Kompor listrik berapa watt

Kompor Listrik Berapa Watt? dan Apa Merk Kompor Listrik Hemat Daya?

Posted on

Pada umumnya kita menggunakan kompor dengan tenaga dari tabung gas LPG untuk kebutuhan memasak sehari-hari. Tapi sekarang sudah berkembang penggunaan teknologi baru memasak dengan kompor listrik. Apakah biaya pengeluaran kompor listrik lebih murah dari kompor gas? Daya kompor listrik berapa watt, cocok gak menjadi pilihan baru dalam memasak? Kita cari tau selengkapnya di bawah ini!

Apakah Kompor Listrik Boros Listrik?

Salah satu keunggulan dari kompor listrik ialah hemat energi dibandingkan dengan gas. Kompor listrik tidak mengeluarkan api sehingga lebih aman. Kompor listrik hanya mengubah energi listrik menjadi panas, untuk memanaskan panci atau wajan yang digunakan memasak. Nampak praktis bukan?

Pertanyaannya, apakah kompor listrik boros listrik? Jika dibanding dengan kompor gas, boros mana? Pengunaan kompor listrik bisa mengonsumsi daya yang besar, cocok untuk rumah tangga yang berlangganan di atas 1.200 VA. Karena rata-rata dayanya antara 800-1.600 watt. Tentu konsumsinya sangat kurang jika dibanding dengan pelanggan listrik PLN antara 450/900 VA. Belum penggunaan alat elektronik lain seperti televisi, setrika, mesin cuci dll

Meskipun ada juga kompor listrik yang bisa diatur dayanya hingga turun drastis antara 200-300 watt saja, tapi tentu saja panas yang dihasilkan lebih rendah, sehingga membuat waktu memasak Anda jadi lebih lama.

Daya Kompor listrik berdasarkan merk di pasaran

Sekarang tinggal Anda pertimbangkansaat hendak membeli kompor listrik, sesuaikan dengan kebutuhan Anda!

Daftar rekomendasi merk kompor listrik yang ada di pasaran yaitu sebagai berikut:

1. Merk Denpoo

Kompor listrik Denpoo diklaim hanya menggunakan maksimal daya 800 watt, Untuk kompor induksi jenis ini bisa diturunkan sampai 200 watt saja. Keunggulan merk ini adalah kompor tidak akan menyala selama tak mendeteksi panci atau wadah pemasak lainnya di atas tungku kompor listrik. Jadi tipe kompor listrik ini menawarkan keamanan tingkat tinggi!

Kompor listrik Denpoo ini sudah menggunakan fitur touchscreen, kemudian dapat memilih tipe temperatur panas sesuai dengan kebutuhan memasaknya apa, entah digoreng atau direbus! Kompor listrik Denpoo juga menawarkan keunggulan stable heat yang membuat tingkat kepanasannya selalu stabil!

2. Modena BE 1325

Kompor listrik ini mengusung 2 tungku yang membuat Anda bisa multi tasking dalam memasak! Kompor Modena ini memiliki panjang 30 cm dengan lebar 51 cm dan juga 6 power levels! Untuk besaran dayanya adalah 600 watt.

3. Maspion S 300

Maspion sudah dikenal sebagai produsen alat-alat elektronik ternama. Begitu juga persaingan mereka dalam jeniss kompor listrik ini. Salah satu merk kompor listrik yang bisa menjadi pilihan bagi Anda adalah Maspion S 300.

Kompor Maspion S 300 ini menawarkan keunggulan permukaan anti lengket karena adanya pelat yang berfungsi sebagai penutup panasnya. Sehingga menjadikan kompor ini mudah dibersihkan. Material spiral pada pemanas Miyako S 300 ini juga membuat lebih kuat dan tahan lama. Untuk daya kompor listrik merk Miyako S 300 ini hanya 600 watt saja. 

4. Advance IDC 300

Mungkin Anda akan tekejut, kompor listrik Advance ini mengusung fitur low watt. Untuk Advance IDC 300 ini hanya mengonsumsi daya antara 150 watt sampai 550 watt saja! Sangat hemat listrik tentunnya!

Hanya saja untuk penggunaan kompor lisstrik merk Advance IDC 300 lebih disarankan menggunakan panci yang berbahan stainless saja.

5. Tori TIC 717

Kompor listrik Tori TIC 717 juga mengusung fitur low watt! Konsumsi daya merk ini hanya 100 sampai 600 watt. Sangat hemat energi tentunnya! Fitur unggulan pada seri kompor listrik ini adalah adanya 6 fungsi pemasakan antara lain : Menggoreng, merebus air, membuat sup, memasak nasi, hot pot dan BBQ).

