penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin

Ini 5 Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin!

Posted on

Kulkas sudah menjadi barang elektronik yang ada di hampir semua rumah. Ada banyak jenisnya, dari 1 pintu hingga 2 pintu. Kadang ada penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin yang bisa terjadi, kemudian membuat kulkas tidak bisa digunakan secara maksimal.

Meski penyebab tersebut sederhana, namun jika terus-terusan dilakukan tentu akan membuat kulkas rusak atau error.

Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ada beberapa penyebab pada kulkas 2 pintu gak dingin sebagai berikut:

Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak atau Kurang Dingin

penyebab kulkas lg 2 pintu bagian bawah tidak dingin

Cek berapa tinggi wastafel dari lantai, tips ringan agar dapur bersih dan anti basah.

Mengetahui berikut ini bisa menjadi langkah preventif, agar tidak terjadi pada kulkas 2 pintu yang Anda punya. Terutama agar pada bagian freezer tidak dingin atau kurang dingin. Ada beberapa penyabab, yaitu:

  1. Bunga Es Menutupi Lubang Angin

Penyebab pertama adalah bunga es menutupi bagian atas dinding dan lubang angin di dalam. Seperti yang sudah diketahui, lubang angin bisa juga digunakan mendinginkan udara di dalam kulkas.

Jika lubang ini tersumbat, maka kulkas pun sudah tidak bisa memberikan hawa dingin pada bahan makanan. Ini disebabkan oleh tidak berfungsi nya lubang angin.

Cara mengatasinya tidaklah sulit, Anda coba langsung saja mencairkan bunga es tersebut. Buka pintu kulkas, kemudian nyalakan kipas di depannya.

Diamkan selama kurang lebih 1 jam sampai bunga es meleleh, lebih cepat jika Anda menaikkan temperatur kulkas ke suhu paling hangat.

  1. Fuse Defrost Mengalami Kerusakan

Hal penting yang menjadi penyebab kulkas tidak dingin yaitu ada kerusakan pada defrost fuse yang dipakai. Alat ini memiliki fungsi penting, yakni mencairkan es di bagian freezer.

Jika fuse defrost mengalami masalah, bunga es akan terbentuk di berbagai tempat.

penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin

Penumpukan bunga es yang terus terjadi akan membuat evaporator tertutup. Ini termasuk penyebab paling besar, kenapa kulkas 2 pintu kurang atau tidak dingin.

Dengan tertutupnya evaporator, suhu dingin kurang maksimal, membuat suhu di dalamnya menjadi tidak seimbang untuk membekukan makanan.

  1. Saluran Pembuangan Buntu

Berikutnya adalah masalah pada saluran pembuangan yang dimiliki oleh kulkas. Sebagai jalur pembuangan air, fungsi dari komponen ini adalah sirkulasi udara dan tempat keluar masuknya air jika bunga es mencair. Apa yang terjadi jika pipa pembuangan ini malah beku?

Sirkulasi angin dan air tidak berjalan lancar, bahkan bunga es yang dicairkan tidak bisa mencair secara sempurna.

Anda periksa terlebih dulu bagaimana teknis untuk mencairkan es di dalam saluran air yang dapat beku tersebut, sehingga bisa lebih cepat dalam menjadikan kulkas lebih dingin.

Baca tutorialnya, cek dan cara mengatur suhu kulkas polytron, tips simple agar kulkas awet.

  1. Terlalu Sering Menyimpan Makanan yang Panas

Kulkas memang berfungsi untuk mendinginkan isian kulkas, namun bukan berarti Anda bisa memasukkan semua makanan di dalamnya. Karena ini akan membuat alat ini tidak berfungsi dengan baik.

Salah satu isi kulkas yang sebaiknya tidak dimasukkan adalah makanan terlalu panas. Errornya kulkas sangat memungkinkan disebabkan oleh ini.

Jika Anda meletakkannya di bagian bawah, maka kulkas bagian bawah tidak dingin sama sekali. Apabila Anda ingin menyimpan makanan panas ke dalam kulkas, karena suhu dingin bisa akan lebih maksimal tentunya.

Dengan begitu, suhu di dalam kulkas tidak terlalu kontras.

  1. Pintu Kulkas Kurang Rapat

penyebab kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku

Baca juga artikel kami tentang ukuran kompor tanam modena 2 tungku, tips simple mempercantik dapur Anda.

Masalah lain yang mungkin mengakibatkan kulkas 2 pintu Anda tidak dingin adalah penutup pintu yang tidak rapat. Biasanya ini sering terjadi karena karet yang digunakan di pintu kulkas sudah aus atau terkelupas.

Jika ini terjadi, udara di dalam kulkas tidak akan bisa dingin karena udara panas dari luar akan masuk.

Meskipun penyebab kulkas 2 pintu kenapa tidak dingin diatas terkesan sederhana, namun bisa menjadikan kemampuan dan performa kulkas Anda turun jika dibiarkan terus-menerus.

Alangkah lebih baik Anda merawat kulkas 2 pintu Anda sedini mungkin, sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.