digunakan untuk mengolah bahan makanan untuk dipotong, digiling, dihaluskan, dsb.

Jadi itulah tadi beberapa perbedan blender, mixer, dan oxone yang ternyata memiliki fungsinya masing-masing. Oleh karena itu jangan sampai tertukar.