Cara Kerja Kompor Induksi

Apa itu Kompor induksi? Apa saja keunggulannya



Baru-baru ini PLN menggalakan electrifying lifestyle atau perubahan gaya baru dalam pengunaan alat-alat elektronik. Perubahan yang dimaksud adalah dari kebiasaan memasak konvensional dengan menggunakan kompor gas LPG beralih ke kompor induksi. Apa itu kompor induksi? Apakah benar-benar bisa mengubah kebiasaan memasak sebelumnya yang menggunakan kompor gas?

Kompor induksi adalah kompor yang memanaskan lansung panci tanpa memerlukan nyala api. Proses pemanasan ini berasal dari induksi magnetik secara langsung, oleh karenanya kompor ini dinamakan kompor induksi! Sumber energi kompor induksi dari listrik, namun ada sedikit perbedaan dengan kompor listrik.

kompor induksi

Kompor induksi sebelumnya sudah lama digunakan di Eropa, namun kini sudah mulai merambah ke Asia, sebagai salah satu solusi penghematan energi serta menghadirkan pengalaman baru dalam memasak.

Kompor induksi diklaim memiliki tingkat keamanan tinggi karena beberapa fitur di antaranya :

  • Permukaan kompor tidak panas , aman disentuh, karena energi panasnya langsung dipindahkan ke alat masak bukan pada kompor.
  • Child lock : Fitur pengunci otomatis , pengaturan memasak tidak dapat diubah-ubah sehingga aman saat digunakan terlebih jika ada anak-anak.
  • Mode memasak : panas yang dapat disesuaikan dengan pilihan mode memasak seperti merebus, menggoreng, membuat sup dll

Untuk kemanan dan kebersihan, Anda juga memikirkan untuk memasang dan mengatur jarak cooker hood ke kompor, dapur jadi lebih nyaman dan terkesan minimalis.

Jenis-Jenis Kompor Induksi

Berdasarkan tempat penggunaannya terdapat 2 jenis kompor induksi yaitu seperti dibawah ini:

  • Kompor induksi tanam : Model kompor yang ditanamkan pada meja dapur sehingga tidak dapat dipindah-pindah.
  • Kompor induksi portable : Bentuknya yang mini dan ringan, praktis dipindah-pindahkan namun harus tetap memastikan sumber energi listriknya tersedia.

Cara Kerja Kompor Induksi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kompor induksi bekerja melalui induksi magnet, bukan dari pemanas listrik maupun nyala api. Dengan sistem induksi magnet membuat pemanas menjadi terasa cepat namun tetap aman.

Cara kerja kompor induksi adalah dari aliran listrik yang dinyalakan, menghantarkan arus ke gulungan kawat tembaga yang berada di bawah plat kaca. Hal ini menyebabkan alat memasak misalnya panci, akan bergetar secara berkelanjutan, lalu pada akhirnya menghasilkan energi panas! Kemudian panas ini yang membawa ke media cairan yang digunakan untuk memasak seperti minyak goreng, air ataupun kuah sup.

Jadi secara mudahnya, cara kerja kompor ini adalah menginduksi alat memasak yang ditaruh di atasnya! Bukan dari kompor, karena itulah proses memasak melalui kompor induksi lebih cepat dan efisien. Setelah sebelumnya kita bahas cara menggunakan oven kompor, yuk kita simak cara menggunakan kompor induksi.

Cara Menggunakan Kompor Induksi

Tata cara menggunakan kompor induksi adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol power yang berfungsi menghidupkan sekaligus mematikan kompor!

  2. Letakkan panci yang akan digunakan untuk memasak

    Cara-Menggunakan-Kompor-Induksi

  3. Atur temperatur panas!

    Fungsi tombol (+) untuk menaikkan tingkat kepanasan kompor,
    Fungsi tombol (-) untuk menurunkan tingkat kepanasan kompor

  4. Sesuaikan waktu memasak!

    Sama seperti proses memasak pada umumnya, Anda hanya tinggal mengontrol kematangan makanan yang dimasak! Ada tombol timer yang mengatur lama waktu memasak sesuai dengan yang Anda inginkan, kemudian kompor akan mati dengan sendirinya secara otomatis!

  5. Matikan kompor setelah proses memasak selesai!

    Bagaimana? Sangat mudah bukan cara pengunaannya?

Cara Membersihkan Kompor Induksi

Cara membersihkan kompor induksi yaitu sebagai berikut:

1. Mengelap menggunakan lap kering dibagian yang kotor

2. Hindari mencuci kompor induksi dengan air

3. Jauhkan dari jangkauan anak-anak!

4. Manfaatkan fitur child lock

5. Jangan letakkan kompor di dekat barang-barang elektronik, gadget serta alat listrik, karena bisa berbahaya

Desain kompor induksi biasanya elegan dan cantik, namun bukan berarti kompor ini tidak mudah kotor ataupun berdebu, apalagi jika digunakan secara terus menerus.

Untuk tips keamanan lain, walau ada , tetap sebissa mungkin Kemudian kalau bisa !

Daya Kompor Induksi

Pada umumnya daya kompor induksi yaitu berkisar antara 1500 hingga 3000 watt. Yang berarti Anda harus menyesuaikan kapasitas listrik di rumah Anda setidaknya 1200 VA. Jangan sampai mati lampu gara-gara tidak kekurangan daya.

