panci presto adalah

Fungsi Panci Presto & Cara Penggunaanya

Posted on

Bagi Anda yang suka memasak jenis olahan yang memerlukan waktu lama, kini Anda bisa memilih menggunakan panci presto yang terkenal dapat menghemat waktu. Cocok digunakan untuk merebus, mengukus atau mengungkep makanan! Lebih jauh mengenai panci presto adalah apa & sebagainya, bisa lanjut dibaca dibawah ini!

Perbedaan Panci Presto dan Pressure Cooker

Bagi yang masih bingung mengenai perbedaan antara panci presto dan pressure cooker, sebenarnya keduanya sama saja, karena pressure cooker adalah bahasa Inggris dari panci presto! Namun panci presto dapat dibedakan dengan slow cooker! Berikut ini perbedaanya menurut The Kitchn!

Panci presto adalah alat memasak yang mengandalkan tekanan uap dan panas sehingga membuat proses memasak baik itu merebus atau mengukus menjadi lebih cepat dibandingkan panci biasa. Sedangkan slow cooker, sesuai dengan namanya khusus untuk slow cook atau memasak dengan suhu panas rendah, memasak dengan waktu yang lama.

Slow cooker sekilas mirip dengan rice cooker hanya saja terdapat perbedaannya. Slow cooker biasa digunakan untuk membuat sup, mengungkep ayam, makanan bayi hingga kue atau roti.

Jadi mana yang terbaik antara slow cooker dengan panci presto? Menurut sumber Compact Appliance, jika ingin mempertahankan vitamin dan mineral makanan yang dimasak dengan baik, maka panci presto jadi pilihan terbaik, disamping dapat membuat tekstur makanan menjadi empuk sempurna.Terutama untuk memasak daging, selai atau saus tomat.

Sebaliknya, jika ingin memasak makanan yang berkuah seperti sup, stew (cairan kental) atau untuk membuat kue dan roti, maka slow cooker pilihannya. Jadi yang terbaik adalah tergantung sesuai kebutuhannya saja.

Fungsi Panci Presto

Panci presto lain dari pada panci biasannya! Panci ini memanfaatkan uap air bertekanan tinggi. Uap serta tekanan tinggi yang dihasilkan ini akan mengelilingi makanan secara merata di semua sisinya. Hal ini yang menyebabkan suhu yang ada di dalam panci presto jauh lebih panas dibandingkan alat memasak lainnya. Misalkan suhu pada air mendidih 100 derajat celcius, maka suhu dalam panci presto bisa mencapai 120 derajat celcius.

Fungsi panci presto adalah sebagai berikut:

1. Merebus dengan cepat

Meskipun fungsi merebus umum bisa digunakan dengan panci biasa, tapi jangan salah! Panci presto menawarkan kemampuan merebus lebih cepat, terutama untuk merebus daging yang mempunyai tekstur cukup alot seperti daging sapi.

Untuk merebus daging sapi atau jenis daging merah lainnya akan memerlukan waktu yang lama, sehingga akan membuat Anda boros pemakaian gas! Sedangkan jika merebus dengan panci presto waktunya akan lebih cepat. Sekalipun memilih nyala api yang kecil itu sudah cukup karena terbantu dengan tekanan pada panci presto yang tinggi. Dan tingkat keempukan pada daging bisa tepat waktu.

2. Membuat rasa dan gizi pada makanan tetap terjaga

Manfaat lain dari penggunaan panci presto, adalah kemampuan menjaga rasa dan gizi pada makanan. Bahkan panci presto bisa meningkatkan rasa alami pada makanan. Kandungan vitamin, mineral pada makanan juga tidak akan banyak terbuang jika dibandingkan dengan alat memasak lainnya, panci presto lebih bisa menyehatkan.

3. Membuat Pengalaman memasak yang lebih aman

Tutup panci presto sudah dirancang dengan keamanan tinggi, yang tentunya akan membuat pengalaman memasak Anda lebih aman. Karena jika terjadi insiden misal panci tumpah, maka isinya tetap aman. Bandingkan dengan panci biasa jika tak sengaja tumpah, bisa mengenai anggota badan dan berujung pada luka bakar akibat terkena panasnya. Maka panci prestio jauh lebih aman.

4. Lebih Hemat Energi

Seperti yang sudah disinggung di atas, panci presto dapat digunakan untuk memasak lebih cepat. Hal ini pun juga akan berpengaruh pada energi yang bisa lebih Anda hemat. Apalagi menurut data dari American Council For an Energy – Efficient Energy, bahwa penggunaan panci presto dapat menghemat pemakaian energi sampai sebesar 50 sampai 75 % dibandingkan panci pada umumnya. Sangat efisien!

Bagi yang suka memasak gulai, rendang atau sejenisnya, panci presto lebih cocok karena menghemat bahan bakar dan waktu. Namun kualitas makanannya tetap terjaga.

