ciri ciri kapasitor microwave rusak

Penyebab Kerusakan Microwave dan Cara Mengatasinya

Posted on

Microwave merupakan salah satu alat masak yang sekarang ini tengah banyak digunakan oleh masyarakat karena kemudahan yang ditawarkan. Hanya saja terkadang banyak yang menggunakan microwave ini secara sembarangan, sehingga tidak jarang menjadi penyebab kerusakan microwave.

Agar tidak mudah rusak, mencegah tidak panas, kerusakan kapasitor dan lainnya, kami tulis tips preventifnya dalam artikel cara menggunakan microwave yang baik dan benar, agar awet tidak mudah rusak.

Penyebab Kerusakan Microwave

cara memperbaiki microwave

Seperti yang dikatakan sebelumnya terkadang penggunaan microwave berlebihan bisa menjadi penyebab dari kerusakan microwave. Karena itu ada baiknya untuk mengetahui hal apa saja yang bisa membuat microwave menjadi rusak sehingga bisa dilakukan tindak pencegahan.

1. Microwave yang Kotor

Pertama adalah microwave yang sudah sangat kotor dan juga jarang dibersihkan. Hal ini sering sekali terjadi karena seseorang malas membersihkannya, dan baru akan membersihkannya apabila microwave sudah tampak sangat kotor.

Padahal hal ini harus mulai dihindari, karena selain bisa membuat microwave tiba-tiba mati hal ini juga bisa membuat penumpukan bakteri. Selain itu juga hal ini bisa membuat microwave menjadi mati total karena adanya penumpukan sisa bahan makanan yang tertingal.

2. Memanaskan Bahan yang Berbahaya

Beberapa bahan makanan ada yang harus dipanaskan dengan jangka waktu tertentu, dan dengan panas tertentu. Jadi konsumen tidak boleh sembarang dalam melakukannya karena bisa membuat makanan menjadi gosong dan perlahan merusak microwave.

Tidak hanya itu saja ada beberapa bahan berbahaya yang tidak bisa dipanaskan di microwave karena bisa menjadi penyebab kerusakannya. Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan buku panduan dalam menggunakan microwave ini.

3. Menggunakan Wadah yang Tidak Sesuai

Tidak hanya bahan makanan saja yang tidak sesuai, tapi juga wadah yang tidak tepat bisa membuat microwave menjadi rusak. Seperti misalnya menggunakan wadah plastik yang tidak sesuai, dan tidak aman atau menggunakan bahan logam.

Biasanya kedua bahan tersebut bisa membuat microwave menjadi rusak. Misalnya seperti plastik yang meleleh sedikit, hal itu bisa membuat microwave perlahan menjadi rusak apalagi kalau bahan tersebut terus menumpuk setiap harinya.

4. Membanting Pintu

Ini sering terjadi ketika seseorang sedang mengeluarkan makanan dari dalam microwave. Pada saat itu ketika hendak menutup pintunya alih-alih menggunakan tangan, seseorang justru menggunakan sikunya supaya pintu microwave bisa tertutup.

Terkadang hal itu membuat pintu microwave menjadi terbanting dan tertutup dengan keras. Hal itu tentunya akan sangat berbahaya bagi microwave, dan kalau dilakukan terus menerus bisa membuat microwave menjadi rusak.

5. Menyalakan Microwave dalam Keadaan Kosong

Kondisi ini menjadi penyebab microwave mati total yang paling sering dilakukan baik itu sengaja ataupun tidak. Hal ini bisa sangat berbahaya, karena kalau kosong maka bisa membuat energi microwave menjadi berputar-putar di situ saja.

Hal itu membuat microwave hanya menyerap energinya sendiri dan itu tentunya akan sangat berbahaya. Jadi kalau tidak sengaja menyalakannya, maka segera matikan microwave dan bahkan sebagai tindakan pencegahan tidak ada salahnya untuk mencabut colokan microwave apabila tidak digunakan.

6. Tidak Berhati-Hati saat Menggunakannya

Dari mulai menyetel suhu dan waktu yang tidak sesuai, terlalu sering digunakan, dan membanting pintu, serta ketidak hati-hatian lainnya bisa menjadi penyebab microwave rusak. Bahkan penumpukan wadah plastik yang meleleh bisa menjadi penyebab microwave tidak berputar.

Karena pemakaian yang tidak hati-hati inilah microwave yang seharusnya menjadi lebih awet bisa tiba-tiba rusak. Tentunya konsumen tidak ingin hal itu terjadi, karena itu berhati-hatilah dalam menggunakan microwave ini.

Cara Mengatasi microwave tidak panas

microwave tidak panas

Apabila microwave sudah rusak, maka coba untuk memperbaikinya sendiri terlebih dahulu apalagi kalau kerusakan yang terjadi masih kerusakan ringan. Namun kalau sudah kerusakan besar, maka ada baiknya untuk membawa ke yang lebih ahli supaya penanganan lebih tepat.

Untuk bisa mencegah kerusakan microwave, maka ada baiknya untuk selalu berhati-hati saat menggunakannya. Dengan begitu microwave akan tetap awet dan konsumen tidak perlu mengeluarkan uang untuk servis.