loyang 18 berapa telur
bhg.com

Loyang Ukuran 18 untuk Kue Ulang Tahun. Butuh Telur Berapa?

Posted on

Membuat kue ulang tahun, biasanya menggunakan loyang ukuran 18cm ataupun 20cm. Untuk loyang ukuran 18cm, memang adalah ukuran yang pas, jika Anda ingin membuat kue sendiri, karena hanya menggunakan 4 telur saja, loh! Tidak hanya membuat kue ulang tahun, kue seperti bolu pisang, brownies, bolu pandan dan lainnya juga bisa menggunakan loyang 18 cm dan dengan 4 butir telur.

Kue ukuran 18 sebesar apa? Ukuran kue 18 atau atau setara 7 inci ini adalah bisa dipotong dengan ukuran standar antara 16 s.d. 24 potong kue. Cocok untuk dibagikan satu keluarga besar ramai-ramai untuk makan bersama.

Buat Anda yang ingin membuat kue dengan waktu yang relatif cepat, loyang ukuran 18 bisa menjadi pilihan. Pekerjaan membuat kue pun tidak menghabiskan waktu lama. Cocok juga nih, buat kamu yang baru latihan membuat kue. Jika Anda ingin kue yang lebih tinggi. Anda cukup membuat 2 cake, lalu tinggal ditumpuk, deh.

Jika Anda bertanya loyang ukuran 18 untuk telur berapa? Termasuk loyang ukuran 16 berapa telur? Berikut ini adalah jawaban tepatnya!

Kue ulang tahun, berawal darimana, ya?

Banyak yang tidak mengetahui bahwa kue ulang tahun, sudah ada loh dari zaman yunani kuno. Pada zaman romawi, kue disajikan untuk acara ulang tahun dan juga perayaan pernikahan. Dan biasanya kuenya berbentuk bulat, terbuat dari tepung, kacang dan rasa manis dari madu.

Dari abad ke-15 pun, jerman sudah menjual kue ulang tahun, tapi dulu kue ulang tahun lebih pendek, karena menggunakan 1 lapis cake saja. Nah, beberapa abad setelahnya, perlahan kue ulang tahun mengalami perubahan, menambah beberapa lapisan cake dan juga mulai mendekorasinya. 

Eittss, tapi kue ulang tahun zaman itu, hanya diperuntukan untuk kalangan atas saja, hanya orang-orang tertentu yang bisa menikmatinya, karena dulu, bahan yang tersedia hanya sedikit dan terbatas. Tentunya, membuat harga satu ‘kue’ saja menjadi sangat mahal.

Tapi, semenjak revolusi industri, bahan pembuatan kue mulai mudah didapatkan. Lama kelamaan semua kalangan baik atas maupun bawah bisa menikmati kue ulang tahun.

Lagu ‘selamat ulang tahun’ tidak kalah menarik dari cerita kue ulang tahun, nih. Lagu yang sering kita dengar dan nyanyikan saat perayaan ulang tahun, pertama kali dipopulerkan pada awal tahun 1900-an. Wah, sudah sangat lama, ya. 

Loyang Ukuran 18 untuk Telur Berapa? Jawabnya Ada di Tips Buat Kue Berikut

  • Untuk siapa 

Untuk siapa kue yang Anda buat, penentuan awal jika anda ingin membuat kue ulang tahun. Misalkan contoh, anda ingin membuat kue ulang tahun untuk keluarga atau teman Anda. Teman Anda tidak suka kue coklat, tapi Anda membuatkan kue black forest, tentunya kue tersebut tidak pas.

Atau jika Anda, membuat kue ulang tahun untuk keluarga, berupa cheese cake, tapi ternyata keluarga Anda ada yang memiliki alergi dengan keju. Atau Anda juga bisa menentukan kue untuk siapa, dengan melihat karakter orang tersebut, dan membuat tema, rasa dan dekorasi yang pas. 

  • Tentukan tema 

unicorn cake
unsplash.com/Joshua Hoehne

Setelah tau ingin membuat kue untuk siapa, Anda tinggal menentukan tema. Jika Anda memiliki orderan kue dari pelanggan, tentu tema mereka yang akan menentukan. Tapi jika Anda membuat kue untuk pribadi, Anda harus memilih tema.

Contoh misal, ulang tahun anak Anda bertema Unicorn, tapi Anda membuat cake bergambar Upin-Ipin. Tentu tema ini tidak sesuaikan? Penting untuk menentukan tema terlebih dahulu. Agar bisa tau dekorasi apa sih yang cocok untuk kue yang akan anda buat.

  • Ukuran kue 

Ukuran kue menjadi penting dalam pembuatan kue. Karena dari sini, Anda tau harus menggunakan telur berapa butir, juga berapa banyak orang yang nanti ada saat acara berlangsung. Apakah hanya untuk 4-5 orang, atau untuk 20-50 orang.

Biasanya ukuran kue tergantung dari acara seperti apa. Simpel atau mewah. Makin simpel acara, tentu ukuran kue pun makin kecil. Ukuran kue kotak, bulat, love dan sebagainya bisa menjadi pertimbangan.