Fungsi Saringan Pada Presto

Pada panci presto terdapat saringan pluit panci, fungsi saringan panci presto adalah untuk memisahkan bahan makanan. Saringan ini dapat disebut juga dengan inner pluit yang letaknya berada pada bagian bawah penutup panci presto. Ini tentunya berbeda dengan saringan pada panci biasa.

saringan panci presto

Jenis Panci Presto

Panci presto dibedakan berdasarkan sumber panas, ukuran dan bahannya! Dari sumber panasnya, ada panci presto dengan menggunakan listrik dan panci presto konvensional yang dimasak di atas kompor pada umumnya.

Jenis panci presto dibedakan dari jenis bahan adalah:

  • Panci presto berbahan alumunium: bahan lebih ringan, lebih murah namun pemanasannya dapat merata dengan baik.
  • Panci presto berbahan stainless steel : bahan yang lebih kokoh sehingga kuat awet tahan lama, namun harganya lebih mahal dari bahan alumunium.

Selain itu, jenis panci presto juga dapat dibedakan berdasarkan ukurannya yaitu:

  • Ukuran 4 liter: lebih kecil, minimalis cocok bagi penggunaan sendiri (1 orang)
  • Ukuran 6 liter: Cocok untuk keluarga kecil dengan 3-4 anggota keluarga
  • Ukluran 8-16 liter: cocok untuk keluarga besar

Terakhir, jenis panci presto dibedakan berdasarkan merk serta tipenya! Beberapa contoh merk panci presto terbaik di antaranya : Panci presto Maxim, Vicenza, Phillips, Oxone, Idealife serta Kirin.

Jika ada problem pada panci, solusinya silakan menuju link cara memperbaiki panci presto, atau kalau rusaknya bolong atau bocor bisa ke artikel tambal panci. Jika sekedar gosong atau terlalu hitam bisa klik link cara membersihkan panci gosong dengan sitrun.

Cara Menggunakan Panci Presto

Berikut ini adalah cara mudah menggunakan panci presto yaitu:

  1. Sesuaikan Takaran air

    Aturan pertama sebelum memulai memasak dengan panci presto adalah, Kita harus menyesuaikan takaran airnya! Umumnya batas maksimal memasukkan air pada panci presto adalah ¾ dari keseluruhan ukurannya. Hal ini juga untuk menghindari kerusakan akibat panci presto yang bekerja terlalu keras.

  2. Masukkan bahan makanan yang akan diolah dengan panci presto

    Makanan yang akan diolah dengan panci presto umumnya memang akan dibuat empuk seperti olahan daging sapi, ayam presto tulang lunak, ketupat hingga sop buntut tulang iga.fungsi panci presto

  3. Tutup panci presto dengan baik dan benar

    Untuk menutup panci presto, posisikan gagang pada tutup panci lebih ke kanan, karena nantinya akan kita kunci dengan memutarnya searah jarum jam ke arah kiri, sampai bunyi ‘klik’ dan tepat berada di gagang panci yang bawah! Disarankan untuk terlebih dahulu mengolesi minyak goreng pada bagian pinggiran pancinya secara memutar, agar nanti memudahkan dalam proses buka tutup pancinya.

  4. Atur Nyala apinya

    Saat pertama kali digunakan, atur kompor ke posisi nyala api besar. Tunggu sampai keluar uap dari lubang yang ada gagang panci, dan peluit di atas tutup panci akan berputar. Peluit atau katup ini berfungsi sebagai tempat keluarnya uap air yang ada didalamya, lalu akan memberi tanda jika uap air yang ada di dalamnya sudah terlalu tinggi.  
    Anda kemudian dapat mengecilkan apinya ke posisi nyala api sedang. Lama memasaknya tergantung bisa 20 sampai 25 menit. Jika sudah selesai, matikan kompornya

  5. Lakukan ini sebagai langkah terakhir menggunakan panci presto

    Aturan umum pada penggunaan panci presto adalah jangan langsung membuka tutup panci apabila sudah selesai digunakan! Kita harus menunggu kurang lebih 11-15 menit sampai uap pada peluitnya habis ditandai bunyi ‘klik’ , setelah itu, Anda baru boleh membukanya,sama seperti cara menutupnya tadi.

  6. Selesai

Cara Merawat Panci Presto

Berikut ini beberapa cara merawat panci presto agar awet tahan lama yaitu:

  1. Jaga selalu kebersihan panci presto terutama pada bagian penutupnya , karena jika ada kotoran akan menghambat tekanannya karena kurang tertutup rapat. Anda bisa menggunakan spons untuk membersihkan noda panci presto.
  2. Cek kondisi cincin karet atau gasket! Jaga agar selalu dalam keadaan tidak rapuh, tidak kering juga tidak retak! Karena ini bisa mengurangi tekanan pada panci presto juga.
  3. Atur nyala api dengan tepat seperti contoh di atas!

Menggunakan panci presto bisa mendapatkan sejumlah keuntungan seperti memasak lebih cepat namun kualitas tetap terjaga, tanpa takut kehilangan nutrisi makanannnya, namun jangan lupa untuk berhati-hati dalam penggunaannya sambil mengikuti petunjuk yang berlaku seperti dalam artikel atau dalam buku petunjuk penggunaannya, demi kenyamanan serta keamanan dalam memasak dengan panci presto.