kulkas bunyi

Penyebab Kenapa Mesin Kulkas Bunyi Berisik Terus



Kulkas atau lemari es adalah salah satu jenis barang elektronik yang sebagian besar dimiliki oleh masyarakat masa kini. Hampir setiap rumah memiliki minimal satu unit kulkas untuk keperluan menyimpan bahan makanan, seperti sayuran, buah-buahan, daging & sebagainya. Freezer kulkas untuk menyimpan frozen food agar lebih tahan lama. Seiring berjalannya waktu pemakaian, kerusakan seperti lampu indikator mati, suhu kulkas kurang dingin, bocor dan yang paling sering terjadi adalah kulkas bunyi berisik atau bising terus-menerus.

Ketika terjadi hal-hal tersebut, utamanya ketika kulkas mengeluarkan bunyi yang berisik, kamu mungkin akan merasa kerepotan. Bunyi berisik yang keluar terus-menerus jelas mengganggu kenyamanan kamu, apalagi di malam hari.

Cek juga artikel kami tentang penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin, disitus juga ada tips cara mengatasinya, jelas & solutif!

Selain itu, kamu pasti akan merasa cemas dan bingung terhadap kondisi kulkas kamu dan khawatir akan mengalami kerusakan yang semakin parah. Sedangkan kamu sendiri tidak terlalu paham tentang komponen-komponennya jika harus membongkar sendiri atau kamu juga terlalu sibuk untuk membawanya ke tukang service elektronik.

Hal itu wajar terjadi dan untuk mencegahnya sebaiknya kamu perlu mengetahui berbagai macam solusinya sehingga kamu bisa memperbaiki sendiri tanpa harus kerepotan. Berikut ini adalah 9 penyebab utama kulkas bunyi berisik terus-menerus yang perlu kamu ketahui.

Settingan Baut

penyebab kulkas bunyi

Hal pertama yang perlu kamu curigai sebagai penyebab kulkas bunyi adalah settingan baut. Kulkas bunyi yang disebabkan settingan baut ini cukup sering terjadi karena baut mudah kendor akibat ada bagian baut yang aus dikarenakan waktu pemakaian yang sudah lama.

Selain itu, baut longgar juga dapat diakibatkan oleh karat. Untuk memperbaikinya sangat mudah, cukup bersihkan kemudian kencangkan baut yang kendor tersebut dengan obeng serta pastikan sekrup dan baut sudah terpasang sempurna sampai bunyi berisik hilang.

Tegangan Listrik

Kamu mungkin bertanya-tanya kenapa kulkas bunyi bisa disebabkan oleh tegangan listrik. Tegangan listrik yang tidak stabil di rumah kamu dapat menimbulkan suara bising yang terus-menerus muncul di bagian kompresor kulkas. Untuk mengatasinya, kamu perlu memasang stabilizer listrik yang berfungsi untuk menjaga tegangan listrik dan arus yang masuk ke peralatan elektronik agar tetap stabil.

Kompresor

Pada kulkas terdapat kompresor yang biasanya terletak di bagian belakang yang berfungsi untuk menghasilkan suhu dingin pada kulkas. Penyebab kulkas bunyi bisa terjadi karena kompresor mengalami kerusakan.

Kerusakan pada kompresor biasanya akan menghasilkan suara berisik, seperti bising, mencicit, atau mendengung. Untuk mengetahui apakah bunyi yang muncul disebabkan oleh kerusakan pada kompresor, kamu perlu mengecek suhu pada kulkas. Jika suhu yang dihasilkan tidak terlalu dingin atau es batu dalam freezer mudah mencair maka kamu perlu melakukan pengecekan lebih lanjut pada kompresor untuk mengidentifikasi masalah yang lebih spesifik.

Jika kondisi kompresor sudah tua atau rusak kamu perlu menggantinya atau kamu bisa memanggil teknisi untuk memastikan apa masalah utama di kompresor.