6. Cypruz KL 0071

Kompor listrik ini juga diklaim hemat listrik! Selain itu, Cypruz juga mengusung fitur keamanan tinggi seperti kompor listrik pada umumnya, yaitu kompor otomatis mati apabila panci diangkat! Untuk temperaturnya juga dapat diatur ke dalam 7 pilihan.

Hanya saja disarankan untuk menggunakan panci stainless saja! Daya konsumsi Cypruz juga termasuk low watt yang dapat diatur antara 100 sampai 500 watt.

Simak juga artikel kami tentang meja bar dapur keramik, cocok dan inspiratif banget untuk dipasang diatas kompor dapur Anda.

Daya kompor listrik berdasarkan jumlah tungku

Kompor listrik terdiri dari beberapa jenis dibedakan dari tungkunya! Ada yang hanya 1 tungku, 2 bahkan 4 tungku! Lalu berapakah perbedaan daya kompor listrik berdasarkan jumlah tungkunya?

Berikut daya kompor listrik 1 tungku, 2 tungku dan 4 tungku yaitu sebagai berikut:

Merk type kompor listrikJumlah tungkuBesaran daya
Idealife IL-401s1100-500 watt
0xone 0X-665 D2600-800 wattt
Ariston45600 watt

Untuk daya kompor 1 dan 2 tungku sebenarnya masih tergolong ekonomis yakni di bawah 1000 watt (tergantung merk jenis), namun Anda perlu memikirkan konsumsi daya yang lebih besar untuk kompor listrik 4 tungku!

Semakin banyak jumlah tungku pada kompor, membuat Anda bisa memasak beberapa jenis makanan dalam satu waktu , tetapi tentu saja konsumsi daya yang dibutuhkan juga semakin banyak!

Daya kompor listrik portable

Prinsip portable adalah ukurannya yang minimalis sehingga praktis dibawa kemana saja, tidak memakan ruang penyimpanan. Nah kompor listrik portable ini bisa menjadi pilihan buat Anda yang suka jalan-jalan, berpindah-pindah tempat! Mau masak di rumah, di kantor atau tempat lainpun menjadi lebih mudah.

Lalu untuk daya kompor listrik portable ini apakah boros? Jawabannya tidak! Daya kompor listrik portable adalah sekitar 200-500 watt! Anda bisa mengatur sesuai dengan kebutuhan, apabila ingin merebus atau mengukus bisa dipemakaian 200-300 watt. Apabila digunakan untuk menggoreng, bisa disesuaikan ke angka 400-500 watt.

Daya kompor listrik mini

Daya kompor listrik mini adalah 500 watt, karena ukurannya yang mini, maka lebih cocok digunakan sebagai pemanas minuman seperti kopi atau teh. Kompor listrik mini sama-sama praktis dengan kompor listrik portable. Sesuai dengan namanya, ukurannya sangat mini hanya sekitar 14 x 14 cm, sehingga bisa dimasukkan ke dalam tas dan mudah dibawa ke bepergian atau travelling.

Jenis Kompor Listrik Terbaik

Jadi apakah Anda sudah menetukan mana pilihan kompor listrik yang pas? Manakah pilihan yang terbaik? Sebenarnya itu tergantung kebutuhan Anda saja!

Dengan menggunakan kompor listrik, Anda tidak akan menemuia masalah pemantik kompor gas tidak menyala, praktis banget bukan?

Kompor listrik low watt memang akan membuat hemat konsumsi listrik di rumah Anda, terkhusus jika kapasitas listrik Anda masih rendah seperti 450 atau 900 VA.

Namun perlu diketahui bahwa tingkat kepanasan dengan daya antara 300-600 watt itu sebenarnya masih belum cukup memuaskan. Sehingga Anda akan membutuhkan waktu memasak yang lebih lama lagi. Apalagi memasak yang durasinya lama, seperti presto ayam berapa menit waktu habis, boros banget tentunya.

Untuk mendapatkan panas yang sangat berkualitas, Anda perlu kompor listrik dengan komsumsi daya di atas 1000 watt, lalu sesuaikan dengan kapasitas listrik di rumah Anda! Dengan begitu, Anda akan merasakan manfaat kompor listrik ini secara maksimal!

Peralatan masak di dapur yang termasuk konduktor seperti kompor ini, tetap berhati-hati dalam pemakainnya, agar terhindar dari risiko yang berbahaya.

Dan terakhir yang paling penting, karena menggunakan listrik, pastikan Anda mempunyai stop kontak di posisi strategis sehingga mudah dijangkau kompor listrik! Sesuaikan agar posisi memasak Anda juga jadi lebih nyaman!