cara memperbaiki rice cooker

Cara Memperbaiki Magic Com



Salah satu kerusakan paling umum pada magic com atau rice cooker adalah fungsinya yang menjadi tidak panas lagi. Ketahui beberapa penyebab kerusakan jenis ini pada rice cooker Anda, termasuk bagaimana cara memperbaiki magic com supaya berfungsi dengan normal Kembali!

Magic com dan rice cooker sama-sama mempunyai fungsi untuk menanak sekaligus menghangatkan nasi. Jika fungsi tersebut gagal dijalankan, mungkin saja karena sejumlah penyebab berikut ini!

Penyebab Magic com Tidak Panas

Magic com tidak panas disebabkan pengatur suhu (thermostat) tidak berfungsi dengan baik, selain itu komponen elemen pemanas (cast heater) di dalamnya bisa jadi terjadi kerusakan. Komponen thermal fuse dan sekring juga menjadi penyebab paling umum kenapa magic com tidak panas.

Baca juga cara memasang gorden kolong dapur

Terdapat beberapa elemen penting pada magic com atau rice cooker. Jika salah satu elemen ini mengalami kerusakan maka akan timbul sejumlah kerusakan, salah satunya adalah magic com yang menjadi tidak panas! Ketahui beberapa hal berikut ini yang patut dicurigai sebagai penyebab mengapa magic com tidak terasa panas!

1. Thermostat

Komponen thermostat adalah elemen umum di sejumlah alat elektronik seperti kulkas termasuk juga magic com atau rice cooker. Thermostat berfungsi sebagai pengatur suhu panas, bentuknya dari magnet dan per. Thermostat dapat mengubah temperatur panas sekaligus mempertahakannya.

Pastikan pegas dan tuas pada thermostat bekerja dengan baik. Jika terjadi kerusakan pada thermostat , maka perubahan temperatur pada magic com menjadi tidak stabil.

2. Elemen Pemanas

Cast heater atau elemen pemanas adalah sumber pemanas utama pada magic com. Elemen panas terletak di panel bawah panci magic com yang berfungsi seperti kompor.

Elemen pemanas ini, mengonsumsi daya berkisar antara 300 sampai 400 watt. Jika elemen panas mengalami kerusakan, maka sudah pasti tidak akan menghasilkan panas, sehingga ini yang harus diganti. Karena umumnya cast heater akan sulit untuk diperbaiki lagi.

3. Sekring

Terdapat 2 sekring pada magic com, yaitu sekring yang melindungi alat dari sengatan listrik, dan yang satunya adalah thermal fuse atau sekring termal yang melindungi agar arus listrik tidak berlebihan dengan cara memutusnya.

Pada magic com atau rice cooker, sekring termal sering dicurigai sebagai penyebab kerusakan pada magic com. Untuk lebih jelasnya, akan Kami jelaskan pada paragraf berikutnya.

4. Saklar

Saklar yang ada di bagian luar magic com berperan memberi perintah memanaskan atau menghangatkan magic com. Jika terjadi kerusakan pada tombol saklar ini, maka perintah akan terabaikan sehingga magic com tidak dapat dipanaskan. Sehingga ini bisa menjadi salah satu masalah atau penyebabnya.

Setelah mengetahui beberapa elemen penting yang diduga sebagai penyebab kerusakan pada magic com atau rice cooker seperti saklar, thermostat atau juga konektor listriknya, Kita ketahui dulu cara kerjanya sebelum memulai untuk memperbaikinya.

Sistem Rice Cooker

Pengertian sistem rice cooker adalah proses rice cooker bekerja memanaskan nasi sampai menjadi matang. Sistem ini dimulai dari arus AC yang mengaktifkan thermal fuse, thermostat, leaf switch sampai dengan thermistor.

Umumnya sistem rice cooker yaitu sebagai berikut:

1. Arus AC

Arus AC akan melalui thermal fuse lalu mengaktifkan cast heater yang berfungsi sebagai elemen pemanas.

2. Peran Thermostat

Saat saklar sedang berada pada posisi menanak nasi, disitulah magnet pada thermostat menempel ke metal. Kemudian metal akan mendapatkan panas dari panci sampai di atas 130 derajat celcius, sehingga beras dapat matang dan menjadi nasi.

3. Leaf Switch digerakkan thermostat

Pada saat bahan metal menerima panas yang berlebih, maka daya magnetnya akan berkurang, lalu menjauhi thermostat. Akibatnya ia akan menggerakan leaf switch sehingga saklar berpindah dari mode menanak nasi pindah ke mode menghangatkan. Hal ini terjadi akibat panci per mengalahkan magnet pada saat thermostat menjauh dari panci.

