kelemahan air fryer

Waspadai 5 Kelemahan Air Fryer bagi Kesehatan, Baca Sekarang!

Air fryer atau penggoreng udara ini merupakan alat masak modern praktis yang tengah banyak orang gandrungi. Sesuai namanya, konsep memasak menggunakan air fryer hanya mengandalkan udara panas dengan sedikit atau bahkan tanpa minyak sama sekali. Namun, siapa sangka cara memasak menggunakan alat ini justru menimbulkan kontroversi karena kelemahan air fryer yang belum banyak orang ketahui?

MemasakĀ  makanan dengan cara digoreng masih menjadi primadona bagi sebagian masyarakat Indonesia.



Namun, karena gorengan ini dinilai kurang sehat bagi kesehatan, timbul inovasi pengolahan makanan yang dianggap lebih aman yaitu menggunakan air fryer. Alat masak modern yang menggoreng tanpa menggunakan minyak.

Review ini sangat umum ya, tidak satu dua merk saja. Baik itu maspion, mito, khind, phillips, amway, tefal, nakada, dan lain-lain. Ini karena kami jujur, dan tidak diendorse siapapun.

Makanan yang digoreng menurut kesehatan pada umumnya relatif lebih tidak sehat dibanding dikukus atau mentah. Entah gorengnya pakai air fryer maupun pakai minyak biasa, tidak terlalu beda jauh.

Lalu, mengapa solusi sehat dari air fryer ini tidak sepenuhnya bagus dan justru menimbulkan kontroversi, terutama dalam segi kesehatan?

Benarkah, pakai air fryer menyebabkan kanker? Selengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan air fryer ini, simak penjelasannya berikut.

  1. Kapasitas kecil

Salah satu kelemahan dari kegunaan air fryer dapat Anda lihat dari segi kapasitas.

Berbeda dengan alat penggorengan biasa, kapasitas air fryer jauh lebih kecil. Apalagi, makanan yang melalui proses penggorengan ini tidak bisa asal ditumpuk dan diaduk, melainkan harus ditata rapi pada rak susun apabila makanan dalam jumlah banyak.

Tak lupa, balik makanan tersebut ke sisi yang lain selama proses penggorengan supaya dapat matang secara menyeluruh.

Jika Anda ingin bingung kue ukuran 18 sebesar apa? Klik link tersebut untuk cek artikel kami.

  1. Daya listrik cukup besar

kelemahan air fryer

Kelemahan air fryer selanjutnya yaitu dari segi modal, terutama kebutuhan daya listrik yang terbilang cukup besar. Setidaknya, Anda perlu menyediakan daya listrik sekitar 1.000 watt untuk bisa menggunakan alat ini.

Tentu saja, hal tersebut perlu Anda pertimbangkan mengingat tagihan listrik bulanan yang beresiko membengkak.

Belum lagi, kapasitas listrik di rumah maupun tempat usaha Anda yang sudah siap atau belum untuk bisa menggunakan air fryer sewaktu-waktu.

  1. Mahal

Kehadiran teknologi yang memiliki fungsi canggih berupa air fryer ini tentu saja sebanding dengan harganya yang juga mahal. Tak heran jika alat ini hanya bisa terjangkau oleh kalangan tertentu saja.

  1. Tidak bisa mengolah semua makanan

Perlu Anda perhatikan jenis masakan apa yang bisa diolah menggunakan air fryer sebelum pakai.

Ya, Anda hanya bisa menggoreng bahan makanan tertentu yang bertekstur padat dan kental. Sementara, untuk adonan cair tidak bisa dimasak dengan alat ini.

Simak review kami tentang merk meg keju, produknya dijamin sehat? Simak review kami di link tersebut.

  1. Pembentukan senyawa kimia yang beresiko kanker

Inilah poin terpenting dari pembahasan kelemahan air fryer kali ini yaitu apakah air fryer berbahaya atau tidak bagi kesehatan? Sayangnya jawabannya adalah iya.

Mungkin, Anda pernah mendengar referensi merk air fryer terbaik atau air fryer bagus untuk kesehatan dan sempat tergiur untuk membelinya.

Namun, ketahuilah bahwa merek apapun itu, pengolahan makanan dengan suhu tinggi bisa membentuk senyawa aldehid, amina heterosiklik, dan hidrokarbon aromatik polisiklik yang bersifat karsinogenik atau memicu terbentuknya sel kanker.

Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan kembali dengan matang sebelum Anda benar-benar membeli air fryer. Sejatinya, penggunaan air fryer maupun teknik penggorengan lain memiliki resiko masing-masing terhadap kesehatan.

Tak heran, banyak pakar kesehatan lebih menyarankan orang-orang untuk mengkonsumsi makanan yang dikukus atau direbus daripada digoreng, entah apapun itu caranya.

Namun, jika Anda benar-benar ingin menikmati gorengan, baik dengan cara digoreng menggunakan minyak atau udara panas, sebaiknya batasi jumlah dan frekuensinya.

Selanjutnya, sesuaikan dengan gaya hidup dan kebutuhan kalori masing-masing individu. Alat masak hanyalah alat memasak masakan, tetap yang utama adalah mengubah gaya hidup Anda yang paling penting.

Nah, itulah 5 kelemahan air fryer ditinjau dari berbagai sisi. Semoga bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang tengah mencari alternatif cara memasak yang lebih sehat.

Leave a Reply