merk bread improver terbaik
unsplash.com/Charles Chen

10 Merk Bread Improver Terbaik Update 2022

Posted on

Menjadi salah satu bahan terpenting dalam membuat roti, kali ini ada 10 merk Bread Improver terbaik, yang selalu menjadi pilihan banyak pebisnis bakery, maupun untuk kebutuhan rumahan. 

Walaupun menjadi bahan yang opsional, tapi Bread Improver sangat dibutuhkan, karena memiliki banyak keunggulan.

Apa sih Bread Improver?

Bread improver adalah modifikasi tepung yang memiliki beberapa kandungan seperti enzim yang membantu proses fermentasi menjadi lebih cepat, proses ini membuat adonan lebih mengembang sempurna. 

Lalu ada bahan oksidan yang mampu menjaga roti agar tetap elastis, karena fungsi oksidan memperkuat gluten. 

Ada juga agen pereduksi yang memutus ikatan disulfida. Dan terakhir Emulsifier yang membantu memperbaiki tekstur roti agar lebih lembut dan serat roti menjadi lebih baik. 

Beberapa Pelembut Roti selain Bread Improver 

Tidak hanya Bread Improver yang dibutuhkan dalam membuat roti, beberapa jenis roti yang cocok menggunakan Bread Improver seperti soft bread, chiffon cake, roti bluder, roti sobek, tawar, donat dan roti sejenisnya. 

Pelembut lain, seperti Softener memiliki beberapa merk dengan pilihan aroma buah, pandan dan juga vanili. Softener membuat roti yang disobek  memiliki serat yang lembut.

Bahan ini juga membuat tekstur roti lebih moistwalau berada di suhu ruangan. Tidak hanya itu, bahan pelembut ini juga bisa menghilangkan bau amis telur.

Selain softener, ada juga Shortening atau mentega putih, bahan yang diolah dari lemak nabati atau lemak hewaniBahan ini memiliki fungsi mengikat mineral, biasanya bahan ini ditambahkan untuk membuat bakpao dan juga roti tawar. 

Carilah shortening dengan kandungan emulsifier, agar roti lebih lembut dan fluffyBahan ini juga biasa digunakan untuk membuat roti lebih mengilap  dan bisa untuk membuat buttercream. 

Selain kedua bahan di atas, ada pula cake emulsifier Bahan ini membuat adonan tidak turun saat dikocok, bahan satu ini paling banyak digunakan para pembuat roti. 

Memiliki bahan aditif yang mengikat lemak dan air agar stabil, adonan lebih mengembang, membuat roti lebih tahan lama, tidak mudah bantat, membuat tekstur roti lebih lembut. 

SP, Ovalet, TBM, adalah beberapa cake emulsifier yang sering dijumpai. 

Kriteria Bread Improver yang Baik 

Anda harus memilih merk Bread Improver berdasarkan beberapa kriteria, seperti formulanya terbuat dari apa, halal atau tidak. Dan memastikan memiliki izin BPOM dan lain sebagainya. 

Ada pula kriteria lain, seperti dapat menghasilkan roti dengan volume yang cukup besar, memiliki remah atau crumb yang lembut. 

Bread Improver yang baik juga mempertahankan softness dan freshness roti yang lebih  lama. 

Seberapa Penting Bread Improver untuk Para Pebisnis Bakery?

Dengan keunggulan menggunakan Bread Improver para pebisnis di bidang kuliner khususnya bakery, akan sangat diuntungkan. 

Menjual roti dengan kualitas baik, tampilan yang oke, rasa yang enak dan juga tahan lama. Akan meningkatkan penjualan. 

Bagi seller yang menjual roti dengan kualitas tersebut, tentunya akan mendapat omzet yang menguntungkan. 

Karena dengan begitu menambah banyak review positif dari pembeli terhadap produk yang Anda jual.

Beberapa alternatif pengganti bread improver bisa baca di link tersebut, wajib baca biar makin faham.

Berikut 10 merk Bread Improver yang terbaik. 

Merk Bread Improver Terbaik 

  1. BAKERIN PLUS 
Bread Improver untuk donat

Bakerin Plus memiliki komposisi, tepung tapioka, gluten, pengemulsi nabati, antioksidan vitamin C, dan enzim amilase. 

Petunjuk penggunaan 2-4 gram per satu kilogram tepung. Dengan berat 500 gr, harga sekitar Rp 37.000. 

Bakerine plus mampu melembutkan dan membuat halus tekstur dan serat roti menjadi lebih baik, salah satu merk yang paling banyak digunakan. 