4. Peran Thermistor

Ketika dalam posisi warming atau menghangatkan, Leaf switch tadi akan mengaktifkan thermistor. Fungsi thernistor adalah menjaga agar panas nasi tetap stabil pada angka 70 sampai 80 derajat celcius. Penghangat juga dipasang pada bagian pinggir panci serta pada tutup magic com atau rice cooker, agar hangatnya juga bisa merata.

Cara Memperbaiki Magic com

Langkah pertama sebelum melakukan perbaikan adalah memeriksa terlebih dahulu kerusakannya. Pada sebagian besar alat magic com atau rice cooker, kerusakan umumnya terjadi pada sekring termal, walau tidak menutup kemungkinan dapat disebabkan oleh hal lain.

Periksa terlebih dahulu pada steker juga kabel dan soketnya! Karena bisa saja putus pada kawat tembanganya ataupun ngefong/ sudah longgar. Jika kondisi komponen-komponen ini masih bagus, maka besar kemungkinan masalah pada sekring termalnya!

Lihat juga artikel kami tentang: penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin

Periksa Sekring Termalnya

Untuk memeriksa sekring termal dapat menggunakan alat multimeter.

  • Multimeter analog, selector OHM X1
  • Multimeter digital, selector posisi diode

Cara memperbaiki magic com yaitu sebagai berikut:

  1. Bongkar Magic comnya terlebih dahulu

    Lakukan pembongkaran seperti biasanya dengan melepas baut-baut yang ada pada magic com. Lakukan dengan perlahan supaya tidak putus atau menjadi patah.

  2. Lepaskan Sekring Termalnya!

    Siapkan obeng untuk membuka bagian pada sekring termal! Sekring termal biasannya menempel pada tabung atau body drum magic com. Sekring termal biasa dilindungi atau ditutup dengan isolator untuk mencegah supaya tidak terkena sengatan listrik ketika menyentuh tabung magic comnya.
    Kembali lagi, lepaskan sekring termal dari baut yang mengikatnya! Untuk selanjutnya dikeluarkan dari isolator. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak isolatornya ya!

  3. Cek dengan Ohmmeter

    Apabila jarum ohm meter tak berfungsi, maka bisa disimpulkan bahwa sekring termalnya mengalami keruscara memperbaiki rice cooker

  4. Ganti Sekring Termal dengan yang Baru

    Anda dapat membeli sekring termal yang baru di toko elektronik! Disarankan membeli sekring termal yang sama nilainya misal 160 derajat celcius.

  5. Pasang Kembali Sekring Termalnya

    Pasang kembali sekring termal seperti semula! Lakukan dengan cara yang persis sama saat membongkarnya tadi! Sebagai catatan, Anda tidak boleh sembarangan pada saat menyoldernya! Karena solder dapat menghasilkan panas mencapai 200 derajat celcius lebih, sedangkan batas panas yang dapat ditoleransi sekring termal, hanyalah 157 derajat celcius! Maka dari itu, sekali lagi Anda harus berhati-hati!
    Lalu bagaimana cara terbaiknya? Anda tinggal potong sambungan sekring termal yang lama, kemudian tutupi bagian sekring termal dengan kanebo atau kain basah! Supaya mencegah suhu sekringnya tak terlalu panas. Kemudian solderlah sekring termalnya di bagian kawat yang sudah diputus tadi. Apabila sudah menempel seluruhnya, lapisilah sekring termalnya dengan karet kabel.

  6. Lakukan Tes percobaan akhir

    Tahap terakhir dari memperbaiki magic com dengan mengganti sekring termal ini, adalah tahapan pengetesan! Kembali lagi, pastikan baut-baut pada body magic com tadi juga sudah terpasang dengan benar ya!
    Kemudian nyalakan! Apabila kembali berfungsi dengan baik, maka selamat!  Perbaikan Anda  berhasil! Namun jika masalah masih belum teratasi, kemungkinan ada penyebab kerusakan lainnya yang mungkin lebih kompleks! Karenanya akan lebih baik jika Anda membawanya ke tempat reparasi alat-alat elektronik supaya mendapatkan perbaikan yang lebih maksimal.

  7. Selesai

Mengetahui penyebab kerusakan pada magic com  lalu mencoba memperbaikinya sendiri memang bisa menghemat biaya servis atau menunda rencana beli yang baru lagi. Namun akan lebih baik jika dibawa ke tempat servis!  Sehingga akan lebih jelas apa saja kerusakannya dan dapat diatasi dengan baik, supaya magic com Anda  dapat bekerja kembali dengan normal!