Cetakan kue

Macam-Macam Cetakan Kue. Sudah Punya yang Mana?



Cetakan kue, sudah menjadi barang penting, untuk Anda yang suka membuat berbagai macam jenis kue. Peralatan baking satu ini, mempunyai bentuk bermacam-macam sesuai dengan keperluannya masing-masing. Tapi, memilih cetakan kue ternyata tidak mudah, loh. Banyak orang yang masih kebingungan, dengan fungsi masing-masing cetakan. Mulai dari terbuat dari bahan apa, bentuk dan juga harganya. 

Macam-macam Cetakan Kue & Fungsinya, Kue Basah & Kering

  • Cetakan kue lumpur

macam macam cetakan kue kering

Kue berbahan dasar kentang ini, terasa manis dan lembut di mulut. Kue lumpur lebih sering dibuat sendiri, karena kemudahan dalam pembuatanya. Warnanya tidak selalu kuning kecoklatan, banyak orang yang membuatnya dengan campuran pasta pandan,dan ubi unggu. Terdapat toping kismis, menjadi ciri khas kue lumpur. 

Cetakan kue lumpur ini, banyak dijual di mana-mana, online maupun offline. Cetakan berbahan teflon, berkisar harga 150.000-180.000. Cukup murah, untuk mendapatkan kue lumpur yang enak setiap saat.

  • Kue cubit 

macam macam cetakan kue basah

Kue yang pernah viral ini, selalu menjadi favorit dari anak-anak sampai orang dewasa. Cemilan tradisional kaki lima ini, kini banyak sekali dijumpai di cafe-cafe. Jenis kue dengan tekstur setengah matang, selalu jadi pilihan, karena rasanya yang enak dan lumer di mulut.

Cetakan kue cubit, memiliki banyak sekali motif, dari hewan, bentuk bungga atau juga love.  Cetakan ini tersedia dari bahan alumunium dan juga ada teflon anti lengket. Harga alumunium berkisar Rp. 20.000, dan teflon berkisar Rp 105.000

  • Kue Pancong dan Kue Pukis 

macam cetakan kue dan fungsinya

Siapa, yang gak mengenal kedua kue ini. Memang sih, masih banyak orang yang tertukar dengan keduanya, karena memang selalu dijual di satu gerobak yang sama. Tapi perbedaan jelasnya adalah, kue pancong rasanya asin dan ditaburi gula di atasnya, sedangkan kue pukis, rasa manis seperti kue cubit.

Jika Anda ingin praktis dalam memanggang, baca artikel kami tentang improver baking, artikel ini akan membuat Anda paham bagaimana cara memanggan kue yang benar.

Cetakan keduanya sama saja, kok! Ada yang berbahan alumunium dan juga tersedia bahan teflon. Harga berkisar 65.000 untuk bahan alumunium dan Rp. 105.000 untuk cetakan teflon.

  • Cetakan kue semprit

macam macam cetakan kue bolu

Kue kering yang sering kita jumpai ini, sudah menjadi kue wajib yang selalu dibuat oleh orang-orang, menjelang hari raya. Dan hampir setiap rumah, pasti memiliki kue kering ini di dalam toplesnya. 

Buat Anda yang suka membuat kue, haruslah memiliki cetakan kue semprit ini. Kue semprit sering dijumpai dengan bentuk bunga mawar atau bunga dahlia. Ini termasuk cetakan kue kering kekinian yang lagi naik daun.

Cetakan kue semprit, biasanya dijual 1 set dengan isi 10 atau 20 pcs. Tidak hanya untuk kue semprit, tapi bisa juga digunakan berbagai jenis kue kering lainnya. Harga berkisar Rp. 25.000

  • Cetakan kue talam 

Cetakan kue talam

Kue talam bertekstur kenyal dan legit, ditambah dengan taburan kelapa diatasnya, yang membuat, perpaduan manis dan gurih. Jenis kue ini sudah sejak lama menjadi jajaran salah satu kue favorit, loh! Berasal dari Betawi, tidak hanya terkenal saat bulan Ramadhan, tapi kue talam juga masih sering dijumpai di pasar-pasar tradisional. 

Cetakan kue talam biasanya terbentuk dari plastik mangkuk kecil, cetakan ini juga bisa digunakan untuk membuat siomay. Harganya sangat murah berkisar Rp 10.500, untuk 1 lusin cetakan kue talam. 

  • Cetakan kue semprong 

Kue semprong, terkenal sebagai kue yang berasal dari Jawa Barat. Kue semprong memiliki aroma yang cukup khas, begitu juga dengan bentuknya yang segitiga pipih, ataupun  bulat memanjang. Rasanya manis, renyah dan gurih. 

Cetakan kue semprong ada dua jenis. Jenis yang pertama, cetakan yang tradisional. Berbentuk kotak pipih. Harga di bandrol 50.000 saja 

Cetakan ku semprong

Nah, yang ini cetakan kue semprong berbentuk seperti egg roll ya. Kue semprong berbentuk gulungan panjang ini lebih mudah dibentuk, ketimbang segitiga. Menggulungkan dengan bantuin sumpit saja . Harga berkisar Rp 195.000

cetakan kue semprong 2

Tapi ada juga loh cetakan kue semprong listrik, harganya sekitar Rp 680.000

CETAKAN KUE SEMPRONG 3

Anda bebas mau pilih yang mana, sesuai kebutuhannya, saja!