2. ANGEL 

Dengan komposisi pati jagung, tepung kedelai, penstabil nabati, antioksidan, asam aksorbat, soya fiber. 

Dosis penggunaan 0,3 -0,5% dari berat tepung, memiliki harga yang juga cukup terjangkau, dan bervariasi berkisar Rp 27.000 – Rp 40.000. 

Angel Bread Improver bisa digunakan berbagai jenis kue dan juga roti. Membantu mempercepat proses pengembangan adonan roti, dan juga membuat cita rasa lebih enak dan lezat.

3. SOFT BREAD (Big One)

Salah satu merk Bread Improver dengan kemasan sachet, memiliki komposisi, tepung terigu, antioksidan, minyak nabati, ragi, pengembang, asam askorbat, dan enzim amilase.

Penggunaan dosis 10 gram untuk per satu kilogram tepung, harga yang ditawarkan untuk per sachet berkisar Rp 6000 untuk satu kali pemakaian dengan berat isi 10 gr. 

Merk ini membuat tekstur roti menjadi lebih lembut dan juga mengembang dengan baik, roti modern maupun tradisional bisa menggunakan Soft Bread. Mulai dari kue odading, roti bluder, roti sisir, sampai Croissant maupun Korean garlic bread.

4. FERMIPAN 2 IN 1

merk bread improver

Ragi instan dengan Bread Improver sekaligus, dapat meningkatkan konsistensi dan kualitas adonan. Memiliki harga Rp 52.000 dengan ukuran 500gr.

Beberapa keunggulannya: 

  • Meningkatkan toleransi dari adonan
  • Fermentasi Superior
  • Perbaikan Volume
  • Tekstur yang lembut

5. BAKER BONUS

Merk ini bisa meningkatkan kualitas roti, roti modern mau pun juga traditional. Beberapa keunggulannya, seperti menghasilkan kelenturan adonan, memperbaiki tekstur, menghasilkan volume roti, ringan dan remah yang merata. 

Dengan harga Rp 17.000 memiliki ukuran yang lebih kecil 100gr . 

6. IF-100 

Membuat adonan lebih empuk dan tekstur yang halus, membuat kecepatan fermentasi lebih stabil. Memiliki ukuran 500 gr, Bread Improver IF-100 memiliki harga berkisar Rp 39.000. 

Dengan komposisi, tepung kedelai, penstabil kalsium sulfat, pati tapioka, mengandung pengawet sulfit, antioksidan asam askorbat, gluten dan beberapa bahan lainnya. 

7. LECITEM -500

Bread improver yang bisa menghasilkan adonan yang lembut dan juga empuk, dengan ukuran 500gr harga berkisar Rp 35.000 

Lecitem biasa digunakan untuk berbagai jenis roti, bakpao ataupun donat. 

Klik untuk Baca [Bread Improver untuk Donat. Jadi Makin Empuk!]

8. SOFT’R (Puratos Cotton Acti-Plus)

Memiliki kemasan silver metalize, SOFT’R ini cocok untuk membuat roti dengan crust atau remahan yang lembut, renyah dan tahan lama. 

Produk ini juga membuat roti mengembang sempurna. Harga untuk kemasan ukuran 500 gr berkisar Rp 64.000

9. Magimix Yellow 

Komposisi tepung terigu, sodium metabisulfit, juga enzim. Bread Improver ini mampu membuat serat pada roti memadat dan proses fermentasi lebih cepat. 

Magimix yellow juga membuat roti lembut, meningkatkan kualitas roti lebih baik dan juga membantu roti selalu fresh. Bread Improver ini memiliki harga Rp 68.000 berukuran 500gr. 

10. Puratos S500 

Bread Improver yang Bagus

Membuat tekstur roti lebih padat dan juga halus, Puratos S500 juga bisa membuat volume roti mengembang sempurna, juga bisa membuat roti lembut dan lebih empuk 

Harga yang ditawarkan berkisar Rp 68.000 dengan ukuran 500 gr. Dosis pemakaian max 1% dari total tepung. 

Nah, beberapa merk di atas bisa Anda temukan di berbagai e-commerce seperti shopee maupun toko roti terdekat. 

Tidak hanya untuk industri saja, untuk Anda yang membuat roti di rumah namun menginginkan roti yang lebih lembut dan enak juga bisa menggunakannya.

Jangan lupa, untuk menyimpan di wadah tertutup, dengan suhu berkisar 20 hingga 25 derajat celcius. Pilihlah Merk Bread Improver terbaik di atas untuk membuat hasil roti Anda lebih berkualitas.