moegen wok pan

Moegen Wok Pan, Wajan Favorit Para Ibu Rumah Tangga

Posted on

Moegen wok pan adalah wajan non-stick dari Produk Moegen Germany. Produk ini sangat best seller di pasaran, loh! 

Karena memiliki tampilan yang elegan, kuat namun dengan harga yang bersaing. Maka dari itu wajan ini menjadi salah satu favorit para ibu rumah tangga dalam memasak sehari-hari.

Nah, kali ini kami akan mereview lengkap produk dari Moegen Wok Pan, sekaligus memberikan Anda tips cara menggunakan dan merawat wajan anti lengket yang benar!

Review Moegen Wok Pan 

wajan moegen

Moegen wok pan memiliki tampilan wajan yang kekinian, ukuran yang cukup besar dengan cekungan ke dalam dan juga dilengkapi dengan satu handle panjang dan pendek di kedua sisinya. 

Dengan material aluminium diecast tebal dilapisi dengan coating marble. Perpaduan keduanya sangat pas, karena wajan aluminium akan menghantarkan panas dengan cepat, dan tidak lengket karena sudah dilengkapi dengan lapisan marble yang berkualitas. 

Anti lengket dari Moegen wok pan memang bagus dan sudah food grade, tahan terhadap goresan dan juga lebih tebal daripada teflon biasa.

Dengan warna hitam yang mendominasi, tampilan moegen wok pan terlihat elegan dan mewah. 

Apalagi dilengkapi dengan tutup tipe Z bermaterial tempered glass, yang tebal dan kuat. Tutupnya bisa tegak berdiri, dan juga kaca bening yang memudahkan Anda dalam memasak, tanpa perlu membuka tutupnya untuk melihat ke dalam wajan. 

Dengan diameter 30 cm, dan kedalaman 10 cm sangat cocok untuk memasak dengan porsi yang besar, mulai dari deep frying, membakar, menumis hingga merebus. 

Moegen Wok Pan memiliki harga yang sangat terjangkau. Karenanya, wok pan ini sangat laris dan menjadi salah satu produk yang best seller di berbagai marketplace. Harga jual dibanderol sekitar

Apakah Moegen Wok Pan Bagus? 

Menjadi produk best seller, tapi apakah wok pan ini benar-benar bagus? 

Produk dari moegen ini tentunya memiliki kualitas yang cukup baik, jika dibandingkan dengan produk lain dengan harga yang sama. 

Mulai dari ukuran, tampilan, kualitas non-stick, dan sudah include dengan tutup kaca yang tebal dan kuat. 

Kelebihan Moegen Wok Pan 

moegen wok pan

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, kelebihan dari wok pan ini, Anda bisa memiliki wok dengan diameter besar dengan harga yang sangat terjangkau.

Kualitas marble coatingnya pun bisa dibilang sangat baik. Anda bisa menggunakannya lebih dari 3 tahun, dengan pemakaian yang tentunya dengan baik dan benar. 

Kelebihan lain Anda bisa memasak dengan kuantitas yang banyak, seperti membuat rendang, gulai, mengungkep ayam, maupun menggoreng jenis makanan apapun. 

Kelebihan lain moegen wok memiliki harga yang sangat bersaing. 

BACA JUGA Pentingnya Cara Menggunakan Wok Pan untuk Kebutuhan Memasak

Kekurangan Moegen Wok Pan

Adapun kekurangan dari Moegen wok pan adalah memiliki ukuran yang besar dan juga bobot yang berat. 

Membuat Anda yang ingin memasak makanan ringan akan terasa lebih sulit karena tidak praktis. 

Kekurangan lainnya, moegen wok pan banyak yang terdapat barang palsu. Dan sayangnya, banyak orang yang membeli moegen dengan kualitas yang bukan original.

Moegen palsu memiliki kualitas buruk, coating pada wajan sangat mudah terkelupas dan rusak. Jadi hati-hati, ya!

Perawatan dan Pemakaian Wok Pan Coating Non-stick 

seasoning wajan

Banyak orang yang mengeluhkan wajan anti lengketnya rusak, tergores atau terkelupas. 

Hal ini membuat Anda sering kecewa dengan wajan yang Anda beli, padahal bisa saja wajan anti lengket salah dalam pemakaian atau perawatan sehari-hari. 

Berikut ini perawatan dan pemakaian wok pan anti lengket yang baik dan benar, agar wajan anti lengket Anda bisa digunakan hingga bertahun-tahun lamanya. 

