cake in mug
cookidoo.de

Pengganti Loyang untuk Mengukus dan Teknik Mengukus yang Benar

Posted on

Mengukus adalah salah satu cara memasak, yang menjadi favorit banyak orang. Karena keunggulannya dalam membuat rasa kue ataupun makanan menjadi lebih lembut dan Enak. Dengan teknik mengukus, juga menjadikan nutrisi makanan tetap terjaga, loh.

Mengukus Kue biasanya menggunakan , loyang yang terbuat dari alumunium, tapi jika Anda tidak memiliki loyang tersebut, tidak perlu khawatir.

Karena ada beberapa pengganti loyang untuk mengukus. Jadi tidak perlu buru-buru membeli loyang, apalagi Anda yang memang baru belajar membuat kue sendiri.

Cerita singkat pengukusan 

Pengukusan atau steaming merupakan pengolahan bahan makanan melalui pemanasan, menggunakan uap air.

Air yang yang direbus, di atasnya terdapat penyangga untuk loyang ataupun mangkok yang berisi bahan makanan, seperti kue dan lainnya. 

Di Amerika Barat dan China, alat ini sudah ditemukan sejak 5.000 tahun yang lalu. Mengukus ditemukan pertama kali di lembah sungai Kuning di China.

Sedangkan di Jepang Dibuat selama zaman Batu dan di Italia selama zaman perunggu. Berbeda lagi di Cochise County, Arizona mengukus sudah digunakan sekitar 10.000 tahun. 

Tapi teknik mengukus tidak populer di berbagai makanan western, teknik ini lebih populer di China dan Asia Timur.

Misal loyang plastik untuk mengukus, dengan spesifikasi loyang dan suhu tertentu hal ini masih aman.

Tips Mengukus Kue agar Hasil Baik

brownies

Mengukus terlihat sebagai pekerjaan yang mudah ya, tapi sebenarnya mengukus ada teknik dan triknya loh, agar makanan yang dihasilkan optimal dan membuat rasa pun lebih enak. 

  • Takaran air 

Air dalam panci pengukusan harus diperhatikan, tidak boleh terlalu banyak. Karena saat air direbus, pasti akan terjadi luapan dan percikan.

Jika terlalu banyak, membuat air mengenai kue, dan bisa membuat kue menjadi basah. 

  • Lapisi tutup panci dengan kain

Pada saat merebus, pasti air yang mendidih, menguap ke atas dan membuat tetesan air di sekitar tutup panci bagian dalam.

Tetesan air tersebut bisa jatuh ke dalam kue, hal ini bisa mengubah bentuk kue dan juga rasa. Perlu dihindari ya, caranya cukup mudah. Ikat tutup panci dengan kain. 

  • Gunakan loyang yang lebih kecil dari pengukus

Jangan mengukus dengan loyang yang besar, atau sama besar dengan pengukus. Karena hal ini bisa membuat hasil tidak maksimal.

Karena uap yang seharusnya keatas, malah banyak terjebak di bawah wadah. 

  • Perhatikan besar api 

Tidak semua kue sama besaran apinya, seperti misal dengan kue bakpao ataupun brownies, tidak boleh menggunakan api besar, bisa membuat kue keriput ataupun tidak matang merata.

Berbeda lagi dengan bolu kukus atau muffin, Anda harus memakai api besar agar kue yang dihasilkan merekah sempurna.

Perhatikan setiap resep, biasanya selalu mencantumkan berapa derajat celcius, atau besaran api pada tiap-tiap masakan. 

  • Jangan membuka tutup panci 

Mengecek kue menjadi hal yang ingin dilakukan terus menerus, pada saat membuat kue. Apakah hasilnya bagus atau tidak.

Tapi hal ini bisa mempengaruhi hasil kue. Jika di resep kue Anda harus mengukus selama 35 menit, lakukan saja mengukus selama 30 menit, baru cek apakah kue sudah matang atau belum.

Karena jika selalu membuka tutup panci, akan membuat kue tidak mengembang secara sempurna. 

Pengganti Loyang untuk Mengukus

Saat ini banyak sekali premiks kue yang dijual dipasaran, berbagai merk dan juga rasa, memberikan kemudahan untuk Anda yang ingin mencoba memasak kue sendiri.

Jika tidak ada loyang, pengganti paling pas adalah membeli cetakan kue langsung, lebih praktis, hasil lebih rapi. Misalnya produk yang lagi ngetren di video ini:

Produk ini bisa dibeli di Shopee pada link ini, terbuat dari alumunium, food grade dan tersedia yang cepet & tinggi.

Atau Anda yang ingin membuat kue dengan resep yang mudah, tapi kebingungan karena tidak memiliki loyang dirumah, atau bisa juga untuk Anda yang bosan memakai loyang yang itu-itu saja.

