Pentingnya Cara Menggunakan Wok Pan untuk Kebutuhan Memasak

Mungkin beberapa ibu-ibu belum paham betul tentang tata cara menggunakan wok pan. Bahkan masih banyak dari ibu-ibu ini belum tahu betul tentang apa itu wok pan. Sebab, rata-rata para ibu-ibu ini selalu menggunakan wajan penggorengan biasa untuk memasak segala jenis bahan apapun.

Sehingga, mereka belum paham betul tentang keguaan wok pan. Selain itu, mereka juga tidak mengetahui apa perbedaan antara wok pan dengan penggorengan biasa. Padahal, dari segi fungsi dan manfaatnya tentu ada perbedaan yang cukup mencolok.

Bagi Anda yang ingin memasak apapun dengan porsi besar tanpa perlu ribet, maka Anda lebih disarankan untuk menggunakan wok pan. Sebab, masakan akan lebih cepat matang karena wok pan mampu menghantarkan panas secara sempurna.

Maka tak heran jika penjualan wok pan kini semakin meningkat. Anda tak perlu khawatir, sebab wok pan ini mudah dibersihkan dan cara perawatannya pun tidak perlu menggunakan tenaga ekstra.

Namun sebelum itu, ketahui tentang fungsinya, tipenya, dan bagaimana cara merawatnya agar tetap awet dan dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama. Setelah itu, pelajari bagaimana cara menggunakan alat rumah tangga kekinian seperti wok pan untuk memasak segala jenis masakan.

Mengenal Tentang Kegunaan Wok Pan

Mungkin beberapa ibu rumah tangga belum mengenal betul tentang alat memasak seperti wok pan. Sekilas, wok pan ini mirip dengan wajan penggorengan di rumah Anda. Hanya saja wok pan ini lebih kecil dan memiliki dinding lapisan lebih tinggi.

Sehingga wok pan ini dapat difungsikan untuk menggoreng maupun merebus bahan masakan. Beberapa orang menyebut bahwa wok pan ini adalah wajan penggorengan dari Tiongkok. Sebab, wok pan ini banyak ditemui di rumah makan atau restoran di China.

Jadi, rata-rata orang China memasak beraneka ragam kuliner menggunakan wok pan. Di Indoensia sendiri juga telah hadir wok pan dengan berbagai model. Selain itu, kegunaan wok pan juga tidak jauh berbeda dengan wajan penggorengan pada umumnya.

Jadi Anda dapat menggunakan wok pan untuk memasak ragam kuliner khas Nusantara. Maka dari itu, ketahui apa saja jenis wok pan sebelum menggunakannya untuk memasak. Sebab, beda ukuran wok pan tentu berbeda pula cara menggunakan dan merawatnya.

Jenis-Jenis Wok Pan yang Banyak Digunakan untuk Memasak Kuliner Khas Indonesia

kegunaan wok pan zuko

Di Indonesia, terdapat beragam jenis wok pan yang banyak digunakan untuk kegiatan memasak. Meskipun tidak terlalu familiar, wok pan ini nyatanya juga banyak digunakan oleh ibu-ibu muda untuk memasak beragam kuliner khas Indonesia.

Salah satunya adalah membuat hidangan yang berbahan dasar mie, seperti Kwetiaw Medan. Lalu, masakan yang memiliki kuah, seperti Opor Ayam hingga Ayam Lodho di Jawa Timur. Akan tetapi, jenis wok pan yang digunakan juga berbeda.

Sama seperti artikel kami tentang review carote pan, beberapa jenis wok pan yang sering digunakan untuk memasak ragam kuliner nusantara. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Marble Coating Wok Pan

Bagi Anda yang sedang mencari wok pan tipe premium, maka dapat menggunakan jenis marble coating wok pan. Wok pan jenis ini terbuat dari bahan batu marmer. Jadi, wok pan ini lebih awet, tahan lama, hingga mudah dibersihkan.

Untuk ukurannya sendiri cukup beragam. Hanya saja, rata-rata diameter dari tipe marble coating wok pan ini tersedia diantara 20cm, 24cm, 28cm, hingga 30cm. Seri marble coating wok pan ini adalah seri paling laris dan dibanderol cukup mahal.

