oven microwave berfungsi untuk

Cari Tahu Perbedaan Oven Vs Microwave, Jangan Sampai Tertukar!

Microwave merupakan salah satu alat memasak yang sering kali tertukar dengan oven karena keduanya sangat mirip. Padahal oven vs microwave, keduanya sangat berbeda, dari mulai ukuran sampai tujuan penggunaan, bahkan listrik yang digunakan oleh keduanya juga dalam jumlah yang berbeda.

Meskipun begitu masih banyak yang menggabungkan keduanya, dan sering timbul pertanyaan apa bedanya oven dan microwave, yang artinya masih menganggap barang itu sebagai satu jenis.



Padahal seperti yang dikatakan sebelumnya keduanya itu berbeda dan memiliki perbedaan yang lumayan jauh.

9 Perbedaan Oven Vs Microwave yang Wajib Diketahui

Rasanya kalau hanya terus mengatakan oven vs microwave berbeda tanpa menjelaskan apa saja perbedaan akan sedikit membingungkan.
Oleh karena itu di sini akan langsung diberikan pembahasannya, supaya pembaca bisa langsung faham.

1. Cara Kerja Oven Vs Microwave

cara kerja oven microwave

Perbedaan oven dan microwave yang pertama ternyata ada dicara kerjanya. Ternyata oven bekerja menggunakan listrik, sementara microwave memanfaatkan gelombang elektromagnetik meskipun nantinya kedua benda ini akan sama-sama mengeluarkan panas dengan tujuan untuk memasak makanan.

Oven nantinya akan mengubah energi listrik menjadi panas yang kemudian didistribusikan secara merata ke dalam seluruh ruang oven, tujuannya agar makanannya mateng.

Sementara microwave, makanan akan menyerap gelombang elektromagnetiknya dan kemudian akan terjadi benturan antara molekul air untuk menghasilkan panas.

2. Fungsi dan Kegunaan

Mungkin banyak yang berpikir kalau keduanya sama-sama digunakan untuk memanggang. Beda oven dan microwave banyak banget, seperti oven yang bisa digunakan untuk proses memanggang sementara microwave hanya cocok digunakan untuk memanas makanan.

Jadi misalnya ingin membuat kue, roti, ayam panggang atau apapun yang memang butuh alat untuk memanggangnya maka tentu oven merupakan pilihan terbaik.

Sebaliknya kalau hanya butuh alat untuk memanaskan makanan, maka microwave saja sudah bisa digunakan.

3. Hasil yang Ditawarkan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau microwave ini akan menghilangkan unsur air di makanan, dan hal ini membuat makanan menjadi kering.

Tidak hanya itu saja menggunakan microwave juga tidak akan membuat makanan menjadi renyah ataupun garing.

Kalau oven karena memiliki panas yang merata, maka hasil makanan akan cenderung garing di luar dan kemudian pada bagian dalamnya akan matang secara merata.

Oleh sebab itu oven ini sangat cocok digunakan untuk membuat kue, roti, ataupun makanan panggang lainnya.

4. Listrik yang Digunakan

Perbedaan microwave dan oven selanjutnya adalah masalah kelistrikan. Sebenarnya kalau dilihat dari daya yang digunakan microwave butuh listrik yang lebih besar dibandingkan dengan oven. Tapi kemudian lamanya pemakaian juga berpengaruh terhadap besarnya daya listrik yang digunakan.

Karena meskipun oven menggunakan listrik yang kecil, tapi pematangan makanannya membutuhkan waktu yang lama akibatnya adalah listrik yang digunakan menjadi besar. Beda dengan microwave yang meskipun besar, namun pematangannya cepat jadi biaya listrik menjadi kecil karena tidak terlalu lama.

5. Efisiensi Waktu

Kedua benda ini memiliki cara kerja yang berbeda, dan ternyata hal itu berakibat pada lamanya kedua benda ini memasak. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau oven memakan waktu pematangan makanan lebih lama dibandingkan dengan microwave.

Hal ini dikarenakan oven tidak langsung mengarahkan panasnya ke makanan melainkan menyebarkannya dulu, jadi tentu membutuhkan waktu yang lama.

Kalau microwave jauh lebih cepat karena langsung diarahkan ke makanan jadi proses lebih cepat dan efisien.

6. Harga

Oven vs microwave juga bisa dilihat perbandingannya dari segi harga, oven jauh lebih beragam jika dibandingkan dengan microwave.

