panci healthy cook
Unsplash.com/Becca Tapert

5 Jenis Panci Healthy Cook, Wajan yang Aman untuk Gaya Hidup Sehat

Posted on

Healthy lifestyle saat ini menjadi hal yang paling prioritas, tidak hanya soal olahraga saja, tapi juga asupan dari makanan yang kita buat. Makanan, menjadi hal pertama yang biasanya diubah oleh orang, yang ingin menjalani gaya hidup sehat.

Tidak selalu direbus atau dikukus kok, makanan sehat kini beragam jenis pengolahan dan tentunya yang paling penting adalah, dengan memasaknya sendiri. 

Tapi ternyata, tidak hanya jenis makanannya saja yang harus diperhatikan loh, tapi juga dengan peralatan masak yang digunakan. Banyak orang yang masih abai dengan panci atau wajan yang dipakai memasak.

Padahal, hal ini menjadi salah satu concern yang harus diperhatikan. Salah satu tipsny adalah memilih panci healthy cook.

Panci aman dan sehat? 

wajan
unsplash.com/Icons8 Team

Tidak semua pan aman dan sehat, salah satu yang berbahaya adalah teflon. Teflon adalah nama bahan kimia yang digunakan untuk melapisi pan, bahan kimia ini terdiri dari fosfor dan atom karbon.

Bahan kimia Teflon memiliki kelebihan anti lengket. Dan memiliki nama lain yaitu, PTFE, atau polytetrafluoroethylene.

Begitu juga dengan PFOA, yang menjadi bahan campuran dari teflon. Jadi penting untuk Anda, mengetahui apakah wajan atau panci yang Anda beli mengandung PTFE dan PFOA atau tidak, ya?

PTFE, menguap bersama udara, berbahaya jika terhirup, dan PFOA masuk melalui makanan jika teflon yang digunakan terkelupas. 

Pilih wajan yang tidak memakai Coating non stick

Panci atau wajan anti lengket memang diperlukan untuk kemudahan, tapi ada bahaya dibaliknya. Tapi, sebenarnya masih tidak apa-apa kok, memakai wajan anti lengket.

Hanya saja harus bijak dan mengetahui konsekuensinya, seperti harus menganti, paling lama 2 tahun sekali atau membuangnya jika tergores atau terkelupas.

Tapi jika Anda ingin mengganti wajan dengan yang lebih sehat. Itu akan lebih baik. Memang harganya tidak tergolong murah, tapi demi kesehatan cukup layak dimiliki.

Dan biasanya panci ini akan lebih awet dan bertahan lama hingga ada loh yang puluhan tahun, selama anda bisa merawatnya dengan baik dan benar. 

Panci dan wajan sehat (healthy cook)

  • Glass / Kaca
  • Full Ceramics
  • Stainless steel
  • Cast iron
  • Carbon steel

        1. Glass / Kaca

panci kaca

Kaca adalah nomor pertama cookware paling sehat diantara semuanya. Tidak hanya untuk memasak, tapi untuk piring, gelas, botol minum dan lainnya kaca adalah salah satu yang paling aman. Alat masak dari kaca, tidak akan meninggalkan residu. Dan tidak ada senyawa reaktif terhadap makanan.

Kelebihan lainnya, biasanya cookware glass ini memiliki tampilan yang seperti mangkuk. Jadi, setelah selesai masak tidak perlu menggantinya dengan wadah lain. Lebih hemat waktu, dalam mencuci piring, kan. 

Kekurangannya, tentu harus hati-hati karena bisa pecah jika terjatuh, dan sedikit lebih lama untuk penghantar panas, tapi tenang bahan kaca yang memang diperuntukan untuk cookware, aman kok. Maka dari itu kamu wajib tanya kepada seller, apakah cookware tersebut bisa tahan oven, microwave atau kompor, ya!

Cara merawat, ketika selesai memasak, jangan langsung menyiram dengan air, tunggu hingga dingin. Gunakan Cookware berbahan kaca untuk memasak sup dan sejenisnya, ya. Salah satu rekomendasi dan contoh adalah dari Luminarc seri Vitroline 2 L, harga berkisar Rp 514.000

        2. Full Ceramics

Pan soup

Banyak orang menganggap bahwa non-stick yang dilapisi keramik aman. Padahal yang di maksud cookware ceramics adalah yang Full ceramics, ya. Bukan alumunium yang di coating ceramics. Karena lapisan coating suatu saat akan mengelupas ataupun terbaret. Dan itu yang dikhawatirkan. 

