Skip to content
Home » Tips » Korean Cake: Kue Kekinian yang Simpel dan Aesthetic

Korean Cake: Kue Kekinian yang Simpel dan Aesthetic

korean cake

Belakangan ini, ada sebuah cake yang sedang menjadi tren. Namanya adalah Korean cake yang sering juga disebut sebagai bento cake atau lunch box cake. Sejak kemunculannya pertama kali, cake satu ini sudah langsung mencuri perhatian karena penampilannya yang aesthetic.

Kue Korean cake ini kerap dipesan saat acara spesial seperti ulang tahun, anniversary, atau perayaan lainnya. Selain penampilannya yang aesthetic, ukurannya yang kecil juga menjadi daya tarik tersendiri untuk cake ini.

Korean Cake Aesthetic

Umumnya, Korean bento cake hanya mengandalkan buttercream untuk menghiasnya. Di bawah ini terdapat beberapa opsi desain yang kerap dipilih untuk menghiasi Korean cake.

Desain dengan Gradasi Warna

Pilihan desain Korean cake dengan gradasi warna pastel ini menjadi favorit banyak orang. Dua atau tiga warna pastel yang dipadukan di atas cake akan sangat aesthetic dan menyenangkan untuk dilihat. Jangan lupa untuk menambahkan ucapan atau kata-kata yang sesuai dengan perayaannya.

Cake dengan Gambar Karakter

Desain yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak. Bento cake dapat dihiasi dengan salah satu karakter favorit, misalnya super hero, princess, atau tokoh kartun favorit si kecil.

Karena bento Korean cake memiliki ukuran yang kecil, biasanya hiasan karakter akan memenuhi seluruh permukaan cake tersebut.

Desain Monokrom

Tidak suka dengan cake yang terlalu heboh? Opsi desain dua warna atau monokrom sangat cocok untuk dijadikan pilihan. Paduan dua warna seperti navy dan putih atau hitam dan peach akan menjadi perpaduan yang sempurna.

Karena konsepnya monokrom, di bagian atas cake hanya diberi tulisan atau ucapan. Agar tidak terlalu polos, bisa tambahkan hiasan berupa titik kecil di sekeliling tulisan.

Desain Simple

Desain simple tidak pernah salah, bahkan bisa membuat tampilan Korean cake menjadi lebih aesthetic. Biasanya, bento cake dengan desain simple hanya dilapisi dengan buttercream satu warna di bagian permukaannya.

Kemudian dihias dengan beberapa tulisan atau gambar. Ukuran gambar atau tulisannya juga tidak terlalu besar. Desain seperti ini membuat cake terlihat minimalis, elegan, dan tidak terlalu penuh.

Meme di Atas Cake

Pilihan desain terakhir yang bisa dipilih adalah meme. Desain yang satu ini cocok sekali diberikan kepada orang yang gemar membuat orang lain tertawa atau melucu. Beberapa karakter yang kerap dijadikan sebagai inspirasi desain kue meme ini adalah pentol.

Seperti meme yang sering dilihat di internet, Anda juga dapat menambahkan beberapa kata di atas bento cake ini. Misalnya ucapan selamat ulang tahun yang dikemas dalam kata-kata lucu ala meme.

Mengapa Disebut Korean Cake?

Banyak yang mempertanyakan, mengapa kue yang satu ini disebut Korean cake? Supaya tidak penasaran lagi, mari simak penjelasannya.

Alasannya sangat simpel dan jelas, kue berukuran kecil ini berasal dari Korea Selatan dan lebih dulu menjadi tren di Negeri Ginseng tersebut. Karena kekuatan internet, kue ulang tahun ini akhirnya sampai ke Indonesia dan menjadi tren baru di sini. Itulah kenapa kue ini disebut sebagai Korean bento cake.

Di Korea, tren bento cake sebenarnya terjadi sejak 2018-2019 lalu. Namun, kue ini baru menjadi trend di Indonesia pada 2020 hingga saat ini.

Sebelumnya, ada beberapa makanan Korea lainnya yang juga menjadi tren di Indonesia, contohnya sweet potato brean dan Korean garlic cheese bread.

Ada beberapa alasan kenapa kue tart berukuran kecil tersebut menjadi tren di Korea dan selanjutnya sampai ke Indonesia.