Hal ini dikarenakan oven memiliki banyak jenisnya, dari mulai oven konvensional, oven listrik, bahkan sampai oven tradisional yang menggunakan tungku juga masih ada.

Dilihat dari nominalnya pun microwave harganya jauh lebih tinggi dibanding oven konvensional. Hanya saja jika dibandingkan dengan oven listrik, maka harga dari microwave ini tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh.

7. Ukuran Produk

Pernah tidak terpikir kalau dari segi ukuran, beda oven listrik dan microwave, meskipun memang sekilas keduanya memiliki ukuran yang sama. Kalau microwave biasanya lebih kecil dibandingkan oven dan hanya memiliki satu ukuran saja yakni kurang dari 30 liter.

Hal ini berbeda dengan oven, karena ukuran oven jauh lebih beragam dibanding microwave. Sebagai contoh besaran oven listrik dengan oven industri saja keduanya sangat berbeda, apalagi jika industri tersebut adalah industri besar yang membutuhkan oven berukuran besar.

8. Wadah Makanan yang Digunakan

Ternyata beda oven dan microwave juga terletak pada wadah makanan yang digunakan pada saat sedang dimasak di dalam keduanya. Hal ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena berkaitan juga dengan keamanan saat sedang memasak.

Untuk microwave sendiri wadah yang digunakan bisa beragam seperti misalnya plastik, asalkan di microwave tersebut ada tanda microwave safe bahkan kaca pun bisa.

Hal ini berbeda dengan oven, karena oven hanya boleh menggunakan loyang, aluminium foil, ataupun keramik tahan panas.

Banyak yang bingung apakah microwave bisa untuk memanggang kue, lalu bagaimana jika dibanding dengan oven? apa bisa? Jika penasaran, klik aja link tersebut.

9. Jenis yang Ada di Pasaran

keuntungan menggunakan oven microwave

Bedanya oven sama microwave yang utama adalah dari segi jenis barangnya, terutama oven yang memang memiliki banyak sekali jenis di pasaran. Tentunya hal itu bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan konsumennya.

Jenis-jenis oven yang ada di pasaran ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Diantaranya adalah

  • Oven konvensional, memiliki ukuran besar dan biasanya menyambung jadi satu dengan kompor.
  • Sedangkan oven gas, menggunakan gas lpg sebagai sumber utama untuk menghasilkan panas.
  • Jenis oven kompor, berasal dari kompor dengan bentuk yang masih sederhana tanpa adanya fitur tambahan.
  • Oven jenis konveksi, untuk penggunaan skala besar dan untuk mendinginkannya terdapat kipas pada bagian dalam oven.
  • Oven listrik yang menggunakan listrik sebagai energi utama dan bisa memanggang dalam waktu cepat dan jumlah besar.
Microwave juga tidak kalah, karena memiliki beberapa jenis yang juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Convection microwave, sifat panasnya lebih merata karena adanya hembusan udara yang diberikan.
  • Microwave biasa, merupakan microwave dengan fungsi dasar untuk memanaskan makanan ataupun mencairkan makanan beku.
  • Grill microwave, memiliki fungsi dasar dan juga tambahan lainnya yaitu memanggang makanan.

Yang paling penting Anda bisa gunakan untuk memasak, masak roti misalnya. Oven dan microwave jadi satu dalam membuat roti, keduanya lebih lama dalam membuat roti. Di artikel review bread master, kami ulas bagaimana membuat roti dengan cepat dan praktis.

Mana yang Lebih Baik

Setelah melihat perbedaannya tentu muncul pertanyaan baru, manakah yang harus dipilih oven atau microwave? Karena ternyata keduanya memiliki perbedaan yang lumayan spesifik dan terkadang hal itu membuat konsumennya menjadi pusing.

Hal ini dikembalikan lagi disesuaikan dengan kebutuhan konsumen, jenis makanan apa yang lebih sering dibuat. Apabila hanya dibutuhkan untuk memanaskan makanan saja, maka microwave merupakan pilihan terbaik.

Tapi kalau ingin memanaskan makanan, dan juga memanggang makanan dengan hasil merata yang tidak kering maka oven lebih baik. Sesuaikan juga dengan daya listrik yang ada di rumah, karena keduanya mengkonsumsi daya listrik yang berbeda.

Jadi oven vs microwave keduanya tidak ada yang lebih baik, karena semuanya bisa di pilih sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Apalagi oven memiliki banyak jenis, begitu juga dengan microwave jadi bisa benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.