pemantik kompor gas modena tidak menyala

4 Cara Atasi Pemantik Kompor Tanam Modena Tidak Menyala



Pemantik kompor gas modena tidak menyala? Bagaimana cara mengatasinya, apakah berbahaya? Tak perlu khawatir, komponen pemantik merupakan yang palin bermasalah pada kompor.  Pemantik bekerja sebagai alat untuk memantik api.

Pemantik pada kompor gas umumnya dioperasikan melalui panel kontrol. Saat panel kontrol kompor gas tidak menyala, Anda bisa memanfaatkan berbagai trik di bawah ini untuk membantu Anda menyalakan api kompor gas untuk sementara.

Cara Memperbaiki Pemantik Kompor Gas Modena

cara memperbaiki tungku kompor gas

Mungkin kompor gas Anda sudah dilengkapi sistem pengapian otomatis, tapi terkadang ada kalanya kompor gas Anda mengalami masalah seperti pemantik mati yang tidak berfungsi. Nah, langkah apa saja ya yang bisa Anda lakukan bila mengalaminya? Berikut ini langkah-langkahnya!

Periksa isi tabung gas Anda

Perlu Anda catat, langkah pertama ini penting untuk dilakukan. Sebagai langkah awal untuk memastikan apa masalahnya. Mulailah mengecek apakah tabung gas masih ada isinya. Jika masih ada isinya tapi tetap tidak bisa menyala, maka bisa dipastikan pemantik pada kompor gas Anda sedang bermasalah.

Periksa pemantik kompor gas

Ternyata pemantik kompor gas bisa tersumbat lho. Ketika Anda mengolah masakan di atas tungku perapian kompor gas, seringkali ada tumpahan bahan makanan seperti minyak atau adonan yang tak bisa dihindari masuk dan menumpuk di bagian pengapian kompor gas Anda. 

Jika itu terjadi, maka kemungkinan bisa menimbulkan sumbatan hingga terjadi masalah seperti pemantik yang macet dan tidak mau bekerja.

Jadi, sebaiknya Anda membersihkan kotoran yang jatuh ke tungku kompor gas. Agar aliran gas lancar dan tidak tersumbat.

Untuk memastikan tidak ada kotoran yang berkerak dan menghalangi aliran gas pada pemantik kompor gas, Anda bisa mencegahnya dengan membersihkan kompor gas di rumah dengan cara sebagai berikut.

pemantik kompor tanam modena tidak menyala
  • Pisahkan bagian tungku kompor gas dengan bagian knobnya. 
  • Keluarkan semua kotoran yang menyumbat lubang tungku dengan tusuk gigi atau bisa juga menggunakan jarum. 
  • Pastikan semua kerak yang menyumbat sudah terangkat
  • Jika seluruh komponen tungku sudah bebas kerak dan sumbatan, maka pasang kembali komponen kompor seperti sedia kala. Lalu untuk memastikan pemantik menyala, lakukan tes dengan menyalakan kompor.
  • Bila tungku api menyala, kemungkinan tungku hanya tersumbat. Tapi bila masalah belum teratasi, lakukan kembali pengecekan pada komponen yang lainnya seperti selang yang menyambungkan kompor dengan tabung gas.

Lakukan Pemeriksaan pada sambungan tabung gas dengan kompor gas

pemantik kompor modena tidak menyala

Sumbatan mungkin tidak hanya pada pemantik, tapi bisa juga ada di sambungan antara tabung gas dengan kompor gas.

Supaya kompor kembali menyala, tak hanya bagian tungku yang harus bebas kerak dan bersih dari sumbatan, tapi aliran gas dari tabung ke kompor gas pun juga mesti bebas dari masalah. 

Sebab, dengan pemakaian kompor setiap hari dan terus- menerus sangat mungkin menyebabkan komponen pada kompor seperti selang bergeser atau tabung mengalami kebocoran, hingga masalah regulator yang tidak bisa mengunci sempurna.

Jika kejadian itu menyebabkan pemantik kompor gas mati, Anda bisa memeriksanya dengan cara memastikan tidak ada bunyi tanda kebocoran dari selang atau tabung gas, selanjutnya lepaskan regulator dari tabung gas.

Langkah berikutnya, Anda bisa langsung memeriksa satu persatu. Mulai dari selang, regulator, dan tabung gas. 

Sebaiknya Anda tahu tanda-tanda regulator mengalami kerusakan. Diantara tanda-tandanya adalah regulator tidak bisa dikaitkan dan dikunci ke leher tabung LPG, keluar suara mendesis dan  bau gas yang menyengat pada saat regulator di pasangkan ke tabung LPG, indikator yang tidak bekerja, hingga api di tungku mati secara mendadak. Bila regulator Anda bermasalah, sebaiknya segera ganti dengan regulator baru yang masih bisa berfungsi dengan baik.

Ganti pemantik kompor gas Anda atau periksa elektrifikasinya

Nah, apabila kompor Anda belum juga menyala setelah Anda melakukan pemeriksaan pada tabung gas, regulator, selang, sampai ke tungku, maka saatnya Anda beralih ke pemeriksaan pada pemantik kompor. 

Pastikan tidak ada nyala kuning keluar yang memercik dari komponen pemantik ketika Anda menyalakan api kompor gas.

