Komponen Indoor AC

Komponen Indoor AC



Memang pada umumnya, komponen indoor AC maupun outdoor AC memiliki tujuan atau fungsi yang sangat berguna buat kinerja suatu alat AC.

Secara umum AC atau Air Conditioner adalah salah satu alat yang berteknologi tinggi dalam menghilangkan udara panas yang ada di dalam suatu ruangan. Artinya, rumah anda akan terasa sejuk atau dingin hingga nyaman, baik itu di siang hari ataupun di musim kemarau.

Teknologi yang sangat canggih ini hanya dapat berfungsi jika telah dilengkapi dengan berbagai macam komponen indoor AC ataupun komponen outdoor AC. Pada saat ini, Trillos15X telah menyusun pembahasan yang mengenai komponen AC seperti berikut ini.

Komponen Indoor AC Terdiri dari Apa saja?

Komponen Indoor AC biasanya akan terdiri dari beberapa macam hal dan ini sudah termasuk dengan body AC tersebut. Adapun beberapa komponen AC indoor yang perlu kamu perhatikan.

1. Thermistor

Sumber: youtube.com

Thermistor yang terletak di dalam AC merupakan suatu komponen yang dapat memberi tahu tentang sistem kapankah harus menyala. Ini juga sudah termasuk dengan penghasilan udara dingin atau hangat tentang kapan maupun berapa lama operasinya.

Jadi, tanpa adanya thermositor, mungkin AC tersebut tidak dapat berfungsi dengan cara yang baik.

2. Grille

Sumber: 3dwarehouse.sketchup.com

Grile merupakan sistem pendingin atau pemanas ruangan yang telah terkait dengan AC central atau sistem ducting.

3. Katup Ekspansi

Sumber: suzuki.co.id

Katup ekspansi adalah komponen Indoor AC yang memiliki ukuran kecil dengan peran yang besar. Dimana ini akan mengontrol tentang berapa banyak refigren di dalam koil evaporator untuk menuju pada kran valp.

4. Damper

Sumber: snipsmag.com

Damper merupakan pengontrolan lalu lintas udara buat sistem HVAC. Tentu ini akan mengontrol untuk mengarahkan udara pada saluran berbeda. Tiap saluran yang berbeda akan mendapatkan jumlah udara sama hingga rumah tetap dingin dengan merata.

Komponen AC Outdoor Apa Saja?

Setelah mengenal apa saja komponen indoor AC, disini juga telah tersedia pembahasan yang mengenai komponen outdoor AC. Sebagai pembahasannya, anda dapat simak ulasan yang berikut ini.

1. Pipa Kapiler

Sumber: pinhome.id

Pipa kapiler ini memiliki tugas untuk menurunkan tekanan dari refigerant hingga mengatur alirannya menuju pada evaporator. Akan tetapi, fungsi utamanya, yakni menghubungkan dua wilayah khatulistiwa yang mempunyai tekanan berbeda. Seperti rendah maupun tinggi sebelumnya.

2. Ductwork

Sumber: skyheating.com

Tiap udara yang telah diolah akan memerlukan beberapa arah. Ductwork ini berfungsi sebagai tabung logam yang fleksibel dan membawa udara yang telah diolah tadi, mulai dari HVAC pada bagian dalam ruangan rumah anda.

3. Fan Outdoor

Sumber: dayandnightair.com

Fan outdoor atau kipas luar ruangan ini akan mengirimkan panas yang berasal dari dalam rumah pada atmosfer geografis. Kipas luar ruangan terus memindahkan panas yang berasal dari kondensor. Tujuannya untuk membantu kondensor dalam menarik panas di refrigeran. Sehingga dapat membantu menjaga AC sehingga tidak terlalu overheating atau panas yang overload.

4. Remote

Sumber: kompas.com

Remote menjadi salah satu komponen AC outdoor. Pada umumnya, komponen ini memiliki fungsi untuk menonaktifkan atau mengaktifkan operasional dari AC itu sendiri. Memiliki teknologi yang canggih berupa Printed Circuit Board (PCB) sehingga dapat mengatur kinerja dari produk AC.

Modul PCB berfungsi untuk mengatur sistem kelistrikan dari AC tersebut. Sistem kelistrikan yang ada pada AC ini hanya bergantung pada Modul PCB tersebut. Dan teknologi ini sudah tersedia di dalam remote sehingga komponen ini menjadi salah satu komponen yang sangat penting.

Apa Saja Komponen AC dan Fungsinya?

Tentunya AC mampu menghilangkan panas dalam ruangan di rumah anda, dimana anda akan merasa sejuk dan nyaman. Bagi anda yang sedang mencari tahu tentang fungsi-fungsi komponen indoor AC ataupun outdoor AC. Langsung saja disimak pembahasan dibawah ini.

1. Blower

Sumber: hondabrio.org

Komponen AC yang pertama adalah Blower yang berfungsi untuk membuat sirkulasi udara agar tetap dingin. Kemudian akan menarik udara kembali sehingga suhu udara yang ada di dalam ruangan rumah anda dapat didinginkan kembali.

2. Kumparan Evaporator

Sumber: rotarybintaro.co.id

Evaporator adalah komponen yang berdekatan dengan blower. Fungsinya untuk mengekstraksi panas serta kelembapan udara yang ada. Tapi, ini hanya bisa terjadi apabila refrigerant telah mengalir di koil.

3. Kompresor

Sumber: gridoto.com

Selanjutnya adalah komponen kompresor. Dimana setelah menyerap udara panas, refrigerant akan berada di dalam liquid gas panas. Pada umumnya, kompresor ini memiliki fungsi yang akan mempersiapkan atau menyediakan zat pendingin agar dapat melepaskan panasnya yang ada di suatu ruangan.

4. Kumparan Kondensasi

Sumber: airtechteknik.tech

Kumparan kondensasi atau kondensor memiliki fungsi untuk mengeluarkan panas yang sudah dikumpulkan di dalam ruangan. Kemudian akan dibuang ke luar ruangan.

5. Kipas

Sumber: superbisnissiteblog.wordpress.com

Secara umum, kipas pada AC ini memiliki fungsi untuk sinkronisasi panas sehingga AC tersebut tidak akan panas sekali. Komponen AC ini sangat penting agar dapat mempertahankan suhu udara dan produk AC itu sendiri.

6. Filter Udara

Sumber: kulmi.id

Filter udara atau air filter atau bisa juga disebut dengan driyer AC akan menghasilkan gas pendingin atau freon. Karena fungsinya untuk menahan debu maupun kotoran udara dengan cepat. Dengan begitu, debu atau kotoran tersebut tidak masuk pada ruangan yang menggunakan AC tersebut.

Apa itu Indoor AC Split?

Sumber: acwahana.com

Apa itu indoor AC split merupakan sebuah jenis AC yang banyak populer dan banyak digunakan. Dengan AC ini, maka tiap ruangan, baik itu dalam rumah, bioskop, kantor dan dalam ruangan lainnya akan terasa sejuk dan nyaman.

Bagi yang masih bingu, simak artikel kami tentang cara menanak nasi di magic com disini.

Itulah sebabnya, AC yang berjenis ini cukup populer. Ini juga karena pengoperasiannya yang stabil dengan desainnya yang elegan. Bahkan dengan AC split, anda tidak perlu melubangi dinding dalam menempatkan posisi AC ini.

Dengan demikian pembahasan kita saat ini, semoga melalui pembahasan ini wawasan anda bisa bertambah.

Leave a Reply