Selain untuk Bahan Kimia, ini Kegunaan Beaker Glass di Dapur

trillos15x 0
ukuran beaker glass

Dalam laboratorium beaker glass bukan benda yang asing lagi. Beaker glass atau dikenal juga sebagai gelas piala atau gelas beker memiliki kegunaan sebagai alat penampung bahan kimia atau tempat mereaksikan bahan kimia. Bahan kimia yang mengandung sifat korosi. Sifat korosi adalah reaksi antara logam dan oksigen, karat atau korosi hasil reaksi oksidasi suatu logam. 

Gelas beker adalah salah satu alat laboratorium yang harus selalu ada, gelas ini berbentuk silinder dan memiliki banyak ukuran mulai dari yang paling terkecil 25 ml sampai dengan 3 liter bahkan lebih. Tidak hanya bahan kimia berbentuk cairan, tapi juga berbentuk padat, pasta ataupun bubuk. Beaker glass juga diperuntukan untuk memanaskan bahan kimia. 

Beaker glass berbahan kaca, dan seringnya dipasangkan dengan gelas arloji. Gelas arloji berbentuk pipih, biasanya digunakan sebagai penutup gelas beker agar cairan dengan sifat korosi tidak mengalami kontaminasi. 

Apakah hanya digunakan di laboratorium? 

beaker glass
news.labsatu.com

Jawabannya adalah tidak, gelas ukur juga banyak dipakai selain untuk keperluan laboratorium, seperti mencampur bahan kimia. Gelas ukur atau beaker glass juga digunakan untuk menakar bahan masakan agar bisa sesuai dengan resep, beaker glass sangat sering digunakan untuk menakar bahan- bahan untuk membuat kue. 

Gelas ukur berbahan kaca, memiliki kehigienisan, karena tidak terdapat pori-pori pada gelas ukur kaca. Tidak seperti plastik, yang bisa menyimpan bakteri di sela-sela pori-porinya. 

Selain untuk dapur, beaker glass juga digunakan oleh para barista, atau Anda yang suka membuat kopi sendiri di rumah. 

  • Kegunaan beaker glass untuk membuat kopi

beaker glass

Biasanya gelas ukur digunakan untuk membuat kopi, salah satunya dengan teknik v60, teknik V60 adalah pembuatan kopi yang dilakukan secara manual, dengan menuangkan bubuk kopi yang sudah digiling dengan metode pour over. Lalu disaring menggunakan gelas corong yang sudah dilapisi dengan kertas, atau disebut paper filter. 

Dibawahnya biasanya terdapat gelas ukur, yang Fungsinya menahan tetesan kopi, Gelas beker untuk kopi ini juga bisa disebut gelas server.

Untuk membuat kopi susu, biasanya menggunakan susu panas, atau air panas yang  juga ditambahkan ke gelas ukur. Kenapa harus menggunakan beaker glass. Karena gelas ini, mampu menahan panas saat penyeduhan kopi, dan juga karena kehigienisannya. 

  • Kegunaan beaker glass untuk baking 

beaker glass

Ternyata membuat kue juga memerlukan gelas ukur untuk banyak keperluan, biasanya untuk mengukur air dan juga susu. Gelas ukur memiliki ukuran yang detail, menjadikannya lebih mudah dalam menakar banyaknya cairan yang dibutuhkan dalam membuat Kue

Sebenarnya untuk membuat kue, terdapat gelas ukur berbahan plastik. Tapi lebih disarankan memiliki gelas ukur berbahan kaca, selain kehigienisannya, gelas ukur kaca juga tahan panas, terkadang beberapa resep harus menggunakan susu atau air panas ke dalam adonan. Oh iya Anda juga bisa kok, menggunakannya untuk mengukur tepung dan bahan lainnya. Gelas ukur tidak akan meninggalkan bau dan warna. Gelas ukur atau beaker glass, memang sangat disarankan ada di dapur Anda, untuk keperluan banyak hal. 

Beberapa merk beaker glass 

  • Pyrex measuring cup 

beaker glass

Beaker glass dari Pyrex terbuat dari kaca yang berkualitas, tahan panas, dan bisa dimasukan ke oven dan juga microwave. Gelas ukur ini memang diperuntukan untuk penggunaan dapur, food grade, sehingga aman untuk Anda yang ingin menggunakannya untuk takaran air, susu dingin atau panas, agar pas ke adonan kue yang sedang anda buat. 