Cara Pemakaian wajan anti lengket yang benar 

  1. Seasoning 

Pertama kali menggunakan wok pan jenis apapun, Anda disarankan melakukan seasoning sebelum menggunakannya. 

Setelah mencuci bersih wajan dengan sabun khusus pencuci piring, gunakan spon lembut dan keringkan.

Lalu lakukan proses seasoning, Anda bisa memanaskan wajan dengan api kecil, dan lakukan pengetesan dengan air. Teteskan air ke wajan, jika berbentuk bulir-bulir berarti panas sudah cukup. 

Keringkan airnya, lalu beri 1 sdm minyak. Ratakan minyak ke seluruh wajan, bisa dengan menggoyang-goyangkan wajan atau dengan menggunakan kuas. 

Lalu matikan api dan buang sisa minyak dan lap dengan tisu. Wajan siap digunakan, Anda tidak perlu mengulangi jika wajan Anda non-stick. Namun jika wajan Anda stainless steel, bisa ulangi setiap sebelum memasak.

  • Nyalakan api sebelum meletakan wajan

Menyalakan kompor di atas wajan membuat bagian dasar wajan menjadi mudah menghitam. Jadi jika Anda ingin menyalakan api, pastikan sebelum wajan Anda diletakan di atas kompor, ya!

  • Gunakan api kecil atau sedang 

Wajan anti lengket biasanya sudah memiliki beberapa keunggulan seperti distribusi panas yang cepat dan merata. 

Menggunakan api besar hanya akan merusak lapisan dan membuat dasar wajan cepat gosong. Jadi gunakan selalu api kecil atau sedang, agar kualitas coating selalu terjaga. 

  • Selalu gunakan sutil silikon, nylon atau kayu

Sutil yang paling direkomendasikan untuk wajan anti lengket adalah nilon, carilah bahan nilon yang berkualitas premium dan food grade.

Selanjutnya silikon atau kayu. Sebaiknya hindari sodet metal, karena hanya akan membuat wajan tergores, dan merusak lapisan. 

  • Hindari menyimpan masakan di dalam wajan

Hindari membiarkan masakan di dalam wajan, ya! Setelah selesai masak, pindahkan makanan ke wadah terpisah. 

Hal ini menghindari warna bagian dalam wajan berubah dan juga coating yang akan mudah terkelupas.

Cara Perawatan wajan anti lengket 

mencuci wajan
  1. Perubahan suhu tidak boleh drastis

Selalu jaga perubahan suhu pada wajan Anda, ya! Karena perubahan suhu akan membuat lapisan cepat mengelupas. 

Seperti hindari mencuci wajan saat panas, atau menyiram masakan dengan air saat menumis. 

Solusinya adalah Anda bisa menunggu wajan dingin baru lakukan pencucian. Dan jika sedang menumis dan membutuhkan air. 

Gunakan air panas atau hangat, agar tidak terjadi perubahan suhu yang drastis saat melakukan proses memasak. 

  • Pilih sabut yang tepat

Wajan memang rentan kotor dan berkerak, namun Anda tidak boleh mencuci bagian dalam wajan dengan sabut kawat. 

Gunakan sabut yang berbahan lembut, jika terdapat kerak, Anda bisa merebus wajan sebentar dan diamkan 30 menit agar kerak mudah lepas. 

  • Gunakan cairan khusus untuk alas dasar wajan

Seringkan menemukan wajan dengan bagian dasarnya bernoda, hitam pekat, maupun berkerak. 

Hal ini biasanya terjadi jika api yang digunakan terlalu besar, atau wajan masih basah saat digunakan, menyebabkan noda pada dasar wajan. 

Anda bisa membeli cairan khusus untuk menghilangkan kerak pada wajan, cukup memanaskan wajan, dan semprot dengan cairan khusus. Diamkan selama 15 menit, dan gosok bagian yang gosong, dan kerak akan rontok seketika.

Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan dan masker saat menggunakannya, karena cairan tersebut cukup keras jika terkena kulit. 

  • Penyimpanan yang benar 

Simpan wajan dengan benar, yang terbaik adalah dengan cara menggantungnya. Walau begitu, hindari menumpuk wajan di gantungan, ya!

Karena wajan yang menumpuk membuat lapisan bagian luarnya mudah terkelupas, dan tampilan wajan anti lengket tidak cantik lagi. 

  • Jangan biarkan wajan terlalu lama kotor

Walau Anda dilarang mencuci langsung wajan saat masih panas. Tapi tidak pula mendiamkan wajan kotor dalam waktu yang lama, karena akan merusak lapisannya.