kompor tanam yang bagus dan awet

Kompor Tanam yang Bagus dan Awet lengkap dengan fiturnya



Sekilas mungkin Anda pernah mendengar yang namanya kompor tanam. Lantas apa itu kompor tanam? Apa saja kelebihan kekurangannya? Dan apa merk kompor tanam terbaiknya? Mari Kita bahas kompor tanam yang bagus dan awet sebagai berikut.

Apa itu Kompor Tanam?

Secara umum yang membedakan kompor tanam dengan jenis kompor lain hanyalah tipe peletakkannya! Sesuai dengan namanya, kompor ini diletakkan dengan cara ditanam di dalam meja dapur atau kitchen set. Kompor tanam bisa disebut juga dengan built in stove.

Kompor tanam ini akan memberikan kesan elegan dan minimalis pada dapur Anda karena lebih hemat tempat. Selain bentuknya yang juga stylish dan keren.

Keunggulan lain adalah kompor tanam lebih aman, karena tidak gampang tersenggol, dan letak selang gasnya yang ‘tersembunyi’.

Sebelum memilih, cek juga kerugian kompor tanam dan kelebihannya.

Jenis kompor tanam antara lain: kompor tanam gas LPG, listrik dan induksi! Sesuaikan dengan kebutuhan!  Tertarik membelinya? Berikut rekomendasi kompor tanam terbaik buat Anda!

Review Kompor Tanam

Review Kompor Tanam

1. Electrolux EGG-7627EK

Electrolux EGG-7627EK tipe kompor tanam gas model 2 tungku dengan daya pemanas 5 KW. Kompor tanam yang satu ini terbuat dari material tempered glass yang membuatnya aman dari goresan alias teruji anti gores.

Electrolux EGG-7627EK mempunyai aerated dual jet yang memberikan efisiensi pemanasan maksimal. High heating efficiency pada kompor ini memberikan penghematan dan kinerja kuat dengan area pemanasan 58% efisiensi panas.

Sedangkan SABAF crown pada kompor ini berfungsi untuk menghasilkan panas tinggi serta nyala api yang stabil.

Untuk fitur keamanannya, merk tipe ini sudah dilengkapi dengan safety flame device yang dapat menghentikan gas dengan sesegera mungkin bila api secara tak sengaja keluar.

Selain itu kompor tanam Electrolux EGG-7627EK sudah didesain agar mudah untuk dibersihkan. Sebagai gambaran, tipe ini mempunyai ukuran panjang : 46 cm x lebar 78 cm dan tinggi 65 cm. Dengan berat 5,2 kg.

2. Rinnai RB-72SV (GB)

Bisa dibilang kompor Rinnai RB-72SV (GB) termasuk kompor tanam gas yang hemat karena penggunaannya yang hanya sebesar 3,5 KW/h.

Bahan materialnya dari tempered glass schoot German yang kuat anti retak dan anti panas. Kompor sudah dilengkapi  dengan safety device, wok adaptor dan pan adaptor. Untuk ukuran kompor tanam rinnai 2 tungku ini adalah: 78 cm x 46 cm x 12 cm.

3. Winn Gas W-777

Kompor tanam gas 2 tungku ini dibekali dengan pemantik double jet dengan material pelat anti karat dilapisi kaca.

Winn Gas W-777 bisa jadi rekomendasi kompor tanam terbaik buat Anda karena dilengkapi dengan auto gas stopper yang berfungsi untuk mencegah kebocoran gas. Sehingga keamanannya lebih tinggi serta penggunaannya yang mudah.

4. Domo DH 3201 L/S

Rekomendasi berikutnya adalah Domo DH 3201 L/S. Kompor tanam gas 2 tungku double medium ring yang tingkat panasnya tidak kalah denga merk lain.

Tambahan lainnya adalah adanya pemantik otomatis dengan baterai. Untuk materialnya  terbuat dari stainless steel yang menjadikannya kuat, tidak mudah berkarat serta mudah dibersihkan.

5. Modena BH-0325 LISCIO

Biss dibilang kompor tanam Modena BH-0325 LISCIO spesial dibanding yang lainnya. Kompor ini mempunyai triple ring burner yang membuat panasnya merata dengan maksimal serta tidak mudah padam.

Bahan tungkunya terbuat dari bahan enamel yang kuat, tahan panas hingga 1.800 derajat celcius. Untuk materialnya terbuat dari tempered crystal yang memberikan kesan mewah, mulus dan lebih tahan terhadap beban yang berat.

6. Modena BH-0725 LISCIO

Seri Modena Hob  BH-0725 LISCIO ini juga sepintas memiliki kemiripan dengan seri BH-0325 LISCIO di mana bahan terbuat dari tempered crystal yang elegan.