Jika tanda percikan yang menyala kuning keluar dari pemantik, maka saatnya Anda mengganti komponen pemantik pada kompor gas Anda 

Perhatikan buku petunjuk untuk mengganti pemantik kompor gas. Atau segera hubungi professional yang ahli dibidang perawatan kompor jika Anda khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sedangkan bagi Anda pengguna kompor gas dengan sistem pengapian otomatis, berikut ini solusi yang bisa membantu masalah Anda. Terutama bagi Anda yang ingin menggunakan kompor gas modena.

Pada pemantik kompor gas modena dengan pengapian otomatis atau sudah dilengkapi teknologi one hand ignition sebaiknya periksa Busi Pemantik Api juga Sensor Pengaman Gasnya.

Busi pemantik api dan sensor pengaman gas perlu Anda bersihkan setelah Anda selesai memasak.  Apalagi jika terdapat bahan makanan yang tumpah diatasnya. Jika pemantik otomatis pada kompor gas Anda menggunakan baterai, maka ada kemungkinan daya baterai habis sehingga Anda pun harus segera menggantinya. 

Penyebab Pemantik Kompor Gas Modena Tidak Menyala

Namun, jika Anda menggunakan kompor gas modena dan fungsi pemantiknya mendadak tidak menyala, maka kemungkinan penyebabnya ada dua. 

Pertama jaringan listrik tidak dapat tersambung ke piranti atau komponen kompor. Kedua, ketentuan piranti kompor modena Anda tak sesuai dengan tegangan listriknya atau kurang voltasenya. Kedua hal ini bisa menjadi penyebab fungsi pemantik kompor gas modena tidak nyala.

Agar pemantik kompor gas modena Anda menyala maka lakukan langkah sebagai berikut sesuai rekomendasi buku manual.

Pertama, Anda harus memastikan agar steker tetap tersambung ke stop kontak.

Kedua, periksa apakah stop kontak bekerja. Caranya, Anda harus memeriksa muatan aliran listriknya. Jika aliran listrik padam, makan pemantik api otomatis yang bekerja dengan teknologi one hand ignition pun tidak dapat bekerja, sehingga Anda bisa memanfaatkan korek api untuk menyalakan kompornya. 

Ketiga, Anda harus memastikan ketersediaan daya. Tegangan listrik standar yang dibutuhkan agar pemantik kompor gas modena Anda berfungsi adalah 220 volt. Jika tegangan listrik yang tersedia hanya di bawah 200 volt, yang terjadi pemantik tidak akan bekerja atau tidak nyala.

Jenis Pemantik Kompor Gas Tanam

Sebelum lebih lanjut, Anda bisa cek artikel kami tentang kompor gas tidak menyala, disitu lebih jelas alasan penyebab dari berbagai aspek permasalahan kompor.

Pemantik Kayu Atau Korek Api Kayu Tidak Berfungsi

Anda tentu sudah mengenal korek api kayu sejak dahulu kala. Tapi, jangan salah. Ternyata, korek api ini masih eksis dan bertahan sampai sekarang. Sebab selain murah, korek api kayu ini juga ramah lingkungan! 

Bahan-bahan lainnya yang juga diperlukan untuk membuat kepala korek antara lain: gelatin bubuk Aceh potasium dan sulfur. Kedua jenis bahan tersebut sangat mudah terbakar.

Tak heran bila digabungkan dengan batang kayu agar bisa menjadi pemantik api. Bahkan untuk menghasilkan api yang stabil, korek api kayu yang sudah jadi kemudian dilapisi dengan cairan lilin.

Korek Api Plasma Elektrik Mati

pemantik kompor gas modena tidak menyala

Awal mula korek api ini diciptakan sebagai pemantik lilin elektronik dengan nyala api yang tak terlihat seperti layaknya pena vape. 

Istilah korek api ini disebut juga dengan Illume Arc Lighter. Nama tersebut merujuk pada busur listrik intensitas tinggi yang dibuat di ujung korek api, menggunakan sumber kekuatan plasma.

Tahukah Anda apa itu plasma? Plasma merupakan zat yang sulit dijelaskan sebab bentuknya tidak padat atau cair. Bahkan tidak berbentuk gas.

Menurut ahli, plasma merupakan konduktor listrik yang dapat diciptakan oleh medan magnet.

Banyak orang memilih korek plasma ini karena alasan mengurangi limbah plastik dari korek api butane sekali pakai. Korek plasma ini menggunakan baterai yang bisa diisi ulang. Jadi nggak heran ya, kalau lebih ramah lingkungan. 

Korek Api Gas

Benda pemantik api yang satu ini umumnya tersedia di berbagai dapur rumah tangga dan restoran. Sebab, korek gas konvensional ini diakui mampu membantu menyalakan api kompor gas dengan minimal resiko alias aman.

Benda ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki kompor gas yang tidak mempunyai sistem otomatis untuk pengapian kompornya

Dan tentu saja, korek yang satu ini bermanfaat bagi Anda yang meskipun kompornya sudah dilengkapi sistem pengapian otomatis tapi tiba-tiba pemantik kompor gas tidak menyala karena bermasalah. Korek api gas ini bekerja dengan cara memanfaatkan efek piezo-listrik sebagai upaya menciptakan percikan listrik untuk membuat pengapian gas bekerja. 

Namun, bila Anda ingin berhenti menggunakan berbagai jenis korek karena tidak praktis, maka Anda harus segera mengatasi masalah pemantik kompor gas Anda yang tidak bekerja!

Kesimpulan 

Disarankan supaya Anda memakai dan merawat kompor gas dengan petunjuk yang ada di buku manual. Agar kompor Anda tetap berfungsi dan awet tahan lama meski sudah bertahun-tahun Anda gunakan.