Cara Kerja Kompor Surya

Apa Itu Kompor Tenaga Surya & Cara Penggunaannya



Kompor tenaga surya atau solar cooker adalah jenis kompor yang hemat energi gas dan listrik karena hanya menggunakan tenaga panas dari matahari! Lalu bagaimana cara kerja kompor surya? Lalu apakah kompor ini bisa menjadi kompor alternatif yang hemat energi buat Anda?Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

Konsep kompor bertenaga surya sudah dikembangkan oleh ilmuwan Swiss pada abad ke 18. Meski begitu, perancangan kompor surya baru dimulai belum lama ini. Berikut ini cara kerja kompor surya termasuk jenis-jenisnya!  

Cara Kerja Kompor Surya

Sesuai dengan namanya, cara kerja kompor surya dengan memanfaatkan panas dari surya atau matahari! Prinsip kerjanya, wadah kompor ini mengubah energi cahaya menjadi energi panas. Berbeda dengan panel surya yang mengubah energi panas menjadi listrik, Pada kompor surya, Proses interaksinya antara energi cahaya dengan wadah penerima, lalu cahaya diubah menjadi panas. Ini yang disebut dengan konduksi!

Jenis Kompor tenaga Surya

Jadi, cahaya matahari terkonsentrasi ke bahan-bahan pembuatan kompor surya yaitu alumunium/kaca dan kertas apapun yang berwarna hitam! Sinar matahari yang jatuh menyinari alumunium, menghasilkan panas yang cukup untuk memasak.

Kertas warna hitam yang digunakan, berfungsi menjebak panas matahari sehingga bahan-bahan ini sekali lagi menciptakan panas yang berkualitas untuk memasak.

Jadi 3 prinsip kerja kompor surya adalah:

1. Memusatkan cahaya matahari ke bahan-bahan kompor surya
2. Menyerap panas
3. Memerangkap panas /menahan panas

Jenis-Jenis Kompor Surya

Beberapa jenis kompor surya yaitu seperti dibawah ini:

1. Kompor Surya kotak

Ini adalah jenis kompor surya yang sering digunakan. Kompor kotak disebut juga oven kotak, ini berbeda dengan oven kompor ya.

Untuk bahan-bahan pembuatannya pun terbilang sederhana. Biasanya bagian kotak dicat berwarna hitam untuk menyerap panas. Di sebagian kompor kotak terdapat panel untuk mengarahkan sinar UV ke heat trap atau pemerangkap panas. Perkiraan suhu panas pada kompor surya kotak bisa mencapai 121 derajad celcius.

2. Kompor Surya parabola

Berbentuk seperti parabola. Bekerja dengan cara memfokuskan cahaya matahari masuk ke satu titik pada panci masaknya. Sinar matahari yang terkonsentrasi pada kompor parabola terbilang sangat tinggi, bisa mencapai 250 derajad celcius, yang sangat mumpuni digunakan untuk menggoreng atau memanggang.

3. Kompor Panel

Kompor panel ini hampir mirip dengan kompor kotak. Suhu yang dihailkan bisa mencapai 250 derajat celcius! Perangkap panas heat trap mencegah molekul yang dipanakan agar tidak lenyap, ssehingga menghasilkan bejana yang sangat panas.

4. Kyoto Box

Penemu Kyoto Box adalah Jon Bohmer yang berasal dari Norwegia. Kompor surya jenis ini terbuat dari polyprpylene, sedangkan penutupnya menggunakan plastik akrilik. Kompor bekerja dengan cara menjebak sinar matahari, kemudian dari situ terciptalah temperatur panas yang cukup untuk digunakan merebus air ataupun memasak.

Nah setelah mengetahui beberapa jenis kompor surya, berikut bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya!

Bahan yang Dgunakan Membuat Kompor Surya

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kompor surya umumnya mudah didapatkan dan harganya juga murah. Anda bisa membuatnya dari bahan- bahan bekas! Kali ini Kita akan membuat kompor surya jenis kotak!

Alat dan bahan yang dipersiapkan :

  • Kardus , kotak triplek
  • Alumunium foil
  • Mangkok alumunium (dapat dicat dengan warna cat hitam agar panas lebih maksimal)
  • Plastik
  • Potongan kardus
  • Gunting
  • Kertas, karton hitam
  • Lem

Cara Membuat Kompor Tenaga Surya

Cara membuat kompor tenaga surya adalah sebagai berikut:

  1. Buat kotak dari triplek / kardus ,diberi alas bawah

  2. Lapisi dengan alumunium foil

    Gunting kertas alumunium foil hingga ukurannya pas dengan kotak yang telah dibuat tadi. Tekan ke dalam dan jadikan alasnya, pastikan rapi dan pas dengan ukuran.

