kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku

Lima Sebab Kulkas 2 Pintu Dingin Tapi Tidak Beku

Ada kalanya kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku bisa terjadi, ada banyak faktor yang menyebabkan masalah tersebut. Anda yang sedang mengalami masalah serupa, penjelasan berikut ini akan membantu Anda mengetahui apa yang menyebabkan kulkas yang dingin, tapi tidak beku di bagian freezernya.

Kulkas dua pintu memiliki sistem pendingin yang berbeda dengan kulkas satu pintu. Kulkas dua pintu memiliki fitur defrost yang mencegah terbentuknya bunga es di bagian freezer. Bisa jadi kulkas dua pintu Anda dingin namun tidak beku karena ada masalah di bagian defrost.



Masalh ini bisa selesai salah satunya dengan trik kami di artikel cara mengatur suhu kulkas samsung inverter, tetapi jika ingin tahu penyebabnya, berikut alasan kenapa kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa lebih mudah dalam melakukan maintenance atau perbaikan pada kulkas tersebut.

Kipas Evaporator Bermasalah

kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku

Pada kulkas dua pintu terdapat evaporator yang fungsinya menghembuskan hawa dingin. Evaporator berbentuk seperti kipas dan terletak di bagian belakang boks freezer. Penyebab kulkas dingin tapi tidak beku bisa jadi karena kipas evaporator mengalami kendala.

Kendala tersebut bisa jadi karena sulit berputar, berputar tapi ambat, atau kumparan motornya terbakar. Masalah pada kipas evaporator bisa juga karena ada penumpukan bunga es di bagian sekitar kipas. Anda bisa membersihkan kipas evaporator dengan mengecek kondisi kipas, menghubungkan kipas dengan sumber listrik dan membongkarnya.

Sistem Defrost Tidak Bekerja

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kulkas dua pintu memiliki sistem deforst yang membedakannya dengan kulkas satu pintu. Jika sistem deforst ini bermasalah, maka muncul bunga es yang menumpuk di freezer atau evaporator.

Tumpukan bunga es yang terlalu tebal akan membuat kipas evaporator tidak bisa maksimal mendinginkan freezer, sehingga kulkas dingin tapi tidak beku. Jika tidak segera diperbaiki, maka freezer hanya bisa memberikan hawa dingin, namun tidak bisa membekukan.

Thermostat Tidak Normal

Setiap kulkas memiliki thermostat, fungsinya untuk mengatur suhu di dalam kulkas agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dalam keadaan normal, thermostat yang berada di setelan medium sudah mampu untuk membuat freezer beku.

Namun jika Anda sudah menyetel thermostat ke angka maksimum dan suhu di dalam freezer tidak kunjung dingin, bisa jadi ada masalah dengan thermostatnya. Jika memang diperlukan, Anda bisa mengganti thermostat yang rusak dengan thermostat baru sesuai jenis kulkas.

Kerja Kompresor Sudah Lama

Penyebab kulkas dingin tapi tidak beku lainnya adalah kerja kompresor yang mulai melemah. Kompresor yang lemah akan membuat tekanan gas freon menjadi berkurang, sehingga membuat sirkulasi udara dingin menjadi tidak lancar.

Anda bisa mengecek ampere kompresor untuk memastikan menggunakan tang ampere, cara ini bisa digunakan untuk mengetahui apakah kompresor bekerja sesuai standar. Apabila tekanan yang dihasilkan kecil, maka besar kemungkinan kompresor yang ada di laptop dua kulkas sudah lemah.

Aliran Gas Freon yang Lambat

Jika kulkas dua pintu tidak beku meski udaranya dingin, besar kemungkinan gas freon yang ada di dalam sistem pendingin tidak bisa berjalan dengan baik. Bagi yang belum mengetahui, gas freon merupakan zat pendingin yang berfungsi untuk menyerap suhu panas di dalam kulkas.

Gas freon kemudan bersikulasi di dalam sistem pendingin secara terus menerus, sehingga suhu kulkas terus stabil selama tetap tersambung dengan energi listrik. Apabila aliran gas freon melambat, maka mesin pendingin kulkas tidak akan bisa bekerja dengan optimal.

Penyebab kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku memang beragam. Jika Anda mengalami masalah tersebut, jangan ragu untuk meminta bantuan professional agar kulkas bisa digunakan seperti semula.

Leave a Reply