Full ceramics, menjadi salah satu wajan yang sehat. Tapi seperti yang sudah dikatakan diatas, jika kamu tetap ingin memiliki cookware hanya coating  keramik, tentu tidak masalah. Asal perhatikan apakah lapisan anti lengketnya terkelupas atau tidak.

Merawat cookware Full ceramics, mudah saja. Salah satunya jangan menggunakan sutil besi, dan gunakan selalu api sedang cenderung kecil, ya. Cara mencuci, sama saja dengan glass, jangan disiram saat panas. Dan gunakan spons lembut. Rekomendasi dan contoh, full ceramics adalah Zencook Bowl dari St. james Rp 198.000-560.000

        3. Stainless steel

Stainless steel menjadi salah satu yang paling terkenal dalam dunia permasakan, ya. Dan belakangan panci yang terbuat dari Stainless steel sedang banyak dicari. Karena stainless steel salah satu alat masak yang sangat aman dan tahan hingga puluhan tahun. Tapi hati-hati untuk kamu Anda atau keluarga yang alergi Nikel, ya. 

Stainless steel memiliki tampilan yang bagus dan mewah. Kekurangannya Anda harus benar-benar memperhatikan perawatannya. Dan harus menyempatkan waktu untuk seasoning, sebelum atau sesudah masak. Agar tidak merusak non-stick alami. 

Kriteria dalam mencari stainless steel adalah SUS 304, 3 PLY, atau bertuliskan 18/8, 18/10. Menurut American Kitchen Cookware, persentase 18/10, 18/8 adalah kandungan kromium dan nikel agar alat masak tidak mudah karat. Rekomendasi dan contoh Stainless steel, dari Bima Seri Chef 24cm dengan harga Rp 385.000

Panci ini memiliki kekurangan lebih mudah bocor, tetapi Anda tidak perlu khawatir. Kami memiliki tutorial bagaimana cara menambal stainless steel pada panci Anda, klik aja untuk membaca artikelnya.

        4. Cast iron

Cast iron salah satu cookware paling awet dan juga terberat. Panci paling cocok digunakan untuk memanggang. Dengan memanggang, hasil dari grill akan lebih memiliki aroma dan rasa yang lebih enak. Namun cast iron harus melakukan perawatan yang extra.

Jangan merendam cast iron terlalu lama, karena akan merubah warnanya. Juga bilas dan cuci dengan air panas atau hangat. Rekomendasi dan contoh Cast Iron dari Skitchen Rp 343.000. Produk ini sama dengan Bima, merk lokal, ya. Pilih panci healthy cook, agar makanan tetap fresh dan menyehatkan.

        5. Panci healthy cook berbahan Carbon steel

Wok karbon steel

Nah, yang terakhir adalah carbon steel, carbon steel juga termasuk alat masak yang sehat. Carbon steel mirip dengan Cast iron, tapi bahannya jauh lebih ringan. Jika kamu melakukan well seasoning dengan baik. Anda akan sangat menyukai cookware ini, karena tidak lengket sama sekali. Merawat carbon steel sama saja dengan cast iron. 

Kekurangan carbon steel dan cast iron adalah, keduanya harus selalu di seasoning, atau selalu diberi minyak, ya. Agar tidak mudah karatan dan menjadikan anti lengket alaminya terus bertahan lama. Rekomendasi atau contoh alat masak Carbon steel, No brand Bisa didapatkan di Ecommerce dengan harga 135.000.

Cara Seasoning Panci Healthy Cook

  1. Panaskan wajan hingga mengeluarkan asap, dengan api sedang selama kira-kira 1menit
  2. Bisa tes dengan air, jika di ciprat air sedikit, berbunyi dan air menghilang tandanya sudah panas
  3. Masukan minyak, dan ratakan di seluruh permukaannya. Boleh menggunakan kuas. 
  4. Putar-putar wajan sesekali sampai panas, dengan tanda mengeluarkan sedikit asap
  5. Matikan api kompor, dan diamkan sebentar. Sisihkan minyak.
  6. Wajan siap digunakan

Seasoning ini selalu dilakukan sebelum memasak. Anda bisa lakukan ini, dan simpan wajan sebelum digunakan. Semoga artikel ini bisa sedikit membantu Anda dalam pencarian jenis-jenis, panci dan wajan yang sehat demi mendukung gaya hidup sehat Anda dan keluarga. Anda tidak perlu terlalu terburu-buru untuk mengganti semua wajan, ganti satu demi satu dulu. Sambil mencari wajan yang cocok untuk Anda gunakan sehari-hari.