kulkas built in ariston

Kulkas Built In dan Kelebihannya

Posted on

Kulkas built in? Ya, hari ini kita akan membahas apa itu kulkas built in. Apa saja kelebihannya dan apa saja kekurangannya. Simak di sini ya!

Dari sekian banyak peralatan elektronik dapur, ada satu alat yang sering digunakan dan memiliki fungsi yang sangat vital. Alat itu adalah kulkas atau lemari es.

Perkembangan Lemari Es

Hebatnya, sampai dengan hari ini, kulkas sudah mengalami banyak pengembangan dan perkembangan dari banyak sisi. Mulai dari segi bentuk, kapasitas isi, dimensi, desain, bahkan warna yang bermacam-macam.

Misalnya lemari es yang dulunya hanya memiliki desain dengan 1 pintu, sekarang banyak model yang memiliki lebih dari dua pintu.

Bahkan ada juga kulkas yang memiliki dispenser di dalamnya, begitu juga dengan banyak inovasi dan perkembangan menarik yang lainnya.

Nah, dengan berbagai inovasi serta fungsi kulkas kini, sehingga wajar jika ada kulkas yang dibanderol dengan harga yang jauh di atas peralatan dapur lainnya, bahkan sampai kurang masuk akal.

Jenis-jenis Kulkas

cara mengakali kulkas menjadi built in fridge

Supaya Anda tidak keliru dalam membeli kulkas, mari kita kenali dulu 8 jenis lemari es yang banyak tersedia di toko-toko saat ini.

  1. Kulkas Top Freezer

Jenis kulkas top freezer merupakan tipe kulkas yang paling lazim serta paling banyak digunakan oleh warga negara Indonesia.

Kulkas ini terdiri atas 2 kompartemen. Dan sesuai dengan nama jenis lemari es ini, kompartemen atas yakni untuk freezer serta kompartemen bawah ialah untuk area fridge.

Ukuran lemari es tipe ini cukup beraneka ragam. Baik itu dari tinggi maupun lebarnya. Lemari es ini lazimnya punya dua pintu untuk membedakan antara freezer dan fridge.

Dan secara harga, lemari es top freezer lumayan lebih murah jika dibandingkan dengan jenis-jenis kulkas lainnya.

  1. Kulkas Freezer-less

Kemudian, kita ada lemari es freezer-less. Sesuai dengan namanya ya, kulkas tipe freezer-less ini tidak punya freezer di bagian dalamnya.

Sehingga lemari es ini biasanya memiliki hanya satu pintu saja. Ini karena dia tidak punya freezer. Soal ukuran, kulkas ini lumayan lebih kecil jika dibandingkan jenis-jenis kulkas lainnya.

Meskipun secara fasilitas tidak sama lengkapnya dengan kulkas top freezer, namun lemari es ini masih cukup disukai masyarakat Indonesia yang punya dapur yang sempit tapi masih membutuhkan kulkas berukuran mini.

  1. Kulkas Deep Freezer

kulkas built in

Kalau kulkas freezer-less adalah kulkas tanpa freezer, maka kulkas yang ini adalah kebalikan dari kulkas freezer-less.

Lemari es deep freezer tidak memiliki bagian fridge, atau bisa disebut hanya punya freezer saja. Kulkas tipe ini memang dikhususkan buat menyimpan bahan makanan serta bahan makanan beku.

Setidaknya ada 2 tipe lemari es deep freezer. Mulai dari yang bentuknya vertikal (ini kaya kulkas pada umumnya) namun dan ada juga yang memiliki bentuk horizontal atau melebar dengan bukaan dari atas.

Ini mirip seperti kulkas es krim atau daging beku olahan yang sering Anda temui di banyak pusat perbelanjaan.

  1. Kulkas Bottom Freezer

Tahukah Anda, jika menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, ternyata posisi freezer akan lebih tepat jika berada di bawah.

Sebab, dengan area fridge di atasnya ini oleh karena para pengguna kulkas cenderung lebih sering ambil bahan makanan di bagian fridge.

Nah, dengan kulkas tipe bottom freezer ini, maka sang pengguna tak perlu sering-sering membungkuk hanya untuk mengambil bahan makanan yang tidak beku.

Namun, tentu saja hal ini tak berlaku bagi pengguna yang lebih seringnya mengolah bahan makanan yang beku ketimbang non beku.

Sehingga orang yang sering mengolah bahan pangan beku, biasanya lebih sering membuka pintu freezer ketimbang pintu fridge.