Kapasitas gelas ini 236 ml atau 8 oz, pyrex gelas ukur memiliki beragam ukuran. Ujung tepi mengerucut, memudahkan saat ingin menuangkan cairan, tanpa tumpah. Warna beaker glass ini transparan, dan memiliki garis-garis ukur berwarna merah, dan bertuliskan Pyrex.

Anda bisa membeli gelas ukur ini dengan harga Rp 169.000 untuk ukuran 236 ml atau Rp. 289.000, untuk ukuran 1000ml 

3. Ikea Vardagen Measuring jug 

beaker glass

Ikea yang memang fokus pada peralatan rumah tangga, juga memiliki beaker glass. Yang diperuntukan untuk penggunaan dapur, berbeda dengan Pyrex, model gelas ukur ikea lebih simple dan juga minimalis. 

Dengan berbahan kaca anti panas yang bisa digunakan untuk microwave dan juga bisa dicuci di mesin pencuci piring. Gelas ini transparan dan terdapat garis-garis ukur yang berwarna hitam. Simpel dan cukup menarik, bisa juga Anda gunakan sebagai dekorasi dapur. Harga dari gelas ukur ini adalah, Rp 104.000 untuk ukuran 1 liter. 

4. Marinex 

beaker glass

Marinex diklaim memiliki 2-3 kali lebih kuat dari benturan, daripada gelas ukur lainnya. 

Jadi untuk Anda yang menginginkan ketahanan, mungkin marinex bisa menjadi pilihan, saat pecah pun  produk ini, terurai dengan menjadi butiran kecil yang tidak tajam jika pecah. Marinex gelas ukur juga tahan dengan panas, bisa untuk oven biasa dan microwave. 

5. Suji Beaker glass

beaker glass

Nah, ini adalah beaker glass yang biasa digunakan untuk percobaan kimia, dapat mengukur volume dan skala terkecil, seperti 50ml. Sering digunakan untuk mengukur essential oil, dapat menampung aquades, mikrobiologi, atau cairan kimia lainnya. 

Kaca yang terbuat dari borosilikat, yang mampu menahan panas tinggi. Suji memiliki harga Rp 50.000 untuk ukuran 150 ml. 

6. Tiamo beaker glass 

beaker glass

Tiamo biasa digunakan untuk kopi, sebagai server kopi. Menampung kopi dari dripper dan bisa menuangkan ke cangkir, karena lubang yang mengerucut di atasnya, memudahkan proses menuang kopi. Tidak harus kopi saja, tapi bisa untuk susu, teh dan minuman lainnya. 

Kaca yang terbuat dari borosilikat, membuatnya tahan panas dan lebih awet daripada yang lainnya. Bisa juga digunakan untuk oven, harga beaker glass ini adalah Rp 116.00, dengan ukuran 360 cc. 

7. Iwaki Beaker glass 

beaker glass

Iwaki juga diperuntukan untuk pencampuran bahan kimia. Alat laboratorium satu ini memang menjadi salah satu yang banyak dicari. Iwaki memiliki, kapasitas yang banyak, mulai dari ukuran 25ml sampai dengan 2 liter. Harga untuk beaker glass ini Rp 47.000 untuk ukuran 250ml 

Haruskah memiliki beaker glass dan bagaimana cara merawat dan juga menyimpannya? 

Untuk Anda yang memang bekerja sekolah dibagian kimia maupun biologi Pastinya tentu memiliki peralatan laboratorium yang satu ini. Tapi buat Anda yang tidak pun, disarankan mempunyai beaker glass. Karena memudahkan Anda untuk mengukur bahan makanan, kopi dan dan minuman lainnya.

Cara merawat beaker glass, sebenarnya cukup mudah hanya dengan mencucinya seperti biasa. Tapi jika sering sekali digunakan, Anda bisa sesekali melakukan perendaman dengan sabun dan air semalaman. Dan jangan keringnya beaker glass dengan tisu atau lap. Agar beaker glass tetap bersih dan higienis. Biarkan beaker glass, kering dengan sendirinya.

Penyimpanan beaker glass, lebih baik tidak ditumpuk dengan benda lain, biarkan beaker glass disusun seperti biasa di dalam lemari. Atau bisa juga mengelompokan bahan, seperti plastik dengan plastik, kaca dengan kaca. Itu dia beberapa kegunaan beaker glass, semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mencari tau kegunaan beaker glass untuk di dapur, selain untuk bahan kimia, ya!

Baca juga   Teman di Hari Spesial, Triple Decker dan Beragam Pilihan Cake dari Dapur Cokelat
Tags: