jenis regulator gas

Jenis-jenis Regulator Gas & Merk Terbaik yang Aman



Ketika memasak dengan kompor gas, regulator gas berfungsi untuk mengontrol keluar masuknya gas dari tabung ke kompor. Sehingga kompor gas yang Anda gunakan dapat menyalakan api. Namun tidak sekedar sebagai penghubung saja, namun Anda juga perlu memastikan jika regulator gas yang Anda gunakan itu benar-benar aman sehingga tidak akan membahayakan. Lalu apa saja jenis regulaor gas dan tips memilih yang terbaik pada saat akan membelinya?

Regulator gas juga berfungsi mengurangi tekanan dari tabung gas, sehingga nyala api yang dikeluarkan itu benar-benar aman tidak membahayakan!

JENIS-JENIS REGULATOR GAS

Untuk jenis regulator gas di Indonesia, yang paling banyak digunakan adalah model penguncian yang diputar. Satu pengait atau pengunci saja sudah cukup, tapi ada jenis regulator gas yang memakai 2 knob sebagai pengunci agar lebih kuat dan aman.

Selain sistem penguncian dengan cara diputar, pada jenis regulator gas lain, ada sistem penguncian dengan skrup atau model ulir. Kemudian sesuai dengan tekanannya, ada yang disebut dengan regulator gas single stage dan regulator double stage.

Selain itu, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa dalam penggunaannya, jenis-jenis regulator adalah sebagai berikut:

1. Regulator gas tekanan tinggi

Regulator jenis memiliki tekanan tinggi sebesar 0,6 kg/jam. Biasanya regulator gas tekanan tinggi memiliki knob yang berfungsi mengatur besar kecilnya gas yang akan dikeluarkan. Regulator gas ini paling cocok untuk industri besar seperti restoran, atau pengolahan makanan lainnya.

Jenis regulator gas ini biasanya dipakai oleh para chef pada jenis kompor yang juga bertekanan tinggi pula seperti kompor listrik di restoran, kompor bakar atau juga kompor mawar.

2. Regulator gas tekanan rendah

Setelah mengetahui penggunaan regulator gas bertekan tinggi, mungkin Anda sudah menduga bahwa untuk keperluan memasak biasa cukup menggunakan regulator gas bertekanan rendah! Nah benar sekali, Jika untuk keperluan memasak rumah tangga biasa, Kita hanya cukup memilih regulator gas bertekanan rendah.

Jika memasak porsi besar, apalagi masak menggunakan panci presto misalnya. Maka sudah perlu memikirkan regulator gas tekanan tinggi.

Namun apakah kita bisa menggunakan regulator gas tekanan tinggi hanya untuk keperluan memasak biasa? Jawabannya bisa! Namun sangat berbahaya, karena kompor gas rumah tangga tidak dirancang untuk menahan panas yang terlalu berlebihan, sehingga dapat meleleh dan membahayakan penggunanya! Jadi pakai sesuai kebutuhan saja!

BAGIAN REGULATOR GAS DAN FUNGSINYA

Berikut ini adalah bagian-bagian dari regulator gas. Dengan mengetahui bagian serta fungsinya, kita dapat lebih mudah mencari kerusakan sekaligus melakukan penggantianya, tanpa kebingungan karena tidak tahu nama bagiannya!

Bagian regulator gas dan fungsinya yaitu sebagai berikut:

  • Penutup regulator : Berfungsi sebagai cover atau penutup pda regulator gas
  • Pegas beban : berfungsi menjaga keseimbangan tekanan gas
  • Karet membran : berfungsi sebagai sensor tekanan
  • Seal ring : terletak di bagian bawah, mempunyai fungsi sebagai penutup celah pada regulator dan tabung agar gas tidak keluar.

Lengkapnya, bagian regulator gas adalah bantalan katup, outlet, wrech, katup spindle, mechanical connector, hingga badan regulator.

TIPS CARA MEMILIH REGULATOR GAS

Ada beberapa tips penting bagi Anda sebelum membeli regulator gas, sehingga membantu Anda supaya tidak menyesal salah pilih! Pada intinnya sesuaikan dengan kebutuhan! Jika untuk kebutuhan  industri seperti rumah makan, pilih regulator gas dengan tekanan tinggi! Namun jika hanya untuk keperluan memasak rumah tangga biasa, Anda cukup memilih yang bertekanan rendah!

Beberapa tips cara memilih regulator gas adalah sebagai berikut:

1. Cek Indikator gas

Dengan adanya indikator gas yang berupa jarum penunjuk ini dapat mengontrol penggunaan tabung gas Anda. Sehingga Anda bisa membuat persiapan apabila tabung gas mau habis. Tentu akan merepotkan jika kita sedang memasak untuk keperluan penting mendesak, tahu-tahu gasnya habis. Maka dari itu keberadaan indikator gas ini amat penting bagi Anda yang hendak membeli regulator gas!

2. Periksa Apa Ada Gotri Pengaman

Kebocoran tabung gas bisa menyebabkan situasi berbahaya seperti kebakaran, atau keracunan apabila gas yang bocor terhirup. Untuk itulah penting untuk memastikan selang regulator gas aman dan kuat.

Salah satunya adalah Anda bisa mencari regulator gas yang dilengkapi dengan gotri pengaman. Letaknya ada di ujung regulator yang menghubungkan ke selang kompor gas. Untuk mengetahui regulator gas yang Anda beli dilengkapi dengan gotri pengaman atau tidak, bisa dengan cara menggoyang-goyangkannya. Apabila terdengar suara klik-klik seperti koin/ uang receh, maka regulator gas tersebut sudah dilengkapi dengan pinball atau gotri pengaman dari kebocoran.