Sering Tampil di Drakor

Pertama, Korean lunch box cake sangat sering ditampilkan dalam drama Korea atau drakor. Seperti yang sudah diketahui, banyak orang di Indonesia yang gemar menonton drakor.

Salah satu drama yang menampilkan Korean lunch box cake adalah The Legend of the Blue Sea. Drama tersebut menampilkan cake minimalis dua tingkat yang memadukan warna pink dan ungu pastel. Selain itu, drakor Goblin juga menampilkan Korean lunch box cake berwarna kuning pastel.

Karena banyak ditampilkan di drakor, penonton menjadi tertarik dan ingin mencobanya. Fenomena tren Korean lunch box cake ini hampir sama seperti ketika tteokbokki dan ramyun menjadi tren.

Tampilannya Menarik

Kue minimalis ala Korea ini memang sangat menarik perhatian, bahkan saat pertama kali melihatnya. Desainnya yang minimalis menjadi daya tarik tersendiri.

Selama ini, orang-orang sudah terbiasa melihat cake yang dihias dengan “heboh”. Ketika ada cake yang simple, tentu akan menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih tampilannya tetap appetizing meski punya desain yang kalem.

Selain simpel dan minimalis, desain yang dipilih untuk Korean cake juga imut. Ada yang menggunakan gambar kartun, menambahkan ucapan, dan lain sebagainya. Biasanya, pembeli atau pemesan diberi kebebasan untuk menentukan desain kuenya sendiri.

Bisa Disajikan Kapan Saja

Korean lunch box cake tidak hanya bisa disajikan saat merayakan ulang tahun. Ada banyak momen yang bisa dirayakan dengan kue satu ini, misalnya anniversary, kelulusan, atau pencapaian lainnya.

kue korea

Bahkan Anda juga bisa membeli atau memesan Korean lunch box cake untuk self rewards. Jadi, tidak perlu momen khusus untuk bisa menikmati cake khas Korea ini.

Korean Cake Itu Apa?

Pada dasarnya, Korean lunch box cake adalah kue biasa yang dilapisi dengan buttercream di bagian luarnya. Kemudian dihias dengan warna-warna pastel dan dikemas dalam sebuah styrofoam kecil.

Karena bentuk kemasan dan ukurannya seperti kotak makan siang, maka kue ini kemudian disebut sebagai lunch box cake, bento (bahasa Jepang) cake, atau dosirak (bahasa Korea) cake.

Kemunculan lunch box cake dari Korea ini berhubungan dengan budaya makan masyarakat di sana. Kebanyakan orang Korea makan dalam dua sesi. Sesi pertama adalah makan besar, misalnya menyantap nasi atau makanan berat lainnya.

Setelah selesai makan di restoran pertama, orang Korea akan pergi ke toko kue atau bakery untuk menyantap makanan manis. Karena sebelumnya sudah makan berat, otomatis porsi kue yang disantap juga berukuran kecil.

Inilah yang menjadi ide atau latar belakang kemunculan dosirak cake. Ukurannya yang tidak terlalu besar dinilai pas untuk disantap satu orang. Berbeda dengan kue tart pada umumnya yang berukuran lebih besar dan membutuhkan banyak orang untuk menghabiskannya.

Korean Cake Ukuran Berapa

Sebelumnya sudah sempat dikatakan bahwa cake yang satu ini memiliki ukuran yang kecil. Bahkan porsinya hanya cocok untuk 1 hingga 2 orang saja.

Lalu berapakah ukuran Korean lunch box cake sebenarnya? Di pasaran, cake aesthetic ini umumnya memiliki ukuran diameter 8 sampai 10 cm. Karena ukurannya mini, kemasan yang dipilih juga berukuran kecil.

Kalau biasanya kue tart dikemas menggunakan kotak mika atau karton, dosirak atau bento cake dikemas menggunakan lunch box atau styrofoam khusus. Bentuk kemasan ini juga menjadi salah satu alasan kenapa Korean cake sering disebut sebagai lunch box cake.

Resep dan Cara Membuat Dosirak Cake

Bento cake kerap dijadikan hadiah untuk orang yang berulang tahun atau sedang merayakan hari istimewa lainnya. Tentu akan lebih istimewa itu dibuat sendiri, bukan?