  1. Kulkas Side by Side

Lemari es side by side punya dua pintu. Mereka ada di sisi kiri dan sisi kanan. Kulkas side by side ini sering ditemui di tempat dengan desain dapur modern.

Hingga hari ini, kulkas jenis side by side ini sudah mengalami banyak pengembangan. Misalnya saja Ada kulkas side by side yang memiliki tambahan pintu.

Tambahan pintu ini berguna untuk memudahkan akses ke tempat rak minuman. Ada juga kulkas side by side yang menyediakan dispenser tergabung atau menjadi satu dengan kulkas itu sendiri.

Kemudian, disebabkan karena desainnya yang mewah, elegan, serta  ukurannya yang besar, maka kulkas ini biasa dibanderol dengan harga yang relatif mahal.

  1. Kulkas French Door

kulkas built in ariston

Jika Anda sedang cari lemari es dengan kapasitas muat yang besar dan punya banyak pintu, maka kulkas french door bisa jadi pilihan yang tepat.

Well, jika Anda melihat lemari es ini sekilas, maka kulkas french door punya tampang yang mirip dengan lemari es side by side.

Bedanya di mana? Bedanya ada pada bagian kulkas ini yang memiliki 3 hingga 4 pintu. Pembagiannya sebagai berikut: 2 pintu besar di bagian atas, serta satu atau dua pintu tambahan di bagian bawah.

Saran kami, jika Anda memiliki budget yang cukup, silakan membeli kulkas french door, karena berbagai kelebihan yang dimilikinya!

Cek juga tips mengatasi kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku, agar berfungsi seperti sedia kala.

  1. Kulkas Built-in

Sesuai dengan namanya, lemari es atau kulkas built-in sengaja didesain terintegrasi atau tergabung dengan kabinet atau lemari.

Sehingga jika dipandang, maka kulkas ini terlihat menyatu dengan kabinet atau lemari dapur.

Jadi, jika Anda termasuk orang yang ingin desain dapur dengan suasana yang rapi serta tak memakan banyak tempat, maka lemari es ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Selain desainnya menyatu dengan lemari dapur, lemari es ini juga punya ukuran yang ramping.

Namun, jika Anda ingin menyimpan begitu banyak bahan makanan, maka kulkas jenis ini tidak kami rekomendasikan. Karena kapasitasnya memang terbatas.

Layaknya tipe kulkas side by side dan french door, kulkas built-in ini tergolong lemari es dengan harga yang cenderung mahal.

Kelebihan Kulkas Built In

daya kulkas built in

Apa saja kelebihan kulkas built in? Mengapa Anda sebaiknya punya di rumah (jika budget Anda mencukupi?)

Lemari es built-in sejatinya dirancang untuk dapur mewah atau kelas atas. Jadi ketika Anda melakukan renovasi dapur, maka lemari es built-in ini akan membuat desain dapur Anda lebih ‘wow’.

Lihat juga bagaimana cara pengaturan suhu kulkas samsung 2 pintu, lemari es pun berfungsi dengan baik dan awet

Sisi buruknya, lemari es built-in tersebut membutuhkan instalasi profesional. Tidak semua orang bisa memasangnya dengan baik.

Lemari es ini menghadirkan gaya ramping dan mewah. Sebuah kesatuan gaya yang sulit Anda dapatkan dengan model kulkas yang lain. Kulkas ini bisa dikatakan masuk ke dalam elemen penting dari desain dapur kelas atas.

Tak hanya menang di gaya, kulkas built-in dibuat agar tahan lama. Kulkas-kulkas ini memiliki umur yang lebih panjang daripada kebanyakan lemari es tipe lain.

Keuntungan besar lain yang akan Anda dapatkan dengan memiliki ini di rumah ialah bahwa dengan lemari es built-in, Anda bisa melakukan kustomisasi tanpa batas.

Berbagai gaya pintu tersedia, termasuk panel khusus dan dan bahkan pintu tembus pandang.

Kesimpulan

Demikianlah sekelumit tulisan tentang kulkas built in. Jika Anda memiliki budget yang cukup, tentu saja kami sarankan Anda untuk memilikinya.

Jika budget kurang, selama Anda bukan pengusaha yang membutuhkan kulkas jenis ini atau orang yang dituntut dengan gaya hidup mewah, maka kulkas tipe lain pun bisa memenuhi kebutuhan Anda.