Jenis Jenis Kompor Induksi

Tentu ini akan menjadi kendala bagi Anda yang masih berlangganan listrik pada 900 VA bahkan 450 VA. Namun dengan terobosan baru sejumlah produsen kompor induksi, mereka sudah menggunakan sistem low watt, yang dapat menghemat pemakaian kompor induksi di kisaran 200-600 watt saja, sangat cocok, hemat daya listrik.

Hanya saja karena wattnya kecil menjadikan proses memasak akan lebih lama. Untuk menghasilkan panas yang berkualitas, maka Kita harus membutuhkan daya di atas 600 watt. Jadi akan selalu ada kelebihan ataupun kekurangannnya, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Enanya kompor jenis ini, kita gak perlu memikirkan jenis regulator gas, praktis dan efisien.

Perbedaan Kompor Induksi dengan Kompor Listrik

Mungkin sepintas terlihat sama antara kompor induksi dengan kompor listrik, namun ternyata ada beberapa perbedaan mendasar di antara keduanya!

1. Sistem pemanasan

Kompor induksi menggunakan sistem pemanasan yang berbeda dengan kompor listrik. Pada kompor induksi, cara pemanasannya menggunakan energi elektromagnetik, sedangkan pada kompor listrik menggunakan energi listrik tak langsung dari proses menyalakan dengan mengunakan colokan. 

2. Keamanan

Kompor induksi diklaim memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kompor listrik. Karena kompor induksi dalam pemanasannya hanya menggunakan partikel besi. Selain juga ada fitur child lock yang dapat mengunci secara otomatis. 

3. Tingkat efisiensi

Kekuatan maksimal penghantar panas pada kompor listrik hanya sekitar 70 % saja. Sedangkan panas yang dapat dihantar pada kompor induksi mencapai 80 hingga 90%. Dari sini nampak bahwa tingkat efisiensi energi pada kompor induksi lebih baik jika dibandingkan dengan kompor listrik.

Ini juga termasuk dengan perbandingan tingkat kepanasan di antara keduanya. Kompor listrik bisa mencapai suhu maksimum 9 derajat celcius, namun proses transisi dari suhu tinggi ke rendah terbilang lebih lama. Sedangkan pada kompor induksi suhu maksimum dapat mencapai 50 derajat celcius.

4. Harga

Perbedaan yang mendasar tentu dari sisi harga, harga kompor listrik relatif lebih murah dibandingkan kompor induksi, hanya saja untuk sisi keamanan dan efisiensi energi, kompor induksi lebih baik.

Review Kompor Induksi

1. Advance IDC 200

Anda akan merasakan pengalaman memasak yang modern dengan kompor induksi seri Advance IDC 200 ini! Di serie ini kompor induksi Advance menawarkan beberapa fitur canggih di antaranya yaitu:

  • Layar touchscreen
  • Tampilan kompor LED
  • Dilengkapi timer pengatur waktu
  • Auto shut off, kompor otomatis mati jika panci kita angkat

Untuk kompor induksi Advance IDC 200 ini tampil dengan desain bahan yang terbuat dari crystal plate dengan ukuran 40 x 33 cm. Keunggulan dari seri ini adalah temperatur panas dapat diatur mulai dari 80 derajat celcius sampai 270 derajat celcius.

Untuk daya kompor merk ini berada di antara 600- 1200 watt. Sebagai catatan, kompor ini hanya support untuk panci dengan bahan stainless, saat memasak bobot maksimal yang disarankan adalah 6 kg. Kompor Advance mudah dan aman digunakan! Untuk harganya dibanderol dikisaran Rp. 300.000.

2. Denpoo DIC 200-1200

Denpoo DIC 200-1200 sesuai dengan jenis serinya menawarkan pengalaman memasak dengan tingkat watt dari 200 hingga 1200 watt. Semakin rendah wattnya, maka semakin Anda bisa menghemat pengggunaan listrik di rumah Anda. Maka ini pilihan tepat bagi Anda yang mencari kompor induksi hemat listrik.

Untuk fitur-fitur kompor induksi denpoo yaitu:

  • Layar sentuh, touch control
  • 8 level pengaturan daya yang cerdas  mulai dari (200 watt, 300 w, 500 w, 600 w, 800 w , 900 w, 1000 w dan 1200 w).
  • 9 mode memasak : air, sup, menggoreng, hot pot, stir, steward, strong foe, forridge
  • Fungsi timer yang mencegah masakan menjadi overcooked atau terlalu matang, karena Kita bisa mengatur waktu memasaknya secara otomatis.

Beberapa merk populer kompor induksi juga bisa Anda pilih di antaranya merk Cosmos, Phillips , Modena, Oxofone dan Idealife.

Kompor induksi bisa jadi pilihan kompor baru Anda karena ssejumlah keunggulannya seperti tingkat keamanan serta kepanasannya yang tinggi,  desain yang elegan serta pengalaman memasak yang lebih modern. Namun tidak ssemua jenis bahan panci support dengan kompor induksi, begitu juga dengan daya listrik yang harus Anda pertimbangkan sebelum benar-benar membeli kompor induksi.