nasi magic com bau

Nasi Magic Com Bau, Ini Penyebab & Cara memperbaikinya?

Posted on

Mungkin terasa menyebalkan jika saat menyimpan nasi di magic com menjadi cepat bau dan kering, padahal belum lama dimasak. Apa saja penyebab masalah ini lalu bagaimana cara mengatasi nasi pada magic com yang mudah bau? Berikut penjelasan lengkapnya! 

Penyebab Nasi Bau dan Kering

Menurut profesor Djoko Said seorang ahli bidang pangan, uap nasi yang tersimpan dalam wadah rice cooker atau magic com berperan dalam membuat nasi menjadi cepat bau dan berwarna kuning, karena uap ini mempercepat perkembangan mikroorganisme.

Penyebab nasi bau dan kuning disebabkan uap nasi yang berada di dalam magic com, uap ini akan mempercepat perkembangan mikroorganisme. Sehingga nasi menjadi bau dan berwarna kuning.

Ya, tidak dapat dapat dipungkiri bahwa uap pada nasi adalah salah satu penyebab mengapa nasi menjadi bau dan kering. Ini terjadi karena penguapan yang tidak sempurna. Uap nasi yang terjebak di dalam, akan membuat nasi lebih cepat menjadi bau dan berubah warna.

Jika ini tidak segera diatasi, semakin lama akan merugikan Anda karena nasi menjadi mubazir tidak bisa dinikmati karena mudah bau dan rasannya tidak enak. Untuk itulah beberapa cara bisa Anda coba untuk menghilangkan bau nasi di magic com!

Cara menghilangkan bau nasi di magic com

Agar masalah bau pada magic com Anda segera teratasi, berikut kami kutip dari kanal Youtube ISB_CHANNEL yang bisa Anda coba

Cara menghilangkan bau nasi di magic com adalah sebagai berikut:

1. Cek sumber listrik

Pastikan colokan terpasang tanpa banyak percabangan. Karena jika semakin banyak percabangan, akan mengakibatkan panas yang dihantarkan tidak stabil, Akibatnya kerja magic com menjadi tidak sempurna sehingga menyebabkan terjadinya masalah seperti muncul bau pada nasi. Dan pastikan steker magic comnya sudah terpasang dengan erat pada stop kontak.

2. Buang Air Sisa Uap

Wadah air yang berada di bagian belakang atas magic com atau rice cooker berfungsi untuk menampung sisa uap air. Wadah penampung ini semakin lama akan mengendap dan membuat kotor, sehingga menyebabkan air meresap masuk dan menimbulkan bau pada magic com atau rice cooker. Maka air sisa ini harus Anda baung dan bersihkan!

3. Bersihkan Bagian Dalam Magic com

Salah satu penyebab nasi pada magic com cepat bau karena uap yang meresap ke bagian penutup dalam serta lapisannya. Ini juga pada bagian panci di mana sisa-sisa nasi mengendap lalu mengeras, nah ini yang harus segera Anda bersihkan!

Bersihkan dengan menggunakan kain lap yang bersih! Atau gunakan juga alat seperti gunting jika kerak-kerak nasi yang terselip di pinggir-pinggir magic com sulit dibersihkan. Bersihkan total di seluruh bagian sampai kerak-kerak yang mengendap ikut terangkat.

4. Bersihkan Teflon Sebelum Digunakan!

Teflon atau panci pada magic com harus dicuci sebersih mungkin. Karena ini juga salah satu hal yang bisa menyebabkan nasi cepat basi atau bau jika kotoran pada teflon masih menempel.

5. Perhatikan Beras yang akan dimasak!

Faktor beras memang sangat penting karena kualitasnya akan menentukan rasa serta ketahanan beras tersebut. Sebaiknya pilih beras yang tidak banyak gabahnya agar tidak terlalu kotor pada saat dimasak. Juga hindari beras oplosan berkloris yang dapat mengakibatkan kualitas nasi pada magic com menjadi turun.

Jangan lupa juga mencuci beras sampai bersih agar bau apeknya hilang sehingga mencegah nasi yang dihasilkan menjadi tidak bau. Namun jangan terlalu sering membilas berasnya agar kandungan vitamin pada beras tidak ikut hilang! 