Juga bahan tungku dari enamel yang membuatnya tahan terhadap panas yang tinggi. Tak ketinggalan fitur one hand ignition pemantik terintegrasi yang memberikan kemudahan dalam menyalakan kompor.

7. Modena BH-1325 CRISTA

Satu lagi seri kompor listrik modena yaitu Modena BH-1325 CRISTA. Seri ini menawarkan fitur hemat gas dengan pemakaiannya yang hanya 3,4 KW/h.

Untuk materialnya terbuat dari tempered glass. Dengan tipe kompor tanam gas 2 tungku dilengkapi extra nozzle for natural gas.

8. Modena BH-2324 Forza

Selain pada fitur dan fungsi, barangkali Anda ingin mencari kompor tanam dengan bentuk ramping dan vertikal, maka Modena BH-2324 Forza adalah jawabannya! Desainnya benar-benar terlihat estetik dan elegan.

Soal fungsi pun tidak kalah bagusnya. Kompor tanam gas tipe 2 tungku ini berbahan dari tempered glass yang sekali lagi merupakan material dengan kualitas unggul.

Tipe kompor ini akan membuat Anda makin nyaman karena sudah dilengkapi  dengan pengaman kebocoran gas.

9. Modena Esperto BH-3324

Ini adalah seri penutup dari serangkaian review kompor tanam gas Modena. Lagi-lagi fitur hemat energi diunggulkan pada kompor tipe gas 2 tungku Modena.

Apalagi desain material dari stainless steel yang menambah kokoh pada seri Modena Esperto BH-3324 ini. Fitur lain yang disematkan pada seri kompor ini : gas safety technology, eco gas system hingga extra nozzle for natural gas.

10. Rinnai RB-312

Kembali lagi dengan merk kompor yang sudah banyak menjadi favorit yakni Rinnai dengan seri RB-312. Kompor tanam gas 2 tungku ini memiliki desain cantik nan elegan.

Berbahan tempered glass dengan fitur-fitur di antaranya : enamel iron burner head, extra wok adaptor hingga one hand ignition.

11. Modena Essente PI 1316

Sekali lagi, kembali dengan kompor merk Modena , namun yang membedakan kali ini adalah jenis kompor induksi yang berbeda dengan gas, karena sumber powernya berasal dari listrik. Sehingga bisa memperluas pilihan Anda!

Modena Essente PI 131 mempunyai warna hitam dan silver dengan desain kaca kristal. Karena seperti yang dijelaskan, penggunaannya memakai daya listrik, maka pastikan posisi kompor memungkinkan dengan sumber listrik.

Untuk daya konsumsinya sebesar 900 hingga 2000 watt dengan 9 tingkat pemanasan.

Amankah Kompor Tanam?

Bisa dibilang kompor tanam ini sangat aman, baik tipe kompor gas ataupun induksi! Karena pada beberapa kompor tanam dilengkapi dengan fitur alarm dan timer yang mencegah kelalaian yang bisa menyebabkan kebakaran.

Selain itu di sejumlah kompor tanam juga mempunyai fitur keamanan yang bisa mematikan gas secara otomatis, apalagi posisinya yang ditanam, meminimalisir terkena senggolan. Jadi sekali lagi, kompor tanam aman digunakan.

Kelebihan Kompor Tanam

Selain keamanannya yang lebih terjamin, kompor tanam juga mempunyai sejumlah keungulan yang sebagian besar sudah kita jelaskan pada review beberapa merk di atas, namun agar lebih meyakinkan, beberapa kelebihannya antara lain:

  • Lebih menghemat/ irit tempat
  • Adannya fitur penghemat gas dan pengaman dari kebocoran gas (pada sejumlah merk tipe).
  • Beragam desain yang mewah, modern dan minimalis memberi kesan elegan dan rapi pada dapur
  • Mudah dibersihkan anti ribet

Kekurangan Kompor Tanam

Untuk mengetahui lebih detail kelebihan dan kekurangan kompor tanam, Anda bisa baca artikel ini. Lebih fokus dan adil.

Kompor tanam memang mempunyai banyak kelebihan, meski begitu bukan berarti tanpa kekurangan! Beberapa kekurangan pada kompor tanam di antaranya:

  • Harga relatif lebih mahal
  • Permanen, artinya sudah tidak dapat dipindah-pindahkan lagi
  • Pemasangan sulit : Supaya kompor yang ditanamkan rapi dan letaknya pas, harus membutuhkan tukang profesional yang benar-benar ahli, dengan pengerjaan yang relatif sulit

Kompor tanam bisa menjadi pilihan bagus selain kompor konvensional pada umumnya, karena segala kelebihannya bisa menjadi pertimbangan.

Serta tawaran fitur-fitur canggih dari sejumlah merk tipe kompor tanam di atas, tinggal pilih sesuaikan dengan budget.