3. Cek juga Apa Sudah Lulus Standar SNI

Untuk membuat Anda yakin dengan keamanan serta kualitas sebuah produk seperti regulator gas, maka pastikan sudah terdapat label SNI. Dengan sudah lulus SNI, regulator gas yang Anda beli sudah memenuhi standar yang berlaku. Sehingga mutu, keamanannya sudah terjamin.

MERK REGULATOR GAS ANTI BOCOR

Setelah mengetahui beberapa tips memilih regulator gas, berikut ini adalah rekomendasi merk regulator gas anti bocor terbaik! Merk-merk di bawah ini adalah jenis regulator gas tekanan rendah yang cocok untu kebutuhan masak sehari-hari di dapur.

Beberapa merk regulator yang ada di pasaran adalah sebagai berikut:

1. Regulator Winn Gas

Winn adalah salah satu merk regulator gas terpopuler juga terbaik. Di beberapa serie seperti Win Gas W181NM , ini sudah didukung dengan sistem pengunci otomatis. Bahan regulator pun sangat kuat menjadikannya aman dari kebocoran gas.

2. Quantum

Quantum juga salah satu merk regulator gas terbaik yang sudah tidak asing lagi namanya. Pada Quantum QRL 03, sudah dilengkapi dengan indikator gas yang memudahkan Anda dalam pengontrolan pemakaian tabung gas. Serie regulator Quantum ini terbuat dari bahan tembaga yang menjadikannya kuat dan tahan lama.   

3. Blue Gaz

Sesuai dengan harga yang ditawarkan, rasanya Blue gaz layak menjadi pilihan terbaik. Karena Blue Gaz mengembangkan teknologi salah satunya child safety lock yang membuatnya menutup aliran gas sehingga lebih aman saat digunakan.

4. Gascom GRS- 01

Merk ini mengusung teknologi superlock. Fitur yang menjadikan regulator gas ini terjamin kuat. Mampu menghindari dari kebocoran. Gascomp serie ini juga terbuat dari material tembaga yang menjadikannya semakin gagah kuat.

5. Miyako RMS 106 M

Miyako termasuk merk populer tidak hanya pada produksi regulator gas, tetapi juga dibanyak alat elektronik rumah tangga. Meski begitu, Miyako tetap bisa jadi pilihan terbaik, salah satunya regulator gas Miyako RMS 106 M. Satu setnya sudah dilengkapi selang gas. Selang bawaan Miyako ini fleksibel, berkualitas aman, mencegah kebocoran gas.

6. Starcam

Starcam adalah salah satu merk regulator gas asli buatan Indonesia yang punya kelebihan berstandar SNI. Salah satu keunggulan merk Starcam adalah selang regulator sudah otomatis karena menggunakan safety ball. Sistem ini akan menutup atau mematikan api secara otomatis jika mendeteksi adanya kebocoran gas pada selang.

7. Poligas

Regulator Poligas termasuk yang sangat memikirkan keamanan produknya.Dalam pembeliannya sudah dilengkapi 2 knob pengunci yang membuatnya semakin kuat aman. Poligas juga dilengkapi dengan karet pengaman yang secara otomatis merapatkan sambungannya ke tabung gas.

8. Kosangas Quick on 634

Kosangas Quick on 634 mengusung standar keamanan yang sudah baik. Sistem penguncian pada regulator Kosangas sangat kuat.  Kosangas menggunakan sistem penguncian switch , jadi ketika kita putar, regulator akan mengunci otomatis. Sehingga untuk pemasangannya sangat sederhana dan mudah.

Pada saat suhu yang terlalu panas, fitur thermofuse pada tipe regulator ini akan otomatis menutup. Sehingga aman dan bisa menghindari terjadi ledakan tabung gas.

HARGA REGULATOR GAS

Nah setelah mengetahui satu per satu merk regalor gas, dengan segala kelebihannya masing-masing, kini saatnya Anda memutuskan untuk membelinya sesuai dengan kebutuhan: Anda bisa sesuaikan dengan budget atau fitur apa yang ingin Anda peroleh dari regulator gas yang akan dibeli.

Anda juga perlu mempertimbangkan posisi meja kompor gas, agar saat pemasangan bisa pas dan nyaman dipakai ketika memasak makanan di dapur.

Daftar harga regulator gas bersumber dari sejumlah toko online (mungkin saja ada perbedaan):

  • Winn Gas W181NM   harga Rp.68.500
  • Quantum QRL O3      harga Rp.50.000
  • Blue Gaz                     harga Rp.235.000
  • Gascom GRS 01         harga Rp.  85.000
  • Miyako RMS 106       harga Rp.   65.000
  • Starcam                     harga  Rp.   80.000
  • Poligas                      harga Rp.    65.000
  • Kosangas                  harga Rp.  115.000

Nah demikian tadi informasi jenis regulator gas dan pilihan merknya.Regulator gas adalah bagian penting yang terpisahkan sebagai penghubung antara kompor gas, selang dan tabung gasnya. Dalam memilih regulator gas, pastikan jenis yang mana yang cocok dengan kebutuhan Anda. Disamping itu, Anda juga perlu memahami berbagai teknologi yang ada di dalam regulator gas, guna memastikan pemakaiannya aman serta memberikan manfaat yang maksimal untuk Anda!