pengaturan suhu kulkas polytron 2 pintu

Teknis dan Pengaturan Suhu Kulkas Polytron 2 Pintu

Pengaturan suhu kulkas Polytron 2 pintu ternyata tidak sulit untuk dilakukan. Jika Anda malas membaca panduan dan manual penggunaan kulkas, maka Anda bisa membaca penjelasan berikut ini. Jangan sampai salah mengatur suhu kulkas 2 pintu Anda dan membuat kulkas rusak.

Karena menggunakan sistem dua pintu, bagian atas dan bagian bawah kulkas bisa diatur dengan suhu yang berbeda. Ada dua pengatur suhu di kulkas Polytron, yakni bagian kulkas atas dan kulkas bagian bawah. Berikut adalah teknis untuk mengatur suhunya.

Mengatur Suhu Kulkas Bagian Atas



Tombol pengatur suhu bagian atas lebih ringan digunakan dibandingkan dengan bagian bawah. Tombol pengatur suhu bagian atas juga terhubung pada damper, damper ini berfungsi untuk menutup atau membuka saluran udara dingin yang ada di bagian tersebut.

Cara mengatur suhu kulkas Polytron dua pintu adalah sebagai berikut:

  • Buka pintu kulkas bagian atas, kemudian temukan pengatur suhu yang ada di bagian samping.
  • Jika sudah, Anda bisa memutar penanda suhu di angka 1 sampai 5. Makin tinggi angka yang Anda pilih, maka suhu akan semakin rendah.
  • Atur suhu sesuai dengan kebutuhan, jika sudah, silahkan tutupkembali pintu kulkas.

Apabila Anda memutar suhu di angka 5, maka damper akan membuka lebar dan membuat suhu udara semakin dingin. Berbeda jika Anda menurunkan angkanya menjadi 1 atau 2, damper akan menyempit dan penyebaran suhu dingin lebih terbatas.

Mengatur Suhu Kulkas Bagian Bawah

pengaturan suhu kulkas polytron 2 pintu

Setelah mengatur suhu kulkas bagian atas, kini suhu kulkas bagian bawah juga harus Anda atur. Anda juga bisa mengatur suhu kulkas normal Polytron sehingga isi kulkas tidak cepat busuk. Mengatur suhu kulkas bagian bawah tidak jauh berbeda dengan bagian atas, yakni:

  • Buka pintu kulkas bagian bawah, temukan pengatur suhu di dalamnya.
  • Di pengatur suhu, Anda akan menemukan pilihan angka dari 1 sampai 5.
  • Putar pengatur suhu sesuai dengan kebutuhan Anda, angka 1 merupakan angka paling tinggi suhunya, sedangkan angka lima menjadi suhu angka paling rendah atau dingin.
  • Setelah selesai mengatur suhu, tutup pintu kulkas agar udara dingin bisa tersebar.

Kami juga mengulas trik cara mengatur kulkas samsung digital inverter, dengan cara ini kita jadi faham bagaimana agar cepat beku sesuai standar aturan pabrik, jadi tetap aman.

Tips Mengatur Suhu Kulkas Polytron Tetap Stabil

Suhu kulkas bisa naik turun tergantung dengan tegangan listrik dan banyak sedikitnya isi yang ada di dalamnya. Agar suhu di dalamnya tetap stabil dan kulkas berfungsi secara optimal, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatur suhu kulkas Polytron agar tetap stabil.

  • Jangan Terlalu Sering Buka Tutup Kulkas

Hampir semua kulkas memiliki aturan yang sama, tidak hanya Polytron saja. Jika kulkas terlalu sering dibuka tutup dalam rentang waktu pendek, kulkas bisa cepat rusak. Selain itu, bakteri dan kuman bisa masuk dan membuat isi kulkas menjadi kurang higienis.

  • Suhu Kulkas Tidak Boleh Terlalu Dingin

Suhu ideal kulkas adalah 4oC, jika suhu kulkas terlalu sering berada dibawah angka tersebut, kemungkinan kulkas rusak bisa tinggi. Kulkas yang terlalu dingin juga membuat tagihan listrik menjadi lebih tinggi.

  • Jangan Masukkan Makanan Panas

Makanan yang panas sebaiknya ditunggu sampai dingin sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Jika makanan terlalu panas, maka kompresor akan bekerja ekstra untuk menurunkan suhu yang ada di dalamnya.

Pengaturan suhu kulkas Polytron 2 pintu mudah bukan? Dengan tambahan tips untuk menjaga suhu kulkas tetap dingin, semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat untuk Anda.

Leave a Reply