  1. Carbon Wok Pan

Jenis wok pan selanjutnya adalah carbon wok pan. Tipe ini banyak dijumpai di berbagai supermarket atau pasar tradisional. Wok pan tipe ini terbuat dari bahan serat karbon. Sehingga lebih awet dan tahan lama.

Salah satu keuntungan menggunakan carbon wok pan adalah mudah ditemukan, harga jual tidak terlalu mahal, dan cocok untuk semua masakan khas nusantara. Akan tetapi, carbon wok pan ini sukar untuk dibersihkan. Selain itu, kegunaan wok pan tipe carbon juga sedikit rumit.

  1. Stainless Steel Wok Pan

Dan stainless steel wok pan adalah jenis wok pan yang juga hampir mirip dengan tipe carbon wok pan. Hanya, tipe ini terbuat dari bahan stainless steel atau baja ringan. Dari segi harga memang tipe stainless steel wok pan lebih mahal dibandingkan dengan tipe carbon wok pan.

Cara Menggunakan Wok Pan Sesuai dengan Jenisnya

Memasak dengan menggunakan wok pan ini terbilang cukup mudah. Pasalnya, wok pan ini mirip dengan penggorengan yang biasa Anda gunakan di rumah. Akan tetapi, ada beberapa perbedaan yang wajib Anda ketahui saat memasak masakan dengan menggunakan wok pan.

Langkah pertama, Anda wajib membuka kemasan wok pan yang tersimpan rapi di dalam kardus. Setelah itu, usap menggunakan tisu atau kain bersih. Tujuannya untuk menghilangkan noda atau kuman yang menempel di permukaan wok pan.

Bagi Anda yang menggunakan carbon wok pan atau stainless steel wok pan, panaskan diatas kompor terlebih dahulu. Cara menggunakan wok pan ini dipercaya dapat meningkatkan keawetannya. Setelah dipanaskan sekitar 3 menit hingga 5 menit, lalu tiriskan.

Langkah selanjutnya, persiapkan semua bahan yang akan dimasukkan ke dalam wok pan. Ambil kembali wok pan dan panaskan diatas kompor. Untuk Anda yang menggunakan marble coating wok pan, usahakan menggunakan butter atau minyak khusus. Sebab, wok pan ini akan mengeluarkan aroma sedap apabila memasak menggunakan butter maupun minyak khusus.

Apabila Anda menggunakan tipe carbon dan stainless steel wok pan, Anda dapat menuangkan minyak sawit yang biasa dijual di supermarket atau pasar tradisional. Dan kemudian, langkah selanjutnya adalah menuangkan semua bahan masakan ke dalam wok pan.

Aduk secara merata hingga semua bumbu dan bahan tercampur merata. Masak hidangan hingga matang. Kemudian, ambil wadah lalu tiriskan masakan yang telah matang. Apabila masakan sudah dipindah ke wadah, maka segera letakkan wok pan ke tempat pencucian.

Cara Mencuci dan Merawat Wok Pan

kegunaan wok pan

Setelah Anda mengetahui kegunaan wok pan, maka jangan lupa untuk mempelajari bagaimana cara mencuci dan merawatnya. Setelah masakan dipindah ke wadah, maka jangan langsung mencuci.

Ada baiknya membilasnya dengan air mengalir terlebih dahulu. Lalu, gosok dengan menggunakan sabun hingga sisa makanan yang menempel pada wok pan hilang tak bersisa. Setelah itu, bilas kembali dengan menggunakan air mengalir.

Lalu, cek bagian belakang wok pan. Jika terlihat gosong, maka bersihkan kembali menggunakan kasa yang telah dilumuri dengan sabun. Gosok hingga bekas gosong hilang tak berbekas.

Kemudian, gunakan lap kering untuk membersihkan sisa air pada wok pan. Kemudian, gantung atau simpan wok pan diantara peralatan rumah tangga. Pastikan wok pan jauh dari paparan sinar matahari langsung.

Wok pan merupakan salah satu peralatan modern yang banyak digunakan oleh ibu rumah tangga. Untuk itu, sebagai web review perabotan rumah tangga, kami menyarankan untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan wok pan hingga pelajari pula tentang cara merawat wok pan agar tidak mudah rusak.