nasi di magic com kering

Nasi di Magic Com Kering? Ini Penyebab & Cara Mengatasinya



Magic com adalah salah satu alat pemanas sekaligus tempat menyimpan nasi supaya tetap hangat dan nikmat. Namun sangat menjengkelkan apabila magic com yang kita gunakan tersebut bermasalah, contohnya nasi menjadi kering , teksturnya keras. Mari kita cari tau apa saja penyebab nasi di magic com kering serta tips mengatasinya.

Penyebab Nasi Kering di Magic com

Nasi di dalam magic com yang tiba-tiba berubah menjadi kering, membuatnya tidak bisa dinikmati, bahkan ketika ditambahkan dengan kuah pun juga tidak membuat perubahan yang berarti. Kenapa bisa seperti itu?

Berikut ini beberapa penyebab nasi di dalam magic com itu menjadi kering yaitu.

1. Magic Com Panas Berlebihan

Penyebab paling umum adalah adanya permasalahan pada thermostat. Pada saat proses warming atau menghangatkan, Thermostat pada magic com berperan untuk menstabilkan suhu agar tetap panas normal. Thermostat ini juga akan membuat magic com otomatis mati apabila mencapai suhu panas maksimum.

Hilangnya fungsi thermostat sebagai pemutus arus, membuat elemen menyala terus menerus. Sehingga suhu panasnya menjadi berlebihan. Akibatnya, panci wadah nasi di magic com juga ikut menjadi sangat panas, lalu ini mengakibatkan gosong pada bagian bawah. Maka hal tersebut membuat nasi menjadi kering. Sebaliknya jika suhu terlalu rendah membuat nasi mudah lembek dan warnanya menjadi kekuning-kuningan.

Jadi penyebab nasi menjadi kering di magic com, kemungkinan terbesarnya adalah karena magic com menjadi panas berlebihan, diakibatkan thermostat tidak berfungsi sebagaimana mestinya alias timbul kerusakan pada komponen ini.

Baca juga: kompor ramah lingkungan

2. Masalah pada Panci magic com

Apabila kita sudah mengganti thermostatnya namun masalah nasi menjadi kering belum juga hilang, maka panci wadah magic com dapat dicurigai sebagai penyebabnya. Untuk itu coba pastikan dengan cara mengganti menggunakan wadah panci yang lainnya.

Bahan terbaik pada panci salah satunya adalah bahan stainless steel, yang lebih kuat anti gores, anti lengket serta mudah dibersihkan.

Thermostat untuk Magic com

Kembali lagi pada persoalan thermostat, karena peran komponen ini memang sangat vital. Jadi apabila terjadi masalah pada magic com yang menyebabkan nasinya menjadi kering, solusinya adalah Anda harus memperbaiki komponen ini, atau menggantinya dengan yang baru, juga bisa membawanya ke tempat service elektronik guna mengetahui penyebab kerusakan lebih jelasnya.

Simak artikel kami tentang: cara menggunakan blender

Jika Anda ingin mengganti thermostat magic com dengan yang baru, Anda dapat membelinya di toko elektronik atau membeli secara online. Model thermostat pada magic com adalah KSD301 atau juga KSD201. Untuk batasan suhunya berkisar antara 80 sampai 85 derajat celcius. Itu adalah suhu paling normal yang membuat rasa nasi dalam magic com tetap lezat dan panasnya juga sesuai.

Cara Agar Nasi di Magic Com Tidak Kering

Nah setelah mengetahui penyebab utama mengapa nasi di magic com menjadi kering, kita harus benar-benar memperhatikan penggunaan magic com dengan baik dan benar, agar magic com Kita awet dan tidak muncul masalah seperti nasi menjadi kering.

Berikut ini beberapa tips cara penggunaan magic com agar tidak kering yaitu:

1. Masak Nasi dengan takaran yang sesuai

Mungkin bagi sebagian anak kost, mereka cukup memasak nasi dengan kapasitas yang sedikit, karena mereka hanya tinggal seorang sendiri, namun siapa sangka takaran memasak nasi yang terlalu sedikit pada magic com bisa menyebabkan magic com cepat rusak. Mengapa demikian?

Pada panci wadah magic com terdapat takaran batas yang disarankan untuk menanak nasi, apabila beras yang hendak dimasak terlalu sedikit, nasi akan menjadi overcooked karena terlalu panas. Nasi yang terlalu matang namun porsinya terlalu sedikit ini, akan membuat nasinya menjadi lembek lalu mudah mengering dan basi. Maka pastikan memasak berasnya sesuai kapasitas yang disarankan pada magic com tersebut.

2. Tutup rapat magic comnya

Hal sepele yang kadang sering diabaikan adalah tidak menutup penutup magic com dengan rapat. Karena ini membuat udara dapat masuk ke dalam magic com, lalu menjadikan nasi cepat menjadi kering. Karena oksigen berperan membuat nasi menjadi lebih cepat busuk. Maka pastikan magic com sudah mengunci rapat ditandai dengan bunyi klik pada penutupnya.

3. Aduk Nasi setelah matang

Setelah nasi yang dimasak di dalam magic com sudah matang, biasakan untuk mengaduknya. Dengan mengaduk-aduk nasi setelah matang sampai ke bagian bawah, uap air yang ada pada nasi cepat menyebar rata sehingga meminimalisir timbulnya nasi kering yang ada di bawah.Hal ini juga bermanfaat supaya tidak muncul kerak di dasar panci, yang membuatnya susah dibersihkan.

Merk Magic Com yang tidak membuat nasi kering

Anda mungkin dapat mencegah permasalahan pada magic com seperti nasi menjadi kering dengan membeli merk magic com yang bagus. Namun semua itu tetap tergantung pada cara pemakaian serta kualitas produk tersebut.

Berikut ini beberapa rekomendasi merk magic com dengan fitur yang canggih dan berkualitas, yaitu:

1. Young Ma SMC 8017

Magic com Young Ma MC 8017 bisa menjadi salah satu pilihan terbaik Anda. Seri ini dilengkapi dengan sistem warm 3D heating top –body –botom. Yang membuat nasi tidak mudah basi sekaligus mampu menghangatkannya lebih lama.

Young Ma SMC 8017 dilengkapi dengan fitur cerdas, yakni fungsi melanjutkan memasak otomatis apabila terjadi pemadaman listrik. Namun untuk jedanya dibatasi maksimal 2 jam.

2. Cosmos CRJ 6601

Selanjutnya adalah magic com CRJ 6601 yang patut Anda pertimbangkan juga untuk membelinya. Magic com ini sudah dibekali dengan panci berbahan stainless yang membuatnya kuat anti lengket. Dengan panci anti lengket, ini bisa meminimalisir nasi menjadi kering, karena bahan panci yang berkualitas ditambah anti gores dan mudah dibersihkan.

3. Miyako MCM 508

Miyako seri ini mengusung fungsi 3 in 1 antara lain memasak nasi, menghangatkan nasi dan mengukus makanan. Dengan adanya tiga elemen tadi menjadikan nasi bisa matang sempurna sekaligus menghangatkannya untuk waktu lebih lama.

Baca pembahasan kami tentang: jenis microwave

Nah itulah tadi penyebab nasi pada magic com menjadi kering, lalu tips supaya nasi tidak gampang kering, sekaligus beberapa merk magic com terbaik. Dengan mengetahui penyebab serta cara mengatasi permasalahannya, niscaya magic com Anda tetap atau bisa kembali ke performa terbaiknya seperti sedia kala.