6. Tambahkan Pandan!

Anda juga dapat menambahkan daun pandan saat proses memasak beras atau saat sudah matang. Aroma wangi yang melekat pada pandan akan membuat nasi juga terasa lebih enak, pulen dan wangi. Disamping ada manfaat baik untuk kesehatan juga.

7. Aduk Nasi setelah matang

Agar mencegah nasi menjadi bau dan kering, biasakanlah mengaduk nasi sesaat setelah nasi yang dimasak pada magic com sudah matang, Ini bertujuan agar uap air yang terperangkap di dalam bisa keluar sehingga mencegah nasi menjadi bau.

Dan apabila penutup magic com sudah kendor, sebaiknya segera diganti, karena kinerjanya pasti sudah tidak maksimal yang akan menyebabkan nasi menjadi gampang basi atau bau. 

Yang paling diharapkan pada magic com atau rice cooker adalah dapat menghasilkan nasi enak yang pulen dan pera. Lalu panasnya merata serta fungsi menghangatkan juga normal. Bahkan fungsi lain seperti untuk mengukus ubi atau singkong, masih sangat baik.

Namun permasalahan seperti nasi cepat menjadi bau dan basi bisa saja terjadi, untuk mengetahui penyebab serta solusi mengatasinya, semoga cara-cara yang sudah dicontohkan di atas bisa sangat membantu buat Anda!

Baca juga artikel kami tentang: cara mengukus kue menggunakan magic com

Cara Memperbaiki rice cooker nasi cepat basi

Seperti pada penjelasan di atas, Anda bisa mulai dengan membersihkan bagian dalam magic com sebagai usaha awal mengatasi nasi cepat bau.

Cara memperbaiki rice cooker nasi cepat basi adalah sebagai berikut:

  1. Cek komponen pada rice cooker

    Salah satu penyebab nasi pada magic com cepat basi adalah karena bagian pemanasnya yang kurang atau bermasalah, sehingga membuat nasi jadi tidak tahan lama. Cek pada bagian tutup magic com. Jika elemen ini mengalami kerusakan, maka nasi akan menjadi bau serta berair.
    Jika bagian penutup ini bermasalah, Anda bisa menggantinya supaya pulih kembali. Namun jika saja masih bermasalah, maka patut dicurigai terjadi kerusakan pada thermostatnya. Karena thermostat berfungsi mengendalikan temperatur, jika terlalu panas maka nasi akan cepat kering, sebaliknya jika panasnya kurang, maka nasi menjadi cepat basi.
    Pada rice cooker, komponen penting selain thermostat yang berfungsi sebagai pengendali temperature panas, ada juga elemen heater sebagai pemanas dan jar sebagai wadah penanak nasi.
    Jika terjadi kerusakan pada magic com, maka 3 komponen ini perlu dicek apakah masih bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Namun jika semua fungsi masih normal, ada sebab lain yang bisa membuat nasi tetap cepat basi.

  2. Bongkar rice cooker

    penyebab nasi bau dan kuning

  3. Siapkan obeng plus dan Alat multimeter AVO meter

  4. Buka baut yang berada di bagian belakang bawah pada rice cooker (tiap tipe merk mungkin ada perbedaan, sebagai contoh, Kita memakai magic com Miyako.)

    Gunakan obeng + untuk membukanya dengan cara diputar ke kiri!

  5. Cari celah pembuka lalu congkel dengan obeng untuk mengeluarkan bagian bawah pada rice cooker

  6. Cek kabel elemen samping dan elemen atas

    Kabel elemen atas ditandai dengan warna putih dan ungu, kemudian sogok keduanya dengan alat multimeter, ketika tidak menunjukkan angka/tidak berjalan, maka bisa jadi ini penyebabnya. Atau bisa juga pada thermistornya.
    Jadi jangan buru-buru ganti, Anda bisa mencoba menyambung kabel elemen samping atau atasnya yang bermasalah dulu. Namun jika permasalahan belum juga teratasi, maka barulah Anda dapat membawanya ke tukang servis alat elektronik, agar masalah bisa diatasi.