Membuat bento cake tidak terlalu sulit dan bahan-bahannya bisa didapatkan dengan mudah di toko bahan kue dekat rumah. Jika ingin membuat bento cake sendiri, sebaiknya simak resep yang akan diberikan di bawah ini.

Bahan-bahan

Bahan-bahan bento cake akan dibagi menjadi dua, yaitu bahan cake dan bahan untuk buttercream. Ini adalah daftar bahan untuk membuat cakenya.

  1. Telur 1 butir
  2. Gula pasir 5 sampai 7 sendok makan
  3. Cake emulsifier atau SP 1 sendok teh
  4. Susu cair (bisa diganti dengan air atau teh gelas rasa apel) 170 ml
  5. Tepung terigu 200 gram
  6. Garam ½ sendok teh
  7. Minyak goreng 30 ml
  8. Selai nanas atau stroberi secukupnya

Kemudian di bawah ini adalah bahan-bahan untuk membuat buttercream.

  1. Margarin 200 gram
  2. Gula halus 7 sampai 10 sendok makan
  3. Susu kental manis vanila 1 sachet
  4. Pewarna makanan secukupnya (opsional)

Alat-alat

Selain bahan-bahan, tentu dibutuhkan peralatan untuk membuat cake. Siapkan alat berikut ini untuk untuk membuat bento cake.

  1. Oven
  2. Mixer
  3. Wadah untuk adonan
  4. Loyang
  5. Sendok takar
  6. Kertas roti sebagai alas
  7. Cetakan kue berbentuk bulat (tidak diperlukan jika loyang sudah berbentuk bulat)
  8. Perata kue
  9. Piping bag
  10. Silicon spatula
  11. Styrofoam dan kertas alasnya

Cara Pembuatan

Kalau semua bahan dan peralatan sudah siap, sekarang adalah waktunya untuk memulai pembuatan bento cake. Perhatikan langkah-langkahnya dengan baik sebelum mulai mempraktikkan.

  1. Pertama, masukkan telur bersama gula pasir, SP, dan air/teh gelas/susu ke dalam wadah.
  2. Kemudian gunakan mixer untuk mengocok adonan tersebut hingga warnanya putih dan mengembang.
  3. Lanjutkan dengan memasukkan tepung yang sebelumnya sudah diayak ke dalam adonan secara perlahan.
  4. Tambahkan minyak goreng dan garam.
  5. Aduk kembali adonan menggunakan mixer. Jangan terlalu lama, hanya pastikan sampai adonan tercampur secara merata.
  6. Siapkan loyang kemudian pasangi dengan kertas roti di bagian alasnya.
  7. Siapkan oven dan setel suhunya di angka 170 derajat celcius dengan api atas bawah.
  8. Kalau oven sudah panas, masukkan loyang ke dalamnya dan panggang selama 20 menit.
  9. Setelah matang, biarkan cake sampai dingin terlebih dahulu.
  10. Sambil menunggu kue dingin, Anda bisa membuat buttercream terlebih dahulu.
  11. Masukkan margarin ke dalam sebuah wadah dan tambahkan dengan kental manis serta gula halus yang telah diayak.
  12. Gunakan mixer untuk mencampurkan adonan tersebut.
  13. Mixer selama 15 hingga 20 menit atau sampai adonan mengembang dengan sempurna.

Langkah-langkah untuk menyusun dan menghias bento cake

  1. Potong kue menjadi berbentuk bulat. Jika sudah menggunakan loyang bulat, maka potong kue menjadi beberapa lapisan.

  2. Beri selai di atas satu lapisan cake hingga membentuk kue yang bertingkat

  3. Tuang buttercream di atas dan samping cake. Ratakan buttercream.

  4. Lapisi dengan cake berikutnya, ulangi sampai bentuknya bertingkat dan kue habis.

  5. Beri hiasan atau tulisan sesuai dengan keinginan.

  6. Masukkan kue ke dalam wadah styrofoam dan bento cake sudah siap diberikan untuk orang yang spesial.

Korean cake adalah kue alternatif untuk merayakan momen spesial. Tampilannya yang aesthetic membuat banyak orang tertarik dengan cake satu ini.  Karena porsinya kecil, kue ini cocok dinikmati oleh 1-2 orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *