kelebihan dan kekurangan mixer oxone

Tips Memilih Mixer Agar Tidak Salah Beli

Posted on

Mixer saat menjadi salah satu pilihan dalam daftar peralatan rumah dapur yang cukup diidam-idamkan. Pasalnya alat mekanis ini mampu mencampurkan adonan dengan cepat dan merata, sehingga sangat pas digunakan bagi Kamu yang hobi membuat kue.

Merk mixer yang beredar di pasaran dengan kualitas yang oke tidak hanya berasal dari luar negeri saja, namun ada juga yang menggandeng brand lokal dengan kualitas yang juga tak diragukan. Salah satunya yaitu merk Oxone. Brand lokal satu ini memang tak hanya menyediakan peralatan seperti mixer saja, namun ada berbagai perlatan atau home appliances lain yang diproduksinya.

Sebelumnya pada review mixer, kami ulas detail juga. Namun bagi kamu yang belum begitu familiar dengan merk satu ini mungkin masih bertanya-tanya Mixer Oxone bagus gak. Oleh karena itu, berikut ada beberapa tips yang bisa Kamu gunakan dalam memilih mixer yang berkualitas agar tak salah dalam menjatuhkan pilihan.

Tips Memilh Mixer yang Baik

mixer oxone buatan mana

Karena kian menjadi perlengkapan dapur yang hampir wajib dimiliki oleh semua penggiat aktivitas dapur dan masak memasak, mixer saat ini sudah tersedia di pasaran dengan berbagai macam jenis dan merk, salah satunya yaitu mixer Oxone. Namun untuk mengetahui mixer Oxone bagus gak pada dasarnya tergantung dari sesuai atau tidaknya jenis mixer yang kamu pilih dengan jenis kue yang akan Kamu buat. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih mixer:

1. Jenis Mixer

Dengan pilihan yang beragam, yakni mulai dari hand mixer hingga standing mixer, Kamu bisa mendapatkan masing-masing jenis mixer tersebut dengan harga yang beragam sesuai kebutuhan. Meskipun memiliki jenis yang berbeda, namun kedua jenis mixer ini memiliki fungsi serupa, yakni untuk mencampur dan mengembangkan adonan kue. Hanya saja, jika kamu mencari yang ukurannya lebih kecil dan praktis, hand mixer adalah pilihan yang cocokpas. Sebaliknya standing mixer lebih cocok untuk membuat kue dalam jumlah banyak atau untuk adonan yang cukup berat.

2. Level Kecepatan Mixer

kelebihan dan kekurangan mixer oxone

Setiap mixer umumnya memiliki kecepatan berbeda, yaitu mulai dari 3 level kecepatan yang umumnya dimiliki oleh hand mixer, hingga maksimal 10 level kecepatan untuk stand mixer. Perbedaan kecepatan tentunya akan berpengaruh pada hasil akhir kuenya nanti.

Level kecepatan yang tinggi dibutuhkan untuk adonan yang harus mengembang sempurna dan umumnya digunakan untuk membuat sajian kue seperti roti atau bakery. Oleh karena itu, memilih level kecepatan yang disediakan sebuah produk mixer adalah hal yang cukup penting agar dapat sesuai dengan jenis kue yang akan dibuat.

3. Ukuran Wadah dan Compact

Ukuran wadah yang dapat muat dengan adonan yang nantinya akan dibuat menjadi salah satu parameter wajib dalam memilih mixer. Membuat kue dalam jumlah banyak sudah pastinya membutuhkan wadah dan compact yang besar, agar mixer itu sendiri tak cepat lelah. Sedangkan jika hanya untuk kebutuhan diri sendiri atau keluarga dalam jumlah kecil, kamu hanya membutuhkan ukuran yang lebih kecil seperti hand mixer.

4. Pilih Beater Sesuai Kebutuhan

Beater atau alat yang berfungsi mencampurkan semua bahan kue menjadi adonan ada berbagai macam jenis, seperti beater ramping dan beater ulir. Beater ramping umumnya cocok untuk adonan butter cream karena akan membuat adonan tidak mudah menempel. Namun beater ini memiliki ujung yang tajam dan bisa merusak wadah jika terlalu sering dan terlalu lama digunakan.

Sedangkan beater ulir cocoknya untuk adonan yang besar dengan cepat. Hanya saja hasilnya akan lebih terasa kasar dan kurang halus karena menyisakan tekstur adonan. Namun pastikan juga selalu membersihkan beater tiap kali telah digunakan.

5. Sesuai dengan Daya Listrik Rumah

Setiap mixer umumnya menggunakan konsumsi listrik yang berbeda-beda. Semakin besar ukurannya dan semakin tinggi kecepatannya, daya yang dibutuhkan juga semakin besar, seperti pada standing mixer. Namun ada juga mixer dengan jenis ini yang masih memiliki konsumsi listrik yang tidak terlalu besar, seperti beberapa seri dari mixer Oxone. Untuk itu, kamu mungkin tak perlalu lagi meragukan apakah mixer Oxone bagus gak untuk digunakan, terutama untuk sekedar kebutuhan rumahan.