  • Cetakan kue putu mayang 

Cetakan kue putu mayang

Kue khas betawi berbentuk seperti mie ini menjadi kuliner favorit banyak orang. Kue putu mayang adalah kue legendaris. Walaupun jadul, tapi kue ini tetap tidak kalah enak, dengan kue modern saat ini. Rasanya yang lembut, gurih dan manis. Kuah kinca yang lezat, pencampuran gula merah dengan santan. Duh, jadi ngiler!

Cetakan kue putu mayang pun unik. Berbentuk tabung panjang dan ada lubang di bawahnya,agar bisa berbentuk seperti mie. Cetakan ini berbahan stainless steel, dan pegangan kayu. Harga berkisar 10.000 

  • Cetakan kue ulat sutra

Cetakan kue ulat sutera

Kue ini pernah sangat populer di tahun 90’an, loh. Walaupun bentuk yang memang seperti ulat, tapi rasanya yummy. Susah berhenti kalo sudah makan kue yang satu ini. 

Tentunya membuat kue ini, Anda harus memiliki cetakan khusus ya. Cetakannya ini berkisar di harga 50.000- 85.000. Kamu bisa mendapatkan di banyak marketplace. Atau di toko khusus penjualan alat kue favoritmu, ya!

Cetakan kue yang lebih besar 

Nah, cetakan kue tidak hanya untuk kue-kue kecil seperti di atas, saja. Tapi juga kue yang seperti cake atau kue bolu pun memiliki cetakan yang berbeda-beda pula

  • Bundt pan 

Bundt pan

bedbathhandbeyond.com

Bundt pan atau biasa dikenal dengan loyang tulban adalah cetakan kue bolu yang berbentuk gelombang, cetakan tulban ini paling umum orang miliki. Harga loyang ini berkisar Rp. 65.000 – 412.000. Tersedia bahan dari bahan alumunium, silicon dan juga logam. 

  • Tart Pan 

Tart pan

Nah, tart pan ini memiliki pinggiran yang bergerigi. Biasanya pan ini digunakan untuk membuat kue pie. Kue pie yang memiliki tekstur lembut di tengah dan renyah di pinggirnya. Pinggir kue pie ini cukup mudah rapuh, maka dari itu loyang ini bisa dibongkar pasang dibawahnya. Agar kue pie tetap utuh saat disajikan. Harga berkisar 55.000-330.000

  • Muffin pan

Loyang muffin

 

Cetakan muffin, menjadi paling banyak dicari. Karena cetakan ini tidak hanya untuk membuat muffin saja tapi bisa juga untuk cupcake. Harga cetakan muffin berkisar 90.000-180.000

  • Spring form 

Sringform Pan

cooksinfo.com

Loyang bongkar pasang ini cocok digunakan di oven toaster. Kemudahan dalam menggunakannya, membuat loyang ini wajib ada di dapur Anda. Pilih produk yang bagus dan tebal agar tidak ada kebocoran di sisi-sisinya. Harga loyang ini berkisar Rp. 74.000-228.000

  • Waffle maker

Wafel maker

Membuat waffle harus menggunakan cetakan khusus. Cetakan waffle terdiri dari dua pilihan. Manual dengan kompor, dan juga menggunakan listrik. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa membaca lengkap di sini Buat Cemilan Kekinian? Waffle Maker Terbaik Ini, bisa Jadi Referensi . Agar tidak binggung memilih yang mana. Harga berkisar 170.000- 450.000

  • Angel pan 

Angel pan

 

Loyang khusus chiffon cake ini memang spesial. Karena memiliki perbedaan di bagian kaki-kaki. Membuat chiffon cake memang harus menggunakan loyang khusus. Fungsi kaki loyang adalah agar cake tidak bersentuhan langsung dengan meja saat di balik, membalik chiffon cake juga berfungsi untuk mengeluarkan panas.

Tips membeli cetakan kue

Membeli cetakan kue adalah hal yang susah-susah gampang. Kenapa? Karena berbagai macam bentuk kue dan terkadang kita salah membelinya. Pada akhirnya tidak terpakai dengan maksimal. Sebelum membeli, coba cari tau dulu informasi seputar cetakan kue. Dan tentunya, perhatikan dari segi kualitas dan bahan. Jangan asal beli karena harga yang murah. Belilah sesuai kemampuan, namun harus diingat membeli barang dengan kualitas bagus adalah investasi jangka panjang. 

Pilihlah jenis logam yang tebal untuk loyang, jangan yang tipis. Pasti akan mudah penyok, hanya dalam beberapa kali pakai. Simpan semua peralatan kue, baik dari plastik, alumunium, silikon ataupun dari logam dengan baik. Dan juga cara merawatnya, seperti mencuci dengan bersih, menggunakan spons lembut, jangan lupa juga dikeringkan, ya. Semoga, artikel tentang macambisa membantu Anda dalam mengetahui beragam jenis cetakan kue.