Kipas / Fan

Pernahkah kamu mendengar bunyi tek tek muncul dari kulkas? Jika iya, kulkas bunyi tek tek bisa disebabkan oleh kipas / fan yang rusak. Jika hal ini terjadi, kamu perlu mengganti kipas tersebut dengan kipas baru. Kamu bisa membelinya di toko online atau toko elektronik terdekat.

Sebelum membeli, pastikan kamu sudah mengecek kondisi kipas lama apakah rusak seluruhnya atau hanya rusak sebagian. Jika hanya rusak sebagian, kamu tidak perlu mengganti satu set lengkap, cukup ganti motor atau baling-balingnya saja.

Pipa

Terkadang saat menentukan posisi kulkas, kamu mungkin tidak sengaja meletakkannya terlalu mepet dengan tembok sehingga pipa berhimpit dengan dinding body kulkas. Hal ini bisa menjadi penyebab kulkas bunyi disebabkan pipa yang tertekan di beberapa bagiannya. Agar hal ini tidak terjadi, kamu perlu memberi jarak antara pipa dengan dinding kabinet kulkas juga dengan tembok.

Evaporator

Lebih kompleks lagi masalahnya jika kulkas sering bunyi karena evaporator yang rusak. Hal ini bisa diketahui dengan mengecek dinding belakang freezer.

Jika terasa lebih panas dari biasanya, kamu perlu mencurigai bahwa bunyi yang muncul disebabkan oleh rusaknya evaporator. Evaporator merupakan komponen penting dari kulkas sehingga perlu perhatian lebih jika terjadi kerusakan.

Agar diagnosa yang dilakukan lebih akurat, kamu perlu memanggil teknisi untuk memastikan masalah utamanya. Bagian evaporator yang sering mengalami kerusakan adalah kipas dan grommet atau ring. Jika bagian tersebut rusak, kamu bisa menggantinya dengan yang baru.

Freezer

Kulkas bunyi terus karena freezer? Bisa saja loh terjadi! Ketika kamu mendengar kulkas bunyi di bagian freezer, ini sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi ketika proses pembuatan es batu. Bunyi tersebut akan hilang setelah operasi pembekuan air menjadi es batu selesai.

Namun jika bunyi bising tidak kunjung mereda, kamu perlu memeriksa garis air di katup inlet bagian belakang kulkas. Jika katup inlet tidak terhubung dengan benar, biasanya akan menimbulkan suara bising yang terus-menerus muncul. Kamu perlu mengencangkan katup tersebut sampai terhubung sempurna dan pastikan bunyi bising tidak muncul lagi.

Segel Pintu

Penyebab selanjutnya, mesin kulkas bunyi karena segel pintu pecah atau rusak sehingga menghalangi kulkas untuk tertutup rapat. Segel pintu yang kotor juga dapat menjadi penyebabnya. Kamu hanya perlu membersihkan segel pintu dengan kain lembut dan air hangat serta sabun, lalu tutup pintu kulkas. Jika pintu masih belum bisa tertutup rapat, kamu perlu mengganti segel pintu tersebut.

Kondensor

Kondensor adalah bagian utama kulkas yang berfungsi untuk menukar panas dalam proses perubahan gas freon yang masuk ke sistem kulkas dalam bentuk cair.

Proses pertukaran panas ini menghasilkan suhu dingin di dalam kulkas. Terkadang, kulkas bunyi dapat disebabkan kondensor yang mengalami kerusakan. Jika mengalami hal seperti ini, kamu perlu pemeriksaan lebih lanjut terhadap komponen penyusun kondensor, misalnya kipas kondensor. Bunyi yang timbul bisa diakibatkan karena kipas kondensor yang rusak.

Kemungkinan lain adalah bagian utama kondensor yang rusak. Karena ini adalah bagian yang vital maka sebaiknya kamu perlu memanggil tenaga ahli atau membawanya ke jasa service peralatan elektronik untuk menghindari kerusakan yang menyeluruh.