  3. Tambahkan kertas hitam atau karton hitam di atasnya

    Kertas hitam berfungsi untuk menyerap panasnya. Pastikan dipasang dengan rapiCara Membuat Kompor Tenaga Surya

  4. Siapkan 4 Potongan kardus

    4 potongan kardus dilapisi dengan alumunium foil, kemudian pasang ke 4 sisi kotak tadi dengan perekat seperti solasi. Pastikan 4 sisi kardus dapat tegak sejajar, jika tidak bisa berdiri sempurna, bisa diberi penyangga kayu dari luar.

  5. Selesai

Cara Memasak Dengan Kompor surya

Setelah selesai membuat kompor surya dari bahan-bahan tadi, saatnya uji coba memasak langsung! Memasak dengan kompor surya sebenarnya hampir sama dengan memasak pada kompor biasannya.

Berikut cara memasak dengan kompor tenaga surya yaitu:

  1. Siapkan mangkok alumunium, atau jika ukuran kotak triplek tadi lebih besar, bisa memakai wajan penggorengan.
  2. Letakkan mangkok alumunium di dalam kotak kompor surya, lalu bawa keluar tepat di bawah terik sinar matahari.
  3. Untuk percobaan, bisa menggunakan mentega. Karena mentega cepat meleleh jika terkena panas! Untuk kebutuhan memasak lain, dapat ditutup dengan plastik supaya panas merata dan tidak terkena debu/kotoran

Keunggulan dan Kekurangan Kompor Surya

Keunggulan Kompor Solar Cell

Daftar keunggulan kompor surya yaitu antara lain :

1. Hemat Energi

Sudah dijelaskan bahwa kompor surya sangat hemat energi dibanding dengan kompor listrik, gas dan minyak. Karena sumber energinya langsung dari matahari yang benar-benar gratis, langssung bisa kita manfaatkan. Selain itu pada kelompok masyarakat tradisional yang terpencil, penggunaan kompor surya dapat membantu mencegah deforetasi!

Karena jika memasak dengan kayu bakar tentu banyak pohon yang harus ditebang untuk dijadikan kayu bakar. Maka inilah manfaat menggunakan kompor surya, tanpa perlu teknologi tinggi, cukup dengan menggunakan energi matahari yang dapat dijangkau ke semua polosok daerah, penggunaan kompor surya membantu mencegah/ mengurangi aktivitas penebangan hutan.

2. Minim Polusi

Karena minimnya polusi yang ditimbulkan, membuat makanan yang dimasak menjadi lebih higienis!

3. Hemat biaya

Memakai kompor surya dapat menghemat biaya, bahan-bahan yang dibutuhkanpun murah dan mudah didapatkan.

Kekurangan Kompor Solar Cell

Meski mempunyai sejumlah keunggulan, namun bukan berarti kompor surya tidak mempunyai kekurangn! Beberapa kekurangan kompor surya yang nampak terlihat jelas

1. Sangat tergantung pada cuaca

Karena benar-benar mengandalkan cahaya matahari, akan bermasalah jika cuaca sedang mendung, panas yang dihasilkan kurang terasa, apalagi hasil matangnya juga lebih lama dibandingkan dengan kompor pada umumnya.

2. Kurang bisa diandalkan saat darurat

Karena proses pemanasannya yang lama, Anda tidak dapat berharap banyak terutama jika kondisi sudah sangat lapar. Apalagi sudah jelas, Anda tidak akan dapat menggunakan kompor surya pada malam hari. Sehingga waktu optimal ppada kompor surya hanya dari pagi menjelang sore.   

Membuat kompor surya biasa dijadikan sebagai tugas sekolah! Karena dapat menguji daya  kreativitas pada anak-anak. Namun tidak ada salahnya juga Anda mencoba membuat kompor surya.  Kompor surya bisa diandalkan di saat-saat tertentu, misal pada saat gas sedang habis, atau saat sedang berkemah. Akan tetapi Anda juga perlu memahami beberapa kekurangannya seperti penjelasan di atas tadi.