Wadah untuk mengukus selain loyang, mengukus kue dengan apa? Berikut ini pengganti loyang untuk mengukus

  • Mangkuk keramik 

odo-7.top

Keramik adalah salah satu bahan alat masak teraman, yang bisa untuk suhu dingin ataupun panas. Keramik juga dikenal sebagai bahan yang higienis.

Jika di rumah tidak ada loyang, kamu bisa menggunakan mangkuk keramik yang kamu punya, ya. 

  • Gelas mug 

cake in mug
cookidoo.de

Banyak orang saat ini, yang menggunakan gelas untuk membuat cake. Dengan wadah gelas mug atau cangkir kopi yang Anda punya, sangat bisa nih digunakan untuk membuat cake.

Anda juga bisa langsung memakannya dari dalam mug. Dan biasanya cake yang ada di dalam mug lebih terlihat menggiurkan.

  • Loyang plastik untuk mengukus

kue kukus
brilio.net

Apakah wadah plastik bisa untuk mengukus kue? Ya, wadah plastik yang ada di rumah bisa digunakan untuk mengukus kue, tanpa perlu membeli loyang. Tapi harus diperhatikan ya, tidak semua wadah plastik bisa digunakan untuk mengukus.

Pastikan wadah yang kamu punya bisa tahan panas uap dan aman ya. Pengganti loyang untuk mengukus brownies bisa pakai wadah plastik yang tebal & aman untuk mengukus.

  • Cupcase 

cupcake
delishph.com

Jika Anda bosan dengan cetakan loyang yang itu-itu saja, coba gunakan cupcase. Cup case biasanya dipakai untuk membuat bolu kukus, muffin ataupun cup cake. Anda bisa berkreasi sesuka Anda dengan pilihan ukuran, motif dan juga warna

  • Ramekin

ramekin
monpetitfour.com

Sudah tau ramekin? Atau Anda belum pernah mendengarnya? Ramekin adalah mangkuk kecil yang tahan terhadap panas.

Sebenarnya ramekin adalah barang serbaguna, bisa digunakan untuk apapun. Tapi tampilannya yang beragam dan unik, dan lebih sering digunakan untuk baking.

Dan lagi menjadikan cake yang kamu buat terlihat lebih premium

Cara agar kue tidak menempel

  1. Lapisi wadah dengan mentega, sebelum menuang adonan, cara ini yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan orang, karena terbukti tidak akan membuat kue menempel di wadah 
  2. Taburi dengan tepung, menaburi dengan tepung juga salah satu langkah yang biasa dilakukan agar kue tidak menempel di wadah 
  3. Lapisi dengan Baking Paper, baking paper adalah salah satu peralatan masak wajib untuk kamu yang suka dalam masak -memasak kue. Karena ini penolong, agar kue tidak menempel, dan keluar dengan sempurna
  4. Tunggu beberapa saat, sebelum di keluarkan. Banyak orang cepat-cepat ingin menikmati kue selagi hangat, tapi hal ini membuat kue lengket di loyang karena mentega yang lunak saat keadaan panas. 
  5. Cek kematangan kue dengan cara menusuk dengan lidi. Ini adalah cara yang juga wajib dilakukan ya, mengecek terlebih dahulu apakah kue sudah matang dengan sempurna atau belum.

Cara Mengukus Brownies dengan Loyang Plastik

Bahan : 

  • 1 butir telur suhu ruang
  • 125g tepung terigu 
  • 150gr Gula Halus 
  • Susu cair 185gr
  • 56gr coklat bubuk/2 bungkus chocolatos 
  • 4sdm margarin cair 
  • ½ sdt baking soda/ ½ baking powder (bisa dua,duanya/ salah satu)
  • ¼  garam 

Cara membuat : 

  1. Panaskan kukusan terlebih dahulu 
  2. Lalu campurkan terigu, gula halus coklat bubuk, baking soda sambil diayak
  3. Aduk hingga tercampur rata dengan whisk
  4. Masukan susu cair, margarin cair, telur. Dan aduk sampai rata 
  5. Masukan ke cangkir, mangkuk dll. Sebelumnya olesi dulu dengan margarin
  6. Kukus hingga 10-15 menit. Tunggu dingin
  7. Brownies mug kukus siap disajikan

Itu dia bahan pengganti loyang untuk mengukus, jadi tidak perlu khawatir lagi, ya. Membuat kue dengan cara mengukus, menjadikan kue lebih terasa lembut dan juga kue lebih empuk.

Rasanya juga lebih orisinil karena tidak ada proses pemanasan yang berlebihan. Ada banyak sekali kue dan makanan yang bisa Anda lakukan dengan cara di kukus.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mencari pengganti loyang dalam mengukus.