  • Pemilihan bahan

telur
pexels.com/Flora Westbrook

Bahan menjadi hal utama, setelah ketiga hal diatas, kue diperuntukan untuk siapa, tema dan ukuran. Karena bahan adalah salah satu hal yang menentukan. Berapa butir telur yang digunakan, tepung seperti apa, mentega, coklat atau keju (internal link meg chesse) merk apa. Pemilihan bahan disesuaikan dengan untuk siapa kue dibuat, tema dan acara ya. 

Membuat Kue Ulang Tahun Dengan Loyang Ukuran 18 untuk telur

Seperti yang dibahas sebelumnya, membuat kue dengan ukuran loyang 18, dan hanya memakai 4 butir telur. Ukuran ini, mungkin kira2 sejengakal tangan orang dewasa, cukup untuk 16 slice bahkan lebih, dengan potong 4cmx4cm, ya.

Jika Anda mau tahu tepatnya, baca aja macam-macam ukuran kue, disitu dijelaskan lengkap. Sehingga Anda mudah untuk menentukan loyang ukuran 18 untuk telur berapa aja. Simpel banget kok, jangan lupa baca artikel tersebut ya.

Membuat kue dengan loyang 18 memang tidak terlalu sulit, tapi Anda juga bisa melihat (internal link macam-macam ukuran loyang dan jumlah telur), jika anda ingin membuat kue dengan ukuran loyang dan jumlah telur yang berbeda. Berikut 2 resep kue ulang tahun simpel tapi berkesan dengan loyang 18 dan 4 butir telur. 

CHEESE KOREAN CAKE 

Korean cake

Bahan : 

  • 4 Butir telur
  • 125 tepung terigu 
  • 3 sdm tepung maizena
  • 150gr keju cheddar 
  • 100g margarin cair 
  • 125gr gula pasir 
  • ½ vanili 
  • 1 sdt Sp
  • 225 ml susu kental manis putih 

Cara Membuat :

  1. Panaskan kukusan, dengan api kecil. Dan leleh kan margarin. Sisihkan
  2. Mixer, telur, gula pasir, vanili , sp dan susu kental manis putih. Kocok kira-kira 10 menit, sampai adonan putih mengembang .
  3. Masukan dengan bertahap tepung terigu, tepung maizena sambil diayak. Aduk menggunakan whisk.
  4. Tambahkan keju cheddar, yang sudah diparut. Aduk rata
  5. Masukan margarin cair. Aduk menggunakan spatula, dengan teknik folding/melipat. Hingga benar-benar rata
  6. Tuang adonan ke loyang
  7. Kukus adonan selama 25-45 menit (cek secara berkala) Pastikan tidak ada air yang menetes ke adonan. 
  8. Lapisi seluruh adonan dengan butter cream. Anda bisa menggunakan satu warna agar terlihat lebih minimalis, atau bisa juga dengan teknik gradasi warna. Lapisan korean cake tidak harus selalu rapi. Tulis bagian atas dengan spuit, dan kata-kata. 

CHOCOLATE DRIP CAKE

drip cake
Unsplash.com/American Heritage Chocolate

Bahan : 

  • 4 Butir telur
  • 80gr Dark chocolate  
  • 30 gr Coklat bubuk
  • 100gr Tepung protein sedang
  • 150gr Gula pasir 
  • 80 ml Minyak 
  • 1sdt Sp
  • 1 sdm Margarin 
  • ½ sdt Garam

Cara Membuat : 

  1. Lelehkan margarin dan dark chocolate.
  2. Campurkan minyak, setelah margarin dan dark chocolate cair. Dan pastikan lelehan margarin sudah tidak terlalu panas. Aduk rata. Sisihkan
  3. Kemudian campur telur, gula dan sp. Aduk dengan menggunakan mixer. Sampai putih mengembang.
  4. Di wadah lain campurkan dulu terigu dan coklat bubuk. Aduk hingga rata.
  5. Masukan sedikit demi sedikit dalam campuran telur. Aduk lagi menggunakan mixer kecepatan rendah, tidak perlu terlalu lama.
  6. Lalu gunakan spatula untuk mengaduk teknik melipat.
  7. Campurkan lelehan dark chocolate, margarin dan minyak. Aduk lagi dengan spatula, hingga tercampur rata
  8. Tuang adonan kedalam loyang, yang sudah dialasi dan di olesi mentega 
  9. Kukus hingga 35-45 cek secara berkala. Kamu bisa membuat lebih dari 1 loyang agar bisa mendapatkan kue yang lebih tinggi.
drip cake
Pinterest/Lindsay

10. Lapisi cake menggunakan whip cream dengan warna lebih terang. Lalu buat sekeliling kue seperti tetesan air,  dengan lelehan coklat menggunakan spuit. Hias atas cake sesuai selera.

Kue ulang tahun buatan sendiri memang lebih berkesan, ya! Apalagi dengan ukuran 18 dengan hanya menggunakan, 4 butir telur saja, membuat kue jadi lebih mudah dan cepat.